Solo, Salah Satu Destinasi Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di Tahun 2019

09.27.00


Helloo.... apa kabar Desember? Tak lama lagi nih kita akan tiba di penghujung tahun, itu artinya sebentar lagi kita akan memasuki tahun baru 2019.  Boleh dikata ini liburan panjang sebab akhir bulan ini ada libur natal juga libur akhir semester ganjil bagi guru dan anak sekolah.  Pastinya ini adalah Desember yang menyenangkan bukan?, kenapa?, ya iyalah karena kita akan belibuuuuurrr.......

Selalu ada energi positif tiap kali bicara soal liburan, meningkatkan hormon serotini dan dopamin dalam tubuh yaitu hormon yang berperan dalam mengatur suasana hati, menciptakan pikiran yang bahagia, dan menghadirkan kesenangan ketika sedang berusaha mencapai tujuan.  Liburan memang selalu saja mengasyikkan dan menyenangkan.


Nah, bicara soal liburan dalam menyogsong tahun baru 2019, sudahkah kita membidik beberapa destinasi wisata yang bakal dijelajah dalam rentang waktu setahun di 2019 nanti?.  Klo belum, buruan masukkan kedalam bucket list perjalanannya.  Gimana dengan saya sendiri? wow.., jangan ditanya, sebab jauh-jauh hari sebelum buat tulisan ini, saya sudah buat bucket list perjalanan 2019 loh gaes hehehee. 

Solo merupakan salah satu destinasi wisata tujuan saya di 2019 nanti.  Merancang perjalanan jauh-jauh hari sebelumnya sangat disarankan agar perjalanannya nanti bisa lebih perfect dan terencana dengan baik. Untuk itu, saya mulai membidik beberapa tempat yang bakal saya kunjungi di Solo nanti.  Tapi sebelum itu, harus merencanakan transportasi dan akomodasi lebih dulu.  Jadi,  mulai sekarang sudah hunting tiket pesawat, hotel atau penginapan, serta tiket bus yang akan digunakan nanti sebab ini akan memudahkan dan tentunya sangat menyenangkan dalam mengesplore destinasi wisata tujuan.  Untuk rute perjalanan, saya memilih via Jakarta-Solo sebab ada beberapa urusan dinas kantor di Jakarta yang perlu diselesaikan.

Solo adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang terkenal sebagai kota budaya dengan tradisi yang masih dilestarikan hingga kini.  Inilah salah satu daya tarik Solo dalam menarik para wisatawan lokal maupun mancanegara.  Selain itu, kita juga bisa mengekplore beberapa destinasi wisata yang menarik seperti Begawan Solo, Pasar Klewer, Keraton Kasunan Surakarta, Kampung Batik Kauman, dan masih banyak lagi destinasi wisata lainnya yang bisa di eksplore selama berada di Solo.  Beberapa destinasi akan saya urai berikut ini:

1.     Begawan Solo
Menurut Wikipedia, Begawan Solo adalah sungai terpanjang di Pulau Jawa, Indonesia dengan dua hulu sungai yaitu daerah pegunungan Sewu, Wonogiri, dan Ponorogo.  Begawan Solo sudah familiar ditelinga saya sejak masih kecil melalui lagu yang sering saya dendangkan bersama Ayah yaitu lagu Begawan Solo yang diciptakan oleh Gesang.  Saya penasaran dengan sungai ini dan ingin melihatnya langsung dengan mata kepala sendiri. 

Pic by Wikipedia

2.     Pasar Klewer
Pasar Klewer adalah destinasi yang buat saya penasaran dengan cerita teman-teman bahwa di pasar ini aneka batik ada dijual dengan berbagai varian corak dan varian harga.  Mulai dari batik pekalongan, batik Jogyjakarta, batik Banyumas, dan batik Cirebon semua ada dijual disini.  Harga pun cukup bersaing dengan pasar batik lainnya.  Tidak heran jika banyak pebisnis fashion membidik Pasar Klewer sebagai tempat meng-order barang dagangan berupa batik. 

Pic by surakarta.pro


3.     Keraton Kasunan Surakarta
Saya termasuk pecinta wisata heritage,  jadi Keraton Surakarta wajib saya kunjungi.  Keraton Surakarta yang menjadi tempat tinggal Raja,  didirikan pada tahun 1744 oleh Susuhunan Pakubowono II.  Keraton  ini terletak di jalan Sidikoro, Baluwati, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah.  Disekitarnya terdapat beberapa museum yang menyimpan benda-benda bersejarah peninggalan kerajaan. 

Pic by amufa25.blogspot.co,id

4.     Kampung Batik Kauman
Saya tidak pernah melihat orang membatik, jadi berharap mengunjungi kampung batik nanti bisa melihat langsung bagaimana orang Solo membuat batik.  Konon wilayah ini dulunya adalah tempat membuat batik keluarga kerajaan.

 
Pic by cintapekalongan.com
Selain destinasi wisata yang saya urai diatas, masiiiiih banyak lagi destinasi wisata lainnya yang wajib anda kunjungi di Solo.  Selamat mengekplore Solo jangan lupa pesan tiket bus ke solo lebih awal agar perjalanan anda menyenangkan.  See you on the story of the next trip, bye...bye.....

You Might Also Like

19 komentar

  1. Saya tidak pernah lagi wisata ke Solo. Di Indonesia saya sudah ke Jakarta, Bukittinggi, Padang dan Bali. Ingin juga ke tempat lain di Indonesia seperti Pulau Bintan. Mungkin boleh merancang percutian ke Solo pula kerana permandangan di sana cantik sekali ya?....

    BalasHapus
  2. waduh..menarik la Solo...december liburan buay anak2 sekolah abby, ibu bapa masih bekerja, kalau banyak cuti tahunan boleh la ibu bapa cuti bersama..kalau macam SA...harus bekerja..tp akan cuba luangkan anak- anak untuk bercuti sebentar..

    BalasHapus
  3. I yet to visit Solo but the place looks beautiful. Need to plan my trip to there soon.

    BalasHapus
  4. wow looks like a nice place to visit, I haven't been to this place before. I need to plan for trip but there's need to first saving on money. Now this place can put in list that I want to go visit.

    BalasHapus
  5. Wow banyak bangat tempat menarik kalau 3 hari kat Indonesia tak akan habis menjelajah heheheeh kita nak pergi berlibur juga ibu tahun depan In Sha Allah tengah menyusun waktunya...

    BalasHapus
  6. Sy tak pernah sampai di sini tapi bolehla dijadikan rujukan bila sampai di sini. Agak unik dan klasik bandarnya

    BalasHapus
  7. Pernah baca tentang SOLO. Memang diakui tempatnya sangat menarik. Teringin juga nak ke sana nanti ni.

    BalasHapus
  8. Wahh.. menarik ya Solo ni. Baru pertama kali tahu tentang tempat ni. Boleh juga Qiss masukkan dalam list untuk bercuti tahun 2019 nanti.

    BalasHapus
  9. Saya belum berkesempatan ke sana, menarik juga ya tempat nya. Insaallah akan dimasukkan dalam wishlist 2019 nanti. Harap2 menjadilah

    BalasHapus
  10. Tempat ni nampak unik dan menarik, terutamanya pakaian budaya dan jugak ukiran bangunan tu. Kampung batik kauman rupanya. Itulah yang seronok bila kita menjelajah ke tempat lain kan. Banyak dpt belajar dan meneroka.

    BalasHapus
  11. Nice entry! Thanks for sharing the knowledge regarding our happy hormon. Now i knew it after read it here. Hihi. I dont have any plan for 2019 yet. Will plan later on the spot haha.anyway, i hope i can go to Solo one day. It such a wonderful place to visit.

    BalasHapus
  12. suka baca entry seperti ini sebagai tambah ilmu pengetahuan...lagipun lepas ni saya nak rajin2 travel ke luar negara melihat budaya orang yang berlainan daripada saya...kata orang jauh perjalanan luas pemandangan...semoga satu hari nanti saya juga bisa jejak ke Indonesia

    BalasHapus
  13. thanks for sharing. Begawan Solo sounds like an ideal place to visit next year. let's plan for a fun family vacation there hehe

    BalasHapus
  14. wao.. i thought solotrip.. but this i like solo trip to solo... soooo interesting. gonna check further about this place before i buy tickets for my solo trip

    BalasHapus
  15. wahhh solo tu nama tempat? i thought it's in english solo travel. hahaha looks like a interesting place, and like dr life said, time to do a solo trip to solo! haha

    How to deal with markets ups and downs?

    BalasHapus
  16. Wah..menarik la solo ..banyak tempat indonesia yang nad tak tau. Lepas baca blog sis baru tau..hehee..hope kalau nad datang indonsesia kita bisa ketemu ya..kakak bawa saya jalan2 di sana

    BalasHapus
  17. Wahhh, kedengaran sangat menarik. setakat ini, destinasi fi indonesia yang pernah saya kunjungi hanyalah lombok.

    BalasHapus
  18. Boleh masuk dalam bucket list bila mahu visit ke Indonesia nanti . Banyak betul tempat menarik di sana. Harap ada masa Dan peluang ke sana .

    BalasHapus
  19. Indonesia memang kaya dengan lokasi wisata yang best-best. Setakat ini belum pernah sampai Solo lagi. CLA sudah sampai ke Surabaya, Bandung, Medan dan Jakarta.

    BalasHapus

About Me

Like us on Facebook