Indscript Creative dalam Sejarah 13 Tahun Menelurkan Perempuan Produktif

10.23.00


Perempuan bahagia mengambil peluang tanpa alasan, jika gagal dia belajar, jika berhasil dia bersyukur_Indari Mastuti

Pernahkan anda membaca sebuah tulisan dan terinspirasi penulisnya?.  Pernahkah anda tiba-tiba ingin menjadi penulis setelah membaca bukunya?.  Saya Pernah!.  Berawal dari sinilah, saya mulai berbenah diri mengejar mimpi menjadi seorang penulis.  

Hingga saat ini, saya terus berproses menjadi penulis.  Memang tidak mudah, tetapi saya percaya proses.  Jika berlatih menulis dan terus berlatih, Inn Shaa Allah mimpi akan diijabah olehNya, Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebuah tulisan bisa menginspirasi pembacanya, hal ini terbukti pada diri saya sendiri.   Enam tahun yang lalu, saya membaca tulisan dari seorang perempuan inspiratif, Indari Mastuti Rezki Resmiyati Soleh Addy yang lebih dikenal dengan nama pena Indari Mastuti.  Seorang perempuan dengan konsep pemikiran yang cemerlang, kreatif dan inovatif, yang terus berupaya memberdayakan banyak perempuan di Indonesia, khususnya ibu rumah tangga. Melalui tulisan inspiratif, beliau berusaha merangkul seluruh perempuan dengan antusiasme dan gairah yang tinggi menuju tujuan yang ingin dicapai.  Membuka wawasan berpikir  imajinatif serta menggerakkan para perempuan dalam mengaktualisasikan diri di berbagai bidang keahlian masing-masing.

Foto by Indscript

Jika ingin menjadi penulis, bergaullah dengan penulis.  Kalimat inilah yang memuluskan niatku bergabung dengan komunitas menulis  Ibu-Ibu Doyan Nulis atau IIDN.  Sebuah komunitas tempatku mengasah skill kepenulisan hingga saat ini.  Dari komunitas inilah, saya mengenal sebuah agensi naskah yang tergolong unik/aneh dan bikin penasaran, IndscriptCreative yang menjadi cikal bakal lahirnya komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis.  Komunitas ini sangat berperan penting dalam karir menulisku.

Mengenal Sosok Indari Mastuti
Indari Mastuti, perempuan yang selalu tampil energik adalah seorang yang sudah menjadi penulis sejak tahun 2004.  Berkarir di bidang telekomunikasi namun pada akhirnya memberanikan diri keluar dari zona nyaman dengan resign dari kantornya. Beliau memutuskan menjadi ibu rumah tangga seutuhnya dan total berprofesi sebagai seorang penulis  saat akan menikah pada tahun 2007.
Founder  Indscript Creative ini terus berinovasi secara brutal dengan mendirikan komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis,  Ibu-Ibu Doyan Bisnis, Emak Pintar, Sekolah Perempuan, Indscript Training Center, dan beberapa inovasi lainnya seperti Bisnis Indblack workbook, Agenda, Minibook, Guidance Book, Co-founder Kunikita, Bukuin Aja,  7 Hari Menulis Buku, Sekali Nulis Jebol Penerbit, Menulis Tanpa Bakat, dan sebagainya.

Portopolio Indari Mastuti
(foto by Indscript)

Indari meraih banyak penghargaan di bidang penulisan dan bisnis setelah mengikuti banyak kompetisi. Kompetisi pertamanya adalah pemenang Perempuan Inspiratif Nova 2010, disusul dengan menjadi pemenang di beberapa kompetisi lainnya. Dua penghargaan pada tahun 2018 dari Wali Kota Bandung sebagai Perempuan Penggerak Perempuan dan Perempuan sebagai Penulis Perempuan. Menjadi pemenang dalam mengikuti beragam kompetisi, berpengaruh besar pada perkembangan Indscript.  Klien meningkat bukan hanya diranah dunia penerbitan tetapi juga pada perusahaan swasta dan BUMN

Kesibukan lainnya adalah menulis buku biografi berbagai tokoh, pengusaha, hingga public figure.  Mulai dari Teh Ninih, Ibu Atalia, Ibu Siti Oded, hingga pengusaha-pengusaha kelas kakap dan guru besar. 

Tentang Indscript Creative
Indscript Creative berdiri pada tahun 2007.  Pada saat itu hanya Indari sendiri yang menulis lalu kemudian penerbit menawarkan agar menulis lebih banyak  sehingga Indscript menambah personil 3 orang lagi yaitu Bang Aswi, Anton dan Tati. 


Indscript terus berkembang menjadi agensi naskah yang profesional bahkan terbilang unik, aneh dan bikin penasaran. Kenapa? Karena keberanian Indscript menabrak pola pengajuan naskah ke penerbit dengan mengajukan ratusan judul buku. Bukan berupa naskah full karena naskah sendiri belum ada.  Setelah penerbit memilih dan menyetujui judul itu, barulah outline naskah diberikan yang dilanjutkan dengan penulisan naskah hingga naskah siap cetak yangvtentu saja disesuai kan berdasarkan dateline dari penerbit.  Konsep insdscript ini menarik perhatian para penerbit sehingga menjadi angin segar bagi penerbit yang mungkin kekurangan sumberdaya manusia.

Namun, perjalanan Indscript tak semulus pada awalnya yang kebanjiran orderan.  Indscript mengalami kemunduran pada tahun 2019 karena mengecewakan banyak penerbit.  Akibatnya perusahaan kehilangan banyak klien dan karyawan pun banyak yang dirumahkan. 

Indari tak kehilagan semangat dan terus berusaha bangkit dengan belajar dari pengalaman. Klien yang masih bertahan membutuhkan banyak naskah.  Perempuan yang tak pernah kehilangan ide ini terus berproses menjadi lebih baik dengan memberdayakan ibu rumah tangga agar tetap produktif dari rumah.  Lahirlah komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis.

Ibu-Ibu Doyan Nulis
Belajar dari kehilangan, Indari mendirikan komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis pada tanggal 24 Mei 2010 dengan visi menelurkan penulis-penulis baru dikalangan ibu rumah tangga.  Dengan menulis, perempuan bisa produktif dan terus berkarya tanpa harus keluar rumah.  Jadi, boleh dikata komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis yang kini telah berusia 10 tahun adalah penyemangat untuk bangkit kembali dari keterpurukan dengan memberikan manfaat kepada lebih banyak perempuan. 


Akhirnya  Indscript Creative bisa kembali memberikan manfaat besar dengan menghadirkan banyak perempuan di dunia penulisan.  Hingga kini, lebih dari 4.000 karya para penulis yang tersebar di berbagai penerbit besar di Indonesia mulai dari Gramedia Pustaka Utama, Elex Media, Penebar, dan berbagai penerbit lainnya. 

Ibu-Ibu Doyan Bisnis 
Untuk berbagi inspirasi bisnis, Indscript mendirikan komunitas Ibu-Ibu Doyan Bisnis (IIDB) yang bertujuan untuk meningkatkan skill, motivasi dan belajar berjejaring dalam membangun bisnis rumahan.  Saya adalah salah satu anggota komunitas ini atau boleh dibilang hampir semua komunitas dan beberapa inovasi yang dibangun oleh Indscript, saya ikut bergabung.  Termasuk menjadi reseller Kunikita.


Indscript training center
Salah satu kelas online yang paling laris manis dalam Indscript Training Center adalah kelas Reparasi Bisnis yang total alumninya sekitar 10.000an orang.  Materi kelas seputar bagaimana membangun bisnis dari rumah.  Misi kelas ini adalah membangkitkan perusahaan-perusahaan yang berada diambang kebangkrutan atau memiliki banyak masalah.  Harapan kepada ibu-ibu pebisnis agar bisa menyelesaikan setiap masalah dengan baik. 

Pada tahun 2019, Indscript Training Center berubah nama menjadi Indscript Woman University dengan sebuah program 3000% untuk perempuan.



Emak Pintar
Komunitas yang berdiri pada tahun 2015 ini pada awalnya akan menjadi komunitas yang akan menyatukan antara penulis dan pebisnis.  Artinya kedua komunitas ini akan melebur jadi satu. Namun dalam perjalannya menjadi berjalan sendiri-sendiri dan Emak Pintar pun menjadi komunitas tersendiri dengan kekhasan berbeda dengan komunitas lainnya. 


Sekolah Perempuan
Saya masih ingat beberapa waktu yang lalu saat pertama kali bergabung di Sekolah Perempuan.  Saya adalah peserta gelombang ke-9 yang belajar secara webinar bersama teman sekelas dari berbagai wilayah di Indonesia. Bahkan mentor kami ada yang berada di Amerika. Akh, seru banget rasanya belajar bersama dengan perempuan produktif yang tersebar diseluruh nusantara. Saya pun banyak belajar dan terinspirasi dari mereka. 


Di Sekolah Perempuan, kami dibimbing oleh mentor dalam dan luar negeri, diberi kesempatan memperoleh Job menulis buku dan diberi peluang diterbitkan naskahnya oleh penerbit Mayor.  Cara belajarnya cukup mudah, hanya duduk manis di depan laptop di rumah masing-masing bahkan pernah sekali waktu saya belajar di tengah jalan karena saat jam belajar saya sedang dalam perjalanan pulang kampung.   

Sertifikat saya setelah belajar 3 bulan di Sekolah Perempuan
Sekolah Perempuan didirikan pada tahun 2013 yang di peruntukkan khusus bagi perempuan.  Visi Sekolah Perempuan adalah melahirkan 1 juta perempuan Indonesia yang produktif menulis.  Sedangkan misinya adalah meningkatkan skill menulis di kalangan perempuan terutama ibu rumah tangga.  Meningkatkan produktivitas ibu rumah tangga khususnya dalam tulis menulis. Menyalurkan bakat dan karya tulis yang dimiliki perempuan untuk memenuhi berbagai kebutuhan pasar. Pemutakhiran perempuan dalam sosial, ekonomi dan keilmuan

Beberapa Inovasi Indscript Lainnya
1.     Bisnis Indblack
Berusaha menggerakkan dunia fashion dengan memberdayakan ibu-ibu sekitar rumah sebagai pengrajin handmade desain handsock. 


2.     Inovasi workbook, agenda, minibook, guidance book
3.     Co-founder Kunikita
Kunikita adalah bisnis ritel yang menjual berbagai kebutuhan Muslimah.  Memiliki lebih dari 4.000 jaringan pemasaran dengan produk unggulan CIOMY, bakso aci khas garut yang bisa terjual ribuan pcs per hari

Beberapa produk Kunikita yang sudah saya konsumsi

4.     Bukuin aja
Program Bukuin Aja lahir pada tahun 2019, sebuah program penerbitan indie yang dilengkapi dengan training sebelum menerbitkan buku.  Di tahun ini pula Indscript Training Center berubah menjadi Indscript Woman University.

5.     Icon Pusat layanan
Inovasi 2020 dengan memberikan icon bagi yang bergerak di bagian pusat pelayanan seperti Miss Indscript, Miss Love, Miss Cunik, Miss Writing.  Icon ini merupakan inovasi di dunia jasa dengan icon yang ramah dan friendly  
6.     7 hari menulis buku
7.     Sekali nulis jebol penerbit
8.     Menulis tanpa bakat

Selamat Ulang Tahun Indscript Creative yang ke-13 
Selamat ulang tahun Indscript Creative yang ke-13 tahun.  Kini Indscript makin dewasa dan bekembang dengan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat yang seluas-luasnya.  Sejak memasuki usia yang ke-10 tahun, Indscript membangun CSR (Coorporate Social Responsibility) dengan pembebasan riba, pemberian hibah modal usaha, donasi lansia, dan berbagai  kegiatan donasi lainnya yang diambil dari 10%  omzet Indscript. 

Diusia yang ke-13, Indscript semakin banyak memberikan peluang bagi perempuan untuk mengembangkan diri baik dalam sisi kepenulisan maupun sisi bisnis.  Bahkan kelak di tahun 2024 telah menargetkan untuk memiliki 15.000 jaringan pemasaran yang berasal dari perempuan khususnya ibu rumah tangga. 

Di era stay at home, Indari Mastuti selaku founder dari Indscript Creative terus melakukan inovasi dari rumah dengan live setiap jam 7 pagi di komunitas Ibu-Ibu Doyan Bisnis untuk saling menguatkan satu sama lain. Dan setiap jam 16.00 akan live tentang dunia penulisan.  Jadi, kalian jangan melewatkan kesempatan ini untuk ikutan karena ini disajikan secara gratis. 

Foto by akun medsos Indari Mastuti 😃


Akhir kata,  ucapan terima kasih kepada Teteh Indari Mastuti yang telah menginspirasi banyak sekali perempuan, menambah ruang kreativitas saya sehingga bisa selangkah lebih maju. Menuntun saya menapaki anak tangga satu demi satu dalam dunia penulisan.

Untuk seluruh perempuan di dunia, mari menjalin kolaborasi positif, saling solid, bergandeng tangan meraih cita dan mimpi. Mari terus bersama menjadi pembelajar untuk meningkatkan kompetensi dan mengesplorasi diri agar bisa saling menginspirasi tanpa menanggalkan adat dan norma keperempuanan.

You Might Also Like

38 komentar

  1. Selamat ulang tahun Indscript Creative yang ke-13 tahun.. Moga apa yang di usahakan akan berhasil dan berjaya menjadikan perempuan sebagai inspirasi dan menbanggakan dunia..

    BalasHapus
  2. wah. moga indscript creative makin maju dan berbakti lagi kepada para wanita.
    saya setuju. ingin menulis, berkawan dgn rakan penulis.
    berkarya bersama-sama. menyuntik semangat kerjasama. saling bantu membantu beri idea.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali kita para perempuan harus saling menyuntik semangat

      Hapus
  3. Selamat ulangtahun yang ke 13 indscript cteative. Semoga terus berjaya. Salam Ramadan.

    BalasHapus
  4. moga terus sukses indscript dan selamat ulang tahun ke-13. moga terus manfaat pada masyarakat dengan penulisan anda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... semoga perempuan makin berjaya bersama Indscript

      Hapus
  5. Kalau tak keluar dari zon selesa mana tahu kita berbakat dalam penulisan kan?. Moga beliau terus sukses ya menghasilkan publikasi yang bagus.

    BalasHapus
  6. Semoga terus maju dan selamat menyambut hari ulangtahun yang ke 13.
    Harapannya di masa akan datang dapatlah menghasilkan seberapa banyak penulisan yang bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.... terima kasih harapan dan doanya

      Hapus
  7. Selamat ulang tahun Indscript, moga bertambah maju jaya dalam bidang penulisan dan memberi lebih banyak ilmu kepada mereka yang minat dalam bidang ini

    BalasHapus
  8. Selamat ulang tahun Indscript Creative yang ke-13 tahun. Semoga bertambah maju jaya dalam bidang penulisan ya.

    BalasHapus
  9. Selamat ulang tahun Indscript Creative yg ke 13. Tahniah sebab memberikan peluang kepada wanita suri rumah tangga dalam bidang penulisan
    Semga terus sukses 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin... semoga perempuan ikut berjaya bersama Indscript

      Hapus
  10. Selamat Ulang Tahun Indscript Creative yang ke 13. Sama seperti saya juga, bila baca sesuatu bukubatau novel dan buat saya jatuh suka, saya juga berimpian ingin jadi penulis tapi tidak punya waktu untuk merealisasikan impian saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah dengan manajement waktu yang bagus, mbak akan punya waktu untuk menulis. Amin

      Hapus
  11. Selamat ulang tahun. Wahh bagusnya tamak penulis terlahir si sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Banyak penulis perempuan yang lahir dari Indscript

      Hapus
    2. Iya... banyak penulis perempuan yang lahir dari Indscript

      Hapus
  12. Bagus komunitas ni yg mengajar seseorang yang minat pada penulisan. Tahniah .

    BalasHapus
  13. Selamat ulang tahun yang ke-13 buat Indscript Creative. Tahniah juga kepada Indari Mastuti kerana berjaya membimbing dan melahirkan ramai penulis-penulis berbakat. Teruskan berkarya ye..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Semangat bu Indari selalu memotivasi kami

      Hapus
  14. Happy anniversary Indscript Creative. Congrats buat bunda Indari Mastuti kerna bisa membimbing ramai karyawan2 berbakat. Mogaan nya terus sukses!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... semoga Indscript terus berjaya bersama kami

      Hapus
  15. Semoga Indscript senantiasa berkibar dan mewadahi para perempuan Indonesia. Semoga Bu Indari selalu sehat dan tangguh dan terus membesarkan Indscript.

    BalasHapus
  16. "Pernahkah anda tiba-tiba ingin menjadi penulis setelah membaca bukunya?", banget kak. Saya hobi nulis karena terinspirasi dari buku-bukunya Hilman pengarang buku 90an Lupus, Olga Sepatu Roda, dll. Hehe!

    Kerennya Indscript Creative ini, bisa jadi wadah bagi para perempuan-perempuan Indonesia yang hobi menulis dan tertarik berbisnis untuk menyalurkan kreatifitasnya. Inovasi-inovasinya pun sangat menarik dan betul-betul mengasah skill. Salut!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain wadah bagi perempuan yang hobi nulis, juga wadah bagi yg hobi bisnis.

      Hapus
  17. Ibu Indari ini sosok inspirarif ya. Semangatnya gak pernah kendorqalopun pernah mengalamai kegagalan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, semangat tak pernah kendor

      Hapus
  18. Indacript adalah karya terbaiknya Indari Mastuti. Tak sekedar komumitas, tapi bisnis yang terus melaju

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bubIndari selalu berjaya bersama Indscript

      Hapus
  19. Keren di iidn, brrti bapak2 nd bsa masuk atau anak muda yg baru mau mulai menulis kk?

    BalasHapus

About Me

Like us on Facebook