Wonderful Indonesia: Malino Kota Bunga

09.49.00




Berkelanalah, jelajahi negerimu dan temukan mozaik kehidupan hingga ke pelosok pangkuan ibu Pertiwi, Eksplore Indonesia

Salam akhir tahun 2018 untuk semua, apa kabar awal Desember?.  Tidak lama lagi kita akan menikmati liburan akhir tahun, tentu saja ini merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu.  Sebagai mahluk sosial, liburan adalah salah satu cara me-refresh diri dari kepenatan rutinitas kantor setiap harinya.  Kota yang bising dan berpolusi kadang menambah kejenuhan dan kegerahan sehingga melipir keluar kota untuk menikmati udara segar alami memanjakan diri dengan pemandangan alam yang eksotis, adalah pilihan yang tepat. 

Nah, sudahkah anda membuat jadwal dan membidik destinasi wisata untuk liburan akhir tahun? Jika belum, mari melirik salah satu destinasi wisata di kawasan Indonesia bagian tengah.  Siapa tahu bisa menjadi solusi traveling anda di akhir tahun.  Sebuah tempat wisata alam puncak pegunungan yang menjanjikan sejuta pesona, alam yang sejuk, bunga yang indah bermekaran penuh warna.  Mari kita Eksplore Malino Kota Bunga, Wonderful Indonesia



Foto by Ndy Pada

Bangga menjadi orang Indonesia, itu sudah pasti dan tidak perlu diragukan lagi. Rasa cinta tanah air tidak pernah bergeser sejengkal pun.  Alam yang indah terhampar luas diseluruh nusantara menjanjikan berjuta pesona untuk kita nikmati, kagumi, dan jelajahi.  Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan destinasi wisata yang tak akan pernah ada matinya untuk dinikmati dan dikunjungi, sebab alam khatulistiwa selalu indah dalam melagukan simponi kedamaian.

Kabupaten Gowa adalah salah satu daerah tingkat II di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.  Ibukota kabupaten ini terletak di kota Sungguminasa.  Berbatasan langsung dengan kota Makassar sebagai ibukota Provinsi Sulawesi Selatan.  Banyak destinasi wisata dan kuliner yang menggugah selera para wisatawan lokal maupun mancanegara.  Hal ini menjadi perhatian khusus pemerintah daerah khususnya Dinas Pariwisata dalam mengelola dan mengembangkan potensi wisata dan kuliner di Kabupaten Gowa untuk menarik para wisatawan dan investor.  Salah satu destinasi wisata yang mendapat perhatian dari pihak pemerintah maupun swasta adalah wisata alam Malino.

Rute dan Transportasi
Destinasi wisata alam Malino yang sejuk berlokasi di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.  Untuk mencapai destinasi  ini, kita akan menempuh jarak sekitar 90 kilometer dari kota Makassar.  Waktu perjalanan sekitar 2 jam dengan menggunakan moda transportasi darat.  Bisa menggunakan kendaraan pribadi, bisa juga pakai jasa angkutan umum atau rental car.  Hanya merogoh kocek sebesar Rp 35.000 per orang  dari terminal Sungguminasa, kita sudah bisa sampai di Malino.  Tetapi yang ingin menikmati perjalanan dengan naik motor juga bisa.

Bendungan Bili-Bili
Perjalanan dari Makassar menuju Malino akan melalui beberapa destinasi wisata lainnya dan beberapa kuliner.  Salah satunya adalah anda akan dimanjakan dengan pemandangan cantik di bendungan Bili-Bili yang letaknya sekitar 30 km dari kota Sungguminasa.  Bendungan Bili-Bili merupakan bendungan terbesar di Sulawesi Selatan yang menjadi sumber air baku bagi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dan sumber irigasi pengairan untuk lahan pertanian yang tersebar di kabupaten Gowa dan sekitarnya.

Foto by Abby Onety

Malino Kota Bunga
Malino yang berlokasi di daerah dataran tinggi, menggiurkan untuk dikunjungi khususnya bagi orang-orang yang merindukan suasana alam sejuk.   Menghirup udara segar alami, jauh dari kebisingan kota, dan polusi udara yang menyesakkan dada adalah momen luar biasa orang yang hidup dikota-kota besar.

Foto by Asri Tadda
Foto by Innarti Sunarti

Memasuki pintu gerbang selamat datang, “Malino Kota Bunga”, mata anda mulai dimanjangan dengan bunga semerbak bermekaran.  Sepanjang jalan tumbuh aneka bunga yang merekah beragam warna warni yang segar.  Jika mau rehat sebentar, anda bisa mampir dipesangrahan dan nikmatilah suasana alam Malino.  Gunung yang hijau, lembah yang ditumbuhi banyak pepohonan menyejukkan mata dan hati.  Sungguh sebuah destinasi yang tak akan pernah anda lupakan.  Saatnya anda eksplore Malino sebab banyak sekali destinasi wisata di area ini yang bisa dikunjungi seperti; Air Terjum Takapala, Air Terjun Lembanna, Air Terjun Ketemu Jodoh, Air Terjun Parangloe, Permandian Lembah Biru, Kebun Strowberry, Kebun Anggrek, Kebun Markisa, Kebun Teh, Kebun Pinus, dan masih banyak lagi.

Jika beruntung, kabut akan menyambut kedatangan anda.  Kabut putih nan lembut akan melengkapi kebahagian anda.  Suasana nyaman seperti ini, lebih terasa jika menikmatinya dengan suguhan secangkir teh hangat dari Kebun Teh Malino.



Malino Wisata Legenda
Konon katanya, puncak Malino yang menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Gowa, pernah menjadi tempat peristirahatan orang-orang Belanda dan Jepang saat masih menjajah Indonesia.  Malino menjadi tempat yang kerap kali mereka datangi terutama di akhir pekan.

Penginapan
Jika anda  berkunjung ke kota wisata Malino, sayang sekali jika tidak menikmati udara malamnya. Banyak orang berkunjung ke tempat ini sengaja bermalam,  sebab malam harinya suasana sangat fantastik, suhu yang sangat dingin.  Jangan khawatir soal penginapan sebab sangat mudah mendapatkannya dengan beragam tipe dan fasilitas.  Budgetnya? Silahkan pilih sesuai budget anda karena hotel dan penginapan tersedia mulai dari budget yang tinggi hingga budget yang sangat  terjangkau, bahkan penginapan tarif Rp 100.000 per malam bisa anda temukan.

Villa Masagena 2 by Ndy Pada

Biaya masuk/jam buka
Wisata Malino buka 24 jam.  Biaya masuk ke kota wisata Malino adalah gratis jika hanya untuk sekedar jalan-jalan dan menikmati udara yang segar.  Tapi setelah anda masuk ke beberpa obyek wisata yang telah saya gambarkan diatas seperti Kebun Strowberry, Kebun Teh dan Air Terjun Takapala tentu saja sudah tidak gratis lagi.  Biaya masuk ke Air Terjun cukup murah yaitu Rp 5000 per orang.  Kebun Strowberry hanya Rp 10.000 per orang, dan Murah kan...?? Yuukk...segera eksplore Malino.

Nah, demikian gambaran destinasi wisata Malino Kota Bunga yang siap anda eksplore.  Jika ada yang kurang jelas, silahkan hubungi saya atau tanyakan dikolom komentar postingan ini.  Mari berjalan mengeksplore Indonesia.  Bukankah perjalanan adalah suatu investasi kehidupan dan sumber kekuatan dalam menginspirasi dan memotivasi diri sendiri maupun orang lain? Mari berinvestasi kehidupan dengan mengekplore Indonesia, Wonderful Indonesia.

Oh ya, apa kabar dengan destinasi wisata di kota anda? Yuk sharing ceritanya disini untuk turut berpartisipasi pada Wonderful Indonesia Blog Competition.



You Might Also Like

42 komentar

  1. Duh luar biasanya bangga memang jadi orang Indonesia. Pub banyak tempat tempat yang belum aku datangin.

    BalasHapus
  2. Duh, baru tahu dengan Malino ini. Seneng deh dengan adanya lomba blog kayak gini. Jadi tahu banyak tempat baru yang indah yang jarang dibahas orang. Jadi pengen main ke Malino deh. :)

    BalasHapus
  3. Teramat banyak ya lokasi wisata di daerah sendiri yang justru belum kita singgah. Maha kaya Indonesia. Bahagia kita menjadi warga negaranya...

    BalasHapus
  4. Saya belum pernah ke Makassar, tapi pengin banget nih suatu saat bisa berkunjung ke Makassar.. Tempat2 wisatanya banyak juga, noted dulu ah.. Semoga ada rejeki dab kesempatan..

    BalasHapus
  5. Wah asyik juga ini jd tahu di Makasar banyak tpt keren ya..pengen banget ikutan. Bangga punya Indonesia luar biasa indah..

    BalasHapus
  6. lumayan jauh juga ya mbak 90km..tapi sepertinya memang layak dikunjungi malino ini..untungnya biaya penginapannya ada yang cukup terjangkau ya, cuma 100rb

    BalasHapus
  7. Agak asing denger destinasi wisata dengan nama air terjun ketemu jodoh.
    Hemz mau nyoba kesana, mungkin bisa dapet jodoh hehe..

    BalasHapus
  8. Asyik sepertinya bisa menikmati kota bunga yang Indah di Malino. Sejauh mata memandang bunga yang cantik (benar, kan ya?) kalau aku kesana mau foto-foto terus kumasukkan ke instagram.... biar semua orang tahu hihihi...

    BalasHapus
  9. Cakepnya, luar biasa betul wilayah Indonesia Timur ini. Nggak cuma Malino, semua destinasi yang Kakak sebutkan sangat menarik, layak disebut Wonderful Indonesia.

    BalasHapus
  10. Malino kota Bunga yang indah banget. Pengen ke sini juga 😊

    BalasHapus
  11. Wuih, cantiknya. Saya baru tau tentang Malino, nih. Kudet, hehe. Padahal keren banget,ya. Sayangnya jauh, padahal dari info Mbak Abby ini tempatnya rekomendid banget. Bangga dengan Wonderful Indonesia

    BalasHapus
  12. Ada Air Terjun Ketemu Jodoh?...lucu namanya. Jadi tujuan para jomblo dong. Hehe...
    Memang cocok yaa Malino Kota Bunga, karena bunga bermekaran selalu...Segar...

    BalasHapus
  13. Murahh y mbaaa untuk biya eksplorenya! Apalagi dengan bunga bunga cantikkknya! Pengen kesanaaa, hwaa mesti siapin tiket pesawat PP nih ☺️

    BalasHapus
  14. Bisa di bilang Bandungnya sulawesi swlatan ya mbak...
    Ada kebun stroberi, bunga, dan udara suejuknya...

    BalasHapus
  15. waah... kalo masuk kesitu kayaknya wangi bunga sepanjang jalan ya..

    BalasHapus
  16. Adem, pasti kalau datang ke sana. Menyejukkan mata juga.

    BalasHapus
  17. Nambah lagi Informasi tentang tempat wisata di Indonesia. Asik kayaknya ngeliat macem2 bunga ditempat dingin. Makasih mba Infonya.

    BalasHapus
  18. Malino emang cantik ya, kak. Kota tempat kita menyepi sejenak dan menikmati kesejukan, menjauh dari hiruk-pikuk dan panasnya Kota Makassar

    BalasHapus
  19. Saya kalau ke Malino naik mobil, begitu masuk daerah Malino, matikan AC baru buka jendela. Segarnya udara Malino...

    BalasHapus
  20. Saya belum pernah ke Indonesia tapi teringin sekali kerna pertamanya di kita saudara keduanya tempat di Indonesia sangat menarik based on story teman² saya, ketiganya kerna saya kepingin ketemu sama teman² saya di Indonesia. Semoga satu hari saya bisa jejak kaki ke sana dan bisa melihat keindahan dan keseronokan di banyak daerah di Indonesia. Salam Sayang dari Malaysia 💕

    BalasHapus
  21. Wah ini kali pertama saya dengar namanya Malino. Menarik sungguh! Saya memang suka travel ke Indonesia - persis rumah kedua. Bulan ini saja ada tiga destinasi di Indonesia untuk travel dengan rakan-rakan. Dan mungkin selepas ini bisa ke Malino pula! Woohoo... Wonderful Indonesia!

    BalasHapus
  22. banyak tempat menarik di Indonesia, airah memang teringin nak pergi bercuti ke sana.masih dalam proses mengumpul duit hahaha.harap dapat pergi la next year

    BalasHapus
  23. looks like a wonderful place to visit. This country I went only twice when followed my parents so many years back. I am glad to read your post here make me feel like going back again, wanna tell my dear of this wonderful place. Long time didn't go to Indonesia, need start saving first.

    BalasHapus
  24. Saya tak pernah lagi sampai ke Makassar terutamanya Malino Kota Bunga ini. Saya pernah ke Jakarta, Bali, Bukittinggi dan Padang sahaja. Mungkin cuti nanti saya boleh bercuti ke Kota Bunga ini. Indonesia memang banyak tempat menarik untuk dilawati kerana negara Indonesia begitu luas sekali.

    BalasHapus
  25. Penginapannya indah dan tenang sangat ya? Saya tidak pernah lagi ke Indonesia. Moga ada rezeki suatu hari nanti.

    BalasHapus
  26. BC belum pernah lagi sampai disini....tempatnya bagus sekali yaa...mudah2an satu ketika nanti bisa sampai ke sini menghabiskan masa2 holiday didaerah ini...kota bunga yang cantik dan nyaman...pasti seronok bila berada disana...

    BalasHapus
  27. Pertama kali dengar tempat Malino ni..menarik jugak ya tempat ni, kelihatan tenang sahaja. Nanti saya akan masukkan dalam wishlist saya tempat ini...harap2 dapat kesana satu hari nanti..Insa Allah

    BalasHapus
  28. Indonesia memang banyak wilayah untuk liburan. Tempatnya cantik cantik bangat. Seperti di wilayah sumatera ni. Nama tempatnya saja dah unik kan. Apa lagi view yang terhidang. Tenang dan indah sekali.

    BalasHapus
  29. Malino Kota Bunga mgkn lbh kurang mcm cameron highlands sini..pastinya scantily pemandangannya.

    BalasHapus
  30. wah menarik nmpknya malino kota bunga...pencinta bunga harus singah disini...ada juga air terjun berdekatan ye...suasana di puncak ngan kedinginan ...pasti nyaman sekali dr kesibukan kota

    BalasHapus
  31. Cantiknya tempat Malino ni..banyak lagi tak explore keindahan dan keunikan Indonesia..ada masa dan peluang, pasti akan ke sana

    BalasHapus
  32. Wah First time dengar pasal Malino. Banyaknya Indonesia punya tempat cantik.nanti bisa jemput Sama khai juga ya mbak

    BalasHapus
  33. Saya tidak pernah lagi ke Indonesia. Pingin bangat ke sana. Malino lawa juga ya dengan Kota Bunga yang menarik ni. Villa tu pon sangat tenang je nampak. Kena masuk dalam wishlist ni.

    BalasHapus
  34. Memang seronok kalau dapat jelajah Indonesia. I have been to few cities and love all the experience. Indahnye tempat ni. Nak je visit kalau ada kesempatan.

    BalasHapus
  35. Malino juga tempat yang asyik buat memadu kasih, eh apa seh...Hahaha...

    Saya suka sekali dengan hawanya yang dingin pada malam hari, tinro kalengkeng

    BalasHapus
  36. Waduh lama bangat tidak ke Indonesia teringin nak terbang lagi pergi sana boleh ibu jadi tour guide saya nanti kalau pergi melancong ker sana menarik dan cantik...

    BalasHapus
  37. belum pernah dengar akan kota bunga ini.. cantik sekali tempatnya. nyaman dan menyegarkan. sesuai untuk berehat pada hujung minggu bersama keluarga.

    BalasHapus
  38. Semenjak tinggal di Makassar aku sudah halan-halan sampai ke Toraja dan Sorowako, tapi belum pernah mampir ke Malino 😂. Pengen sih main ke sini, cari bunga dan sayuran segar trus mampir ke Bendungan Bili-bili untuk makan ikan.

    BalasHapus
  39. so nice cuti cuti in indonesia! i havent got the chance to go indonesia, not even bali yet! hahaha this can be added into my travel list!

    Invest in PRS to get Tax Relief!

    BalasHapus
  40. saya belum pernah jejak Indonesia tapi memang ada perancangan untuk ke sana tahun hadapan. Lokasi yg diberi ini sangat berbeza dari lain2 lokasi yg sering saya baca ....memang cantik sangat ...terima kasih yer sis sebab sudi berkongsi info

    BalasHapus
  41. Suak tengok tempat bunga macam ni. Warna warni je..Cantik untuk ambil gambar..hehee..nice place..nanti kita datang ke indonesi bawa kita ke sini ya

    BalasHapus
  42. Selama di makassarka baru satukali ke malino kasian hiks itupun paa hujan dan kabut jd cuma bs ke highland aja jalan2 hahahah

    BalasHapus

About Me

Like us on Facebook