Kisah Dibalik Nama Abby Onety

22.19.00




Perjalanan, kadang harus dimulai dengan keterpaksaan.  Meninggalkan satu takdir menuju takdir lainnya.  Meninggalkan banyak nama dan berharap akan bertemu dengan nama-nama yang baru_Tasaro GK

Menurut Wikipedia, nama adalah sebutan atau label yang diberikan kepada benda, manusia, tempat, produk, dan bahkan gagasan atau konsep, yang biasanya digunakan untuk membedakan satu sama lain.  Nama dapat dipakai untuk mengenali sekelompok atau hanya sebuah benda dalam konteks yang unik maupun yang diberikan.

Nah, bicara soal nama, adakah diantara kalian yang punya nama media sosial yang berbeda dengan nama asli?.   Klo ada, berarti kita sama dong ya... (tosss..duluuweh) hehehee.  Yuuks, gimana klo kali ini kita bahas tentang nama yang kita gunakan di media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, Blog, Email, dan lain-lain.



Tidak sedikit orang yang bertanya tentang nama Abby Onety, yaitu nama media sosial yang saya gunakan di semua akun media sosial yang saya kelola.  Kok beda banget ya dengan nama asli yang tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP)?.  Kebenaran banget nih, challenge di hari ke-3 mengambil tema tentang alasan memilih nama blog, jadi sekalian aja saya jawab pertanyaan itu disini  tentang nama Abby Onety yang juga saya gunakan sebagai alamat blog.

Sebenarnya nama Abby Onety bukanlah nama baru bagi saya setelah mengenal dunia media sosial atau medsos. Tetapi, nama ini telah saya gunakan sejak lahir namun baru eksis (cieehh...maafkan kesombongan daku) di era facebook sekitar tahun 2006/2007 klo gak salah.  Nama medsos saya terdiri dari dua kata yaitu Abby dan Onety, sangat jauh berbeda dari nama asli Syairawati Magrib Subandrio.  Abby adalah panggilan saya dikeluarga sejak kecil yang aslinya berasal dari Daeng Labbi tapi lebih akrab di panggil Abby  (nama kedua yang wajib dimiliki oleh keluarga saya sebagai suku Makassar).


Sedangkan nama Onety (eheemm... kasi tau gak ya?), jadi malu sih sebenarnya mau buka info untuk publik, tapi karena cerita Onety adalah masa lalu yang tak mungkin kembali, (pinjam kalimat bunda Maia Estianty) tak apalah. Gak ada deg...deg...ser lagi sih karena itu sudah puluhan tahun berlalu dan sekarang kita sodaraan.  Masa berseragam putih biru sudah mengenal yang namanya cinta monyet.  Mulai suka lawan jenis tapi malu-malu hikz.  Akhirnya surat-suratan.  Karena yang disuka adalah kakak senior maka setelah tamat tidak ada kabar berita lagi.  Eh.... pas lanjut ke SMA ketemu lagi deh kita sebab berada disekolah yang sama. Dan tradaaa.... jadilah kita kirim-kiriman surat lagi hahahaa... tapi kali ini ada yang beda, surat-suratannya pakai nama samaran. 

Teman-teman sekolah hingga kuliah memanggilku dengan panggilan Wati (kependekan dari Syairawati).  Kami  (saya dan do’i) plesetkan jadi Wanti ( Wan=One) (ti=ty) jadilah nama Onety.  Jadi, nama Abby itu biasanya dipanggil oleh keluarga dan Wati panggilan dari teman-teman sekolah hingga teman kuliah dulu.  Dan sekarang semuanya memanggil saya Abby Onety. 

Nah, inilah kenapa saya menggunakan nama Abby Onety di semua akun media sosial termasuk nama untuk alamat blog agar mudah diingat dan historisnya tak hilang ditelan masa. 

Oh ya, bagaimana dengan real name saya? gak perlu jawab sekarang ya? next tulisanlah ceritanya. (eh Apa sih? Emang penting?. Gak juga keles, kali aja ada yang mo tahu, yekaann....)


You Might Also Like

24 komentar

  1. oh jadi begini pale' artinya namata' kak Abby.. terjawabmi sudah rasa penasaranku kak 😊 ada tong lagi cinta monyetnya deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaaa... iyya dek. Ternyata dirimu juga salah satu dri sekian org yang penasaran atas namaku

      Hapus
  2. Jadi mauka juga bikin nama panggung untuk diriku kak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penting banget itu dek, segerakan saja hehee

      Hapus
  3. Baru tahu asal usul dapat nama pena ini. Agak unik dan ada sentimentalnya di situ. Moga terus sukses dlm bidang penulisan ya

    BalasHapus
  4. Namanya beda jauh ya dari nama asli Mba.. Ternyata itu nama panggilan ketika masih kecil alias nick name.. Kalo gak dijelaskan di sini saya pun mengira Abby Onety adalah nama Mba, nama yg unik..

    BalasHapus
  5. Unik dan ada sentimental value disitu. Bila kita guna nama pena ni sekurang-kurangnya kita ada branding tersendiri :)

    BalasHapus
  6. Oalah...baru ngerti deh saya. Hahaha..jujur kadang saya bertanya-tanya nama mbak abby onety yg sebenarnya...baru paham saya sekarang...

    BalasHapus
  7. Saya salah baca berarti selama ini. Saya baca o ne ty. Eh ga tahunya itu dibacanya wanti ya...

    BalasHapus
  8. Ooo begitu ceritanya menarik sekali. Tulisan ibu membuahkan idea pada saya supaya saya juga dapat menjelaskan cerita/maksud disebalik nama socmed saya..tq bu

    BalasHapus
  9. good to know more about this name, didn't know unless you shared it. Its unique and meaningful, me too using Sherry Go because I like 'go' places.

    BalasHapus
  10. Bunda abby namanya ternyata 😊. Lahirnya pasti pas maghrib nih, ketahuan dari namanha, hehe

    BalasHapus
  11. Hehe pantesan namanya aneh ...Itu kisah kasih masa lalu seperrinya msh membekas ya...xixixixi...aku gak.peenah kepikiean klo onety itu dibaca wanti hehe..

    BalasHapus
  12. Unik nama pena Abby Onety. Berbeza sekali dengan nama aslinya. Nama saya pendek saja jadi nama pena saya pun sama pendek. Cuma di tambah Ana di hadapan.

    BalasHapus
  13. Mantap juga,punya nama pena yang ada maknanya. Jauh sekali dari nama aslinya, tapi menarik dan gampang diingat.

    BalasHapus
  14. Dulu saya guna nama bubbles182 untuk semua akaun sebab saya suka sangat Bubbles Powerpuff Girls dan kumpulan Blink 182 hehe

    BalasHapus
  15. Okay selama ini saya sebut nama bu abby silap dong. Selama ini saya fikir sebutan Onety itu O-ne-ty. Ternya One itu adalah Wan. Dan sebutannya adalah Wan-ty. Baru tahu mcm mna nak sebut dengan betul

    BalasHapus
  16. setiap nama ada maksudnya dan sejarahnya jugak kan. Sekarang saya lebih kenali akk abby onety dah! Nama blog saya #MouseMommyTreats pun ramai curious jugak. :) Hehe... nnt ada masa blh buat satu penjelasan maksud di belakang jugak... haha... misterinya...

    BalasHapus
  17. Beda nama asli ibu dan nama di socmed ya? Terima kasih kerana sudi berkongsi cerita yang menarik sekali. Salam perkenalan ya ibu :)

    BalasHapus
  18. Nama gaulnya beda banget ya sama nama aslinya mba. Penulisannya gaul gitu.

    BalasHapus
  19. Yayayayya ternyata begitu yah. Ssya kira nama onety itu emang dibaca oneti ternyata wanti yah, hehe

    BalasHapus
  20. Selalu ada kisah dibalik sebuah nama ya..

    BalasHapus
  21. ternyata onety tuh cara bacanya wanti ya mbak wkwkwk.. yang kayak gini nih yg kusuka, masa lalu gak selama nya harus dibuang jauh2..

    BalasHapus

About Me

Like us on Facebook