Selasa, 22 Desember 2015

Kesiapan Wanita dan Bisnis dalam Perdagangan Bebas


Oleh:  Abby Onety


Tanggal 22 Desember di sepakati sebagai Hari Ibu yang di peringati setiap tahunnya.  Hari ini tepat di tanggal tersebut, hampir seluruh wall fb teman-teman maupun di media social lainnya banjir akan ucapan Selamat Hari Ibu.  Ironis memang, jika seorang ibu sampai terlupa jasa-jasanya yang hampir seluruh hidupnya diabadikan untuk mengasuh, mendidik bahkan menafkahi anak-anaknya hingga tumbuh dewasa menjadi pribadi yang tangguh dan berhasil dalam hidup dan kehidupannya.

Ibu Adalah Wakil Tuhan Di Bumi


Oleh:  Abby Onety

Sumber Foto: Bang RIM

Masih terasa kehangatan tanganmu menempel di ubun-ubunku setelah minggu yang lalu aku membuatmu duduk dalam kecemasan.  Engkau enggan beranjak meninggalkanku sebelum memastikan suhu tubuhku menurun.  Aku dapat merasakan bagaimana ibu tidak tega melihatku terkulai lemas dengan suhu badan meninggi tak seperti biasanya, disertai dengan keluhan-keluhan kecil karena tak kuat menahan sakit.

Kamis, 08 Oktober 2015

MENGUBAH KEPO MENJADI LEBIH ELEGAN

Vita Masli
Tulisan ini adalah tugas saya dalam sesi 4 di Sekolah Perempuan.  Awalnya bingung sendiri mau kepoin siapa?.  Takutnya ada yang keberatan jika harus dikepoin tanpa permisi.  Akhirnya saya menulis status di wall fb “siapa yang mau saya kepoin dalam bentuk tulisan?”.  Tak nyangka banyak yang berminat.  Yaaahh.... aku harus bersikap adil dong.  Aku memilih yang pertama kali berkomentar pada statusku tersebut dengan pertimbangan dialah yang pertama kali tanggap dan lincah memanfaatkan momen.  Melihat namanya, aku jadi senyum sendiri. Akh... dia memang lincah.  Komentator yang lain juga tak kalah menarik untuk di kepoin hanya saja kalah waktu, kalah cepat, bla...bla...bla....

Minggu, 06 September 2015

Tujuh Blogger Handal Nasional Membawa Virus ke Gedung PWI Provinsi Sulawesi Selatan

Foto: Dok Pribadi

Salah satu fungsi media sosial adalah mendapatkan informasi dengan cepat.  Benar kata orang bahwa kegunaan media sosial itu akan bernilai positif jika dimanfaatkan secara positif pula.  Seperti yang terjadi beberapa waktu yang lalu, saat berselancar di dunia maya, saya mendapat informasi bahwa makassar akan kedatangan blogger nasional tepatnya adalah BRID (Blogger Reporter Indonesia).

Senin, 31 Agustus 2015

Hidup Semurah Mungkin ditengah Keterpurukan Nilai Rupiah

Di tengah keterpurukan Rupiah, sebagai bangsa yang merdeka kita seharusnya tidak boleh larut dalam persoalan yang mendera bangsa ini.  Sebuah pilihan yang cerdas sangat dibutuhkan untuk menyiasati keadaan dimana kesulitan-kesulitan hidup mulai terdeteksi akibat dari menurunnya niali tukar Rupiah.
Beberapa waktu lalu, saya pernah membaca tulisan teman (Indari Mastuti), saat berdiskusi dengan Pak Heppy Trenggono yang mengatakan bahwa hidup harus semurah mungkin.  Inilah salah satu langkah cerdas yang harus kita ambil ditengah keterpurukan Rupiah.

Sabtu, 29 Agustus 2015

Serumpun Padi


Serumpun padi tumbuh di sawah, hijau menguning daunnya”.  Sepenggal lirik lagu ini sering saya dendangkan bersama teman bermain di area persawahan puluhan tahun silam.   Ada yang masih ingat lagu ini?

Pagi ini, tanpa sengaja aku melihat dan mendengarnya di salah satu stasiun TV.  Hamparan sawah yang terbentang luas menghijau, bulir-bulir padi yang bergerak tak beraturan, melambai tertiup angin sepoi.  Tampak area persawahan itu berhias orang-orangan dengan beragam model, amat menyejukkan hati siapa saja yang melihatnya.  Pemandangan ini sangat identik dengan pedesaan.  Ditambah dengan alunan lagu “Serumpun Padi”, cukup menggugah hati untuk mengenang kembali kampung halaman sekaligus melirik bagaimana kehidupan petani sebagai insan yang berperan utama dalam penyedia pangan di negeri ini.

Minggu, 26 Juli 2015

Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Metode Quipper School


Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik.  Media social adalah salah satu bentuk teknologi yang paling banyak di gandrungi remaja saat ini.  Blog adalah media social yang digunakan sebagai ruang atau sarana untuk berbagi pengetauan dengan menuliskan sesuatu yang bersumber dari pengalaman hidup sehari-hari.  

Merujuk dari perkembangan teknologi tersebut, guru bukanlah satu-satunya sumber belajar bagi peserta didik.  Oleh karena itu, guru di tuntut untuk melek teknologi agar dapat bersinergi dengan peserta didik yang pada umumnya telah melek teknologi. Salah satu contoh teknologi di bidang pendidikan yang dapat menunjang suasana kondusif dalam proses belajar mengajar adalah pemanfaatan media pembelajaran berbasis IT yaitu Quipper School.

Jomblo Itu Pilihan, Iya Kan Mblo..???

Sumber foto: Akun Instagram Misterkomedi


Secara tak sengaja membuka akun instagram Misterkomedi dan menemukan gambar ini. Tanpa sadar ngakak sendiri.  Bukan lantaran kalimatnya yang nyindir gue banget, tetapi mimik wajah anak itu lho, iiihhh.... lirikan matanya terasa banget pedihnya ...... Kok ngakak..??? #Plak.. (nampar muka sendiri).

Momen lebaran adalah momen yang selalu di tunggu-tunggu.  Kenapa..?? salah satu alasannya adalah bakal mudik ke kampung bertemu dan ngumpul-ngumpul bareng bersama sanak saudara. Sampai disini ada masalah? bagi non jomblo mungkin tidak.  Trus ...? bagi yang jomblo...??.  Adakah persiapan khusus untuk para JOMBLOwers buat mudik..?  mungkin iya, mungkin juga tidak.

Rabu, 22 Juli 2015

Erafone adalah Solusi Belanja Gadget yang Paling Mudah, Cepat, Aman dan Terpercaya

Erafone Megastore Ahmad Yani Makassar
(foto Dok Pribadi)


Pernahkah anda bingung menentukan pilihan untuk berbelanja gadget?.  Saya pernah. Pernahkah anda puas membelanjakan uang anda untuk membeli gadget favorit di toko gadget yang elegan dan terpercaya?.   Saya pernah.

Mau tahu ceritanya...?? Yuuk ke TKP..... Cekidot.....

Jumat, 19 Juni 2015

Langkah Awal Meraih Mimpi Melalui Tahapan Xpresi BCA, Menang Undian Tahapan BCA adalah Bonus

Secara tak sengaja melihat tampilan mewah sebuah mobil gratisan dari BCA yang terpajang dengan sangat elegan di salah satu mall besar di Kota Makassar.  “Wah, mobil gratisan?”, Iya dong, karena mobil ini akan berpindah tangan secara cuma-cuma kepada Anda, jika Anda adalah nasabah Bank Central Asia (BCA) yang berhasil memenangkan undian Gebyar Tahapan BCA 2015.  
Sumber foto: Dok. pribadi

Minat....?, ya ya iyalah pastinya, siapa sih yang tidak tergiur memenangkan Mercedes-Benz ini?.  Tanpa pikir panjang saya langsung tinggalkan Mall Panakkukang menuju Bank Central Asia (BCA) kantor cabang Panakkukang yang lokasinya kebetulan berdekatan dengan Mall Panakkukang.  Saya memilih tabungan Xpresi untuk mulai menabung di BCA.  Jika tak menabung sekarang kapan lagi? Kali aja tabungan Xpresi ini bisa mewujudkan salah satu mimpi dalam hidup ini.  Soal menang undian, itu adalah bonusnya.  Setidaknya seperti itulah yang ada dalam pikiran saya saat memulai proses pembuatan kartu Tahapan Xpresi. 

Senin, 15 Juni 2015

Mi Kering TROPICANA SLIM teman setia di sela kesibukan


Beberapa bulan yang lalu, saya menemani teman mencari gula kadar rendah lemak di salah satu supermarket Kota Makassar.  Tiba-tiba mataku tertumbuk pada salah satu kemasan mie instan yang menurutku sangat unik.  Pada bungkusan bagian luar mie instan tersebut, tertulis “Tropicana Slim” dengan huruf berwarna putih berdasar merah.  Tulisan inilah yang menarik perhatian dan  rasa penasaranku untuk mendekat ke salah satu rak, tempat dimana mi instan Tropicana Slim ini dipajang.  Dalam hati hati aku bergumam, “apa benar ya ini mie instan?”.

 Sumber Foto: Dokumen pribadi

Beli gak yah...? gak sempurna rasa penasaran ini sebelum mencobanya. Tapi...., bukankah makan mie instan itu tidak sehat?.  Setidaknya seperti itulah yang dikatakan oleh banyak orang, saya pun ragu untuk membelinya ( membuatku maju mundur cantik J ).  Tetapi 4 bulatan berwarna hijau pada bagian pinggir kiri dari bungkusannya yang berisi 4 tulisan memberiku spirit untuk segera membelinya.  Ke-4 tulisan itu adalah:

Jumat, 08 Mei 2015

Merawat Semangat Perjuangan Perempuan


Oleh:  Abby Onety




Judul diatas adalah tema diskusi inspirasi dalam rangka memperingati hari Kartini, diselenggarakan oleh BaKTI (Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia) yang beralamat di Jl. Mappayukki No 32 Makassar. Tujuannya adalah untuk memberikan inspirasi kepada perempuan-perempuan yang lain agar mampu mengembangkan potensi diri yang dimilinya.  Acara ini dihadiri oleh puluhan aktivis perempuan kota makassar serta beberapa lembaga pemerhati perempuan.

Saya selalu tergerak hati menghadiri undangan yang bertemakan PEREMPUAN.  Selalu berharap dapat tambahan ilmu dari setiap orang-orang baru yang saya jumpai dengan harapan nantinya bisa berbagi ilmu kepada perempuan yang lainnya dari ilmu yang saya dapatkan.  Dalam hati saya berucap, siapa lagi perempuan inspiratif yang bakal saya temui dan kenal hari ini?.  Atau saya juga kadang berpikir, “saya bakal bertemu teman-teman yang satu visi nih”.   Benar saja, di tengah berlangsungnya acara, saya di kejutkan oleh panggilan seorang teman yang pernah terlibat kerjasama pada tahun 2000 pada sebuah LSM yang bernama YAPSDAMDES (Yayasan Pengembangan Sumbedaya Masyarakat Desa). 

Minggu, 08 Maret 2015

Mengungkap Misteri Keindahan Phi Phi Island Phuket, Thailand (Edisi Tamat)


Catatan Traveling Phuket Edisi 3 (Tamat).
Terbayang di benak akan keindahan alam Phi Phi Island yang selama ini hanya dapat kunikmati via search di google. Tidak sabar rasanya ingin segera membuktikan sendiri cerita dari orang-orang bahwa di Phi Phi Island anda akan menemukan sebuah surga di Thailand yang tersembunyi di balik pulau ini.  

Menikmati Keindahan Kota Patong Phuket di Malam Hari (Edisi 2)


Catatan Traveling Phuket Edisi 2
Sebuah tugu bergambar beberapa ikan berdiri tegak di bundaran jalan kota Patong. Disisi kanan tugu ini adalah Patong Beach yang tak pernah sepi oleh para wisatawan dari berbagai ras.  Anda tak perlu khawatir soal tempat makan dan penginapan karena di sekitar tugu ini berjejer restoran dan hotel dari badget yang rendah hingga budget yang tinggi.  Begitupun dengan tempat hiburan seperti life musik

Jumat, 06 Maret 2015

Panorama Senja di Patong Beach Phuket, Thailand (Edisi 1)


Catatan Traveling Phuket Edisi 1
Phuket adalah sebuah pulau wisata yang terbesar di Thailand.  Penduduknya mayoritas memeluk agama Budha.  Pemandangan alamnya sangat menakjubkan.  Mata akan dimanjakan dengan panorama indah air laut yang biru, bersih dan jernih.  Patong Beach yang berpasir putih mengingatkanku akan Pantai Kuta di Bali yang menjadi salah satu pantai kebanggaan Negeriku.  

Rabu, 25 Februari 2015

Mimpi Untuk Indonesiaku



Bermimpilah sebelum mimpi itu di larang.  Kalimat ini terkesan lucu tapi mempunyai makna ganda.  Kenapa…? Karena selain menghibur, kita juga dapat mengambil makna positif yang menantang kita untuk bermimpi.  Mimpi yang saya maksud bukan mimpi dalam tidur atau orang sering menyebutnya sebagai “bunga tidur”.  Mimpi yang bisa mendorong seseorang untuk meraih cita-cita atau mewujudkan harapannya menjadi nyata dari sebuah mimpi.  Mimpi dilakukan tentu saja bukan sekedar bermimpi tetapi harus di barengi dengan usaha dan do’a.  Setiap orang punya mimpi dalam kehidupannya.  Bermacam cara yang dilakukan untuk meraih mimpi.  Salah satunya adalah menekuni profesi di bidang masing-masing.    Bukan mustahil untuk mencapai sebuah mimpi di perlukan sejuta pengorbanan sampai tertatih-tatih hingga berdarah-darah.

Kamis, 12 Februari 2015

Merangkai Kata Hingga Jantung Tak Lagi Berkembang-Kempis



Keberhasilan hidup seseorang bukan datang begitu saja tanpa ikhtiar dan doa.  Manusia di bekali akal dan pikiran agar mampu mendesain sendiri rencana kehidupannya.  Termasuk mendesain beragam cara untuk melanjutkan hidupnya dengan memanfaatkan potensi diri yang dimilikinya.  Soal kesuksesan dalam hidup ini, semua orang punya kesempatan yang sama.  Hanya saja dibutuhkan skill untuk terus mengasah potensi diri dan memanfaatkannya pada setiap segmen kehidupan.

Senin, 19 Januari 2015

Mengenal Perguruan Nasional Makassar Sebagai Salah Satu Sekolah Tertua Di Makassar


Oleh : Abby Onety

Media social adalah salah satu bentuk kemajuan Teknolgi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang paling banyak di manfaatkan orang untuk berbagi dan berkomunikasi baik terhadap orang-orang yang baru di kenal dengan beragam karakter maupun untuk menemukan sahabat lama yang selama ini hilang jejak tanpa komunikasi.    Banyak hal-hal positive dari mozaik kehidupan yang bisa kita share kepada banyak orang.

Minggu, 18 Januari 2015

Workshop Blog Pemula Bagi Guru Sekolah Dasar



Pernah dengar Lemina gak? klo belum, mari mengikuti kegiatan Lemina hari ini yang sedang asyik ngeblog bersama beberapa guru di Gedung Bakti Jl Mappanyukki No 32 Makassar dalam acara “Workshop Blog Pemula Bagi Guru Sekolah Dasar”.  Acara ini terselenggara berkat kerjasama teman-teman Lemina dan beberapa guru sekolah dasar di kota Makassar

Menjadi Guru Inspiratif Melalui Blogger


Media social adalah salah satu bentuk  teknologi yang paling banyak di gandrungi oleh kalangan remaja termasuk siswa dan siswi sehingga sangat efisien digunakan sebagai media pembelajaran jarak jauh.  Menjadi blogger, seorang guru mempunyai kesempatan untuk berbagi materi pelajaran kepada peserta didik, sesama guru, maupun kepada semua orang.  Menulis dapat menginspirasi dan memotivasi banyak orang. Jika kita mengetahui tentang sesuatu hal yang bermanfaat mungkin ada baiknya kita tuangkan dalam sebuah tulisan. .Mungkin saja suatu hari tulisan kita akan memberikan manfaat bagi orang-orang yang membacanya,  dengan demikian kita telah berbagi. Dan  berbagi itu lebih indah dari pada harus memendamnya sendirian.

Senin, 12 Januari 2015

EVENT JANUARI 2015 PENERBIT MAFAZA MEDIA


EVENT JANUARI 2015 PENERBIT MAFAZA MEDIA

PJ dan Owner: Nasrul Yung

Assalamualaikum sobat Mafaza, tidak terasa kita sudah memasuki tahun 2015. Tentunya banyak sekali hal indah yang telah kita lalui di tahun kemarin. Di awal tahun ini, Penerbit Mafaza Media kembali mengadakan lomba dan event kepenulisan yang langsung digawangi oleh owner Penerbit Mafaza Media; Nasrul Yung. Adapun tema serta syarat dan ketentuannya ada di bawah ini. Simak dan baca baik-baik ketentuannya. Kami tak segan-segan mendiskualifikasi naskah yang tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Baca baik-baik ya...

Sabtu, 10 Januari 2015

Solusi Traveling dengan Biaya Murah Ada di Cheria Tour Travel Agen Perjalanan Umroh Plus & Wisata Muslim Terlengkap di Jakarta


Sebelas bulan yang lalu adalah awal ketertarikan saya terhadap sebuah perjalanan.  Perjalanan saya kala itu bukan yang pertama tetapi itu sudah yang kesekian kalinya.  Perjalanan yang saya lakukan sebelumnya adalah karena urusan keluarga atau urusan kerja.  Bukan karena ingin mengenal lebih jauh tentang sebuah destinasi yang aku kunjungi kala itu. 

Jumat, 09 Januari 2015

Mengenang Romantisme Basidiomicotyna (Volvariella volvaceae) Sesaat Sebelum Larut Dalam Kenikmatannya


Oleh: Abby Onety

Jamur Merang

Saya termasuk penikmat jamur ini sejak kecil.  Masa dimana saya dan nenek sering menghabiskan waktu berburu jamur ini saat musim hujan telah tiba.  Waktu itu saya punya alasan sendiri untuk keluar rumah menemani nenek saat musim hujan berburu jamur, yaitu main hujan-hujanan.

Produksi jamur merang yang tumbuh liar di tempat-tempat yang lembab seputaran rumah, sangat membantu  mengurangi belanja keluarga yang pada masa itu adalah masa-masa sulit perekonomian di Indonesia. 

Basah-basahan di tengah hujan adalah permainan yang paling mengasyikkan saat itu.  Setelah itu langsung menuju kanal kecil depan rumah untuk menyaksikan teman-teman yang sedang berenang.  Saya hanya bisa menyaksikan teman-teman berenang dari pinggir kanal sambil mematuk-matukkan kaki kanan bergantian kaki kiri ke dalam air sebagai bentuk keasyikan saya menikmati air kanal di musim hujan  karena saya tidak bisa berenang (uuhhh  menyedihkan sekali......).

Memanfaatkan daun pisang sebagai pengganti payung untuk penghalang hujan.  Jingkrak-jingkrak kami menyusuri halaman belakang rumah menuju ke area beberapa pohon pisang milik keluarga kami.  Mengapa kami memilih menyambangi pohon pisang? Karena di pangkal pohon pisang kami sering menemui jamur yang berbentuk payung.  Saat itu kami menamai jamur ini dengan nama Basi-basi (bahasa Makassar).  Basi-basi adalah nama daerah jenis jamur ini yang menurut nenek, jamur ini bagus untuk dikonsumsi karena rasanya enak tanpa menjelaskan kepada saya tentang kandungan gizi yang dimiliki oleh jamur merang ini.

Jamur merang rasanya enak, gurih dan tidak berubah wujud jka dimasak.  Kita bisa memodifikasinya bersama aneka masakan lain seperti Sup Jamur, Capcay, Pepes Jamur, Sup Tom Yum, dan masih banyak lagi.  Pagi ini, dengan tumis jamur, saya kembali larut dalam kenikmatan sarapan pagi dengan Volvariella volvaceae di musim hujan.  Sungguh nikmat rasanya!.

https://fbcdn-sphotos-b-a.akamaihd.net/hphotos-ak-xfp1/v/t1.0-9/1496649_699543853497642_3696387114715847758_n.jpg?oh=68cca83ae3f67ad717664caeb9a2ddf1&oe=55398BED&__gda__=1429569142_81858b4b1326d0a61206dd3185873f32
Tumis Jamur Merang


Kata orang tak kenal maka tak sayang.  Untuk itu, saya ingin mengajak anda berkenalan dengan Volvariella volvaceae (jamur merang).

Dalam kehidupan sehari-hari sering kali kita mendengar orang berbicara tentang jamur.  Baik jamur yang merugikan maupun jamur yang menguntungkan.  Dalam dunia biologi jamur di kenal dengan istilah fungi.  Ilmu yang mempelajari jamur adalah mikologi.

Oleh Bapak taksonomi Carolus Linnaeus (1707 – 1778) jamur merang ini di kenal dengan nama ilmiah Volvariella volvaceae tergolong dalam divisi Basidiomicotyna yang menghasilkan basidiospora untuk cara reproduksinya.

Jamur merang sering di temukan pada tumpukan jerami. Tubuh buah berbentuk payung, berwarna putih agak krem, bagian bawah tudung berwarna kecoklatan.  Sekarang ini, jamur merang sudah di budidayakan untuk dimanfaatkan sebagai bahan makanan yang bergizi tinggi.  Kandungan protein jamur cukup tinggi.  Dalam 100 gr jamur segar mengandung sekitar 3,2 gr protein.  Jumlah ini akan bertambah menjadi 16 gr jika jamur berada adalam keadaan kering.  Selain itu, jamur juga memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang cukup tinggi.  51 mg dan 233 mg juga mengandung 105 kj kalori dengan kandungan lemak rendah 0,9 gr.

Demikian sedikit papara tentang Jamur Merang favorit saya.  Minat mencoba...?? silahkan saja karena jamur ini telah banyak tersedia di supermarket yang tersebar di kota anda . :)

Rabu, 07 Januari 2015

Kontroversi Sebuah Tulisan Sederhana Tentang Film “Assalamualaikum Beijing”


 Oleh:  Abby Onety


Ngak nyangka postingan blog saya nampang di halaman penulis idolaku #AsmaNadia.  Postingan ini saat saya buka ada 4.145 orang yang like dan 250 orang yang komentar.   Pro dan kontrapun terjadi.  Tetapi Alhamdulillah masih lebih banyak yang berpikir positif dan merespon baik tulisan saya tersebut ketimbang yang merespon negative.  Beberapa diantara mereka menganggapku mencari sensasi, orangnya pelit, syirik, tak bisa mengambil manfaat dari alur cerita film yang beruangsa islami ini, dan masih banyak lagi.

Senin, 05 Januari 2015

Rugi Nonton Assalamualaikum Beijing


Oleh: Abby Onety

Manusia sebagai mahluk sosial diberikan kelebihan berupa akal dan pikiran untuk mendesain sendiri rencana kehidupannya.  Ikhtiar yang panjang bukan mustahil untuk mewujudkan segala impian dalam hidup.  Walau pada akhirnya Tuhan jualah yang akan mewujudkan segalanya.  Usaha akan lebih baik dari pada tidak sama sekali. 

Kamis, 01 Januari 2015

Januari Bercerita


Oleh: Abby Onety

Salah satu lagu favorit saya adalah JANUARI YANG BIRU vocal Andi Meriam Mattalatta.  Januari adalah bulan pertama penanggalan Masehi yang sebagian orang menjadikannya target awal untuk memulai proses hidup kearah yang lebih baik.  Sebenarnya untuk memulai sesuatu dengan semangat yang baru tidak harus di bulan Januari.  Mungkin ini terjadi karena moment tahun baru oleh sebagian orang dimanfaatkan  untuk merenungi proses hidup yang telah terjadi selama satu tahun.  Menyadari dan berusaha untuk menjadikannya lebih baik  pada tahun selanjutnya.  Saya sering membaca status teman-teman FB yang menuliskan kalimat “membuka lembaran baru di awal tahun yang baru”.

Kaleidoscope 2014 VS Resolusi 2015



Tahun 2014 yang telah banyak menorehkan catatan pengalaman dengan beragam cerita.  Cerita tentang proses hidup yang tak selamanya berjalan lancar sesuai keinginan dan harapan. Jalan yang mulus, kerikil kerikil tajam kadang mewarnai perjalanan yang penuh tantangan ini.