Jumat, 26 Januari 2018

Keliling 13 Destinasi Wisata Di Kuala Lumpur Dengan Nol Rupiah

Pic by: Abby Onety

“Apa..???, gratisan..?, aku mau dong”. “kamu mau?, aku juga mau hehehee”.  Paling tidak, seperti inilah ekspresi bagi banyak orang jika sudah mendengar kata gratis. 

Kali ini saya akan share pengalaman saya tahun lalu berkeliling di Kuala Lumpur tanpa mengeluarkan Ringgit maupun Rupiah dari dompet saya dalam urusan moda transportasi.   Mengunjungi 13 destinasi wisata  secara gratis itu luar biasa menyenangkan bagi saya. 

Yuk... kita intip kisah perjalanan saya, sekaligus memperkenalkan 13 destinasi wisata yang wajib anda kunjungi saat melancing ke Kuala Lumpur, ini dia......

1.  Pasar Seni/Sentral Market
Sentral Market atau Pasar Seni merupakan pusat penjualan hasil kerajinan tangan yang berasal dari beberapa daerah di Malaysia.  Bahkan beberapa produk yang ditawarkan ada juga yang berasal dari negara lain teutama negara-negara tetangga Malaysia seperti Brunai Darussalam. Vietnam, Singapore, Thailand, dan juga Indonesia.

Jika menginap di Geo Hotel, untuk sampai ke Pasar Seni atau Sentral Market cukup berjalan kaki saja.  Sebab letaknya berada pas pas sisi kiri hotel.  Hanya dengan hitungan langkah kita sudah bisa sampai.



2.  Petaling Streat/China Town
China Town dapat di tempuh dengan berjalan kaki saja dari Pasar Seni.  Saya sarankan berkunjung ke tempat ini pada sore dan malam hari sebab lokasi ini baru ramai sekitar pukul 16.00 sampai pukul 22.00 di malam hari.  Disni juga anda bisa berwisata belanja.



3.  KL Tower
Terminal bus Go KL berada di samping Geo.  Pilih bus Go KL Puple Line.  Ada beberapa station Go KL yang dilewati, diantaranya adalah Bangkok Bank, Muzium Telekom, Menara Olympia, dan KL Tower.  Nah, anda bisa turun di KL Tower station lalu berjalan kaki sampai ke lampu merah.  Dari lampu merah belok ke kiri sekitar 50 meter anda telah menemukan pintu gerbang KL Tower.  Anda bisa menggunakan jasa angkutan gratis mobil khusus yang akan mengantar anda naik ke puncak.  Jangan khawatis karena mobil angkutan ini tidak di pungut bayaran alias gratisan. 

4.  Pavilion
Pavilion adalah salah satu mall terbesar di Kuala Lumpur.  Disni kita bisa belanja barang-barang branded.  Setelah dari KL Tower anda bisa melanjutkan perjalanan dengan kembali ke station tempat anda turun tadi yaitu KL Tower Station untuk naik bus yang sama yaitu Go KL Pupple Line.  Anda akan melewati 2 station untuk sampai ke Pavilion yaitu The Weld Station dan Wisma Foo Yong Station. Turun di Pavilion Station.
      

5.  Starhill Galeri
Kali ini anda pilih bus Go Kl Blue Line lalu turun di station berikutnya yaitu StarHill Galery Station. Jarak antara kedua station ini sangat dekat, anda juga bisa menempuhnya dengan berjalan kaki saja.

6.  Bukit Bintang
Untuk menikmati malam di Kuala Lumpur, saya sarankan menikmatinya di daerah Bukit Bintang. Bukit Bintang adalah area yang paling ramai  dan paling romantis pada malam hari di kota Kuala Lumpur. Dari StarHill Galery Station, bisa di tempuh dengan naik bus Go KL Pupple Line. Jarak antara StarHill Galery dengan Bukit Bintang tidak terlalu jauh. Saya sarankan untuk berjalan kaki saja sambil menikmati suasana kota sepanjang jalan.  (Gambaran suasana Bukit Bintang hampir sama dengan kawasan Legian Bali).

Setelah menikmati malam di kawasan Bukit Bintang anda bisa kembali ke hotel/hostel tapi jangan lewat dari jam 23.00 sebab bus Go KL tak lagi beroperasi di atas jam tersebut. Tetapi jika anda ingin begadang dan menghabiskan malam sampai larut, balik ke hotel bisa menggunakan taxi.

Nah, untuk pulang malam sebelum pukul 23.00 anda cukup berjalan kaki menuju Station Go KL Bukit Bintang. Pilih bus Pupple Line. Dari sini anda akan melewati 5 station bus yaitu Wisma Bousted Station, Wisma MPL Station, Bukit Caylon Station, Muzium Telkom Station, dan Kota Raya Station. .

7.  KLCC (Kuala Lumpur Comvention Centre) /Menara Kembar
Naik Go KL Puple Line dari Station Pasar Seni dan turun di Pavilion Station.  Lanjut dengan Go KL Green Line.  Ada 5 station yang akan dilewati yaitu StarHill Galeri, Bukit Bintang, Menara KH, Wisma Rohas Perkasa, Grand Hyatt Hotel.  Station selanjutnya adalah KLCC (Kuala Lumpur Compention Centre) /Menara Kembar.  Silahkan turun di station ini dan nikmati kemewahan menara kembar yang menjadi salah satu icon negara Malaysia.




8.  Masjid India/Jakell Mall/ Munshi Abdullah
Dari KLCC Station lanjut dengan Go KL Green Line anda akan melewati Angkasaraya Station, Matic Station. Silahkan turun pada station berikutnya yaitu Concorde Hotel Station untuk melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Go KL Blue Line.  Dari Concorde Hotel Station anda akan melewati beberapa station yaitu Life Centre Station,  Pavilion Station, StarHill Galeri Station, Bukit Bintang Station, Wisma Boustead Station, Bukit Nanas Station, LTR Deng Wangi Station, Menara AIA Station, dan anda akan turun pada station selanjutnya yaitu Munshi Abdullah Station.

Suasana disekitar jalan Munshi Abdullah terutama disekitar Mesjid India, anda akan merasakan seperti berada di negara India.  Di kawasan ini hampir 90 persen adalah orang india dan Arab.  Anda akan dimanjakan dengan musik arab dan musik india yang bakal menemani setiap ayunan langkah.  Jaga diri anda agar tidak ikut bergoyang.  Tiap kali saya berjalan di area mesjid India, berasa seperti Tapasya yang mencari Veer hahahaa....

Puas menyusuri kawasan mesjid india anda bisa kembali pulang ke hotel dengan menggunakan Go KL Blue Line sampai ke station atau terminal pusat Go KL di jalan Tun Razak yang sebelumnya akan melewati beberapa station yaitu  Medan Nara Station, Putri Park Station, ChowKit Station, dan Grand Season Station.

Terminal Tun Razak adalah terminal pemberhentian akhir bus Go KL. Jadi anda harus turun di terminal ini untuk melanjutkan perjalanan dengan bus yang berbeda tetapi masih satu tipe bus yaitu Go KL Blue Line.  Dari sini anda akan melewati 6 station yaitu HKL Pahang Station, IPP Station, Masjid Kanpung Baru Station,  Sekolah Khas Kampung Baru Station, Concorde Hotel Station, Life Centre Station.  Siap-siap untuk turun di station selanjutnya yaitu Pavilion Station.

Nah, di Pavilion Station anda bisa naik Go KL Puple Line dan turun di Sentral Market/Pasar Seni Station.

9.  Pasar Chowkit/GM Plaza
Dari terminal bus Go KL Pasar Seni, naik Go KL Puple Line dan turun di Pavilion Sastion lalu naik Go KL Blue Line dan turun di Medan Nara Station.  Sambung lagi dengan Go KL Red Line. Anda akan melewati beberapa station yaitu Putri Park Station, ChowKit Ipoh Station, Grand Season Station dan turun pada station berikutnya yaitu Tun Razak Station untuk berganti bus Go KL.  Naik lagi bus Go KL Red yang lain.  Anda akan melewati Hospital Damai Station, Monorel ChowKit Station.  Nah anda akan turun pada station berikutnya yaitu Pasar ChowKit Station.

10.  Dataran Merdeka
Naik Go KL Red Line dari Pasar ChowKit ke dataran merdeka anda akan melewati beberapa station yaitu Sri Amar Station, Pertama Kompleks Station, Globe Silk Store Station, Coliseum Station, dan anda akan turun pada station selanjutnya yaitu Dataran Merdeka Station.  Nikmatilah beberapa bangunan tua hasil peninggalan sejarah.
 
Pic by: Abby Onety
11.  KL Sentral
Setelah anda puas berkeliling menikmati suasana dataran merdeka, tak ada salahnya anda jalan-jalan ke KL sentral.  KL Sentral adalah terminal terbesar di Kuala Lumpur yang memugkinkan akses transportasi kemana saja termasuk trabportasi ke Singapore.  Rutenya adalah naik Go KL Red Line yang akan melewati KTM Kuala Lumpur Station, dan selanjutnya adalah KL Sentral Station. 

12.  Muzium Negara
Hanya satu station yang akan anda lewati setelah KL sentral anda akan sampai ke muzium negara station dengan Go KL Red Line.

13.  Masjid Negara
Naik Go KL Red Line dari muzium negara dan statiun selanjutnya adalah mesjid negara.  Nikmati suasana adem di mesjid negara.  Jika memasuki waktu sholat, saya sarankan untuk sholat dulu sekaligus rehat. Gunakan fasilitas wifi gratis disini.

Nah, saatnya balik kehotel tuk istirahat dengan menggunakan Go KL Red Line dari mesjid negara.  Kita akan melewati station dataran merdeka, menara DBKL, dan akan turun pada station berikutnya yaitu medan Nara. 

Silahkan berganti bus Go KL ke Blue Line dan turun di Pavilion untuk ganti bus Go KL Puple Line menuju ke Pasar seni station dan kembali ke hotel.            

Catatan :
Bus Go KL ada 4 pilihan dengan destinasi yang berbeda
1.      Go KL Pupple Line dengan rute ke Sentral Market/Pasar Seni,  Petaling Streat, KL Tower, Pavilion, StarHill Galeri, Bukit Bintang.
2.      Go KL Green Line dengan rute ke StarHill Galeri, Bukit Bintang, Menara KH, Wisma Rohas Perkasa, Grand Hyatt Hotel, KLCC (Kuala Lumpur Compention Centre) /Menara Kembar, City Bank, dan Menara Atlam.
3.      Go KL Blue Line dengan rute ke Chowkit. Kampung Baru, Munshi Abdullah (jakel dan Mesjid India)
4.      Go KL Red Line dengan rute ke

Inilah rute keliling Kuala Lumpur Go KL yaitu sebuah bus gratis/free yang orang melayu bilang Bas Percuma.

Tulisan ini diikutsertakan dalam tantangan #SatuHariSatuKaryaIIDN


16 komentar:

  1. catet, dalam urusan moda transportasi, ah bisa ajah nihhhhh tp faktual memang yah. waktu ke KL aku jg gt dimudahkan utk urusan pindah tempat dengan bus gratiiiiiis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaahh... lumayang kan ongkos busx buat beli roti canai dan milo 🤣

      Hapus
  2. Keren reportase jalan-jalannya. Kapan ya bisa ikut jejak Abby Onety? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayyuukk kapan ya bisa bareng2 ma Bunda St Rabiah juga.

      Hapus
  3. oh naek Bas Percuma y mba manteplah semua tempat kejamah hehehe waktu ke KL aku cmn ke tempat2 tertentu doang namanya jg aku gratisan menang lomba heehee next someday kesini lagi smg bisa ke semua tempat spt mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah menang lombax jalan2. Asyiikk banget ya mba. Moga bisa berkunjung ke sana lagi ya mba

      Hapus
  4. mudah2an bisa kemari lagi setelah puluhan thn lau ke sini

    BalasHapus
  5. Bisa keliling KL gratis.. cocok nih buat aku yang traveling backpackeran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahh... cocok banget tuh mba eh. Di sekitar sentral matket juga banyak home stay yh murah2 gitu.

      Hapus
  6. Judulnya menggoda banget. Cocok buat yang pengen traveling dengan budget minim. Duh, jadi pengen main2 ke KL.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayyuukkk ke KL... sy doakan ya secepatnya jalan2 lagi ke KL

      Hapus
  7. wih.... naik bas percuma ternyata ya, asyik traveling ke luar negeri, aku belom pernah nih.. semoga tahun ini bisa ke KL juga.. hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. klo ke KL jangan lupa coba bas percuma nya ya

      Hapus
  8. referensi bagus nih, kalau sewaktu-waktu liburan ke malaysia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa ke Malaysia dan mengunjungi beberapa destinasi diatas. masih banyak destinasi lainnya yg wajib kunjung juga

      Hapus