Cerdas Bagi Wanita Adalah Wajib, Cantik Itu Soal Bonus

12.00.00

Sumber foto: www.google.co.id

“Dunia sudah berubah semakin keras. Wajah cantik membantumu mencuri perhatian, tapi hanya dengan kecerdasan duniamu bisa ditaklukkan”. 

Kalimat diatas wow banget, Saya suka.  Kalimat ini saya baca dari blog www.hipwee.com dan itu  membuatku tertegun sejenak lalu bergumam, “benar juga yah, bahkan sangat benar”.  saya pun berusaha mencari dan mengkaji kebenaran kalimat ini.  Sebagai seorang wanita, saya merasa tertantang dengan kalimat di atas.  Bagiku, kalimat itu mengandung suatu magnet edukasi, magnet inspirasi yang menjadi sumber kekuatan untuk belajar dan terus belajar berbenah diri mengikuti arus globalisasi dan emansipasi dalam melawan pergolakan hidup yang semakin keras.

Pada umumnya wanita selalu ingin terlihat tampil cantik setiap hari.  Bahkan untuk tampil cantik, wanita tidak segan-segan merogoh kocek sebanyak mungkin demi memperoleh predikat cantik sebab wanita memang identik dengan kecantikan.  Namun, perlu dipahami bahwa cantik bagi seorang wanita itu tidaklah cukup. 

Wanita harus cerdas! Mengingat pentingnya peranan seorang wanita, maka dituntut untuk bisa menemukan konsep diri serta mengidentifikasi diri. Olehnya itu, wanita harus berwawasan luas sehingga dalam prosesnya akan menjadi terampil, elegan, dan berkarakter. Sebab wanita yang berwawasan luas akan mampu menginspirasi wanita yang lainnya karena negara membutuhkan perempuan tangguh, cerdas dan visioner.  Sejatinya cerdas adalah mereka yang mampu mentransfer ilmunya, kecerdasannya kepada orang lain.  Kehadirannya selalu mensupport, menginspirasi, dan memfasilitasi wanita lain untuk mengaktualisasikan dirinya melalui kompetensi atau skill yang di miliki. 

Yang paling utama adalah karena wanita bertanggungjawab akan lahirnya generasi penerus yang cerdas.  Dari rahimnya akan lahir tongkat estafet penerus bangsa dan generasi yang cerdas lahir dari rahim seorang wanita yang cerdas. Wanitalah yang berperan dalam mewariskan kecerdasan pada anak.  Faktor genetik seorang ibu berpengaruh terhadap kecerdasan anak.  Hal ini didukung oleh seorang ahli genetika dari UMC Nijmegen Netherlands Dr. Ben Hamel yang mengatakan bahwa, “pengaruh itu sedemikian besar karena tingkat kecerdasan seseorang terkait dengan kromosom x yang berasal dari ibu”

Bagimana memperoleh predikat cerdas? Dulu, wanita dikenal orang karena kecantikannya.  Kecantikan adalah satu-satunya pesona atau daya pikat yang dimiliki oleh seorang wanita sebelum munculnya istilah emansipasi.  Saat itu, wanita hanya bisa diam terkungkung oleh peraturan adat dan budaya yang tidak memberikan keleluasaan kepada wanita untuk mengaktualisasikan dirinya.  Ada banyak aturan yang mengikat.  Hingga pada suatu ketika muncul seorang pahlawan wanita yang berani tampil kepermukaan untuk memperuangkan hak-hak perempuan. Beliau adalah Raden Ajeng Kartini,  memperjuangkan perempuan untuk mendapatkan pendidikan.

Dalam hal pendidikan, wanita telah mempunyai peluang yang sama dan setara dengan laki-laki sehingga untuk cerdas, wanita telah mempunyai porsinya yaitu mengecam pendidikan yang layak.  Sekarang ini, telah banyak wanita yang tampil dan dikenal orang bukan hanya karena kecantikannya tetapi juga karena kecerdasannya.  Banyak yang sepakat dengan apa yang dikatakan orang bahwa” dipuji karena cantik memang menyenangkan tetapi dikagumi karena prestasi jauh lebih membanggakan”.  Wanita yang berprestasi adalah wanita yang cerdas dan kecerdasan seorang wanita tidak bisa diperoleh begitu saja.  Kecerdasannya di peroleh karena sebuah proses yang cukup panjang yaitu melalui jenjang pendidikan. 

Pendidikan sekarang ini terbuka luas untuk wanita. Oleh karena itu, sebaiknya peluang ini di manfaatkan oleh para wanita masa kini tanpa menanggalkan norma keperempuanan. Jangan disia-siakan sebab kesempatan tidak datang dua kali.  Wanita yang mau cerdas tidak hanya menunggu bola digawang tetapi dia harus mampu menggiring bola tersebut menuju hingga masuk menjebol gawang. 


Sumber Bacaan:  www.hipwee.com

You Might Also Like

3 komentar

  1. Keren banget artikelnya. Setuju banget sama tulisan ini, sekarang kecantikan bukan hal yang wow lagi. Sudah banyak perempuan cantik. Untuk bisa bertahan di zaman now, para perempuan saat ini wajib memiliki 3B : Beauty, brain and behavior

    BalasHapus
  2. Keren mbak tulisannya
    Setuju banget saya. Wanita itu harus cerdas
    Kelak wanita akan jadi sumber ilmu pertama untuk anak-anaknya
    Wanita yang cerdas akan memancarkan kecantikan dari dalam, bukan sekedar kecantikan fisik yang terlihat diluar

    Cantik fisik tapi kalau diajak ngobrol banyakan gak nyambungnya juga gak asik deh hehe

    BalasHapus
  3. Nice thoughts, Mak. Wanita cerdas punya berbagai cara kreatif untuk 'stay alive'. Pretty is boring without intelligence ;)


    xoxo,
    honeyvha.com

    BalasHapus

About Me

Like us on Facebook