Senin, 01 Januari 2018

Menikmati Sunset Di Pantai Marina, Kabupaten Bantaeng

Sunset di Pantai Marina (Pic by: Abby Onety)

Siapa sangka hari pertama Januari 2018  blog saya diisi dengan cerita perjalanan.  Sebab perjalanan yang saya tempuh hari ini tanpa rencana sama sekali.  Berkunjung ke sebuah destinasi wisata pantai di bagian selatan wilayah provinsi Sulawesi Selatan tepatnya di Pantai Marina.  Ke pantai ini sebenarnya bukan kunjungan saya yang pertama kali, tetapi sudah pernah bertandang kesini dua tahun yang lalu.  (sudah lama ya?)

Pantai Marina berada di Kabupaten Bantaeng,  sebuah destinasi wisata pantai yang saat ini lagi ramai diperbincangkan orang.   Kenapa?  karena keberhasilan pemerintah daerah Kabupaten Bantaeng yang berhasil menyulap pantai ini menjadi pantai yang sangat memesona  dengan suguhan pemandangan yang cantik sehingga menjadi pantai yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.  Tidak jarang beberapa rombongan dari berbagai belahan bumi nusantara kerap kali berkunjung ke tempat ini untuk melihat langsung bagaimana sih wujud Kabupaten Bantaeng yang konon pemerintahnya telah menyulap daerah ini menjadi daerah yang bersih dan asri serta keberhasilannya di beberapa bidang, salah satunya adalah bidang pertanian dan perikanan.  Penasaran juga? Silahkan buktikan sendiri dengan berkunjung ke Kabupaten Bantaeng.
 
Pantai Marina di pagi hari (pic by Abby Onety)
Untuk sampai ke destinasi ini,  kita bisa menempuhnya dengan kendaraan darat.  Jarak tempuh kurang lebih 130 km atau sekitar 3 jam perjalanan dari kota Makassar.  Dari arah Makassar, pantai ini terletak disisi kanan bahu jalan poros (Trans Sulawesi) yaitu jalan yang menghubungkan beberapa kota dan kabupaten di Sulawesi Selatan. Gerbang pintu masuk ke pantai marina dekat dengan jalan poros ke Kabupaten Bulukumba, sehingga sangat mudah untuk menemukannya.  Jika starnya dari Kota Makassar maka kita akan melewati tiga Kabupaten yaitu kabupaten Gowa, Kabupaten Takalar, dan Kabupaten Jeneponto.

Sepanjang jalan menuju pantai marina, kita juga bisa menikmati pemadangan di pinggir jalan dari tiga kabupaten yang dilewati.  Misalnya petani garam di Kabupaten Jeneponto yang disisi jalan berjejer garam yang sudah diolah/produksi.  Kita pun bisa melihat bagaimana lahan yang digunakan untuk mengolah/memproduksi garam.  Lumayan kan jika bisa menjadi pengalaman yang luar biasa karena garam yang sehari-harinya kita konsumsi dan biasanya hanya bisa dilihat di dapur dan diatas meja makan, kini bisa menyaksikan sendiri proses pembuatannya.  Saya sarankan membelinya untuk oleh-oleh.  Selain itu itu ada juga penjual pion (lemang = makanan yang berbahan dasar beras yang dibakar dalam bambu).  Selain bisa menikmatinya dengan telur asin di tempat itu (pinggir jalan), kita juga bisa melihat langsung proses pembuatannya. (asyik kan?, ya iyalah.. asyik banget malah).
 
Petani garam di Kabupaten Jeneponto (pic by Abby Onety)
Jika menggunakan moda transportasi umum, dari terminal cukup dengan Rp. 50.000 sampai Rp. 60.000 saja.  Tiket masuk ke Pantai Marina Rp. 3000 per orang.  Jika ingin menginap juga bisa karena di lokasi Marina Beach ada Hotel Marina Beach dengan biaya Rp. 300.000 per malam.  Saya sarankan menginap saja jika punya banyak waktu agar bisa menikmati indahnya panorama sunset di Pantai Marina.  Juga sensasi suasana malamnya dengan deburan ombak dimalam hari yang kedengaran sampai ke hotel.  Di sekitar hotel pun kita dimanjankan dengan pemandangan alam dan taman-taman yang indah. 



Marina Beach Hotel

Nah... gimana dengan kulinernya?  Saat di Bantaeng kemarin saya menemukan tempat baru buat kulineran.  Saya yang hobby banget makan kepiting selalu ingin mencari menu kepiting di setiap destinasi yang saya kunjungi.  Melalui seorang teman namanya Maryam, saya mendapat informasi bahwa ada tempat makan kepiting di Bantaeng,  namanya “Warung Bakri”.  Maryam adalah teman yang sama-sama kuliah di Pascasarjana Universitas Hasanuddin tahun 2008 lalu, dan sekarang bertugas di Bantaeng.  Tidak sulit mendapatkan Warung Bakri.  Bermodal Google Maps, akhirnya saya menemukan tempat ini.



Kepiting di Warung Bakri


Kepiting Aroma Laut

Malamnya saya makan kepiting di “Aroma Laut” Bantaeng, berasa belum puas akhirnya saya menyambangi ‘Warung Bakri”.  Di Warung Bakri banyak pilihannya.  Saya memilih menu Kepiting Asam Manis + Kepiting Masak Sereh + Cah Kangkung Terasi.  saya benar-benar merasa puas makan kepiting kala itu.   Saya jadi teringat saat makan kepiting di Pulau Langkawi, Malaysia. (aaauuuhhh..... kembali rasanya ingin menyapa kenangan).


Aaakhh.... bahas soal kepiting, perut rasanya kembali keroncongan. Udah dulu ya kawan, sampai disini dulu.  Mau nyari kepiting lagi hihihii.... bye....

20 komentar:

  1. Wah cakep sunsetnya... Aku udah lama gak liat sunset :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo ke Sul Sel, Koh Deddy

      Hapus
    2. wajib berkunjung nih kayaknya. hehee.. ditunggu ya

      Hapus
  2. Balasan
    1. sudah bersambung.... ayo dong lanjut baca

      Hapus
  3. Abby, kurang panjaaaaang. Masih mau ki' baca habis mi hihihi

    BalasHapus
  4. keren ma gambar sunsetnya...lanjuut lg kak tuLisannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah dilanjutin nih say... foto-fotonya juga dah nambah

      Hapus
  5. Wah pantai di sulawesi selatan emang top2 sunsetnya. Pernah ke pulau Samalona, keren banget disana, airnya jernih.

    Salam kenal

    BalasHapus
  6. Indah panorama sunsetnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya zumal... indah banget. ayo..jalan2 ke Indonesia ya

      Hapus
  7. Kalau mau ke Tanjung Bira selaluka lewat pantai ini, tapi nggak pernah mampir. Saya juga suka sekali lihat Kabupaten ini, bersih dan tertata rapi sekali. Good job, Prof. :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya wie.. Tanjung Bira dah dekat sekali dari Marina Beach. lain kali singgah aja buktikan keindahan sunsetnya

      Hapus
  8. Ngilerku lihat kepitingnya, nyamanna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru foto udah ngiler. gak kebayang gimana klo dah nyicipin. Maknyuuusss pokoknya deh

      Hapus
  9. Bagus banget pantai dan sunsetnya, warnanya keemasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bagus banget. udah pernah kesini blom?

      Hapus
  10. Bagus banget pantai dan sunsetnya, warnanya keemasan

    BalasHapus