Menikmati Sunset Di Pantai Marina, Kabupaten Bantaeng

23.50.00

Sunset di Pantai Marina (Pic by: Abby Onety)

Siapa sangka hari pertama Januari 2018  blog saya diisi dengan cerita perjalanan.  Sebab perjalanan yang saya tempuh hari ini tanpa rencana sama sekali.  Berkunjung ke sebuah destinasi wisata pantai di bagian selatan wilayah provinsi Sulawesi Selatan tepatnya di Pantai Marina.  Ke pantai ini sebenarnya bukan kunjungan saya yang pertama kali, tetapi sudah pernah bertandang kesini dua tahun yang lalu.  (sudah lama ya?)

Pantai Marina berada di Kabupaten Bantaeng,  sebuah destinasi wisata pantai yang saat ini lagi ramai diperbincangkan orang.   Kenapa?  karena keberhasilan pemerintah daerah Kabupaten Bantaeng yang berhasil menyulap pantai ini menjadi pantai yang sangat memesona  dengan suguhan pemandangan yang cantik sehingga menjadi pantai yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.  Tidak jarang beberapa rombongan dari berbagai belahan bumi nusantara kerap kali berkunjung ke tempat ini untuk melihat langsung bagaimana sih wujud Kabupaten Bantaeng yang konon pemerintahnya telah menyulap daerah ini menjadi daerah yang bersih dan asri serta keberhasilannya di beberapa bidang, salah satunya adalah bidang pertanian dan perikanan.  Penasaran juga? Silahkan buktikan sendiri dengan berkunjung ke Kabupaten Bantaeng.
 
Pantai Marina di pagi hari (pic by Abby Onety)
Untuk sampai ke destinasi ini,  kita bisa menempuhnya dengan kendaraan darat.  Jarak tempuh kurang lebih 130 km atau sekitar 3 jam perjalanan dari kota Makassar.  Dari arah Makassar, pantai ini terletak disisi kanan bahu jalan poros (Trans Sulawesi) yaitu jalan yang menghubungkan beberapa kota dan kabupaten di Sulawesi Selatan. Gerbang pintu masuk ke pantai marina dekat dengan jalan poros ke Kabupaten Bulukumba, sehingga sangat mudah untuk menemukannya.  Jika starnya dari Kota Makassar maka kita akan melewati tiga Kabupaten yaitu kabupaten Gowa, Kabupaten Takalar, dan Kabupaten Jeneponto.

Sepanjang jalan menuju pantai marina, kita juga bisa menikmati pemadangan di pinggir jalan dari tiga kabupaten yang dilewati.  Misalnya petani garam di Kabupaten Jeneponto yang disisi jalan berjejer garam yang sudah diolah/produksi.  Kita pun bisa melihat bagaimana lahan yang digunakan untuk mengolah/memproduksi garam.  Lumayan kan jika bisa menjadi pengalaman yang luar biasa karena garam yang sehari-harinya kita konsumsi dan biasanya hanya bisa dilihat di dapur dan diatas meja makan, kini bisa menyaksikan sendiri proses pembuatannya.  Saya sarankan membelinya untuk oleh-oleh.  Selain itu itu ada juga penjual pion (lemang = makanan yang berbahan dasar beras yang dibakar dalam bambu).  Selain bisa menikmatinya dengan telur asin di tempat itu (pinggir jalan), kita juga bisa melihat langsung proses pembuatannya. (asyik kan?, ya iyalah.. asyik banget malah).
 
Petani garam di Kabupaten Jeneponto (pic by Abby Onety)
Jika menggunakan moda transportasi umum, dari terminal cukup dengan Rp. 50.000 sampai Rp. 60.000 saja.  Tiket masuk ke Pantai Marina Rp. 3000 per orang.  Jika ingin menginap juga bisa karena di lokasi Marina Beach ada Hotel Marina Beach dengan biaya Rp. 300.000 per malam.  Saya sarankan menginap saja jika punya banyak waktu agar bisa menikmati indahnya panorama sunset di Pantai Marina.  Juga sensasi suasana malamnya dengan deburan ombak dimalam hari yang kedengaran sampai ke hotel.  Di sekitar hotel pun kita dimanjankan dengan pemandangan alam dan taman-taman yang indah. 



Marina Beach Hotel

Nah... gimana dengan kulinernya?  Saat di Bantaeng kemarin saya menemukan tempat baru buat kulineran.  Saya yang hobby banget makan kepiting selalu ingin mencari menu kepiting di setiap destinasi yang saya kunjungi.  Melalui seorang teman namanya Maryam, saya mendapat informasi bahwa ada tempat makan kepiting di Bantaeng,  namanya “Warung Bakri”.  Maryam adalah teman yang sama-sama kuliah di Pascasarjana Universitas Hasanuddin tahun 2008 lalu, dan sekarang bertugas di Bantaeng.  Tidak sulit mendapatkan Warung Bakri.  Bermodal Google Maps, akhirnya saya menemukan tempat ini.



Kepiting di Warung Bakri


Kepiting Aroma Laut

Malamnya saya makan kepiting di “Aroma Laut” Bantaeng, berasa belum puas akhirnya saya menyambangi ‘Warung Bakri”.  Di Warung Bakri banyak pilihannya.  Saya memilih menu Kepiting Asam Manis + Kepiting Masak Sereh + Cah Kangkung Terasi.  saya benar-benar merasa puas makan kepiting kala itu.   Saya jadi teringat saat makan kepiting di Pulau Langkawi, Malaysia. (aaauuuhhh..... kembali rasanya ingin menyapa kenangan).


Aaakhh.... bahas soal kepiting, perut rasanya kembali keroncongan. Udah dulu ya kawan, sampai disini dulu.  Mau nyari kepiting lagi hihihii.... bye....

You Might Also Like

66 komentar

  1. Wah cakep sunsetnya... Aku udah lama gak liat sunset :(

    BalasHapus
  2. Abby, kurang panjaaaaang. Masih mau ki' baca habis mi hihihi

    BalasHapus
  3. keren ma gambar sunsetnya...lanjuut lg kak tuLisannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah dilanjutin nih say... foto-fotonya juga dah nambah

      Hapus
  4. Wah pantai di sulawesi selatan emang top2 sunsetnya. Pernah ke pulau Samalona, keren banget disana, airnya jernih.

    Salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pulau Samalona memang kereenn bingitz. kabari ya klo kesana lagi, kita barengan hehe

      Hapus
  5. Balasan
    1. Iya zumal... indah banget. ayo..jalan2 ke Indonesia ya

      Hapus
  6. Kalau mau ke Tanjung Bira selaluka lewat pantai ini, tapi nggak pernah mampir. Saya juga suka sekali lihat Kabupaten ini, bersih dan tertata rapi sekali. Good job, Prof. :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya wie.. Tanjung Bira dah dekat sekali dari Marina Beach. lain kali singgah aja buktikan keindahan sunsetnya

      Hapus
  7. Ngilerku lihat kepitingnya, nyamanna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru foto udah ngiler. gak kebayang gimana klo dah nyicipin. Maknyuuusss pokoknya deh

      Hapus
  8. Bagus banget pantai dan sunsetnya, warnanya keemasan

    BalasHapus
  9. Bagus banget pantai dan sunsetnya, warnanya keemasan

    BalasHapus
  10. Cantiknya pantai. Makanan juga mudah didapati. Ayuhhh makan seafood. Pasti segar dan lazat. Marina sangat sesuai utk percutian seisi keluarga.

    BalasHapus
  11. selalu sukaaaa sama pantai, apa lagi makanan lautnya, surgaaaa dunia hehehe.. ini enak banget ya mbak tempatnya, aku belum pernah nih kesini.. terima kasih buat sharring nya ya.. lain waktu kalau ada kesempatan mau kesini juga ah

    BalasHapus
  12. tq for sharing.
    i haven't been to any part of indonesia.
    this entry really make me want to go, abbyonety.
    my 1st part of indonesia i want to go is maybe jogja. then bandung.

    BalasHapus
  13. Awal tahun diisi dengan traveling, sesuatu banget ya.. Saya pas Januari juga traveling ke Belitung bareng teman..

    BalasHapus
  14. baca dari atas langsung naksir pemandangan sunset yg aduhai cantiknyaaa.. baca terus makin ke bawah jd nyesel :( liat foto kepitingnya wagelasehhhh bikin ngiler maksimal :)))) thanks for sharing the story and amazing pictures, langsung masukin Marina ke bucket list buat dikunjungi nih!

    BalasHapus
  15. Waduh sajian kepitingnya menggoda sekali. Saya paling suka seafood yang masih fresh gitu. Kalau makan langsung di pantai biasanya seafood nya kan dadakan ya...

    BalasHapus
  16. Kepiting, akh, istri saya paling suka kuliner satu ini. liat gambarnya bikin ngiler mbak... Lezatos!

    BalasHapus
  17. Waah sene g nya bisa menjelajah wisata menikmati keindahan alam serta kuliner setempat, masih asri ya

    BalasHapus
  18. Wah senengnya bisa jelajh wisata menikmati keindahan alam serta kuliner setempat, tempatny aadem yaa

    BalasHapus
  19. Nice sharing sis. Tak pernah lagi sampai ke Indonesia.. satu destinasi yang menjadi tarikan orang ramai utk bercuti di sana

    BalasHapus
  20. Selalu deh kalau main ke pantai, kukinernya wajib dicoba... Enak banget, bikin laper ngeliatnya...

    BalasHapus
  21. pemandangan yang sangat cantik dan makanannya enak sekali ya

    BalasHapus
  22. Cantiknya pemandangan
    Airah pun suka kalau dapat bercuti dekat pulau ke pantai ke memang tenang
    Tempat fav la

    BalasHapus
  23. suka la tgk view sunset tu...cantik ciptaan yg maha esa....makanan tu sedapnya...especially ketam ...yummmy

    BalasHapus
  24. Cantik sungguh pantai dan pemandanganya..Kepiting tu ketam agaknya dalam bahasa Malaysia atau Crab..am i right?
    lihat semua makanannya enak sekali..how i wish i could be there...

    BalasHapus
  25. I like the sunset moment and it looks nice to see it especially with the breeze of the sea water. The seafood serve at the stalls look so tempting. Don't mind to travel far and enjoy the nice moment.

    BalasHapus
  26. Wah.. seru ya kalau bisa lihat proses membuat garam secara langsung. Murah dong harganya kalau beli langsung ke petaninya.

    Btw, Bantaeng tuh kota tmp pengantin yg 15th itu ya. 😁

    BalasHapus
  27. Cantiknya gambar sunset itu. Best kan kalau jalan-jalan dengan kawan-kawan di pantai sebegini kan.

    BalasHapus
  28. akh sudah lama tak menyaksikan Sunset. Indah ya. Bikin betah ya pun sunbloc agak tinggi ya hahaha

    BalasHapus
  29. Cara Sis Abby bercerita tentang pengalaman sis travel sangat lengkap dan detail.nanti kalau AS mau travel ke indo, boleh la rujuk blog ni saja

    BalasHapus
  30. Pantai-pantai yang indah selalu aksesnya susah ya. Padahal kalau di lihat dari tiket masuknya murah banget tuh..cuma 3000 rupiah

    BalasHapus
  31. Cantik Pantai Marina..ada pula restoran best dengan menu masakan ketam yang sangat menarik..owh pernah ke Langkawi ye

    BalasHapus
  32. wahhhhhhh Sulawesi Selatan... Kebetulan tahun lepas saya sudah ke Sumatera Selatan Indonesia dan inshaAllah kalau punya rizki saya mahu ke sini. Sungguh cantik pemandangan sewaktu matahari terbenam... Allahu.

    BalasHapus
  33. Makassar dh menjadi antara fav place to visit rakyat malaysia. Byk tempat2 menarik dan belum diterokai utk yang sukakan melancong

    BalasHapus
  34. Cantiknya sunset tu..saya tak pernah lagi ke sulawesi..pernah sampai ke Medan saja

    BalasHapus
  35. Wuih, sunset-nya cakep. Hotelnya juga nyaman dan adem. Terus itu, makanan2nya, uwooow. Bikin ngiler yang lihat. Jadi keingetan aku yang sedang kurang vitamin sea. Huhuhu... aku pengen ke pantai. :))))

    BalasHapus
  36. Belum pernah sampai ke bagian Sulawesi. Memang Indonesia banyak pantai yang cantik. Selalu kalau percutian ke pantai pasti ke Indonesia. InsyaAllah akan mnyusul ke sini, buat masa ni ekonomi gawat cuma berjalan dalam negara sahaja lah.

    BalasHapus
  37. Kepitingnya... Duh kemudian aku jadi laper di tengah malem melihat foto hidangan kepiting aroma lautnya mbak. Kelihatannya enak banget sih.

    BalasHapus
  38. Sunset di Pantai Marina cantik banget ya..

    BalasHapus
  39. Cantik banget ya mbak sunsetnya, dan pastinya seru bisa menyaksikan langsung proses pembuatan garam.

    BalasHapus
  40. Aku pernah menikmati sunset di Pantai Pede, Labuan Bajo. Indah bener. Kalau udah bicarain sunset udeh deh, segar mata memandang hehehe..

    Oh iya lagi jalan-jalan jangan lupa bawa sunblock juga yah bun 😁😁

    BalasHapus
  41. duh bagus banget pantainya ya.. tapi utk waktu tempuh 3 jam dari kota, lumayan jauh juga ya, tapi bakalan terbayar banget sih kalau sampe tujuan. kepengen kesana deh hihi

    note. aku jadi lapar liat kepitingnya pagi-pagi gini 😂

    BalasHapus
  42. selalu suka dengan makasang... ah kangen dengan kota bantaeng juga... aku hanya lewat waktu kesana.. kapan2 maen ah.. btw salam jalankote mi... mandreee

    BalasHapus
  43. Jadi kepingin ke indonesia bila baca entry ini. Teruskan berkongsi lokasi2 menarik di indonesia ya. Boleh sy buat rujukan utk ke sana nanti

    BalasHapus
  44. Ternyata pantai di Makassar gak cuma Losari, ada Marina juga hehe.
    Duh manteb kayaknya kepitingnya, udah lama nih gak makan kepiting, jd kepengen :D
    Enak mana sama yg dimakan di Malaysia mbak?

    BalasHapus
  45. aku baru tau pantai marina ini mba, ternyata lumayan jauh yah dari Makasar harus menempuh perjalanan sampai 3 jam.. aduh itu aku ngiler banget sama kepitingnya, bikin ngecesss..

    BalasHapus
  46. Ahhhh, i need vitamin sea. Di jakarta paling bisanya ke ancol doang. Pengen deh suatu hari main main ke sana mba. Doakan yaaa

    BalasHapus
  47. The view is so beautiful and peaceful, I could use one right about now. Would be a lovely place to be with my family.

    BalasHapus
  48. Jadi pengen main ke pantai.. indah nian tuh terutama foto yg atas, makanannya jg membuat laper nih hehe..

    BalasHapus
  49. Pantainya indah banget..bersih,
    Sedang tidak ramai pengunjung ya.

    Susana pantai begini cocok untuk ajak anak dan keluarga...sambil makan di tepi pantai..bawa bekal gitu he2

    BalasHapus
  50. Mbaa,harga tiket pantainya murah banget ya 😍 beda sama di ancol/anyer hehehe

    Kepitingnya menggiurkan, tapi udang selalu di hati 😆

    BalasHapus
  51. jadi ngilerrrr.... Funtay....

    Advertisement: mau tau produk lipstik terbaru? Cek Harga Lipstik untuk mengetahuinya. Heheee

    BalasHapus
  52. waah artikelnya sangat menarik, terimakasih sudah berbagi
    kampus sehat

    BalasHapus

About Me

Like us on Facebook