Jalan-Jalan Ke Rumah Sapi D’Reppa

12.41.00




Sungguh, kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak.  Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah yang mendekatkan diri kepada Allah).  Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah)”. (QS. AL. Kautsar:1-3)

Assalamualaikum wr wb......
Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.  Awal Agustus ini, tentunya teman-teman telah punya spirit dan semangat baru kembali dalam menghadapi proses hidup yang semakin menantang.  Agustus kali ini akan menyuguhkan beberapa momen berkesan dan tentu saja berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya.  Ada dua momen besar yang akan kita songsong di bulan ini.  Pertama, Perayaan Idul Adha atau Idul Qurban. Kedua, perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus.  Sudahkan anda siap menghadapi kedua momen penting ini?

Dalam tulisan kali ini saya ingin sharing sedikit tentang salah satu momen penting di bulan Agustus. Tentu saja kaitannya dengan judul yang tertera diatas. Momen penting kedua, tentang perayaan 17-san, akan saya share pada tulisan selanjutnya (menyusul setelah perayaan 17-san).



Rumah Sapi D’Reppa
Sabtu pagi, 3 Agustus 2019, saya menyempatkan diri berkunjung ke Rumah Sapi D’Reppa.  Salah satu usaha yang dirintis oleh Zainuddin Natsir Reppa dua tahun terakhir ini.  Saya percaya, ada sebuah hobi yang bisa menghasilkan pundi-pundi. Seperti yang dilakukan oleh Daeng Reppa, pemuda lima anak (bintangin hehehee), asal Kabupaten Gowa yang mengawali bisnis dari sebuah hobi yang tentu saja tidak murah harganya.  Kini, hobi itu menjelma menjadi sebuah peternakan sapi  yang kerap kali dikunjungi oleh dosen dan mahasiswa baik dalam dan luar negeri.  



Nah, saat ini, Rumah Sapi D’Reppa kian banyak dilirik orang.  Apalagi jelang Idul Adha yang tinggal hitungan hari.  Tamu yang datang saat ini banyak dari kalangan pemburu Sapi Kurban.  Daeng Reppa menyediakan banyak pilihan sapi untuk kurban sehingga orang yang datang ke peternakan bisa mendapatkan harga langsung.  Selain itu, para pengunjung bisa melihat dan berinteraksi langsung dengan sapi-sapi yang ada di peternakan, artinya bisa memilih langsung.

Kesehatan sapi-sapi milik Daeng Reppa tak perlu diragukan lagi karena telah dilakukan pemeriksaan berkala dari dokter hewan.  Makanannya? apalagi!.  Dosen dan Mahasiswa peternakan telah melatih teman-teman di pertenakan D’Reppa, bagaimana menyiapkan makanan yang sehat bagi sapi-sapi ini. 




Bagi teman-teman yang ingin berkurban di hari raya Idul Adha nanti, bisa berkunjung ke peternakan Rumah Sapi D’Reppa yang berlokasi di Dusun Talamangape, Desa Bontolangkasa Selatan, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa.  Lokasi ini mudah dijangkau baik menggunakan angkutan umum maupun angkutan pribadi.  Naik angkot hanya sekali dari Kota Makassar dengan menggunakan angkot berkode BBC (Barembeng City) warna merah.  Ongkosnya cuman Rp. 15.000 loh kita sudah bisa sampai ke peternakan sapi D’Reppa dengan jarak waktu tempuh kurang lebih 40 menit.  Harga sapi yang tawarkan bervariasi.  Mulai dari Rp 13 jutaan hingga Rp 50 jutaan dengan berat sapi yang berbeda-beda. Bisa juga dihubungi langsung dengan via telepon/WA di 0821 9109 8449 atau kepoin aja akun media sosialnya di SINI



Hikmah Qurban
Melaksanakan qurban hari raya Idul Adha sangat banyak dan sangat berarti dalam kehidupan manusia.  Mengajarkan banyak hal tentang bagaimana hubungan manusia dengan Tuhannya, bagaiman selayaknya manusia memanusiakan manusia lainnya, dan masih banyak lagi. Hikmah kurban  sangat luar biasa bagi kehidupan manusia, seperti: kurban mengajarkan kepada kita agar tidak kikir, senang berbagi, membunuh sifat kebinatangan seperti rakus.  Senantiasa mengajarkan kita menjadi orang yang care terhadap sesama dan tidak sombong.  “Maka makanlah sebagian daripadanya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara lagi fakir”. (QS. Al-Hajj, 22:28)

Qurban adalah  kegiatan menyembelih hewan kurban setelah pelaksanaan shalat hari raya Idul Adha sebagai bentuk rasa syukur atas segala nikmat yang Allah telah berikan kepada ahmba-hambaNya.  Hukumnya adalah Sunnah Muakkad atau sunnah yang dikuatkan.  Dan bagi umat muslim yang mampu dalam hal materi hukumnya adalah wajib.  Seperti yang dijelaskan dalam QS. AL. Kautsar:1-3, “Sungguh, kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak.  Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah yang mendekatkan diri kepada Allah).  Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah)”.

Gambar Koleksi Sapi "Rumah Sapi D'Reppa






You Might Also Like

0 komentar

About Me

Like us on Facebook