Beberapa Cara Efektif Dan Aman Untuk Mengatasi Hidung Tersumbat

20.50.00



Untuk hanya sekedar bernapas saja rasanya menjadi tantangan yang sangat berat pada saat tersumbatnya hidung. Apapun yang menjadi penyebabnya baik itu karena alergi, pilek, atau flu, mengalami sulit bernapas tentunya akan membuat kamu merasa cepat lelah dan kepayahan. Banyaknya orang yang mengira jika terjadinya hidung tersumbat ini adalah karena adanya gumpalan lendir pada saluran hidung. Tetapi sebenarnya hidung tersumbat ini terjadi dikarenakan meradangnya pembuluh darah sinus. Kebanyakan orang akan mengkonsumsi dekongestan dan obat obatan yang lainnya sebagai cara efektif untuk mengatasi hidung tersumbat. Tetapi tidak semua orang cocok mengkonsumsi obat obatan dikarenakan adanya bahan kimia yang terkandung didalamnya.

Mereka tidak perlu khawatir karena ada banyak cara efektif dan aman untuk mengatasi hidung tersumbat diantaranya yaitu :
Mematikan AC Dan Kipas Angin
Pilek dan hidung tersumbat dapat cepat teratasi dengan memanfaatkan udara hangat dan lembap. Ketika bernapas di udara yang lembap maka akan dapat meredakan radang dan juga meredakan pembengkakan pembuluh darah didalam hidung, dan juga dapat mengencerkan lendir didalam sinus.

Meminum Banyak Air
Dengan mengkonsumsi air hangat maka akan dapat membantu mengencerkan lendir di saluran hidung dan meredakan nyeri akibat tersumbatnya hidung. Untuk variasinya kamu dapat meminum teh jahe, mint, teh lemon, dan madu hangat yang mengandung agen antiseptic dan dekongestan alami untuk memudahkan pada saat bernapas.

Menggunakan Minyak Kayu Putih
Kamu dapat menemukan minyak kayu putih didalam banyak salep dan balsem, dimana aroma kayu putih tersebut dapat mengencerkan lendir akibat tersumbatnya hidung. Caranya sangatlah mudah yaitu kamu cukup condongkan wajah kamu hingga berada diatas mangkuk yang berisi air panas dan sudah ditambahkan dengan beberapa tetes kayu putih. Gantungkan handuk diatas kepala kamu hingga menutupi mangkuk, lalu hirup uapnya selama kurang lebih 10 menit.

Mengunyah Bawang Putih
Adanya kandungan agen antibakteri dan antijamur didalam bawang putih yang berguna sebagai penyembuh berbagai macam masalah kesehatan, dan termasuk hidung tersumbat karena flu dan demam. Mungkin bagi beberapa orang mengkonsumsi bawang putih adalah hal yang menakutkan. Oleh karena itu untuk mensiasatinya, bawang putih sebanyak 1 hingga 2 siung ditumis lalu tambahkan pasta ataupun sayur sayuran.

Mengompres Hidung Dengan Air Hangat
Cobalah kamu siapkan handuk kecil atau sapu tangan. Lalu celupkan kedalam air hangat dan letakkan haduk kecil yang telah basah tersebut dihidung. Mengompreskan handuk kecil yang telah dicelupkan pada air hangat juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat yang efektif pada bayi. 

Mengkonsumsi Makanan Pedas
Ini merupakan cara yang paling mudah dan menyenangkan untuk mengatasi tersumbatnya hidung, terlebih bagi mereka para pecinta makanan pedas. Dengan mengkonsumsi makanan pedas, maka lendir akan mengalir dengan sendirinya keluar pada saat kamu merasa kepedasan.

Tidur Dengan Menggunakan Bantal Tambahan
Akan tetap terjaganya kepala supaya tetap miring pada saat kamu tidur dengan menggunakan bantal atau menggunakan 2 bantal. Tetap miringnya posisi kepala ini dapat membantu pernapasan pada saat kamu tidur.
Selain itu masih ada cara efektif dan aman lainnya yaitu memijat hidung secara ringan. Dengan memijat bagian atas hidung dengan menggunakan jempol dan telunjuk maka akan dapat membantu hidung supaya lega. Hidung cukup dipijat secara ringan dengan gerakan memutar hingga hidung merasa lega.

You Might Also Like

0 komentar

About Me

Like us on Facebook