Morula IVF Makassar, Siap Membantu Pasangan Suami Istri Yang Mendambakan Buah Hati

17.20.00

Blogger Makassar di Event 2 Fabulous Years of Morula IVF


“Morula?”, tunggu... tunggu”.  “Itu kan ada hubungannya dengan bidang studi yang saya ampuh di sekolah?. Seingatku, morula itu adalah salah satu tahap pembelahan sel setelah terjadi fertilisasi atau pertemuan sel sperma dengan sel ovum,” kataku kepada seorang teman saat menerima undangan dari PT Morula IVF Makassar untuk menghadiri perayaan ulang tahun PT Morula IVF yang ke-2 tahun di Kota Makassar.  Ternyata benar dugaan saya teman-teman, kali ini saya akan menghadiri acara yang diselenggarakan oleh  Klinik Morula yaitu klinik yang akan membantu pasangan suami istri yang mendambakan buah hati. 

Acara ini mengusung tema “2 Fabulous Years of Morula IVF”, dirangkaikan dengan me-launching inovasi terbaru Morula IVF yaitu teknologi terbaru IMSI untuk program bayi tabung.  Selain itu, ada juga pemutaran film CUCU dengan pemeran utama Ikram dan Firza. Tak ketinggalan  artis komedian Makassar Tumming dan Abu, pemeran film Uang Panai yang sempat viral beberapa waktu lalu.  Film yang prakarsai oleh PT Morula IVF, berisi pesan moral kepada mereka yang belum mempunyai anak agar bisa bersikap bijaksana dan menjadikan PT Morula sebagai solusi.
 
Para pemeran film CUCU
Event ini berlangsung pada hari Minggu, 25 Agustus 2019 di Pinisi Point (PIPO) Mall, Makassar yang di hadiri oleh artis ibukota Tya Ariestya.  Tya sharing pengalaman dalam menjalani program bayi tabung dengan bantuan Morula IVF yang hingga kini telah dikaruani 2 orang anak, alhamdulillah.  Selain Tya, hadir pula para Blogger, Selebgram, dan Influencer lainnya serta para pasien dan calon pasien dari Klinik Morula.  Mereka sudah sejak pagi memeriahkan acara ini dengan ikutan senam Yoga dan lomba ganti pampers bagi para ayah bersama si kecil. 

 
Tya Ariestya
Walaupun saya belum pernah tahu keberadaan Klinik Morula di Kota Makassar, tetapi mendengar kata Morula saat itu, saya langsung bisa menebak klo ini ada hubungannya dengan reproduksi, sebagaimana yang saya kemukakan pada awal paragrap tulisan ini.  Iya, saya sering menjelaskan materi yang berkaitan dengan morula kepada siswa terutama siswa SMA pada mata pelajaran biologi.  Oleh karena itu, event kali ini tentunya sangat menarik bagi saya karena akan menambah wawasan sekaligus memperkaya sumber belajar di kelas.  Biasanya, siswa akan lebih mudah memahami jika ada sharing pengalaman terkait dengan materi yang sedang diajarkan dikelas.  Untuk itu, saya tak menyia-nyiakan kesempatan untuk hadir, sebab saya ingin tahu banyak hal tentang Klinik Morula. Makanya, saya tidak menyia nyiakan materi yang disampaikan oleh para narasumber.  Ada dr. Sriwijaya, SpOG (K), dr. Rossy, Sp.And, dan Prof Arief Boediono, PhD (Director of Morula Indonesia)

Klinik fertilitas besar di Indonesia ini telah menangani sekitar 300 orang pasangan ingin punya anak yang telah melakukan proses bayi tabung, dan alhamdulillah dari 300 orang pasangan ini telah lahir lebih dari 60 orang anak.  Untuk meningkatkan keberhasilan bayi tabung, Morula IVF Makassar juga telah menyediakan teknologi terbaru kedua pada program bayi tabung yaitu Time Lapse. Memegang peranan penting dalam tahapan pemilihan embrio terbaik, penggunaan Time Lapse sangat perlu untuk dipertimbangkan. Time Lapse  digunakan untuk mengamati perkembangan sel embrio, sehingga embrio dengan perkembangan atau pembelahan sel yang tidak normal dapat diketahui. Dengan kualitas embrio yang baik, akan membantu meningkatkan keberhasilan program bayi tabung.

Apa saja teknologi canggih itu?
Pertama, pada pasien yang tidak didapatkan sperma saat analisa sperma (azoospermia) dapat diupayakan dengan teknologi pengambilan sperma langsung dari testis, melalui prosedur Percutaneous Epididymal Sperm Aspiration (PESA) atau Testicular Sperm Aspiration (TESA). Kemudian, teknologi canggih berikutnya ialah Intracytoplasmic Sperm Injection (ICSI), dimana proses pembuahan (fertilisasi) dilakukan dengan cara menyuntikkan satu sperma terpilih langsung ke dalam sel telur. Dengan teknologi ICSI, penolakan sel telur terhadap sperma suami juga bisa dihindari.  Berbeda dengan cara konvensional yang memerlukan sekitar 40.000 sperma untuk membuahi satu sel telur, serta kemungkinan kegagalan fertilisasi karena penolakan sperma suami oleh sel telur istri.

Teknologi IMSI
Teknologi IMSI merupakan pengembangan ICSI untuk menyeleksi sperma dengan lebih detail menggunakan mikroskop dengan kemampuan pembesaran sangat tinggi. Teknik ini memungkinkan ahli embriologi memilih sperma terbaik untuk proses fertilisasi. Dengan teknik ICSI, seleksi sperma dilakukan dengan pembesaran 40 kali, sementara dengan IMSI pembesaran bisa sampai 6.000 kali.

Tahun 2006, penelitian lanjutan melibatkan 80 pasangan pada tiap kelompok. Pada kelompok yang menggunakan teknik IMSI, angka kehamilan mencapai 60%, sedangkan pasangan yang menggunakan teknik ICSI kehamilanhanya 25%. Angka keguguran juga turun signifikan, pasangan yang menggunakan IMSI mempunyai angka kegugurannya hanya 14%, sedangkan pada pasangan yang menggunakan teknik ICSI mencapai 40%. Penelitian yang dilakukan di Italia tahun 2008 juga menunjukkan hasil serupa.

Di Indonesia, teknologi IMSI masih baru dan diterapkan di beberapa klinik fertilitas, sedangkan untuk Time Lapse sendiri hanya ada 4 center klinik bayi tabung di Indonesia yang memilikinya termasuk Morula IVF Makassar yang berada di Rumah Sakit Awal Bros Jl. Urip Sumoharjo No. 43 Makassar Sulawesi Selatan. Kedua teknik ini dapat menjadi harapan baru bagi pasangan yang ingin menimang buah hati.



Tentang Morula IVF Makassar
Grand opening Morula IVF Makassar berlangsung pada bulan Agustus 2017 yang berlokasi di RS Awal Bros Makassar. Morula IVF Makassar telah membantu 3,465 pasangan yang mendambakan buah hati yang bukan saja berasal dari kota Makassar tetapi hampir dari semua kota di Indonesia Timur, dan untuk persentase kehamilan mencapai 30%  dari siklus fresh cycle. Morula IVF Makassar sendiri telah menduduki posisi peringkat ke 6 siklus terbanyak dari 34 center bayi tabung di Indonesia tahun 2018.

Layanan Morula IVF Makassar meliputi:
1. Program Kehamilan dibantu - In Vitro Fertilisation (IVF) dan Intra Cytoplasmic Sperm Injection (ICSI), Intra Uterine Insemination (IUI), pembekuan sperma dan embrio.
2. Intracytoplasmic morphologically selected sperm injection (IMSI).
3. Time Lapse.
4. Layanan akupunktur khusus infertilitas dan kehamilan.
5. Layanan konsultasi kesehatan pria.
6. Layanan PESA/TESE.
7. Layanan konseling psikologi dengan psikologi klinis.
8. Jasa laboratorium spermatologi - analisa sperma dan pencucian sperma.
9. Bank sperma dan embrio. Dengan alat-alat kedokteran terkini, serta prinsip High End dan High Tech kami akan memberikan perawatan khusus dan profesional disetiap tahap.

You Might Also Like

12 komentar

  1. semakin banyak teknolgi yang bisa bantu manusia ya

    BalasHapus
  2. Hwaaa... Bu Guru Biologi. Saya paling demen lho pelajaran Biologi waktu sekolah dulu

    Morula IVF Mks ini benar2 membantu mewujudkan impian pasutri untuk punya anak yaa kak.

    BalasHapus
  3. Menyenangkan sekarang, yang tinggal di Makassar tak perlu lagi jauh-jauh ke pulau Jawa untuk inseminasi buatan ataupun untup program bayi tabung

    BalasHapus
  4. Iya betul kak, sy juga dulu ingat ada istilah morula waktu belajar biologi. Memang kliniknya kayaknya dinamakan spt itu jadi kita langsung tau kalo ini klinik untuk progran kehamilan

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah ada morula dimakassar, jadi kalau mau ikut program baby gak perlu keluar kota bahkan keluar negri ya kak

    BalasHapus
  6. senang sekali rasanya bisa hadir di event morula kemarin. bisa ikut keseruan acara sekaligus nambah ilmu tentang kehamilan

    BalasHapus
  7. Oh itu toh pengertiannya Morula ya kak :D kayaknya saya tuh kurang memperhatikan pelajaran biologi, padahal seru sekali pelajaran ini. Cuman sayanya yang tak mampu menghafakan semua istilah-istilahnya, pusing kepalaku kak :D

    BalasHapus
  8. Cocok sekali memang kita hadir di ini acara kak, ngomong-ngomong kalau lagi mengajarki ndak ribut jih siswa sama siswita kalo lagi bahas perkawinan, pembelahan sel dan lain-lain? Biasanya rusuh kelas kalo bahas itu, kayak kelasku dulu XD

    BalasHapus
  9. senangnya satu event lagi sama kak abby, semoga semakin banyak pasutri yang tercerahkan setelah membaca tulisannya kak abby ini yaa :)

    BalasHapus
  10. Di acara ini baru benar2 aware soal IVF dan bgmana prosesnya, dan seru juga pas nonton film Cucu yang pesannya ngena banget tapi dikemas menjadi film komedi 😂

    BalasHapus
  11. selain antusias dengan acaranya, saya juga salut dengan ide Morula IVF Makassar dalam mengkampanyekan pelayanan terbaiknya, dikemas dalam format short movie yg ada unsur komedinya.. smart banget !

    BalasHapus
  12. Wah baruka tahu kalau Morula itu istilah Biologi kak 😍 deh padahal salah satu mata pelajaran IPA yang saya sukai ini Biologi. Hmmmm...
    Senangnya dak perlumi jauh-jauh untuk program IVF pasangan yang mengidamkan buah hati, ada tongmi di Makassar tawwa.

    BalasHapus

About Me

Like us on Facebook