Bingung Memilih Aplikasi Belajar Online?, Ruangguru Solusinya

10.31.00


Memasuki era milenial, segala bentuk kebutuhan menjadi serba digital, termasuk bidang pendidikan. Ruangguru, Quipper, dan Zenius juga mengambil peran untuk menggencarkan perubahan besar-besaran dalam cara belajar.  Persaingan ketiga perusahaan ini tergolong sangat sengit.  Masing-masing  memiliki produk serupa, mulai dari program bimbingan belajar (bimbel) intensif maupun video pembelajaran. Lalu, apa bedanya?
Sumber gambar ruangguru,com

Asal Perusahaan
Berdasarkan urutan berdirinya, Zenius merupakan perusahaan terlama yang berkecimpung di dunia pendidikan. Tahun 2004 didirikan oleh Sabda PS dan Medy Suharta, dengan memulai bimbel konvensional untuk menarik minat masyarakat. Selain itu, Zenius juga mengeluarkan produk rekaman video belajar dalam bentuk CD/DVD yang dijual satuan. Respon masyarakat saat itu terbilang cukup baik, sehingga Zenius menjadi perusahaan yang berkembang pesat. Tahun 2007, Zenius resmi mendirikan PT. Zenius Education. Sejak saat itu, mulai mengembangkan produk belajar online dan Paket Xpedia 2.0 seperti yang dikenal saat ini.

Sedangkan, Masayuki Watanabe (Founder dan CEO Quipper School), memulai perusahaannya tahun 2010 di London. Menurutnya, kondisi pendidikan saat itu sedang berada dalam tahap “kemiskinan ilmu”. Hanya pihak yang memiliki uang saja yang mampu mendapatkan ilmu secara layak. Oleh karena itu hadirlah Quipper yang menyediakan berbagai video belajar yang bisa diakses oleh seluruh siswa, terutama di wilayah Asia Tenggara.

Berangkat dari keprihatinan yang sama, Belva Devara dan Iman Usman mulai membangun perusahaan start-up di tahun 2014 bernama Ruangguru. Meski terbilang baru, Ruangguru sudah berhasil “menggaet” Kemendikbud dan Disdik Tingkat Provinsi dalam mempersiapkan guru-guru untuk mengikuti Ujian Kompetensi Guru (UKG) tahunan dan try out untuk seluruh siswa di Indonesia. Selain itu, ada lebih dari 30.000 guru privat yang tergabung dan siap memberikan pelajaran yang berkualitas dari berbagai bidang.
 
Sumber gambar ruangguru,com
Interface Website
Ketika membuka situs ketiganya, ada perbedaan mengenai tampilan dan kemudahan mendapatkan informasi. Peringkat pertama, diduduki oleh Ruangguru. Kenapa? Ketika membuka website-nya, pengguna (user) dapat langsung mengetahui berbagai fasilitas dan fitur yang disediakan. Seluruhnya diinformasikan dengan jelas, termasuk biayanya! Website-nya juga sudah dilengkapi dengan live chat sehingga pengguna mudah bertanya.

Zenius menduduki peringkat kedua. Ketika membuka website-nya, akan terlihat beberapa jenjang pendidikan yang ditawarkan, dari SD sampai SMA. Namun, pengguna tidak akan langsung mendapatkan informasi mengenai fitur dan fasilitas. Lalu apa yang harus dilakukan? Pengguna harus memilih jenjang terlebih dahulu, kemudian baru bisa memilih materi yang diinginkan. Tidak sampai di sini saja, pengguna akan mendapatkan contoh video belajar gratis untuk ditonton langsung di website. Tapi video ini hanya bisa diputar kalau laptop/komputer yang digunakan memilik Flash Player dan sudah di update ke versi terbaru. Agak ribet ya?

Posisi terakhir dimiliki oleh Quipper. Kenapa? Karena website Quipper memiliki berbagai macam kategori. Contohnya adalah Quipper School, Quipper Video, dan Indonesia Quipper School. Maksudnya gimana? Apa bedanya? Banyaknya kategori website ini akan membuat pengguna kebingungan untuk memilih.

Produk dan Fasilitas
Ketiga penyedia layanan pendidikan ini memiliki fasilitas dan fitur yang serupa tapi tak sama. Mari bahas satu per satu. Pertama, Quipper memiliki fitur paling konsisten, karena hanya ada Quipper Video untuk jenjang SMP sampai SMA. Sedangkan Quipper School hanya bisa diakses jika sekolah kamu sudah bekerjasama dengan Quipper. Fitur ini hanya bisa diakses dengan kode yang diberikan guru di sekolah. Hmm, sayang banget ya?

Selanjutnya, Zenius, hampir sama dengan Quipper yang juga fokus pada pengembangan video belajar. Namun bedanya, Zenius menyediakan kumpulan soal SBMPTN, bahkan SIMAK UI dalam bentuk video dan sudah diberikan penjelasan atau analisis di setiap soal. Jadi, bisa disimpulkan bahwa saat ini Zenius hanya memiliki 2 produk unggulan, yaitu Video Belajar dan Kumpulan Soal berbentuk Video. Lalu bagaimana dengan Ruangguru?
 
Sumber gambar ruangguru,com
Menariknya, Ruangguru memiliki beberapa fasilitas dan fitur yang saling berhubungan dan bisa digunakan oleh guru dan murid. Apa aja?
1. Ruang Uji
Fitur ini merupakan program try out online gratis yang bisa diakses oleh murid melalui App Ruangguru.

2. Ruang Les
Murid dapat memesan guru privat yang sesuai dengan keinginan dan kriterianya! Menyenangkan ya! Hal ini dilakukan agar murid dapat menangkap pelajaran lebih cepat karena merasa nyaman dengan guru pilihannya.

3. Ruang Les Online
Program ini khusus untuk membantu murid saat kesulitan mengerjakan PR. Fitur ini juga dapat diakses melalui App Ruangguru. Caranya, murid harus menggunakan koin untuk bertanya mengenai PR dan kesulitan belajar ke guru yang standby. 1 koin memiliki durasi 30 menit konsultasi. Pas banget kan kalau cuma mau tanya PR doang?

4. Ruangguru Digital Bootcamp
Kemah? Bukan! Ini bimbel online yang menggunakan LINE. Udah pada punya LINE semua kan ya? Nah, fasilitas yang didapatkan di digitalbootcamp ini di antaranya: modul belajar dan latihan soal setiap harinya. Selain itu murid dapat langsung bertanya dan konsultasi dengan guru. Seru kan! Jadi udah ga perlu capek-capek datang ke bimbel konvensional. Cuma duduk aja di rumah, udah bisa ikut persiapan UN dan SBMPTN dengan seru!

5. Ruang Belajar
Fitur terbaru dari Ruangguru yang dikemas menarik, seperti bermain game. Murid harus menyelesaikan misi pada setiap sub-bab materi sesuai dengan jenjang pendidikan. Secara tidak langsung, materi akan mudah diingat karena dikemas dalam bentuk journey/seri petualangan.

6. Ruang Kelas
Fitur yang dikembangkan untuk guru dan siswa agar dapat melakukan manajemen kelas dengan baik. Semuanya bisa diatur di satu platform online. Ini sangat membantu guru dalam memantau perkembangan siswa.
 
Sumber gambar ruangguru,com

Ruangguru juga sudah mendapatkan berbagai macam penghargaan dalam kancah dunia pendidikan, yang terbaru adalah 3 penghargaan dalam kompetisi global MIT-SOLVE yang diselenggarakan oleh MIT (The Massachusetts Institute of Technology) di Amerika Serikat.

Nah, kurang lengkap apa lagi coba? Masih ada penyedia layanan pendidikan yang seperti Ruangguru?


You Might Also Like

2 komentar

  1. woww mantapmi twwa sekarang guru jaman now ehehhehehe.. tetap semangat guru2 di seluruh indonesia /./

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Qiah... insya allah ttp semangaat

      Hapus

About Me

Like us on Facebook