Rabu, 12 November 2014

Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pencapaian Tujuan Kurikulum 2013

Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pencapaian Tujuan Kurikulum 2013

Zaman sekarang siapa sih yang tidak mengenal teknologi? Terutama Teknologi di bidang Informasi dan Komunikasi (TIK). Jangan angkat tangan jika tak mau ditertawakan oleh banyak orang. Jika anda seorang guru, mungkin saja anda akan ditertawakan oleh peserta didik yang sudah pada melek teknologi. Malu dong kepada peserta didik kita jika harus ketinggalan teknologi dari mereka. Mungkin di antara kita ada yang berpikir “akh, saya sudah tua, wajar saja jika ketinggalan teknologi”. Jangan berpikir seperti itu.  Mungkin saja peserta didik akan berkata seperti ini “seharusnya Bapak/Ibu lebih banyak tahu tentang teknologi karena usianya sudah tua berarti pengalaman dan pengetahuan kan lebih banyak”. Ooh..no, usia boleh tua tapi soal teknologi jangan mau kalah dong ma yang muda hehehee....

Kalimat diatas adalah bentuk motivasi saya kepada teman-teman guru agar melek teknologi dalam pemanfaatan proses belajar mengajar di kelas. 

Peningkatan teknologi seiring dengan peningkatan zaman.  Dengan kata lain, sekarang ini sudah jaman teknologi.  Bagi anda yang tidak mampu beradaptasi dengan peningkatan teknologi maka anda akan ketinggalan zaman. Hampir semua aktivitas keseharian kita di kendalikan oleh teknologi.  Mulai dari pemenuhan kebutuhan rumah tangga maupun kebutuhan lainnya termasuk alat komunikasi bahkan penyedia sarana media pembelajaran di sekolah. 

Penggunaan media pembelajaran di sekolah berbasis TIK sangat membantu guru dalam proses belajar mengajar di sekolah.  Banyaknya item yang harus di penuhi dalam tuntutan keberhasilan kurikulum 2013 memaksa guru untuk memaksimalkan durasi waktu pembelajaran di kelas.
Inline image 1 


Dunia pendidikan sekarang ini sedang hangat di perbincangkan oleh banyak orang.  Baik orang tua siswa, maupun guru sebagai bagian dari stakeholder pendidikan.  Setelah kehadiran kurikulum baru yaitu Kurikulum 2013 (K13) sebagai penyempurnaan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), maka ada paradigma pembelajaran baru dalam dunia pendidikan yang harus kita laksanakan untuk menunjang keberhasilan kurikulum 2013 yang bertujuan untuk mempersiapkan manusia indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi  dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. 
 
Inline image 2 

Hak mengajar guru yang selama ini di miliki oleh guru akan bergeser ke siswa.  Inilah salah satu Paradigma pembelajaran baru yang menegaskan bahwa siswalah yang akan belajar.  Ada yang pesimis dalam pencapaian tujuan tersebut namun tak sedikit pula yang berharap banyak.  Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan diatas adalah bagaimana seorang guru dapat merancang media pembelajaran di kelas berdasarkan kemampuan teknologi informasi dan komunikasi yang dimilikinya.  


Inline image 3

Inline image 5
Proses belajar mengajar di SMA Nasional Makassar berbasis TIK
 
Pemanfaatan waktu jam pelajaran di kelas menunjang implementasi kurikulum 2013.  Tidak menutup kemungkinan, waktu di kelas tidak cukup untuk menuntaskan materi sesuai rencana pembelajaran yang telah disusun.  Misalnya, Untuk materi pengamatan lingkungan dan pembuatan pupuk kompos tidaklah cukup jika hanya menggunakan waktu belajar yang berdurasi 45 x 3 JP (Jam Pelajaran) untuk membawa peserta didik ke lapangan untuk melakukan praktek/pengamatan lingkungan.  Nah, untuk memaksimalkan waktu,  kita bisa memanfaatkan teknologi audio video pada materi proses pembuatan pupuk kompos.  Dengan demikian peserta didik dapat memahami proses pembuatan pupuk kompos kemudian akan melakukan praktek di rumah sebagai tugas proyek.



Beberapa media sosial dapat di jadikan salah satu alternatif berinteraksi dengan siswa di luar jam pelajaran dalam mengejar tugas-tugas peserta didik yang terlambat menyelesaikan tugasnya.  Beberapa media sosial yang saya maksud adalah sebagai berikut :
      1. Email pribadi
         Email pribadi dapat digunakan untuk menerima tugas-tugas peserta didik di luar jam pelajaran. Selain itu, teknologi ini sangat dibutuhkan untuk pengiriman dan penerimaan data tenaga pendidik kepada instansi pendidikan.  Hari gini? Masihkah ada diantara kita yang tidak memiliki email? Katakan tidak!

2.  Facebook dan Twitter
         Peserta didik paling betah berlama-lama di media sosial ini.  Sebagai guru, mungkin kita bisa memanfaatkan situasi ini untuk memberikan tugas atau berdiskusi tentang materi pembelajaran di kelas yang belum tuntas oleh beberapa orang peserta didik melalui facebook dan twitter di luar jam pelajaran

      3. Google
         Media sosial google dapat dimanfaatkan untuk menunjang sumber belajar peserta didik di kelas.  Keterlambatan pendistribusian buku paket yang berlogo kurikulum 2013 sampai kesekolah, mungkin google bisa menjadi solusi untuk mencari meteri pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013. Istilah anak muda zaman sekarang, anda bertanya google menjawab hehehee…. (canda)

      4. Blog
      Salah satu pemanfaat TIK lainnya adalah menjadi seorang blogger.  Kepemilikan blog bagi seorang guru memungkinkan untuk guru dapat berbagi hal-hal yang positif baik kepada peserta didik, sesama guru, maupun kepada semua orang.  Menuliskan materi pelajaran, suka duka dalam dunia pendidikan,  atau berbagai hal tentang kehidupan yang dialami.  

 Diakhir paragrap ini, saya ingin berterima kasih kepada Gerakan Indonesia Terdidik TIK (IndiTIK) melalui Djalaluddin Pane Foundation yang telah memberikan apresiasi penuh kepada dunia pendidikan dalam hal pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).  Pada kesempatan ini pula, saya ingin mengucapkan “SELAMAT HARI GURU NASIONAL, 25 November 2014” kepada semua guru di seluruh nusantara. 

#Tulisan Ini diikutsertakan dalam Lomba Blog “Guru Blogger Inspiratif 2014”#

Inline image 4 
Sumber Bacaan :

4 komentar:

  1. Guru memang harus lebih maju, lebih melek teknologi, dan lebih gaul dari siswa-siswinya, ya, Mbak AO :)
    Semoga sukses ya lombanya :)

    BalasHapus
  2. Benar Mbak :) segudang manfaat teknologi yg bisa di jadikan sarana penyampaian informasi kepada peserta didik. Makasih doax Mbak. Sukses untuk kita semua. (Y)

    BalasHapus
  3. Saya selalu salut sama guru yang ngeblog karena berarti dia selalu ingin berbagi. Mudah2an makin bermanfaat bagi sekitar ta' dan moga menang yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Bu mugniar# atas apresiasix. Insya Allah... Amin..

      Hapus