8 Tanda - Tanda Hamil Muda

06.19.00

 

Foto by Zilqiah 

Kehamilan tentunya akan menjadi berita yang menggembirakan bagi pasangan suami istri. Sehingga tidak heran kalau banyak pasangan, terutama pasangan muda yang baru menikah ingin segera cepat- cepat tahu atau berusaha mengetahui tanda-tandahamil. Maka dari itu, anda harus mengetahui tanda- tanda kehamilan tersebut sehingga anda bisa mempersiapkan segala sesuatunya.

 

Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini akan coba membahas tentang tanda-tanda kehamilan sebagai

berikut ini :

1.     Perubahan Pada Payudara

Jika terjadi kehamilan, maka akan terjadi perubahan pada payudara yang pada umumnya akan membesar. Hal ini dikarenakan bahwa meningkatnya produksi hormon esterogen dan progesteron, dan kondisi payudara juga akan terasa makin lembut. Selain itu juga pada puting susu akan membesar pula dan warnanya akan semakin gelap, sehingga kadang-kadang juga akan terasa gatal. Sehingga, pada pembuluh vena pada payudara juga akan terlihat akibat dari penegangan payudara.

2.     Indera Penciuman Lebih sensitif

Pada hamil muda, biasanya indera penciuman akan lebih menjadi sensitif. Dan hal ini ditandai dengan mudahnya ibu hamil mencium bau-bau tak sedap, yang akan menimbulkan rasa mual. Dengan meningkatnya kemampuan indera penciuman ini, disebabkan oleh perubahan hormon eksrogen di dalam tubuh.

3.     Perubahan Mood

Untuk ciri-ciri hamil muda lainnya adalah sering mudah marah atau juga sedih, yang disebabkan oleh peningkatan hormon tertentu dalam tubuh. Dengan ketidakseimbangan hormon ini, menyebabkan mudahnya mood sang ibu hamil berubah-ubah terutama pada pagi hari.

4.     Mual Dan Muntah (Morning Sickness)

Tentunya mayoritas pada ibu hamil akan mengalami tanda kehamilan yang seperti ini, yang dimana pemicunya adalah peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin) secara tiba-tiba. Pada umumnya rasa mual baru akan menghilang setelah memasuki kehamilan terimester kedua, mual dan muntah juga kerap disebut dengan morning sickness yang umumnya terjadi di pagi hari. Tetapi juga, bisa terjadi pada siang hari dan malam hari. 

5.     Mudah Lelah dan Ngantuk

Ciri-ciri hamil lainnya adalah akan lebih cepat merasa lelah dan juga ngantuk, rasa lelah dan

mengantuk pada ibu hamil ini disebabkan oleh perubahan hormon. Dan juga diakibatkan oleh kinerja dari beberapa organ vital seperti ginjal, jantung, dan paru-paru yang semakin

bertambah. 

6.     Munculnya Flek Darah yang Diikuti Kram Perut

Ciri hamil yang satu ini tentunya tidak terjadi pada setiap orang, biasanya flek darah ini muncul sebelum menstruasi yang akan datang. Dan biasanya terjadi antara 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi, tentunya bercak darah ini merupakan tanda-tanda hamil yang disebabkan oleh implantasi (implantantion bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim

7.     Sering Buang Air Kecil

Pada kehamilan masih muda, pada frekuensi ini biasanya untuk buang air kecil akan meningkat. Hal ini disebabkan janin yang baru tumbuh di dalam rahim menekan kandung kemih, dan akibat adanya peningkatan sirkulasi darah. Selain itu juga, pada kandung kemih ini akan lebih cepat dipenuhi oleh urine dan keinginan untuk buang air kecil menjadi lebih sering. Dengan begitu, peningkatan rasa buang air kecil juga disebabkan oleh peningkatan hormon kehamilan.

8.     Ngidam Tetapi Malas Untuk Makan

Ciri-ciri hamil yang lainnya adalah sering menginginkan ini itu, atau banyak orang yang menyebutnya adalah ngidam. Sehingga makanan yang diidamkan biasanya makanan yang segar seperti buah rujak, bakso, dan lain-lainnya. Tetapi, setelah menginginkannya biasanya si ibu hamil malas untuk memakannya karena rasa mual di perut.


Foto: by Zilqiah


You Might Also Like

0 komentar

About Me

Like us on Facebook