Fonterra Dukung Bisnis Kuliner Makassar Melalui Grand Demo Anchor Food Professionals

11.37.00

Konferensi Pers 
Fonterra? Dukung Makassar sebagai pusat kuliner baru di Indonesia?,  Apa? Ny. Liem bakal hadir di acara Grand Demo Fonterra Brands Indonesia melalui Anchor Food Professionals?.  Wow.... saya harus datang! Harus! J

Kalimat diatas adalah ekspresi saya saat salah seorang teman blogger menyampaikan undangan dari Fonterra Brands Indonesia untuk menghadiri acara Grand Demo Anchor Food Professionals pada hari Kamis, 16 Nopember 2017 di Hotel Grand Clarion and Convention Makassar.  Bersama 8 orang teman-teman blogger Makassar lainnya, saya tidak menyia-nyiakan kesempatan bergengsi ini.  Kenapa? Selain penasaran sama Ny Liem, saya juga tertarik dengan tema yang diusung tentang Makassar Pusat Kuliner Baru di Indonesia.  Sebagai warga Makasar, ini merupakan kesempatan untuk menelan bulat-bulat (wuihh sadis amat hehe) ilmu kuliner dari para chef ternama yang hadir di acara ini. 
 
Bersama teman-teman Blogger Makassar
Kami berkesempatan mengikuti konferensi pers dan Grand Demo.  Pada konferensi pers kami banyak mendapat suntikan pengetahuan seputar Fonterra sebagai salah satu pemasok susu terbesar di dunia.  Sementara pada Grand Demo kami berkesempatan melihat langsung beberapa chef ternama dalam meracik menu dengan segala kreativitasnya.

Makassar adalah kota ketiga diadakannya Grand Demo setelah Surabaya dan Bandung.  Kenapa Makassar? Karena menurut Sigit Wijanarko, Foodservice Didector, Fonterra Brands Indonesia, mengatakan, “Makassar dikenal sebagai surga kuliner Indonesia dengan hidangan khas tradisionalnya, Makassar telah menjadi pusat kuliner baru di Indonesia, sangat adaftif dengan tren kuliner dan mampu berkreasi sesuai dengan selera konsumen.  Hal ini sangat menjanjikan untuk produk olahan susu, yang menjadi bagian dari pola makan masyarakat Indonesia.”  Selain Sigit Wijanarko, pada konferensi pers tersebut hadir pula Ny Liem (Chef Profesional), Andriani Ganeswari (Corporate Communications Manager, PT Fonterra Brands Indonesia), dan Risma Wicaksono (Founder Makassar Cooking Club).

Ny Liem, Chef Profesional, mengatakan, saya sangat bangga dapat bergabung dalam Anchor Food Profesionals Grand Demo di Makassar ini dan merupakan kesempatan bagi saya dapat berbagi tips dan resep dengan para food professionals.  Saya yakin, para food professionals Makassar akan terus mengikuti tren kuliner baru untuk memperkuat posisi Makassar sebagai pusat kuliner di Indonesia Timur.

Andriani Ganeswari, Corporate Communications Manager, PT Fonterra Brands Indonesia, mengatakan, “Sebagai perusahaan nutrisi susu dan turunannya yang berasal dari Selandia Baru, Fonterra Brands Indonesia telah mensuplay kebutuhan nutrisi susu terbaik untuk keluarga Indonesia selama leih dari 30 tahun melalui brand Anlene, Anmum, Anchor Boneeto, dan Ancor.  Fonterra Brand Indonesia berkomitmen untuk memberikan kualitas tinggi bagi setiap produknya melalui prinsip Trusted Goodness, dimana kami menjamin proses rantai pasokan mulai dari ‘rumput hingga ke gelas’ berstandar kelas dunia.”



Saat ini, Kota Makassar yang dikenal dengan sebutan Kota Anging Mammiri dan Kota Daeng semakin berbenah diri dalam mendukung salah satu program Pemerintah Kota untuk membawa Makassar Menuju Kota Dunia.  Salah satunya adalah berbenah dalam bisinis kuliner.  Beberapa menu lokal yang mencirikan budaya kuliner khas Bugis Makassar seperti; Konro, Coto, Pisang Ijo, Pisang Epe, Jalangkote dan masih banyak lagi yang lainnya diharapkan mampu mempertahankan cita rasa alaminya. 

Disisi lain, permintaan makanan yang inovatif dan kreatif dan bernutrisi tinggi mengalami peningkatan sehingga makasar pun telah berkembang menjadi pusat kuliner terkini.  Agar produk lokal tetap bertahan dan mampu bersaing dengan produk luar diharapkan menu-menu ini mampu tersaji dengan sajian yang lebih modern dengan memodifikasi menu lokal menjadi menu yang lebih modern tanpa menghilangkan cita rasa aslinya. 

Fonterra Brands Indonesia melihat potensi besar dalam bisnis foodservice Indonesia, terutama pelaku usaha kecil menengah di Makassar untuk berinovasi, beradaptasi dan mampu menghadapi tantangan pasar. 



Fonterra berkomitmen dalam mendukung industri ini dengan memberikan wawasan serta inovasi dan riset berkelas dunia.  Dan karena inilah fonterra mengadakan Grand Demo untuk meraih peluang di Makassar dan berbagi pengalaman terbaik dan resep terkini dengan para professional industri makanan dan minuman.

Industri makanan dan minuman nasional mencatat pertumbuhan sebesar 9,46 persen pada triwulan ketiga tahun 2017 sehingga memiliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian Indonesia.  Pertumbuhan ini menjadikan Makassar sebagai salah satu kota terkemuka untuk industri makanan dan minuman, sebuah kota yang dikenal sebagai salah satu surga kuliner Indonesia dengan sajian khas lokalnya namun juga menjadi daya tarik food enthusiast hingga selebriti untuk membuka bisnis kuliner. 

Gaya hidup masyarakat yang erat dengan kesibukan, konsumen membutuhksn sesuatu yang cepat disajikan dan tetap termasuk dalam kategori makanan sehat dan berkualitas tinggi.  Presentasi makanan juga merupakan tren lainnya yang akan mempengaruhi para pelaku industri untuk semakin kreatif karena konsumen Indonesia kini menginginkan pengalaman bersantap  yang lengkap, termasuk kesan pertama pada penyajian, aroma, dan rasa.

Disesi terakhir konferensi pers, chef yus hadir memperagakan langsung membuat menu specialnya yaitu Mango Cheese Drink yang langsung bisa dinikmati oleh para peserta konferensi pers saat itu.  Mau resepnya? Kasi tau gak yaa... (klo mau resepnya, komen dulu ya di blognya #EH J)


Kami juga tak menyia-nyiakan waktu untuk hadir di Grand Demo yang tempatnya terpisah dengan konferensi pers.  Di Grand Demo ini hadir pula Ny. Liem dan in-house Advisory Chef Anchor Food Professionals, hadir pula beberapa chef ternama yang berbagi kreasi menu terbaru dengan menggunakan produk-produk Anchor. Chef Petrus Nugraha menyajikan Creamy Pasta Aglio dan Bread Tuna Rica, chef Yus Adrian, Advisory  Chef Pastry & Bakery Anchor Fod Professionals menunjukkan keahliannya dengan Crunchy Pineapple Cake, Butterstick, Passion Mousse dan Kenari Tuille.  Ny Liem dengan Cheese and Butter Cake, Cupcake Cream Cheese, Lapis Legit Keju Slice Anchor, Kastangels Telur Asin, dan Roti Goreng Paha Ayam Keju Ancor.



Tentang Anchor Food Professionals
Anchor Food Professionals, unit bisnis Fonterra Brands Indonesia, adalah pemasok terkemuka untuk produk susu dan jasa yang disesuaikan dengan kebutuhan operator foodservice di Asia dan Timur Tengah.  Anchor Food Professionals meiliki kantor di Indonesia, Singapore, Malaysia, Vietnam, Thailand, Filipina, Taiwan, Hong Kong, Dubai, Arab Saudi, Sri Langka dan Mauritius, dan juga perwakilan melalui mitra lokal di Bahrain, Kuwait, Qatar, dan Oman.  Rangkaian produknya meliputi Produk-produk AFP mencakup butter, susu, keju alami dan olahan, cream chesee, whipping and cooking cream, UHT cream, dan hot kitchen application.

Tentang Fonterra

Fonterra adalah pemimpin global dalam nutrisi susu.  Pemasok bahan baku susu yang disukai ke banyak perusahaan terkemuka di dunia.  Fonterra juga merupakan pemimpin pasar dengan merek susu konsumen sendiri di Selandia Baru dan Australia, Asia, Afrika, Timur Tengah dan Amerika Latin.  Fonterra adalah koperasi petani dan pengolah susu terbesar di dunia.  Fonterra adalah salah satu investor terbesar di dunia dalam penelitian dan inovasi susu yang memanfaatkan keahlian dari generasi ke generasi untuk menghasilkan lebih dari dua juta ton bahan baku susu, bahan baku susu formula, bahan khusus dan produk konsumen untuk 140 pasar.

You Might Also Like

11 komentar

  1. Bagi resep Mango Cheese Drink-nya donk kak 😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti ta kasi buku resepnya bang chef ya Ery hahaa

      Hapus
  2. Ke Makassar yahh gak lupa harus waib nyicip.. jadi produknya ini good juga yah melebarkan rasa jd lebih berasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mba Mir.... lebih kaya akan rasa

      Hapus
  3. sayang nya deh gak bisa ka hadir padahal keren banget acara icip2nya dan demo masaknya biar jadi semangat n tau tau masak juga hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Qiah.... sayang sekali dirimu ndk hadir. jadi ndk bisa icip2 Mango Cheese Drinkx

      Hapus
  4. Semoga semakin banyak variasi makanan dengan keju (komentar pecinta keju wkwkwk)

    BalasHapus
  5. Produk anchor memang the best kak, saya suka skali dgn cream cheese dan susu fullcreamnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama dong, k Abby juga cream cheesex

      Hapus
  6. Telat tahu informasinya hahaha

    BalasHapus

About Me

Like us on Facebook