Jumat, 26 September 2014

Malino Kota Bunga

Berwisata adalah momen yang paling sering di tunggu tunggu oleh kebanyakan orang.  Berwisata akan menimbulkan perasaan senang, riang, dan gembira. Perasaan bahagia seperti ini akan melenturkan otot otot tubuh yang sepanjang hari terkuras oleh beragam aktivitas.

Selain melenturkan ketegangan otot, berwisata juga akan meningkatkan hubungan keharmonisan keluarga. Padatnya aktivitas yang dilakoni seseorang, larut dengan pekerjaan masing-masing karena tuntutan hidup, kadang kadang membuat kesulitan untuk saling bertemu antara satu dengan yang lainnya.

Untuk itu, saya ingin mengajak anda untuk mengenal salah satu destinasi wisata di kotaku. Jadwalkan waktu anda untuk berwisata bersama teman, sahabat, maupun keluarga yercinta. Yuuukkk.....


                    Malino Kota Bunga

                                       Air Terjun Takapala Malino

  • Lokasi/alamat wisata Malino 
Malino adalah salah satu potensi alam Sulawesi Selatan yang sangat menakjubkan dan mempesona. "Malino," salah satu destinasi wisata yang terletak di kota Kecamatan TinggiMoncong, Kabupaten Gowa. 

  • Rute ke tempat wisata Malino
Saya berdomisili di Jalan Malino. Tepatnya di kota Sungguminasa Ibukota Kabupaten Gowa. Jalan Malino adalah rute yang paling tepat untuk di lalui menuju kota wisata Malino.  Baik dari arah Makassar maupun dari arah Kabuaten Takalar. Kota wisata Malino dapat di tempuh dengan jarak 63 kilometer dari kota Sungguminasa atau 1,5 jam denga menggunakan kendaraan pribadi. 

Selain itu, untuk mencapai kota wisata Malino, juga dapat di tempuh dengan menggunakan jasa angkot.  Hanya merogoh kocek sebesar Rp 25.000 per orang. 

Sebelum kita sampai ke kota wisata Malino, sekitar 30 km dari kota Sungguminasa terdapat bendungan Bili-Bili.  Bendungan Bili-Bili merupakan bendungan terbesar di Sulawesi Selatan.
Bendungan ini juga merupakan sumber air baku bagi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Gowa dan Makassar

                                             Bendungan Bili-Bili

  • Keunikan dan keistimewan wisata Malino
Malino yang berlokasi di daerah dataran tinggi (puncak) merupakan salah satu faktor yang menggiurkan bagi orang-orang yang merindukan suasana alam yang sejuk, menghirup udara segar alami, jauh dari kebisingan kota, dan polusi udara yang menyesakkn dada.

Jika anda beruntung, maka kabut akan menyambut kedatangan anda
Kehadiran kabut putih nan lembut akan melengkapi kebahgian anda bersama keluarga. Dalam suasana nyaman seperti ini, jangan lupa menikmati suguhan secangkir teh hangat dari Kebun Teh Malino. Indera penglihatan andapun akan di manjakan dengan pemandangan yang indah diantara gunung gunung nan hijau dan pohon pinus yang berjejer rapih dan indah.

                                           Pohon Pinus Malino


                                            Kebun Teh Malino

Disepanjang jalan tumbuh aneka kembang/bunga yang merekah dengan beragam warna warni yang segar. Sungguh sebuah destinasi yang tak akan pernah anda lupakan.


Selain yang saya gambarkan di atas, beberapa fasilitas tempat wisata lainnya dapat anda temukan di kota Malino. Diantaranya adalah :
  1. Air terjum takapala
  2. Air terjun lembanna
  3. Air terjun ketemu jodoh
  4. Air terjun parangloe
  5. Permandian lembah biru
  6. Kebun strowberry
  7. Kebun anggrek


  • Penginapan
Jika anda  berkunjung ke kota wisata Malino, sayang sekali jika anda tidak menikmati udara malamnya. Jangan khawatir karena fasilitas tempat untuk menginap banyak tersedia dengan harga yang terjangkau. Mulai dari fasilitas hotel, villa bahkan penginapan denga tarif Rp 100.000 per malam bisa anda temukan.

  • Biaya masuk/jam buka
Wisata Malino buka 24 jam. Soal biaya masuk ke kota wisata Malino adalah gratis jika hanya untuk sekedar jalan-jalan dan menikmati udara yang segar.  Tapi setelah anda masuk ke beberpa obyek wisata yang telah saya gambarkan sebelumnya seperti Kebun Strowberry, Kebun Teh dan Air Terjun Takapala tentu saja sudah tidak gratis lagi. Biaya masuk ke Air Terjun cukup murah yaitu Rp 5000 per orang. Kebun Strowberry hanya Rp 10.000 per orang, dan Kebun Teh Rp 50.000 per orang. Murah kan...?? Yuukk...segera berwisata ke kotaku :-D


“Tulisan ini diikutsertakan dalam event Giveaway #WisataNusantara Komunitas Ibu Ibu Doyan Nulis“






6 komentar:

  1. Pasti keren nih tempatnya.. :) sukses ya mbak GA nya...:)

    BalasHapus
  2. dianesuryaman# iya makasih :) kapan kapan sempatkan waktu berkunjung ke Wisata Malino :-D

    BalasHapus
  3. tak ada kata bosan tiap kali berkunjung ke malino :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong. Salah satu alasannya adalah karena kesejukan alaminya.

      Hapus
  4. Wah, indah ya Mbak pemandangannya.. kebun teh sama kebun anggrek nya itu lho.. cantik banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini baru fotonya. Lebih indah lagi aslinya lho mbak. Jika ada waktu sempatkan kesini. Abby siap jadi gaetnya hehehee....

      Hapus