TKI Makassar Bincang Strategi Kolaborasi dalam Meningkatkan Produktivitas UMKM.

14.22.00


Teman kreasi Makassar kembali gelar Event ke -2  bersama para pelaku UMKM di Kota Makassar dan Sekitarnya.   Sabtu, 29 Januari 2022 bertempat di Ruang Rapat SMKN 6 Makassar, Teman Kreasi Makassar mengadakan Bincang berkualitas  dengan tema "Strategi Kolaborasi dalam Meningkatkan Produktivitas UMKM".

Kegiatan ini dihadiri oleh teman-teman pelaku UMKM dari berbagai jenis bidang usaha, mulai dari bisnis online dan offline seperti kuliner, konter pulsa, pedagang campuran hingga bisnis jasa.  

Berbicara tentang UMKM, tentu saja kita ingin meningkatkan penjualan, ingin produk dilirik dan diminati orang lain, ingin lihai dalam memasarkan produk, baik secara online maupun offline. 

Namun, kenyataannya masih banyak pelaku UMKM yang masih bingung dalam menyusun strategi penjualannya. 

Untuk itu, Teman Kreasi Indonesia, sebuah program/inovasi  kegiatan sosial yang lahir dari Smartfren Community] hadir untuk mendukung pergerakan dan memberdayakan UMKM.

Arianto Burhan Makka, Wakil Ketua Umum KADIN Sulawesi Selatan hadir sebagai pemateri.  Beliau mengingatkan kepada peserta bahwa dalam berkolaborasi, harus selalu diingat bahwa dalam menjalankan bisnis, kita tidak hanya berkolaborasi dengan manusia saja. Tapi ada yang lebih penting dari itu, yaitu berkolaborasi dengan Sang Pencipta. Artinya jangan lupa berdoa dan memberikan sedekan kepada yang berhak menerimanya. 

Arianto Burhan Makka yang akrab di sapa Bung ABM ini juga memaparkan materinya dengan sangat baik sehingga interaksi peserta pun sangat baik. Beliau mengatakan bahwa UMKM harus naik kelas dengan terus bergerak.  Para pelaku UMKM harus selalu semangat dan  sering-sering berinteraksi dengan orang-orang yang punya semangat bisnis. 

@temankreasi_id #TemanKreasiIndonesia @smartfrencommunity




You Might Also Like

15 komentar

  1. Smartfren Community mendukung pergerakan dan memberdayakan UMKM langkah yang baik , semoga berlanjut dan menghasilkan terbaik bagi semua pihak

    BalasHapus
  2. Nah ini adalah event bermanfaat yang bisa membantu UMKM supaya bisa tetap produktif dan meningkatkan keuntungan mereka di masa depan. Kadang hal yang buat kita biasa, buat mereka luar biasa. Berbagai seperti ini sungguhlah berfaedah

    BalasHapus
  3. Seru banget kalau ada didalam komunitas yang bisa berbagi informasi berguna dan bermanfaat. Pasti peserta bisa langsung mempraktekkan apa yang sudah didapatkan nih

    BalasHapus
  4. Kita terlahir sebagai makhluk sosial. Tidak bisa bekerja sendiri. Jadi untuk para UMKM kolaborasi adalah kunci untuk sukses

    BalasHapus
  5. Menarik materi dari Pak Arianto ini, mengajak para peserta untuk bersedekah. Saya pernah baca dan nonton beberapa kisah/video para pengusaha sukses, mereka memang rajin bersedekah.

    BalasHapus
  6. Nggak banyak pengusaha baik kecil dan menengah yang paham bahwa hubungan kita bukan hanya pada sesama manusia. Tapi pada Tuhan juga. Salut banget sama Pak Arianto ini. Keren.

    BalasHapus
  7. Kalau link sekitarnya nya pebisnis otomatis saling sinergi dan berkelanjutan ya karena sama sama punya usaha juga dan benar sekali apa yang bung ABM sampaikan bahwa dalam menjalankan bisnis tidak hanya berkolaborasi dengan manusia saja. Tapi ada yang lebih penting dari itu, yaitu dengan Sang Pencipta. Saling terima dan kasih intinya ya :)

    BalasHapus
  8. Nah setuju, ga hanya dalam bisnis, tapi dalam setiap aspek apapun, lebih bagus kalo kita juga selalu melibatkan Tuhan dalam apa yg dikerjain. Toh segala sesuatu itu, rezeki dan segalanya, semua atas izin Nya. Bagus nih acaranya.. 👍

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Perekonomian Indonesia bisa cepat pulih Krn dukungan para UMKM juga. Sewajarnya kita ikut mendukung usaha2 UMKM dan lokal lainnya terlebih dahulu . Salut juga Krn dlm acara , diingatkan untuk selalu melibatkan Tuhan dalam segala bisnis yg kita kerjakan. Setuju banget. Krn apapun, rezeki itu datangnya dari Dia.

    BalasHapus
  11. Bagus banget acaranya membantu UMKM lebih semangat berusaha dan berinovasi ya apalagi kalau ada pendampingan di bidang bisnis, manajemen, marketing, acara ini juga bagus untuk jejaring..

    BalasHapus
  12. Event yang cukup bermanfaat bagi UMKM nih. Supaya selain bisa mengembangkan bisnis, juga bisa belajar manajemen pun marketing ya

    BalasHapus
  13. Salut banget dengan dukungan dari pihak swasta dalam mendukung perkembangan UMKM.
    Saat pandemi, bantuan sedikit pun jadi terasa dukungan.

    BalasHapus
  14. Bener itu, strategi penjualan harus dipelajari dan dilakukan dgn tepat supaya produk hasil karya bs dipasarkan dgn baik. Keren ya, makin banyak UMKM yg unik2.

    BalasHapus
  15. Semangat selalu untuk pelaku UMKM. Senang melihat UMKM terus berusaha berkembang dan bergerak maju. Apalagi masa pandemi banyak hambatan yang membuat produktivitas menurun.

    BalasHapus

About Me

Like us on Facebook