Kelebihan dan Kekurangan Berbelanja di Online Mall

20.17.00

Pic by tempo.co


Era digital membuat perubahan cukup besar di berbagai aspek kehidupan kita saat ini. Semua dibuat menjadi lebih mudah, praktis dan hemat. Konsep ini yang sering digaungkan oleh orang-orang kapitalis dan dunia perdagangan.

Semua serba online di era digital saat ini. Seperti ojek, taksi, tiket, belanja dan lain sebagainya hingga merambah ke pasar besar yang sering kita sebut supermarket atau mall. Sehingga Online Mall pun hadir di tengah tengah kita, tepatnya digenggaman kita saat ini.

Belaka di pasar, di supermarket bahkan di mall tidak perlu dagang langsung ke tempat penjual dimana barang itu dijual. Cukup dengan smartphone kamu atau perangkat elektronik lainnya yang bisa mengakses Online Mall, Anda sudah bisa berbelanja sambil goyang-goyang kaki. Pasalnya beberapa toko online sudah membuka Mall secara Online.

Sehingga tepat bila jargon lebih praktis, lebih praktis dan lebih hemat tanpa perlu repot repot datang, jalan-jalan dan membuang-buang waktu. Serba mudah inilah banyak memikat hati para konsumen saat ini.

Namun jika kita lihat, banyak sekali kekurangannya bahkan bisa rugi. Salah satunya tidak bisa menawar barang yang diinginkan. Proses tawar-menawar inilah yang sering kita jumpai di berbagai pasar tradisional, sehingga harganya sesuai yang kita inginkan. Belum lagi jika barang yang dagang mengalami cacat, pengembalian produk dapat memakan waktu yang lama.

Kemudian sulit sekali mendapatkan barang asli, kecuali Anda memilih di official storenya. Maka sangat dianjurkan untuk membeli barang asli hanya di official store meskipun ada toko online lain yang menjualnya dengan barang yang sama-sama original. Ini bentuk kewaspadaan kota saja sebagai pembeli.

Pic by Tribun Lampung


Kekurangan-kekurangan di atas sebenarnya merupakan hal tidak bisa dilakukan ketika Anda datang langsung ke toko/Mall dimana barang dambaan itu dijual. Sebenarnya banyak kelebihan berbelanja di Online Mall, diantaranya:

1. Harga Lebih ‘Berani’ diadu
Sebagian besar toko online di Online Mall menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga toko offline. Hal ini dikarenakan salah satunya karena toko offline akan dikenakan pajak bangunan, sedangkan toko online tidak.

Sementara harga bisa bersaing dikarenakan banyak sudah bermunculan toko-toko online yang serupa. Yang pada akhirnya banyak para pebisnis online mengurangi margin keuntungan demi meraup banyak pelanggan.

2. Hematwaktu; waktu lebih fleksibel
Sudah barang tentu berbelanja secara online lebih hemat waktunya dibandingkan Anda berkunjung langsung ke toko bersangkutan. Sehingga dapat dikatakan berbelanja online menghemat waktu Anda. Apalagi bagi Anda yang sangat tidak mungkin pergi ke toko atau Mall dikarenakan kesibukan yang begitu padat, sepertinya ini menjadi solusi.

Belanja secara online bisa dilakukan di waktu senggang ataupun di sela-sela jam sibuk Anda. Selain itu, transaksi di toko online semakin mudah dengan pembayaran menggunakan kartu kredit dan pembayaran lainnya.

3. Barang yang dijual  lebih bervariasi
Toko offline memiliki produk yang terbatas. Tentu tidak bagi toko online, justru barang yang ditawarkan bermacam-macam sampai terkadang kita bingung memilihnya. Toko online memungkinkan Anda menemukan banyak produk yang mungkin tidak ditemukan di toko offline.

4. Tidak berbatas waktu
Toko online tentunya buka 24 jam 7 hari. Tentu tidak untuk toko ofline, Anda perlu menunggu hingga toko atau Mall tersebut buka. Ini merupakan perlakukan khusus untuk para pembelinya yang jarang ada pada toko offline.

Kendati hal tersebut, pada toko online  Anda perlu menunggu barang sampai dan biasanya pengiriman barang dilakukan sesuai dengan jam kerja, dan peraturan setiap toko online.

Demikian penjelasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan berbelanja secara online di Online Mall. Semoga menjadi bahan pertimbangan.

You Might Also Like

0 komentar

About Me

Like us on Facebook