Merencanakan Hidup Berkualitas Dengan Manajemen Keuangan Yang Teratur

19.47.00


Hidup ini ibarat roda yang  sedang berputar.  Kalimat ini sering kita dengar, dan sudah sangat familiar di telinga.  Saya adalah orang yang sepakat dengan kalimat bijak ini.  Jika dimaknai, maka akan melahirkan persepsi yang sama dengan kehidupan yang pasang surut. 

Dalam menjalani proses kehidupan, kadang kita berada di posisi atas, ditengah – tengah, dan kadang juga berada di posisi  bawah.   Artinya hidup ini dinamis bukan?.  Hidup akan terus bergerak mengikuti arah putaran jarum jam dan kita semakin jauh melangkah meninggalkan masa demi masa.   Mungkin saja kemarin kita senang, hari ini senang,  tapi besok atau lusa siapa yang tahu?. Betul tidak?.

Sumber foto: Tempo.co


Untuk itu, kehidupan butuh banyak perencanaan agar dalam menjalaninya, tidak terlalu nyesek atau tak terjadi ketimpangan.  Tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan dalam hidupnya, bahkan bisa terjadi broken home atau apalah ... apalah ...., karena manajemen rumah tangga yang kurang terprogram.  Mungkin ada yang bertanya,  “apakah setelah manajemen rumah tangga sudah tertata  dengan rapi, lantas seseorang sudah terhindar dari kesulitan hidup?”.  Tentu saja itu bukan 100% jaminan ya, sebab manusia bukan penentu hidup ini tetapi manusia mampu berencana dan hasilnya kita kembalikan kepada Sang Maha Pencipta.  Yang jelas dengan perencanaan, hidup kita akan lebih tersruktur dan kita bisa memprediksi dan mengatur sendiri kebutuhan mana yang lebih penting dan harus didahulukan.  Mana kebutuhan yang bisa ditunda pemenuhannya mana yang tidak.

Dalam hal ini, banyak sekali yang harus kita perhatikan, dan salah satu poin pentingnya dalam manajemen keluarga adalah manajemen keuangan.  Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam pemenuhan kebutuhan, uang menjadi satu-satunya sumber solusi.  Bahkan bisa terjadi sebaliknya, uang bisa menjadi sumber masalah baik dalam kehidupan rumah tangga maupun dalam kehidupan bermasyarakat. 

Fenomena seperti diatas bukan tidak mungkin terjadi pada diri kita sendiri.  Olehnya itu, butuh kesiapan menghadapinya.  Saat ini, banyak sekali informasi yang dapat mengedukasi masyarakat dalam hal manajemen keluarga terutama manajemen keuangan.  Setiap orang akan berlomba mendapatkan informasi tersebut sehingga ilmu manajemen yang didapatkan itu, dapat di terapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Seperti yang saya katakan diatas bahwa, apapun itu, manusia hanya bisa berencana namun Tuhan jualah yang menentukan. Ada yang sudah mengatur manajemen keuangan sedemikian rupa, namun terkadang kebutuhan mendadak dan tak disangka - sangka datang tiba-tiba.  Jika sudah demikian, maka seseorang pasti akan kelimpungan.  Disinilah letak pentingnya informasi – informasi keuangan.  Salah satunya adalah jasa keuangan.  Ada banyak informasi tentang  jasa keuangan yang bisa kita dapatkan kalau browsing di internet.

Wikipedia menjelaskan bahwa Jasa keuangan merupakan istilah uang  yang sering digunakan untuk menunjukkan jenis jasa yang diberikan atau disediakan oleh industri lembaga keuangan.  Industri lembaga keuangan yang dimaksud misalnya bank, perusahaan asuransi, sekuritas, perusahaan pembiayaan konsumen, dan perusahaan kartu kredit.

Bicara soal jasa keuangan, saat ini banyak sekali jenisnya yang bisa memberikan layanan pinjaman.  Termasuk pinjaman online yaitu fasilitas kredit yang disediakan oleh penyedia jasa keuangan yang beroperasi secara online. 

Perkembangan teknologi berperan penting dalam perubahan gaya hidup masyarakat.  Inilah faktor yang mengakibatkan maraknya pinjaman online bermunculan.  Dan ini sangat membantu masyarakat yang membutuhkan dana dalam waktu yang relatif singkat.  Salah satu jenis pinjaman online bisa kita lihat pada www.pinjaman24.id/pinjaman-online-pribadi/ 


You Might Also Like

21 komentar

  1. "Perkembangan teknologi berperan penting dalam perubahan gaya hidup masyarakat" setuju banget ini kak. Tapi sayangnya banyak yang mengutamakan gaya hidup dibanding kebutuhan hidup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Ery.... dan pada kahirnya merugikan diri sendiri

      Hapus
  2. Iyaps saya setuju banget. Kalau bisa mengatur keuangan insyaallah berkualitas hidup kita, saya sudah membuktikan selama 6 bulan terakhir ini mengatur keuangan dengan baik...alhamdulillah...

    BalasHapus
  3. Karena itu ada banyak yg bilang salah satu keberhasilan rumah tangga tergantung dari kepiawaian istri dalam memanage keuangan nya

    Keuangan memang salah satu hal yang wajib dicermati. Apalagi oleh ibu rumahtangga

    BalasHapus
  4. Pinjaman online ini prosesnya memang mudah tapi pengalaman teman-teman saya banyak yang merasa dirugikan,ada yang sudah lunas tetap ditagih aja.. jadi kita harus pandai-pandai memilah dan memilih penyedia pinjaman online..

    BalasHapus
  5. Maka memang wajar yah kalau di dunia ini apa-apa uang, tapi penting sekali untuk mengelolanya dan bijaksana

    BalasHapus
  6. Setuju, kak. Penting sekali itu perencanaan dan manajemen keuangan, karena mana tahu kita tiba-tiba ada kebutuhan darurat yang membutuhkan banyak uang. Kalau keuangan ndak terencana dengan baik ya wassalam. Btw, amanji itu pinjaman online begitu, kak?

    BalasHapus
  7. Sebanyak apapun uangnya kalau ga bisa mengelolanya sama saja bohong ya mba, saya sudah di wanti-wanti sama ibu saya untuk beli yg perlu saja terus nabung.. Walaupun kadang mata ijo kalau ada diskon hehehe

    BalasHapus
  8. Keuangan memang mesi dimanajemeni dengan baik, kalau nggak terkontrol bisa jebol, hehehe..tapi kadang suka lupa sama nabung mesti lebih disiplin lagi

    BalasHapus
  9. Makin banyak yang menyediakan jasa pinjaman ya. Bahkan online

    BalasHapus
  10. Keuangan yang baik biasanya berawal dari lifestyle yg bagus dan disiplin jg ya mbak. Moga2 ada aja rezeki dan dana darurat jd gak sampai berhutang aamiin


    BalasHapus
  11. Banyak kemudahan ditawarkan tapi tetap ya perencana keuangan terbaik tetaplah kita sendiri Nice info kak

    BalasHapus
  12. Wah sekarang ada peminjaman online ya. Gimana caranya tuh. Kayaknya musti kepo2. Aku setuju sih mbak mengenai perencanaan keuangan. Mumpung lagi single lebih baik punya persiapan :)

    BalasHapus
  13. Manajemen keuangan memang penting banget yak.. tapi kitanya harus kita konsisten dan komitmen dalam prakteknya. Saya kadang kalah sama keinginan heu..

    BalasHapus
  14. Manajemen keuangan itu ilmu yang aku pelajari zaman kuliah dulu tapi begitu praktenya mah rada susah da kebentur keinginan terus wkwkwk

    BalasHapus
  15. Huhuhu... manajemen keuangan keluarga aku masih acak kadut. Susah banget buat ngatur. Jadinya suka kelimpungan di akhir bulan. Duuuuh :)))

    BalasHapus
  16. Wah boleh juga nih liat ada pinjaman online. Gampang gak sih prosesnya?

    BalasHapus
  17. Sekarang pinjaman online semakin banyak yah, heheh dan mudah.

    BalasHapus
  18. Pinjaman online makin banyak sih ya mba. Tapi bijak mengatur kebutuhan itu yang paling penting. Beli yang bener2 butuh, baru yang kepengenan. Dan meminimalisir hutang biar gak kegak kelimpungan. Hehe

    BalasHapus
  19. Skrg semakin bnyak nih yang nawarin pinjaman online,Kita sbg konsumen harus cerdas buat pilih2 Jenis pinjaman sm penyedianya, pastikan jg s dan k sblum transaksi peminjaman y mba

    BalasHapus
  20. Soal manajemen keuangan, aku masih amburadul sampai saat ini

    BalasHapus

About Me

Like us on Facebook