7 Hal Yang Bisa Anda Lakukaan Saat Liburan Ke Balikpapan

09.16.00


Anda punya rencana liburan ke Kota Balikpapan? Susunlah itinerary dengan baik; jelajahi semua tempat menarik di sekitar ibu kota Kalimantan Timur tersebut. Sebagai referensi, berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan manakala berlibur ke Balikpapan.
1.      Menikmati Sunset di Pantai
Source: godiscover

Kota Balikpapan dikelilingi beberapa pantai yang berpanorama indah. Karena itu, sore hari menjadi waktu terbaik untuk mengunjungi kawasan tersebut. Pasalnya, Anda bisa menyaksikan keindahan matahari tenggelam—tepat dari bibir pantai. Bahkan, nyaris tak ada benda yang menghalangi penglihatan Anda.
Ada enam pantai terdekat yang direkomendasikan untuk Anda, yaitu Melawai, Kemala, Segarasari, Lamaru, Batu, serta Monpera. Jarak tempat tersebut dengan pusat kota tidak terlalu jauh. Jadi, Anda bisa naik transportasi umum ataupun membawa kendaraan sendiri. Untuk kamu pecinta suasana pantai dijamin akan dimanjakan di sini deh. Jadi jangan lupa book tiket pesawat online ke Balikpapan ya.

2.      Berburu Kuliner
Source: wisataindonesia

Keberagaman masyarakat Balikpapan menjadikan kota ini kaya akan kuliner. Meski banyak orang yang bisa membuat masakan serupa, cita rasa asli hanya ada di kota tersebut. Dengan demikian, cobalah mengunjungi beberapa tempat makan ketika liburan di sana. Semisal, pergi ke Kedai Cendrawasih, Kedai Nam In, Depot Simpang Empat, serta Kedai Bubur Samarinda di Jalan Ahmad Yani.

3.      Mengunjungi Penangkaran Beruang Madu
Source: blogspot

Beruang madu merupakan hewan langka yang dijadikan maskot Kota Balikpapan. Tinggi binatang ini mencapai 110 meter dengan bobot maksimal 60 kg. Bulunya hitam, bermata besar, serta menggunakan keempat kaki saat berjalan. Kalau ingin melihat, Anda bisa datang ke Kawasan Wisata dan Pendidikan Lingkungan Hidup (KWLH). Di sana ada sekitar enam beruang madu yang hidup bebas di kawasan KWLH.

4.      Menyusuri Keindahan Sungai Wain
Source: hipwee

Sungai Wain adalah salah satu daerah yang dijadikan hutan lindung oleh Pemerintah Kota Balikpapan. Perairan ini terletak di Jalan Soekarno-Hatta; tepatnya di pusat kota. Tempat ini menyuguhkan panorama hutan primer, sekunder, sekaligus kejernihan aliran sungai. Sayang sekali jika Anda sampai melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke sini.

5.      Mempelajari Adat Dayak di Rumah Lamin
Source: okezone

Dulu, Rumah Lamin dijadikan sebagai tempat tinggal Suku Dayak. Hunian yang panjangnya mencapai 300 meter ini ditinggali sekitar 100 orang. Namun kini, bangunan khas etnik tersebut dijadikan sebagai pusat edukasi dan wisata sejarah. Tidak ada salahnya masuk ke sana, lalu merasakan sensasi berjalan di atas rumah dengan ketinggian 6 meter dari permukaan tanah.

6.      Membeli Buah Tangan di Kebun Sayur
Jangan berharap melihat banyak sayur ketika mengunjungi kawasan ini. Pasalnya, Kebun Sayur hanya sebuah nama kiasan yang diberikan untuk area pasar. Pembangunan tempat tersebut dilakukan atas dasar Instruksi Presiden Soeharto pada tahun 1981. Karena itu, diberi nama lengkap—Pasar Inpres Kebun Sayur.
Pasar Inpres Kebun Sayur dikhususkan sebagai pusat oleh-oleh khas Kalimantan. Di sini, Anda bisa menemukan aneka aksesori berbahan manik-manik, beragam tas handmade, bros, dompet, serta gelang. Ada juga yang terbuat dari permata sungguhan—tentu dengan harga yang tidak murah.

7.      Menghabiskan Malam di Taman Bekapai
Source: bobocantik

Setelah mengunjungi pantai dan penangkaran beruang madu, sisakan tenaga Anda untuk menikmati malam hari di Taman Bekapai. Lokasi taman ini terletak di pusat kota—berdekatan dengan Masjid Agung. Salah satu daya tariknya adalah air mancur aneka warna yang dikelilingi lampu hias. Di kawasan itu pun terdapat sentra kuliner; dilengkapi tempat nongkrong dan akses internet WiFi.
Jadi, sudah siap kah untuk liburan ke Kota Balikpapan? Yuk, pesan tiket pesawat mulai sekarang di website Airy sebelum kehabisan. Anda bisa mendapatkan promo tiket pesawat Garuda di situs ini, lho!

You Might Also Like

36 komentar

  1. Terima kasih kerana sharing itinerary ini. Rawlins belum pernah sampai ke Balikpapan tapi punya ramai teman di sana. Doakan ada rezki untuk melawat teman-teman di sana ye.

    BalasHapus
  2. Mempelajari Adat Dayak di Rumah Lamin, boleh nih, buat menambah ilmu pengetahuan tentang budaya dayak

    BalasHapus
  3. wah terima kasih bu! sering kali tertanya apakah yang ada di balik papan. berguna sekali ya itinerary ini. kalau bisa sertakan sekali penginapannya dimana ya!

    BalasHapus
  4. First time dengar mengenaik balikpapan. Boleh rekomen pada kawan2 yg mmg suka melancong. Ada rumah sewa atau hotel di kawasan situ tak??

    BalasHapus
  5. Wah banyak juga ye aktiviti yang boleh di lakukan di Balikpapan. Paling tertarik dengan beruang madu tu. Tak pernah dengar tentang tu sebelum ni.nanti share lah lebih details tentang makanan-makanan yang wajib makan di sana pula.

    BalasHapus
  6. Mula-mula ingatkan Balikpapan di Malaysia. Pertama kali dengar tentand beruang madu.. Pelajari adat Dayak di rumah Lamin pun mesti seronok.

    BalasHapus
  7. bagus nie informasinya. boleh sy gunakan kalau mahu jalan ke balik papan. wahh boleh liat beruang madu. ada 6 ya bu ? kalau terserempak tu asik sekali tapi seremmm jugak tu. takut jadi makanannya. hahaha

    BalasHapus
  8. Omg.. Banyak aktiviti boleh di buat ketika berada di sana. Thank you sis for the sharing. Yanty kena masukkan dalam list nak ajak geng kaki travel ke sana.

    BalasHapus
  9. Kalau berburu Kuliner sudah so-pasti bunda..
    Ke Sungai Wain, dan Taman Bekapai kudu banget nih. Apalagi dengan adanya koneksi wi-fi, wiih bisa langsung update di medsos, blog, dan juga nge-vlog hehehe

    BalasHapus
  10. Kota balikpapan? unik nama dia.. TB belum pernha sampai ke sana lagi.. jauh tu.. tapi bagus ada info ni.. boleh lah buat persediaan apa-apa kalau ada plan nak ke kota balikpapan ni..

    BalasHapus
  11. Teringin mahu berjalan ke sini.nampak best ! Harap ada rezekinya mahu berjalan ke sini.tangkap gambar tempat menarik

    BalasHapus
  12. First time terbaca nama Balik Papan ni. Nampak best juga. Bolehlah nanti cadangkan kepada my travel agensi friend untuk masukkan tempat ni dalam trip percutian mereka.

    BalasHapus
  13. Wah tak pernah dengar pun balik papan.. Tempatnye indah sekali kelihatannya.. Teringin pulak rasanye nak sampai ke balik papan.. Makanan nampak enak..taman berkapai tu pun cantik sangat

    BalasHapus
  14. makjang itu kepiting memerah menerbitkan minatku. penasaran juga pengen liat beruang madu, biasa hanya nonton di tivi, winnie the pooh

    BalasHapus
  15. Waduh begitu banyak sekali tempat menarik untuk berlibur kat sini nanti saya boleh datang ke sini kamu jadi guider untuk saya boleh hehehe suka tengok part makan ketam itu sangat menyelerakan...

    BalasHapus
  16. belum pernah ke Balikpapan nih, doakan ya mbak semoga soon bisa menikmati indahnya Balikpapan

    BalasHapus
  17. Thanks for sharing bu. Tak pernah lagi travel ke Indonesia.. banyak juga tempat yang menarik untuk pergi.

    BalasHapus
  18. Wah banyak aktiviti menarik boleh dilakukan di sana ye..jalan-jalan sambil cari makan dan tambah pengalaman kan

    BalasHapus
  19. Wow. Bella belum pernah ke Balikpapan sebelum ini tetapi gambar saat matahari tenggelam itu sangat cantik. Bella harap2 kalau ada rezeki lebih nanti boleh ke sana sama liburan sama suami. Cuma rasanya Indonesia sangat besar Bella tak tahu mahu kemana duluan. :D :D

    BalasHapus
  20. 1st yg best pasal yravel.ialah makanan.. balikpapan harus gamous dgn seafood kan..dulu my colleague ada berxuti ke balik papan dan dia bilang sgt cantik dan boleh lawan bali

    BalasHapus
  21. Balikpapan jadi destinasi yang menyenangkan juga ya..Semoga suatu saat bisa jalan-jalan ke Balikpapan..Salah satu yang menarik perhatian saya adalah belajar mengenai suku Dayak di sana

    BalasHapus
  22. Nanti kalau aku mau ke Balikpapan sudah ada gambaran menyenangkan dan pastinya ngga bingung lagi kalau mau jalan jalan. sudah ada itinerary seru nih

    BalasHapus
  23. Pernah dengar mengenai Balik Papan ini. Teringin nak pergi jalan-jalan kat sana. Banyak juga aktiviti menarik yang boleh dibuat kat Balik Papan ya. Dapat belajar mengenai adat dan budaya, yang paling menarik sunset tu. Favorite!!

    BalasHapus
  24. Wah pengen jalan2 k balikpapan, dengar2 sih di balikpapan tempat wisatanya bagus dan keren2.

    BalasHapus
  25. Aku penasaran Ama penangkaran beruang madunya mbak... Hehehe... Agak takut juga sih tapi penasaran... Kebayang badan beruang yg gede tapi pengen liat penangkaran nya...

    BalasHapus
  26. Balikpapan itu katanya kota mihil ya mbak? Katanyaaaa, hehe ada tmn di sana yg berpendapat begitu.
    Ternyata di sana banyak ya yg bisa dilihat jd pengen ke sana jg nih :D
    Tengkyu info2nya, itu kepitingnya cakep banget haha

    BalasHapus
  27. blm pernah ke balikpapan tapi udah pernah dapet gelang dr balikpapan. oleh oleh dr temen, pengen berburu gelang di balikpapan rasanya kalo ke sana..

    BalasHapus
  28. Pengen buru" celengan penuh dan bisa berkunjung ke sana... Itu kulinernya sudah manggil"

    BalasHapus
  29. Pengen buru" celengan penuh dan bisa berkunjung ke sana... Itu kulinernya sudah manggil"

    BalasHapus
  30. Ah jadi pengen jalan-jalan terus kalau baca tulisan tentang traveling hehe..

    BalasHapus
  31. Pertama kali dengar pasal balik papan ni. Menarik dan banyak juga altiviti boleh dibuat disana ya. Nanti saya akan letak dalam list travel saya..manalah tahu kalau rezeki lebih bolehlah saya ke sana

    BalasHapus
  32. Sudah dua kali ke Balikpapan, tapi semuanya hanya transit hahaha
    nda sempat jalan-jalan kecuali jalan-jalan di dalam bandaranya yang keren

    BalasHapus
  33. Balikpapan itu ngangeni. Sekali ke sana tapi kurangg banget. Pengen pergi ke sana lagi dan menyicipi kulinernyq yg istimewa..

    BalasHapus
  34. wah infonya lengkap banget ya Bu. makasih udah di-sharing :)
    jadi pengen ke Balikpapan, penasaran mau coba menyusuri Sungai Wain Bu.
    Ah, artikel ibu sukses bikin saya kepengen pake banget ke sana.

    BalasHapus
  35. Blum pernah nih ke sana jadi ingin deh ..

    BalasHapus
  36. Saya hanya pernah ke Pontianak aja, blm lg menjejak kaki ke Balikpapan. Padahal sama2 juga di kepulauan borneo. :D

    BalasHapus

About Me

Like us on Facebook