Makassar Tertawa dengan Web Series Jalangkote Rasa Keju di Channel Youtube

23.00.00



Hari ini 9 April 2018 adalah hari yang menegangkan untuk kami guru-guru tingkat SMA dan sederajat di seluruh nusantara.  Pasalnya, hari ini adalah hari pertama UNBK (Ujian Nasional Berstandar Komputer).  Segala daya dan upaya selama ini, akan terjawab didepan komputer oleh siswa dan siswi kami.  Doa dan harapan kami panjatkan kehadirat Allah SWT, Sang maha pemberi dan pengabul doa semoga siwa-siswi kami lancar mengerjakan soal-soal dan meraih kelulusan dengan nilai yang tinggi. Aamiin.....

Ketegangan itu tak memberiku pilihan untuk menolak undangan dari AIM Production untuk menghadiri acara Press Conference Jalangkote Rasa Keju.  Sebuah Wes Series yang akan tayang di Youtube pada hari Kamis, 12 April mendatang (tak lama lagi ya? dua hari lagi).  Kebayang deh saya bakal ketawa ketiwi menghadiri press conference kali ini.  Bagaimana tidak?,  ada si Bassitowayya yang ikut main bersama pemain komedian lainnya yang lucu-lucu dan bakal membuat gigi kering karena tertawa melihat adegan-adegannya.



Saya mengawas ujian UNBK hari ini di SMA Bosowa International School Makassar.  Tepat pukul 12.30, ujian online teng sudah tutup untuk sesi kedua.  Karena tugas saya mengawas hanya sampai pada sesi kedua, berarti tugas negara untuk hari ini sudah selesai.  Selanjutnya boleh beraktivitas di tempat lain termasuk menghadiri acara persscon Jalangkote Rasa Keju di D’Liquid Grand Clarion Hotel, jl Pettarani Makassar.   Setelah istirahat sejenak, saya pun pamit dari SMA Bosowa dan melanjutkan perjalanan menuju SMA Nasional Makassar  untuk menyapa siswa siswiku yang baru saja selesai ujian. 

Undangan  presscon pukul 16.00. Saya pun meluncur pukul 15.00 agar bisa sampai tepat waktu.  (itung-itung belajar menghargai waktu ya, jangan memberikan kesan jam ngaret, itu gak bagus hehehee).  Oh ya, saya berangkatnya barengan ma teman saya Mugniar, si blogger handalnya Makassar.  Kebetulan akses menuju Grand Clarion itu lewat dirumahnya, ya singgah deh. 

Nyampe di Clarion, kami berpapasan ma si Syukri loh, sang komedian youtube Bassitowayya.  Candaannya buat kami berhahaha.... hihihi...., saya melirik teman saya mugniar sedang cekikikan padahal setahu saya dialah orang paling kaleeemmm seduani hahahaa.  Kamipun sempatkan diri berfutu futu.
Acara presscon dimulai tepat waktu yang sebelumnya kita ngopi-ngopi sore bersama para pemain dan kru Jalangkote Rasa Keju serta peserta lainnya yang dihadiri oleh para Media, Blogger, Buzzer, dan Freelance.




MC tampil berdua dengan gaya yang sangat kocak, ciri khas logat makassar asli 100%.  Sang produser, Zulkarnaen Gobel yang biasa di sapa om Gobel tampil menyapa para yang hadir.  “Alhamdulillah acara ini bisa berjalan dengan baik dan ucapan terima kasih kepada semua yang telah hadir dari pihak Media, Blogger, Freelancer, dan buzzer atas kehadirannya di acara press conference Jalangkote Rasa Keju”, sapanya.  Menurutnya Web Series ini sudah ada di jakarta tapi di Makassar mungkin yang pertama kalinya.  Besar harapan om Gobel semoga kehadiran web serien ini bisa menghibur semuanya.

Lanjut diskusi dengan Sutradara, Rusmin Nuryadin. Menurutnya,  web series ini muncul untuk menjawab kegelisahan teman-teman tentang banyaknya film-film lokal yang lahir dari bioskop tapi tidak bisa disentuh oleh lebih banyak orang atau teman-teman di sulawesi selatan.  Berharap kehadiran web series ini bisa lebih memasyarakat lagi.  Web series lebih ampuh menjangkau masyarakat tapi tidak menutup kemungkinan kami terbuka untuk para investor, perusahaan, dan instansi terkait lainnya jika kelak web series ini bisa diangkat ke layar lebar.  

Banyak cara untuk berkarya, bukan sekedar dibawa kelayar lebar atau bioskop.  Banyak media yang bisa digunakan untuk berkarya, misalnya saja media tv dan masih banyak lagi media lainnya termasuk platform baru seperti WebView semacam youtube yang banyak digunakan oleh serial film korea.  Banyak film-film korea yang sukses dalam bentuk series.  Inspirasi hadirnya web series ini lahir dari obrolan bersama teman-teman. Banyak yang membantu seperti bantuan dana dan lainnya. 

Lokasi shuting di seputar jalan Macan dan jalan Serigala.  Membuat sebuah wilayah kecil yang refresentatif dengan mewakili dinamika orang-orang makassar misalnya anak lorong. Shuting ini dilkukan selama 10 hari berturut-turut.

Bassitowayya, sebuah grup komedian yang sering tayang di youtube juga memaparkan keterlibatan mereka di werseries ini.  ada banyak keseruan dan manfaat yang mereka dapatkan.   sebuah berkah, karena tidak semua tempat di dunia ini adalah berkah.  Semua kesempatan diergunakan sebaik-baiknya untuk menjalin pertemanan yang baik. Keterlibatan disini bukan semata karena bisnis,  kalaupun ujung ujungnya adalah bisnis itu adalah sebuah bonus.  Hubungan pertemanan lebih ditonjolkan.  Banyak keseruan dan manfaat yang didapatkan, bukan didasari oleh bisnis semata.  Banyak tertawa, banyak belajar dari teman dan banyak pencerahan dari pak Gobel dan pak Rusmin Nuryadin dan juga  banyak belajar dari teman teman pemain layar lebar. 

Presscon ini ditutup dengan foto-foto bareng setelah menyaksikan seri yang pertama dari Jalngkote Rasa Keju.  Penasaran dengan seri selanjutnya...??? silahkan ditunggu yang di channel Youtubenya masing-masing.  seri pertama ini akan launching pada hari Kamis, 12 April 2018 mendatang.  Jangan lupa nontooooonnn ya, dijamin baka seru deh pokoknya.

Salam JALANGKOTE RASA KEJU

You Might Also Like

26 komentar

  1. Senang deh kalau lihat film daerah berkembang apalagi kalau mengusung lokalitas. Jadi enggak hanya terpaku di Jakarta saja. Semoga webseries di Makassar berkembang terus ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya cowok mbak bukan cewek xD

      Hapus
  2. saya menikmati joke kawan2 saya yg datang dari berbagai daerah termasuk makassar. menarik mempelajari ragam style dari masing2 daerah. karena lewat joke, kita juga melestarikan seni bertutur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lucu lucu jokex dengan aksen yg beda2 ya

      Hapus
  3. Selalu senang nonton komedian jd terhibir... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Apalagi saat hadapi suasana tegang hehee

      Hapus
  4. wow woow.. makasang... kangen jalankote

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk ke makassar makan jalangķote

      Hapus
  5. Web series jadi jawaban utk memasyarakatkan film lokal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget bunca... moga film lokal makin terangkat ke permukaan

      Hapus
  6. Jadi penasaran.Berarti besok nih tayang. Jam berapa Bunda Abby tayangnya?

    BalasHapus
  7. Diantara ketegangan karena anak didik ujian dapat hiburan sehingga dapat tertawa itu mah ngasikkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih. Pas banget momennya hehee

      Hapus
  8. semoga dengan kemajuan teknologi akan semakin maju juga kualitas perfilm-an di Indonesia, khususnya juga buat di Makassar. makasih mba sudah berbagi ceritanya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Semoga film film lokal makin berjaya ya mba

      Hapus
  9. kebayang ya tawa terus deh selama acara ini.
    Bagus ini acaranya merangkul setiap daerah. Gak hanya di kota besar. Berharap ke Cianjur juga sampai deh. Biar pada ketawa juga. Hahaha...

    BalasHapus
  10. Aku penasaran kak, jangkote itu apa ya? Apa semacam makanan khas sana? Hehe moga makin banyak yaa web series kaya gini. Membawa pesan yg positif

    BalasHapus
  11. Semoga web service Makassar berkembang seperti web series di Korea.

    BalasHapus
  12. Semoga pemilihan youtube sebagai sarana untuk mengangkat film lokal bisa lebih mengangkat nama Makassar ya mbak.

    BalasHapus
  13. Hari ini udah launching ya mbak? Cus nonton dulu ah

    BalasHapus
  14. sekarang webseries makin banyak ya..bisa semakin meninggalkan TV nih..apalagi banyak ide2 segar dan isnpiratif dihasilkan di luar media tv

    BalasHapus
  15. waaah, penasaran. *mlipir ke yutub

    BalasHapus
  16. Wah, semoga Jalangkote Rasa Keju ini sukses. Hari ini udah boleh nonton ya..

    BalasHapus
  17. Wah berarti sekarang udah ada dong ya di YouTube. Nonton ah. Makasih infonya.

    BalasHapus

About Me

Like us on Facebook