Mengelola Stress Menuju Fase New Normal

22.51.00



Perbincangan online via Zoom App pada hari Jumat, 12 Juni 2020 kemarin, benar-benar membuat hati plong (dibaca: suasana hati nyaman).  Sebuah perbincangan berkualitas dengan tema Stress Management For Your Wellbeing oleh Insight Indonesia.

“Mengelola stress? Mau dong?”, seperti itulah tanggapan saya setelah sahabat Eryvia Maronie menghubungungi untuk ikut dalam perbincangan online tersebut.   Iyah, jumat kemarin saya ikutan coaching bagaimana mengelola stres yang baik dan benar.  Bijak mengelola stres memang tidak mudah tetapi setelah mengikuti coaching tersebut, jadi tahu apa dan bagaimana trik menghadapi stress ala Insight Indonesia.


Tidak ada yang kebetulan.  Bincang berkualitas ini sepertinya memang pas dimasa pandemi ini, apalagi dalam mempersiapkan diri menuju fase New Normal.  Banyak orang stres termasuk saya dalam menghadapi New Normal.  Bagaimana tidak?, keluar rumah selalu ada virus yang mengintai, menjangkiti tubuh setiap manusia yang penyebarannya sangat cepat dan gampang banget.  


Sudahkan anda mempersiapkan diri menghadapi New Normal?.  Yuk, kita bersama mempersiapkan diri dengan mengelola stres yang benar. Berikut akan saya ulas tentang cara mengatasi stres ala Insihgt Indonesia.   
1.     Apa Itu Stress?
Stres adalah reaksi seseorang baik secara fisik maupun emosional (mental/psikis) apabila ada perubahan dari lingkungan yang mengharuskan seseorang menyesuaikan diri.

Seseorang yang mengalami stres pastilah merasa tidak nyaman bahkan membuat seseorang selalu dalam emosi yang tak terkendali.  Bawaan stres memang berbeda bagi setiap orang.  Ada yang stres bawaannya ke makanan, ada juga maunya marah-maraaahh melulu hehehe.  Yang jelas, stres ini harus dihadapi dan jangan menyerah.  Hadapi dengan cara-cara yang bijak baik bijak pada diri sendiri maupun bijak untuk orang lain.  Oh ya, jangan lupa ya gaezz,  klo stres tuh jangan lama-lama, lakukan pengalihan stres segera. 
2.     Penyebab Stress
Memberi ruang dan waktu untuk berkomunikasi dengan diri sendiri adalah salah dua cara menghargai dan menyayangi diri sendiri.  Tidak bisa dipungkiri klo dalam rutinitas, ada saja hal yang kurang menyenangkan dan agak sulit berdamai dengan hati.  Klo sudah begini, berarti kita sudah harus mencari tahu penyebab momen yang tidak menyenangkan itu, lalu cari solusinya.  Berkomunikasi dengan diri sendiri untuk menerima semua hal yang terjadi.  Hadapi dengan penuh kesabaran sebab stress itu tidak bisa kita tolak.    
Oh ya, jangan lupa ya gaezz,  klo stres tuh jangan lama-lama, lakukan pengalihan stres segera. 

3.     Coping Stress
Tidak sedikit orang yang merasa stres dalam menghadapi kondisi saat ini.  Olehnya itu, perlu kehati-hatian dalam menyikapi dan mencari jalan keluar agar suasana hati kembali nyaman. Pastinya gak mau dong berlama-lama dalam kondisi yang tak menyenangkan?. Segera alihkan stres anda!. Nah, coping stres atau pengalihan stres itu ada dua yaitu:
1.     Adaptif
Upaya yang efektif dalam menghadapi sumber stress dan dapat membantu individu dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan.  Terdiri dari: self helf, approach, accomodation
2.     Mal Adaptif
Upaya yang kurang epektif dalam mengatasi sumber stres dan justru dapat menyebabkan timbulnya masalah baru.  Terdiri dari : Avoidance, self-punishment
So? Setelah mengetahui cara pengalihan stres yang benar, sudah siapkan anda menuju fase New Normal?


Apa itu New Normal?
Perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19. 



Tiga bulan terakhir atau selama masa pandemi ini, terlihat nyata perubahan perilaku masyarakat Indonesia.  Pola hidup masyarakat berubah, mulai dari phisical distancing dan social distancing atau menjaga jarak satu sama lainnya hingga masuk pada fase new normal.  Mau atau tidak, suka atau tidak suka, kita harus mengikuti protokol kesehatan saat berinteraksi dengan siapapun.  Hal ini tentu saja membuat orang stress karena takut kalau saja tindakan yang dilakukan dapat merugikan diri sendiri ataupun orang lain.  Oleh karena itu menjadi penting bagi kita semua untuk mengetahui cara mengelola stress. 

You Might Also Like

6 komentar

  1. Jangan sampai kita maladaptiv terhadap stress ya kak, karena bisa menimbulkan stress yang baru.

    BalasHapus
  2. Mengelola stres penting agar bisa menghadapi new normal dengan baik.

    BalasHapus
  3. Mengelola stres sangat penting saat ini karena perubahan yang ada begitu cepat dan mendadak, semoga kita tetap sehat dan bahagia aamiin

    BalasHapus
  4. Semangaaat kak Abby, kita satu kelas kemaren heheh. Alhamdulillah kelas kali ini sangat membantu kita mengenali stress apalagi di masa pandemi ini dengan macam-macam istilah yang harus kita terima saya aktivitas sedikit saja ada saja tekanannya...

    BalasHapus
  5. wah bener banget nih! klo stres tuh jangan lama-lama, lakukan pengalihan stres segera. Biasanya aku ngemil atau aktivitas di sekitar rumah seperti jalan sore atau berkebun :D

    BalasHapus
  6. sekarang jadi tau gimana caranya supaya bisa mengarahkan stress ke hal-hal yang lebih baik dan positif.

    BalasHapus

About Me

Like us on Facebook