Pesona Alam 5 Pulau Kecil Di Pulau Bali

19.41.00


Pesona Alam 5 Pulau Kecil di Pulau Bali

Pic by watersportbali.com

Bali adalah salah satu pulau yang terletak di sebelah timur pulau jawa yang telah menjadi primadona pariwisata Indonesia.  Pulau ini sudah terkenal diseluruh dunia sehingga tidak heran jika destinasi wisata Pulau Bali telah menjadi favorite para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.  Keindahan alam pantainya, menjadi ciri khas pulau ini.  Bukan itu saja, kesenian dan kebudayaan Pulau Bali juga sangat menarik untuk dinikmati. 

Keindahan Pulau Bali yang selalu menarik dikunjungi, membuat saya dan dua orang teman kantor memutuskan segera mengeksekusi masa libur untuk mengesplore Pulau Bali yang kesekian kalinya.  Rasanya tak pernah bosan mengunjungi destinasi wisata yang satu ini.  Rutinitas di kantor telah menguras banyak tenaga dan pikiran. Saatnya memanjakan diri dengan berlibur.

Keesokan harinya, dapat informasi dari teman klo sedang ada promo tiket pesawat.  kami langsung buka aplikasi pegipegi di smartphone, salah satu online travel agent andalan kami karena memberikan banyak manfaat dan kemudahan dalam rencana berlibur.  Aplikasi ini bisa di gunakan untuk memesan tiket pesawat, booking hotel, tiket bus, dan jadwal kereta api sudah bisa diakses. Kami  tak menunggu lama, langsung booking tiket pesawat ke Bali dan, mariii angkat koper hehehee...

Mendarat di Ngurah Rai Airpot sudah agak siang.  Kami langsung cek ini dan nyimpan barang dipenginapan trus kulineran sebab kampung tengah sudah tak bisa diajak berdamai.  Nongkrong sebentaran disalah satu kafe, menunggu sore yang indah lalu merapat ke Pantai Kuta.  Dari bibir pantai berpasir putih, saya berdiri memandang di kejauhan.  Dalam hati saya berbisik, “betapa indahnya panorama pantai ini”. 

Hari berganti malam.  Kami tak langsung pulang kepenginapan tetapi berbelok arah menuju Legian.  Legian adalah salah satu jalan yang paling ramai orang lalu lalang.  Tak jauh dari Puri Dybia yang sepanjang jalan hampir tak ada celah oleh para penjual dan toko-toko souvenir.  Puas menyusuri malam di Legian, baru kami balik kerumah untuk beristirahat. 

Sepoi angin subuh terasa sejuk menerpa wajahku saat membuka jendela kamar salah satu penginapan di Pulau dewata Bali.  Kupejamkan mata sejenak, lalu menarik nafas panjang, seakan ingin menghirup udara segar lebih lama.  Kuhembuskan nafas, lega rasanya, aku bergumam dalam hati, “sungguh indah pagi ini”. 

Pagi yang berembun semakin eksotis kala surya mulai menampakkan wajahnya di ufuk timur.  Perlahan tapi pasti, seperti janji sang mentari yang selalu terbit  pagi hari dari ufuk timur.  Saya melirik ke ranjang yang beralas seprei berwarna merah hati. Kulihat Nani dan Buana masih asyik terbuai dalam mimpi.  Kubiarkan keduanya tergeletak manja dalam mimpi indahnya, mungkin mereka kecapean semalam nongkrong di area Legian. 

Pic by baliindonesia.com

Saya yang lebih memilih menikmati udara pagi Pulau Bali, menyisir area seputar penginapan dengan berjalan kaki.  Tak ada gedung tinggi yang melewati tingginya pohon kelapa.  Ternyata betul apa yang dikatakan orang bahwa pemerintah setempat melarang adanya gedung tinggi dibeberapa kawasan wisata untuk menjaga keaslian dan keasrian Pulau Bali.   Hal ini menjadi salah satu daya tarik, mengapa orang ramai berkunjung ke pulau ini. 

Merasa capek jalan kaki, akhirnya saya balik lagi ke penginapan untuk mempersiapkan diri menyusuri pulau-pulau kecil di Pulau Bali.  Nah, sekarang saya ingin berbagi cerita tentang pulau-pulau kecil yang ada di Pulau Bali yang tidak kalah kerennya dengan destinasi wisata lainnya di Pulau Bali.
1.     Nusa Lembongan
Letaknya disebelah barat laut Pulau Penida dan berdampingan dengan Nusa Ceningan. Kita bisa menikmati sunset dan beberapa tempat wisata lainnya seperti Pantai Tantung Sanghyang dan Hutan Bakau. Di pulau ini masih sangat kental adat dan budayanya sehingga jika kita masuk ke pulau ini harus berhati-hati karena penentu kebijakan di wilayah ini adalah orang yang tuakan.
2.     Nusa Ceningan
Di Pulau Ceningan ini terdapat banyak tempat suci sehingga jarang orang yang memasuki wilayah ini.  selain itu, tempatnya juga berbahaya karena banyak tebing yang curam.  Melewatinya, sangat menguji adrenalin apalagi jika anda mencoba permainan seperti Cliff Jumping atau Lompat Tebing. 

Pic by balitoursclub.net

3.     Pulau  Nusa Penida
Pulau ini terdapat di Kabupaten Klungkung di sebelah Tenggara Pulau Bali. Masih sangat kurang orang berkunjung ketempat ini, jadi sudah dipastikan keindahan natural akan anda dapatkan disini.  Di pulau ini banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi seperti Goa Giri Putri yaitu tempat yang dipercaya oleh orang Bali sebagai tempat yang suci bagi salah satu Dewa Hindi, yaitu Shiva.  Ada juga kayu cinta mati kelingking.  Dibandingkan dengan Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan, Nusa Penida merupakan pulau yang lebih besar.
4.     Pulau Menjangan
Mendengar cerita teman-teman, saya jadi heran, katanya pulau ini tak berpenghuni. Kesannya mengerikan sekali ya?. makanya, jika berkunjung ke tempat ini, jangan lupa bawa makanan dan minuma hehee.  Jangan takut berkunjung kesini karena kalian akan dimanjakan dengan pemandangan alam bawah laut yang sangat indah.  Konon katanya dibawah laut pulau ini ada bangkai pesawat yang berusia lebih dari 150 tahun. 
5.     Tanjung Benoa
Tanjung Benoa atau Pulau Pudut/Nusa Pudut merupakan pulau  kecil yang banyak terdapat Penyu.  Makanya sering orang juga menyeutnya dengan Pulau Penyu.  Kita bisa menayksikan aktivitas Penyu.  Ada Penyu yang sangat besar dan kita bisa memegang beberap Penyu jika berani dan tidak geli. 

Pic by yukebali.com

Inilah 5 Pulau Kecil di Bali yang bisa anda eksplore selama berada di Bali.  sebenarnya masih banyak lagi pulau-pulau kecil lainnya.  hanya saja, waktu tiga hari di Bali  tidak cukup masa untuk berkeliling kepulau-pulau lainnya. 


You Might Also Like

27 komentar

  1. Hehe, memang yang paling seru di Nusa Ceningan itu Cliff Jumpingnya sih kak.

    BalasHapus
  2. Baca ini jadi kangen suasana senja di Kute..ah indah nya . Jd pengen ke sana lagi

    BalasHapus
  3. Dari ke 5 pulau kecil diatas, baru pulau nusa penida dan tanjung benoa yang pernah aku kunjungi.. menurutku hampir semua tempat di pulau dewata bali ini sangat indah yang layak untuk dieksplore.. dan bali sudah menjadi rumah kedua bagi banyak orang karena keindahan dan kenyamanan untuk menghilangkan kepenatan

    BalasHapus
  4. Belum pernah ke Bali, huhuhu, semoga ada kesempatan bisa traveling ke sana, bisa menikmati keindahan pulau dewata dan mengunjungi pulau-pulau kecil yang ditulis di blog inj

    BalasHapus
  5. Bener tuh tiga hari tidak kena cukup eksplor Bali. Kemarin kami 4 hari 3 malam cuma main di Bali nya aja. Itu pun belum semua... Waduh, harus balik lagi deh...

    BalasHapus
  6. Aku lum pernah nih ke Pulau-pulau kecil tersebut, kayaknya mesti nih kalau ke Bali lagi!

    BalasHapus
  7. Blm pernah eksplor pulau2 kecil huhuhu. Kalau ke Bali tu kyknya butuh tinggal sebulan biar bisa eksplor semua ya mbak. Duh jd ngiler kan pengen ke Bali.

    BalasHapus
  8. Bali ngga terlalu besar namun menyimpan banyak keindahan yang selalu membuat orang mau datang. adat dan budaya terrjaga sehingga ngangenin sih ya

    BalasHapus
  9. Kalo dah ngomongin Bali kayanya semua tempatnya sangat menarik ya Mba, saya masih penasaran banyak tempat di Bali, salah satunya Nusa Lembongan itu untuk menikmati sunset di sana.

    BalasHapus
  10. Duh pngn ke Bali tp aku masih trauma bgt sama laut/pantai. Blm sanggup ke pantai tp klo liat foto2 di Bali,duuuh tjakep bgt

    BalasHapus
  11. Entah mengapa Bali memang selalu menawarkan pesona yang gak ada habisnya. dari dulu sampai sekarang kok ya rencanain kesana tapi belum kesampaian. Alhasil bisanya cuma searching via google atau lihat jejak perjalanan blogger lain. Ahhh, love Bali :)

    BalasHapus
  12. Taunya 3 tempat hits yg lagi kekinian di Bali
    Nusa penida, tanjung benoa dan menjangan
    Tp belom sempet ketiga tempat itu
    *sedih

    BalasHapus
  13. Aku tahunya cuma Nusa Penida, Tanjung Benoa dan Nusa Lembongan saja. Baca ini menyadarkanku kalau akutuu dah lama nggak ke Bali. Semoga tahun ini ada rezeki ke sana.

    BalasHapus
  14. Pengen ke nusa penidaaa.... kemaren ke bali cuma ke beberapa tempat sih (nusa dua, denpasar, pantai padang padang). Sisanya sih kerjaan volunter. Rasanya pengen balik lahi ke bali dan kunjungan ke alam2 hutannya. Gak ke pantainya.

    BalasHapus
  15. udah yang mupeng banget saya pengen main ke nusa penida..gara2 banyak temen upload foto indahnya pantai disana

    BalasHapus
  16. Bali oh Bali, rasanya hampir semua tempat disana memang indah ya Mba, dan dari ke 5 pulau itu belum ada yg aku kunjungi. Semoga kalau ke Bali nanti bisa mampir ke pulau2 kecil itu.

    BalasHapus
  17. Pengen suatu saat dia pergi ke Bali karena selama ini hanya menikmati Bali melalui gambar serta foto-foto yang menarik

    BalasHapus
  18. Jadi kangen pengen ke Bali lagi... Apalagi saya belum pernah nyebrang ke pulau2 kecil di sekitarnya

    BalasHapus
  19. sudah sering ke Bali tapi belum pernah jalan-jalan ke pulau di sekitarnya. ternyata cakep-cakep yah, kak..

    BalasHapus
  20. Bali memang tempat wisata yang dapat memanjakan segala hal, siapa yang tidak suka dengannya, semua wisatawan luarpun bahkan masuk Indonesia tujuan utamanya itu ke Bali.

    BalasHapus
  21. Bali memang keren, november lalu juga kebali. Dan ada banyak lagi tempat wisata wisata baru setelah terakhir berkunjung ke bali 2016 lalu

    BalasHapus
  22. Belum pernah ke Bali, semoga tahun ini ada rejeki waktu, tenaga dan kesehatan untuk ke sana. Tentu akan banyak bahan tulisan jika ke sana. Sukses kka.

    BalasHapus
  23. Kalo ke Bali saya ndak pernah ke pulau-pulau itu kak, jangankan ke pulau yang banyak tempat-tempat sucinya, mandi saja di kamar hotel pasti minta ditungguin karena horor sekali saya rasa suasananya di Bali hahaha...
    Tapi abis baca ini jadi penasaran sekali sama pulau Menjangan terutama keindahan bawah lautnya. Kapan-kapan kalau ke Bali pulau ini bisa jadi salah satu tujuan kunjungan nampaknya...

    BalasHapus
  24. Mengunjungi Bali selalu punya pesona yang memanggil lagi untuk kembali. Semoga bisa ke sini lagi, eksplor pulau-pulau cantiknya.

    BalasHapus
  25. Wah asyik banget ya kaka Abby bisa main jauh sampe ke pulau pulau di Bali. Saya juga berencana kepengen banyakin main air aaah supaya coklay kayak bule bule disana.

    BalasHapus
  26. jadi pengen eksplore pulau-pulau kecil yang ada di sana.

    Apa cuma aku doang yang belom pernah ke Bali :D

    BalasHapus

About Me

Like us on Facebook