Setahun Kepergianmu, Ibu.......

05.00.00



(8 September 2017 – 8 September 2018)

“Tiada seorangpun manusia sebelummu Kami hidupkan secara kekal, maka jika engkau (Muhammad) wafat, adakah mereka yang bakal hidup kekal? Setiap jiwa pasti akan mati.  Kami bakal menguji kalian dengan keburukan dan kebaikan cobaan (fitnah).  Hanya kepada kamilah kalian dipulangkan (QS. Al_Anbiya 34-35)

Jum’at subuh 8 September 2017 – Sabtu subuh 8 September 2018.  Hari ini, genap setahun Ibu dipangkuan Ilahi.  Banyak yang berubah dalam rentang waktu setahun ini.  Melewatinya, tentu sangat tidak mudah.  Mengenang  kebersamaan, ibarat sembilu yang menyayat dinding hati kala mengingat semuanya.  Momen bersejarah yang pernah terlewati, tak bisa kutuliskan satu-satu secara runut.  Karena, kisah bersamamu takkan pernah ada ujungnya, bahkan kematian sekalipun hanya memisahkan raga, tidak dengan hati. 


Hari ini, anakmu ingin mengabarkan, “kami baik-baik saja.”  Kami sadar, semua yang bernyawa pasti akan mati.  Seperti yang dijelaskan dalam  QS Al-Anbiyaa”:21:35  “Tiap-tiap diri akan mati dan Kami menguji kamu dengan kesusahan dan kesenangan sebagai cobaan, dan kepada Kamilah kamu semua akan dikembalikan.”  Itulah kenapa kami mengikhlaskan pergimu.  Saya tahu, bahwa Ikhlas, adalah cara kami mengobati kerinduan akan hadirmu ditengah-tengah kami.  Mendo’akanmu adalah cara kami memelukmu dari alam yang berbeda.



Kematian mengintai setiap saat, tak seorangpun yang mampu lari dari ketetapanNya.  TakdirNya adalah harga mati yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.  Hanya orang yang beriman dan selalu taat kepadaNya, yang mampu membentengi diri dengan kekuatan iman untuk menerima takdirNya dengan ikhlas. Ungkapan Ali bin Abi Thalib, “sesungguhnya kematian terus mendekati kita, dan dunia terus meninggalkan kita.  Maka jadilah kalian anak-anak akhirat dan janganlah kalian menjadi anak-anak dunia.  Sesungguhnya hari ini adalah beramal dan tidak ada hisab dan esok adalah hisab dan tidak ada lagi beramal.”

“Dan Allah sekali-sekali tidak akan menangguhkan  (kematian) seseorang apabila telah datang waktu kematiannya.  Dan, Allah Maha Mengenal apa yang kamu kerjakan.” (QS Al-Munafiqun:11)

Ayah, cinta sejati Ibu, pun baik-baik saja.  Setiap hari Ayah  melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an dengan sangat syahdu untuk Ibu.  Banyak cinta untuk Ibu dari Ayah. 



Ibu ..., beristirahat dengan tenang yah.  Do’a kami, selalu ada untuk Ibu. Semoga Ibu tenang dalam dekapanNya. 

“Ya Allah, ampuilah dosa-dosanya, kasihanilah ibuku, lindungilah ibuku dan maafkanlah ibuku, muliakanlah tempat kembalinya, lapangkan kuburnya, bersihkan  dengan air, salju dan air yang sejuk.  Bersihkanlah dari segala kesalahan, sebagaimana engkau telah membersihkan pakaian putih dari kotoran.”

Al-Fatihah ....
Aamiin... Ya Rabbal Alamin...

You Might Also Like

36 komentar

  1. Pantesan semalam nggak bisa tidur, lagi kangen ya kak ? Fatihah untuk Ibunda Kak Abby.

    BalasHapus
  2. Alfatihah untuk almarhumah. Baca artikel ini jadi ingat ibu saya yang meninggal 4 tahun silam. Semoga Daeng Labbi ikhlas dan tetap mendoakan beliau. Amin..

    BalasHapus
  3. Baca ini jadi ingat ibuku yang lagi jauh di rumah tapi sering banget nelpon tiap hari untuk memastikan diriku baik-baik saja di sini. Kasih seorang ibu tidak bisa ditakar dengan ukuran apapun.

    Aku percaya kasih sayang Ibundanya kak Abby tidak putus dari dunia yang berbeda. Turut mendoakan buat Ibundanya Kak Abby, AlFatihah.

    BalasHapus
  4. AlFatihah buat mamanya kak Abby

    BalasHapus
  5. Menangiska lihatki foto-foto orangtua ta Abby, ingat sama ortuku. Mereka tidak sempat berfoto diusia tua ka cepatki meninggal bapakku. Alfatihah untuk mamata, semoga khusnul khotimah. AAmiin

    BalasHapus
  6. Sedihta kakaaa.
    Saya ingat kita beberapa kali posting kebersamaan bapak sama almarhumah ibu lagi jalan-jalan atau lagi di rumah. Semoga almarhumah sudah tenang berada disisiNya yaa. Doa anak sholeha tak ada batasan yang menghalangi. Insya Allah doa-doa kaka Abby untuk ibu diijabahNya. Aamiin Allahumma Aamiin.

    BalasHapus
  7. Doa terbaik untuk ibunya kak, semoga beliau diberikan tempat terbaik disisi Alloh SWT

    BalasHapus
  8. Semoga almarhumah ibunda dilapangkan kuburnya, diampuni dosa-dosanya dan ditempatkan di tempat terbaik di sisi Allah. Aamiiin allahumma aamiin.

    BalasHapus
  9. Sedihnya Abby. Saya faham perasaannya kerana saya juga kehilangan mama pada tahun 2012. Pada pagi itu, sepatutnya adik membawa mama ke rumah saya tapi awal pagi sudah dapat perkhabaran dari Hospital mengatakan mama pergi untuk selama lamanya....

    BalasHapus
  10. Al fatihah.. semoga roh dicucuir rahmat.. bersabarlah. Yg pergi ttp pergi. Kt ni sntiasa ingati dengan sedekahkan amalam2 yg baik

    BalasHapus
  11. Al Fatihah,,semoga almarhum khusnul khotimah ya, aku di tinggal alm. Mama waktu kelas 6 SD.

    BalasHapus
  12. Al-fatihah.. semoga rohnya sentiasa dlm lindungan rahmat illahi dan kita di dunia nie juga haris bersedia menghadapi kematian.. moga abby Onety sentiasa tabah dan mendoakan kesejahteraan roh ibu ya!! Ameen

    BalasHapus
  13. Aamiin. Semoga Allah melapangkan kuburnya

    BalasHapus
  14. AlFatihah.. mmg susah utk hilangkan kesedihan kehilangan org tersyg terutama ibu atau bapa.. Liez doakan moga ibunya ditempatkan dikalangan org2 solehah..

    BalasHapus
  15. Alfatihah... Semoga almarhumah mendapat tempat terbaik di sisinya, dan yg ditinggalkan selalu diberikan kekuatan terutama kekuatan untuk selalu mendoakan.

    Aamiin...

    BalasHapus
  16. Ibu adlh kunci surga y mas.. semoga amal ibadahnya d terima dn kita sbg ank sholeh jgn lupa mndoakannya

    BalasHapus
  17. Alfatihah dan salam takziah. Momen2 perginya seorang ibu sangat menakutkan. Perginya tak ada ganti. Hanya doa mampu kita iringkan.

    BalasHapus
  18. alfatiha. ibu memng salah satu penguat semangat jadi pasti kepergiannya membuat kesedihan

    BalasHapus
  19. Al-Kitab Fatiha untuk Alm ya mba.. Semoga mendapatkan tempat terindah di sisi Allah amin

    BalasHapus
  20. Alfatihah but arwah ibu kamu. Semoga ditempatkan di kalangan orang beriman. Semoga kamu seorang yang tabah Dan kuat menghadapi kehilangan ini .

    BalasHapus
  21. Duuuh, jadi keingetan alm. bapak juga. Udah lebih dari 3 tahun beliau meningggal. Alfatihah buat orang-orang yang kita sayangi. :)

    BalasHapus
  22. Sedih dan hiba bila baca tulisan kamu ini. Saya bersyukur masih mempunyai ibu dan saya juga tahu suatu hari nanti saya juga akan merasakan perihal yang sama.

    BalasHapus
  23. Alfatihah untuk almarhumah, semoga di ampuni dosa-dosa nya dan diberi syurga. Jadi lebih sayang ke mama setelah baca artikel ini.

    BalasHapus
  24. Allahumaghfirlaha warhamha wa afihi wa'fuanha. Al Fatihah untuk bundanya ya mbak. Semoga diterima semua amal ibadahanya selama di dunia. aamiin

    BalasHapus
  25. Al fatihah buat ibu sis. Syira memahami sangat perasaan kehilangan ini. Syira pernah kehilangan ayah. Terus sabar dan kuat ya.

    BalasHapus
  26. Salam takziah buat bu abby sekeluarga. Sy turut berdukacita membaca ceritanya. Memang sedih bila salah seorang ahli keluarga terdekat kita meninggal dunia. Moga rohnya dicucuri rahmat. Al-Fatihah.

    BalasHapus
  27. Tulisan ini malah jadi reminder buat saya yang masih punya ayah ibu. Semoga segala amal ibadah ibunya Mbak Abby diterima Allah SWT ya.

    BalasHapus
  28. alfatihah buat ibu kak abby.. semoga dicucuri rahmat dan tenang di sana

    BalasHapus
  29. Alfatihah... InshaAllah sudah yang terbaik ya.. doa-doa anak yang shaleh yang saat ini ditunggu orangtua yang telah tiada.. Alfatihah juga untuk Ibu saya.

    BalasHapus
  30. Alfatihaj dan dan salam Takziah ya Abby Onety. Teruskan hidup dan jangan berhenti berdoa. Semoga ibumu di tempat syurga tertinggi ya.

    BalasHapus
  31. Baca ini saya ingat almarhum ibu saya juga kak abby, :(( semoga ibunda kita dilapangkan kuburnya dan diterima amal selama didunia, Aminn Yaa Robb

    BalasHapus
  32. Sedih sekali ya ditinggal orang yg kita cintai..semoga ibunya tenang di alam sana...

    BalasHapus
  33. Semoga Allah lapangkan kubur ibu, diterangi kuburnya, dumudahkan hisabnya dan diberikan pendamping yg menyenangkan untuk beliau

    BalasHapus
  34. Tahziah sis. InshaAllah, ibumu tenang di sana. Saya juga kehilangan 1 kakek semasa Ramadhan dan 1 lagi kakek semasa Syawal pun terasa kehilangannya.

    BalasHapus
  35. Salam Takziah buat sis. semoga ibu sis ditempatkan dikalangan insan yang terpilih dan diredhai ALLAH.

    BalasHapus
  36. Alfatihah Dan tahziah...buat keluarga Abby..semoga byk bsabar.

    BalasHapus

About Me

Like us on Facebook