Dukung Produk Lokal Yang Sesuai Aturan Standar Nasional Indonesia (SNI)

14.47.00

Seng Sermani  (Foto: Dok pribadi)


Assalamualaikum wr wb...
Apa kabar semunya semoga sehat dan makin sukses ya.  Oh ya, ini adalah postingan saya yang pertama setelah Idul Adha 2018.  Mumpung nih ya masih suasana lebaran, jadi saya ingin mengucapkan selamat hari Raya Idul Adha, Mohon Maaf Lahir Batin.  Siapa tahu nih ya dari interaksi kita di dunia maya maupun nyata selama ini,  ada perkataan maupun tindakan  baik yang disengaja dan tidak disengaja, mohon dimaafkan.  Insya Allah teman-teman, juga sudah kumaafkan.

Teman-teman, kemarin saat lagi rame-ramenya orang berbelanja tuk keperluan lebaran, ada hal menarik yang mencuri perhatian saya.  Dan, pengalaman itu akan saya share melalui tulisan ini.  

Adalah Daeng Naba, warga Kecamatan Bontonompo yang kebetulan bertemu saya di toko bangunan.  Saat semua orang berbelanja kebutuhan seperti pakaian, si Daeng malah menundanya dan lebih mementingkan untuk berbelanja ke salah satu toko bangunan di daerah Bontonompo.  Daeng Naba membeli beberapa lembar Seng Sermani, Cap Jonga Merah.  Saya tertarik menyapanya. 

Abby: “ Eh, Daeng Naba, belanja apaki?”
Daeng:  “Beli Seng, untuk atap rumah”.
Abby: (Melihat Cap Jonga Merah tertulis Sermani pada Seng tersebut).  “Oh, beli Seng Sermani Ya Daeng?, kenapa ndk beli yang ini? (sambil nunjuk seng merk lain)”.
Daeng: “Wah.... klo Seng Sermani ini sudah teruji kualitasnya, dari dulu bapak saya selalu pakai merk Sermani.  Dibandingkan dengan merk itu, (sambil nunjuk merk yang saya tunjuk tadi),  harganya Cuma beda sedikit, mendingan saya beli Sermani”. Jelasnya panjang lebar ke saya. 
Abby: (Hanya tersenyum dan bergumam dalam hati, “wah, Daeng ternyata cerdas juga dalam hal memilih barang berkualitas”.)

Dari percakapan itu, Daeng naba sangat menggebu-gebu dalam memaparkan produk Seng Sermani.  Bagaimana tidak, perusahaan  yang memproduksi atap bangunan ini sudah lebih dari setengah abad usianya, dan sampai saat ini masih eksis di pasaran bahkan masih menjadi market leader sehingga mampu menguasai pasar khususnya Indonesia bagian Timur. 

Memang ya man teman, sekarang soal berbelanja kita mestu kudu hati-hati loh.  Masalahnya banyak barang yang beredar dipasaran yang kualitasnya kurang bagus dengan persaingan harga yang lebih murah.  Jika ditanya bentuk kehati-hatian itu bagaimana?.  Jangan terkecoh harga ya, tapi lihat pengalaman orang lain menggunakan produk itu.  Tahan tidak?  Bukan hanya itu teman-teman,  saat ini kode SNI juga mesti diperhatikan. 

Nah, apakah semua yang berkode SNI itu bagus? Ternyata tidak.  Bahkan ada produk yang berkode SNI namun kenyataan dilapangan produknya tidak benar-benar ber-Standar Nasional Indonesia (SNI).  Isu ini sudah sering di perbincangkan.  Makanya saat saya jalan-jalan ke Sermani beberapa waktu yang lalu, iseng-iseng saya bawa Seng merk lain dan menguji ketebalannya.  Dah.... wow, benar-benar beda ma yang dilapangan. Kemudian saya mengukur ketebalan Seng Sermani itu sendiri, hasilnya luar biasa.  Ketebalannya benar-benar sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).  Seketika saya bangga dengan produk Seng Sermani.  Bangga dong kita sebagai orang Sulawesi. 
 
Sermani 
Merk lain
Bagaimana bentuk kebanggaan kita terhadap produk lokal? Klo saya sih, ya tentu turut memakai produknya, turut mensosialisakan keunggulannya agar lebih banyak orang yang tahu.  Dan yang lebih penting lagi adalah agar tidak banyak orang yang salah dalam memilih produk untuk memenuhi kebutuhannya, terutama untuk kebutuhan atap bangunan.  Jika ini terjadi, jelas akan merugikan diri sendiri kan?

You Might Also Like

20 komentar

  1. Kok bisa ya ada tulisan SNI tapi tidak ngga benaran berSNI. Jadi musti teliti sendiri ya?

    BalasHapus
  2. wah begitu ternyata ya, mari cek lagi ah barang2 di rumah sudah SNI apa belum ya

    BalasHapus
  3. Kalau ke pasar tradisional biasanya banyak barang yg label SNI nya label aja.. Biasanya helm sih..

    BalasHapus
  4. Baca artikel ini langsung pengen cek barang-barang di rumah nih, kadang kurang aware ya, makasih infonya, mba abby

    BalasHapus
  5. Ooh gitu ya Mba, baru tahu saya klo ada yang sudah bercap SNI tapi tidak SNI. jangan-jangan SNInya abal-abal kali ya hehehehe Jadi kudu kita sebagai konsumen harus lebih teliti lagi nih.

    BalasHapus
  6. Baru tahu kalau nggak semua produk berSNI berarti terjamin dan terstandar kualitasnya. Wah, berarti lain kali harus cermat juga ya kalau pilih-beli barang meski ada labelnya SNI.

    BalasHapus
  7. Iya sni emang penting. Apalagi kayak helm gt krn ada sTndard keselamatan. Jd ga smbarangan label SNI itu

    BalasHapus
  8. Wah yg gitu yg disebut asli tapi palsu itu ya? Meski hati2 nih...

    BalasHapus
  9. Seng sermani memang bagus... di rumah ku itu yang selalu dipakai ^_^

    BalasHapus
  10. Gmn caranya bisa dapat SNI tapi produknya jelek ya mbak?
    Jgn2 produsennya emang cuma ngaku2 bersertifikat SNI huhhuhu

    BalasHapus
  11. Wah harus hati-hati ya ternyata ada SNI KW ... kok bisa ya, kalau ketahuan ini bisa dilaporkan soalnya termasuk penipuan

    BalasHapus
  12. Sebetulnya kita terbantu ya dengan produk berlabel SNI karena pastinya akan sesuai standar dan gak mudah rusak kalau dipakai sesuai aturan. Tapi sayang juga ya kalau ada yang malsuin gitu, bikin masyarakat jadi binging mana yang asli mana yang nggak.

    BalasHapus
  13. sudah hampir 4 tahunan ini aku selalu beli produk lokal dan UMKM. rasanya kualitasnya bagus dan harganya terjangkau pulak. daripada beli yang bermerk tak mampu malah beli bajakan hehehe mending beli lokal dan original

    BalasHapus
  14. Sekarang ini rumah saya pakai spandek sermani, itu rekomendasi dari tukangku heheh

    BalasHapus
  15. Yes! Bangga pakai produk lokal yang berkualitas sesuai SNI

    BalasHapus
  16. Keren banget Sermani selalu menjaga kualitasnya ��. Semoga produk lokal lainnya bisa mengikuti seperti yang Sermani lakukan.

    BalasHapus
  17. Seng sermani kalau artis dia artis yg sngt terkenal die kak

    BalasHapus
  18. Tawwa setianya Daeng Naba'.
    Memang bagus produknya tawwa.

    BalasHapus
  19. Di beberapa kerjaan proyek kami di Cozyhomeideas juga menggunakan material seng Sermani. Produk lokal yang daya tahannya sudah terbukti.

    BalasHapus
  20. Andalan mmg tong tawwa sermani dii ? Maju terusss semoga makin sukses dengan brand lokal yg berkualitass

    BalasHapus

About Me

Like us on Facebook