Apakah Anda Konsumen Cerdas?

10.00.00


Assalamualaikum Wr. Wb ....
Hello teman-teman, apa kabar semuanya?, moga sehat-sehat ya dan tetap dalam lindungan yang maha kuasa.  Oh ya, kali ini saya akan sharing tentang gimana menjadi kosumen yang cerdas terkait isu yang lagi santer diperbincangkan banyak orang.  Apakah gerangan? Yuk baca postingan saya selanjutnya.

Kemarin kan lagi viral soal brand X ya? yang beredar bebas di pasaran  yang katanya  kurang bagus di konsumsi oleh anak-anak.  Namun isu itu telah dijawab oleh  pihak brand X itu sendiri bahwa produknya aman dikonsumsi.  

Eh, saya tidak ingin berbicara banyak soal brand X ini.  Hanya saja, kejadian ini bisa dijadikan pelajaran buat memilih beragam produk dalam pemenuhan kebutuhan hidup kita dan jangan gampang termakan isu.



Belajar dari fenomena diatas, sepertinya  kita harus lebih berhati-hati dan lebih selektif lagi dalam memilih produk yang akan kita gunakan sebagai pelengkap kebutuhan, baik itu kebutuhan akan makanan maupun kebutuhan lainnya.  Seperti kebutuhan akan produk atap bangunan untuk rumah.  Sebagai  konsumen, sudah sepatutnya kita mencari informasi lebih dulu tentang suatu produk sebelum membelinya.  Ini baru namanya konsumen cerdas hehehee.... iya kan?. 

Apa Itu Konsumen Cerdas?
Konsumen yang cerdas adalah konsumen yang konsisten memilih produk  berkualitas dan memenuhi standar.  Konsumen yang cerdas itu tidak mudah tertipu, tidak mudah diracuni, mengingat banyaknya produk luar yang bebas masuk ke Indonesia dan beredar di pasaran saat ini tanpa memenuhi aturan SNI. 


Produk luar yang bebas masuk telah meracuni masyarakat indonesia dengan persaingan harga yang relatif lebih murah.  Kualitas yang dipasarkan pun boleh dibilang masih di bawah produk lokal yang senantiasa berproduksi dengan aturan SNI.  Memilih produk berkualitas dengan harga yang sedikit lebih mahal tetapi terjamin kualitasnya kenapa harus mikir dua kali untuk membelinya ya?  Ini yang harus dipahami masyarakat selaku konsumen yang juga seharusnya berperan aktif dalam mendukung produk-produk lokal bangsa sendiri. 

Pic by bonekapromositerbaik.com

Berbeda dengan Sermani sebagai brand lokal produksi palt baja yang hingga saat ini terus konsisten menerapkan SNI. Untuk ukuran plat baja 0,2 mm, Sermani tetap konsisten dengan ukuran 0,2 mm. Sementara produk pesaing banyak yang sudah menurunkan kualitasnya dengan menurunkan ketebalan hingga menjadi 0,18 mm, 0,17 mm, bahkan ada yang tinggal 0,14 mm sehingga produk yang ditawarkan bisa lebih murah.  Sermani menggunakan bahan dasar (base metal) Baja Lembaran yang sesuai SNI, karena itulah seng Sermani lebih tebal dan lebih berat dari seng produk pesaing karena Sermani konsisten menerapkan SNI.

You Might Also Like

32 komentar

  1. Save dulu ah, kali-kali besok butuh. Nice share kak, jadi lebih teliti sebelum membeli hehehe

    BalasHapus
  2. Setuju sekali dengan tulisan di atas, pilih lah produk dalam negri karena siapa lagi yang mau beli produk lokal kalau bukan kita sendiri. Pilih produsen yang selalu konsisten memperhatikan kualitas produknya seperti Sermani ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Abby info grafisnya bagus, bikin pakai apa kak? Mauka juga belajar bikin kayak gitu 😁.

      Hapus
  3. Sejak jaman dulu Sermani udah terkenal sebagai merk seng ternama dan hingga sekarang pun masih eksis

    BalasHapus
  4. Jargon teliti sebelum membeli itu ternyata memang harus benar-benar diterapkan ya, salut dengan Sermani yang tetap menjaga kualitasnya.

    BalasHapus
  5. Ada harga ada rupa gt ya mba, ibu saya juga mengajarkan saya untuk mencintai produk lokal, kalau bukan kita siapa lagi?

    BalasHapus
  6. Saya juga lebih memilih produk berkualitas dengan harga yang sedikit lebih mahal tetapi terjamin kualitasnya dibanding murah tapi ngga awet.. be smart buyer ya Mba

    BalasHapus
  7. Harga tidak akan menghianati. Jadi Fahmi tunggu di tempat duduk keuntungan dan bisa jalan2 lagi ya...

    BalasHapus
  8. Kalau bukan kita sendiri yang mencintai produk dalam negeri siapa lagi? Jangan sampai di klaim sama yang lain kan. Setuju, dengan mencintai produk negeri sendiri.

    BalasHapus
  9. Baca berulang kali baru faham. Iye dong. Kena selalu support local product. Kita tak tahu bahan yang digunakan oleh product luar negara. Mungkin mengandungi bahan terlarang dan emangnya harga lebih mahal dari product lokal kan?.

    BalasHapus
  10. perlu berhati- hati sebelum consume, perhatikan ingredient, support product local yang lebih selamat tanpa bahan berbahaya seperti merkuri dan bahan beracun yang lain...tubuh badan kita adalah tanggungjawab kita..

    BalasHapus
  11. Sebagai ibu, biasanya saya memang berusaha cermat dalam memilih produk, membandingkan kualitas hingga harganya, jika produk lokal lebih terjangkau hargannya dengan kualitas baik kenapa tidak membelinya

    BalasHapus
  12. Setuju banget sama postingan ini mbak, menjadi konsumen juga harus cerdas dalam membeli barang harus tau kualitas yang baik yah

    BalasHapus
  13. I love local thing as well.. support support... Dunno if consuder as konsumen cerdas or not.. hahahahaha

    BalasHapus
  14. sebagai seorang konsumen memng harus memiliki kecerdasan untuk memilih produk yang cocok untuk kita yah kak. Jangan hanya menilai dari harganya toi juga kualitasnya...

    BalasHapus
  15. Sebagai konsumen tentunya kita harus cerdas ya mbak dalam membeli produk apapun itu, dan lebih baiknya lagi cintai produk dalam negeri deh

    BalasHapus
  16. produk lokal memang tidak kalah dengan produk luar. Tapi, saya sendiri punya beberapa brand kesukaan yang memang ternyata lebih bagus brand luar, untuk masalah ketahanan. tapi memang ada harga ada rupa

    BalasHapus
  17. Saya memang sngt berhati hati kalau nak mengambil sesuatu produk. Takut terdapat bahan tiruan. Sebab tu kena make sure bahan apa yg terkandung serta sudahkh dapat kelulusan dari kementerian serta sijil halal.

    BalasHapus
  18. Sermani memang mantap. Sesuai standard SNI, buatan lokal pula.

    BalasHapus
  19. hati hati bahan yang digunakan.. saya pun takut kalau bahan tiruan ni... apa pun kalau nak pilih benda untuk makan atau minum ni kena pastikan bukan halal sahaja tapi toyyibbbbbb

    BalasHapus
  20. Pemilihan produk untuk kegunaan peribadi memang perlu berhati-hati pilih risau akan mendatangkan kesan pada diri sendiri . Bahan Dan kandungan produk juga perlu dititikberatkan juga .

    BalasHapus
  21. Saya mmg penyokong produk lokal. Bagi saya produk sendiri sememangnya bagus dan boleh pergi jauh. Cumanya ramuan itu perlulah dikaji terlebih dahulu

    BalasHapus
  22. Betul banget kaka kita harus jadi konsumen cerdas, insya allah akan aku praktekkan tipsnya

    BalasHapus
  23. Bagi skincare di Malaysia, product local berlawanan dengan entry Abby sebab kebanyakan yang claim local tu beli produk timbang kilo di Thailand dan repack. Jadi saya memang tak pakai skincare local..takut..

    BalasHapus
  24. Yes, I am as I do survey before buy a product. I do read the ingredients and expiry date. I will analyse whether the product value for money or not.

    BalasHapus
  25. betul.. kene sokong produk local.. tp berjaga2 juga sbb xsmua produk local itu selamat... lagi2 yg ada merkuri pakai krim timbang kilo.. so sebagai pengguna kne hati2 dulu sebelum memilih dan memakai...

    BalasHapus
  26. daru dahulu hingga sekarang saya tetap dengan produk berkualiti dan sanggup keluarkan duit. produk local pun kena sokong juga, tp kena tengok berbaloi atau tidak. nak jadi pengguna kena la bijak

    BalasHapus
  27. mantap skalimi produk lokal
    kita sebagai orang lokal juga harus gencar dukung dan promosikan produk sendiri dong ya karena sudh rasa juga manfaatnya, go sermani steel

    BalasHapus
  28. Took me awhile to really understand this but I kinda get it after going through a few times, as a consumer we should be more aware of the products and its qualities.

    BalasHapus
  29. Tanpa jadi konsumen yang cerdas, kita sendiri yang dirugikan ya.inget tetangga beli minuman instan,keracunan karena ga ceck expired

    BalasHapus
  30. Local product is good actually. We need to support our local brand instead of international. Moreover lebih murah and berbaloi ye.

    BalasHapus

About Me

Like us on Facebook