Beberapa Jajanan Jadul Yang Cocok Untuk Dijadikan Menu Buka Puasa

21.10.00


Banyaknya makanan modern yang beredar di Indonesia yang dijadikan takjil untuk berbuka puasa membuat makanan jaman dulu terlupakan. Bahkan, tak sedikit dari kita yang sudah tidak mengenalinya lagi. Dengan demikian, maka tak heran jika jajanan jadul ini sangat sulit untuk kita jumpai. Namun untungnya, jajanan jadul tersebut masih bisa kita temukan di pasar-pasar tradisional.

Bahkan, jajanan jadul ini masih tetap eksis hingga sampai sekarang lho. Berbicara soal bulan puasa, ada kalanya kita sangat merindukan makanan-makanan jadul untuk menu buka puasa. Nah, bagi kamu yang sedang merindukannya, berikut di bawah ini ada beberapa jajanan jadul yang cocok untuk dijadikan menu buka puasa :

1. Kue Lapis Sagu
Kue yang satu ini terbuat dari bahan dasar sagu yang di kombinasikan dengan santan kelapa, gula pasir, garam, vanili,dan pewarna makanan alami. Cara memasaknya dengan cara dikukus, sehingga menebarkan aroma yang harum dengan tekstur yang terasa kenyal bila digigit. Kue lapis sagu ini mempunyai macam-macam pilihan warna seperti hijau, pink, merah, putih, dan sebagainya.

Sumber Foto:  selerasa.com


2. Putu Mayang Bihun
Kue yang satu ini mempunyai penampilan yang sangat menarik, dimana satu porsi putu mayang bihun ini biasanya terdiri dari 3 warna yang berbeda-beda seperti hijau, merah muda, dan putih. Di samping itu, ia juga di sajikan dengan kuah yang sangat legit yang terbuat dari gula merah dan daun pandan.

Sumber Foto:  Dapur Menel


3. Serabi
Kue tradisional yang berasal dari Surakarta ini biasa dimasak di atas tungku dengan berbagai macam topping seperti keju, coklat, pisang, nangka, hingga sosis. Serabi mempuyai rasa yang gurih, dikarenakan terbuat dari parutan kelapa, dan sangat cocok bila disantap dalam keadaan hangat.

Sumber Foto: pengusahasukses.com


4. Kue Lumpur
Kue yang satu ini sangat cocok bila disantap sambil menikmati secangkir teh manis hangat. Oleh karenanya, kue lumpur ini jangan sampai kamu lewatkan untuk dijadikan menu berbuka puasanya.  Bahan utama pembuatan kue lumpur adalah kentang, santan, tepung terigu, dan telur.

Sumber Foto:  selerasa.com


5. Putu Bambu
Ada satu lagi jenis jajanan jadul yang wajib kamu masukkan kedalam menu berbuka puasa, yakni adalah kue putu bambu. Kuliner manis yang satu ini sangat cocok apabila disantap dengan di temani segelas teh hangat atau kopi hitam.

Sumber Foto:  Teguh Hasan

Itulah beberapa jenis jajanan jadul yang cocok untuk dijadikan menu buka puasa. Akhir kata cukup sekian, dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan selama berpuasa.

You Might Also Like

25 komentar

  1. Deh ka abby mau coba semua rasanya ahhahaha favoriteku saya putu menangis putu bambuu
    Skrg sudah jarang ga tau beli dimana

    BalasHapus
  2. Apalah daya, ada beberapa kue yg baru saya liat 😅

    BalasHapus
  3. Kue lapis sagu dan serabi favorite aku 😋

    BalasHapus
  4. Kurang beruntungnya saya kak, belum sempat mencoba kue lapis sagu dan putu mayang bihun. Dari gambarnya saja nampaknya segar sekali jika dinikmati pas berbuka puasa

    BalasHapus
  5. Dari semua itu gak ada yang kami santap buat menu berbuka. Semua kalah sama gorengan! Hehehe... Iya sebulan full gorengan adalah menu wajib takjil kami

    Kue2 tradisional itu biasa saya beli di toko dan bulan puasa malah tidak buka. Saya sendiri tidak bisa membuatnya. Gak mau ribet hehehe...

    Semoga besok2 bisa mencicipi kue tradisional ini kayanya mulai buka deh tokonya.

    BalasHapus
  6. Enak-enak semuaaaa.... Alhamdulillah ya jajan2 itu msh mudah ditemui. Dari semua itu aku paling suka serabi mbak, cuma aku makannya kuahnya dikit aja yg penting kecelup dikit :D

    BalasHapus
  7. Dari kelima jenis jajanan jadul yang dishare, paling suka yang serabi dan kue lumpur. Jajanan saya waktu smp itu...

    BalasHapus
  8. Lihat foto2 jajanan jadul jadi ingat masa kanak2 dulu, ibu sering banget masakin kl saya dan adik2 pengen, seperti kue Serabi. Kecuali yg gak bisa bikin sendiri iya beli.

    BalasHapus
  9. Duhh putu mauang tuh favorit saya, kalau bulan puasa langka banget nih makanan, tapi alhamdulillah ga jauh dari rumah ada yang jual ini.

    BalasHapus
  10. dari 5 menu diatas semuanya dah jarang ditemukan didekat rumah mba. apalagi kue putu enak banget itu

    BalasHapus
  11. Sebulan penuh hanya menikmati es buah. Eh bukanji juga es buah asli, ka lebih banyakmi nutrijel dan agar-agarnya, buahnya hanya melon hehehe...
    Namanyaji es buah, nabilang anak-anak es agar-agarji ini.

    Walaupun begitu, kue-kue di atas lebih sering saya nikmati di pagi hari sebagai ganti sarapan nasi. Katanya sarapan nasi itu berat padahal tingkat kandungan kalorinya kurang lebih samaji.

    Gagal diet de jadinya.

    BalasHapus
  12. Waaah semuanya jd kue favoritku, kecuali kue putu mayang bihun itu bener2 baru liat penampakannya bgmna dr blog ini hehehe..

    BalasHapus
  13. Putu Bambu nampak sedap. I nak try this. Where can I can it ya ?

    BalasHapus
  14. The pictures make me craving for the kuih lapis. some of the kuih I have not taste and it seems unique to me especially the Putu Mayang Bihun. it looks like cendol (Malaysia version) to me.

    BalasHapus
  15. Putu Bambu tu salah satu favorite sy jugak! yum.. yum... Onde-onde dan tepung lilin kesukaan sy jugak.

    BalasHapus
  16. Yummy!!! Sedapnya... putu bambu tu kegemaran saya tu... putu mayung bihun pun sedap... iskk, bila lagi nak dapat merasa makan ni?... last saya ke Jakarta dan Medan pun tahun 2015 yang lalu...

    mak cari di pasar tani atau pasar malam lah nanti... seriously, terliur bila tengok gambar makanan-makanan ni...

    BalasHapus
  17. Wahhh puasa udah lewat nih. Mudah mudahan jajanan tradisionalnya masih ada. Biasanya dipasar tradisional ada nih. Mudah mudahan aku masih bisa icip icip karena tiba tiba kepengeeeennnn

    BalasHapus
  18. Sedapnya semua juadah tu. Kue lumpur first time dengar. Kalau ada jual di Malaysia sudah lama saya cuba.

    BalasHapus
  19. Omg! Where to get these? I only tasted putu bamboo this year at the Ramadhan bazaat! The rest are like rare find gems!

    BalasHapus
  20. Ada kuih yang sama dan ada kuih yang berbeza dengan Malaysia. Enak juga ya kuih di Indonesia. Rasa nak cuba sendiri bila travel ke sana nanti.

    BalasHapus
  21. nampak nya sungguh sedap semua kuih muih ni... rasa nak makan ni... selamat hari raya... kuih raya kot?

    BalasHapus
  22. Oh wow terliur sekejap bila baca entry ini. Putu bambu and putu mayam dan semua nakpak sedap giler. Nak cuba semua tu.

    BalasHapus
  23. Ohhh Kue itu sebutannya Kuih ya mbaa. Hahaha. Ruby ingatkan ku Lumpur. Saya Lumpur. Kuih berbuka puasa sangat bagus mbaa. Kerana waktu berbuka puasa sepatutnya kita makan kurma dan kuih manisan. Kemudian minum air kosong. Seterusnya Solat Maghrib. Barulah berbaloi Berpuasa sepanjang hari. Hehehe. Ruby sedang puasa Syawal. Mau ganti puasa lg. Tp kedai kuih tutup. Wuwuwuw

    BalasHapus
  24. Putu bambu tu je yang saya familiar..yang lain, tak kenal :D

    BalasHapus

About Me

Like us on Facebook