The Power Of Sermani Steel

15.15.00



Kesuksesan adalah hak semua orang tetapi kesuksesan seseorang atau kelompok, tidak datang begitu saja.  Butuh sebuah power (optimisme, doa, dan ikhtiar) untuk mencapainya. 

Assalamualaikum WR WB ....
Apa kabar semuanya, semoga sehat-sehat dan tetap dalam ridho-NYA.  Kali ini Abby akan mengajak teman-teman untuk melirik etos kerja salah satu perusahaan besar di Makassar yang bergerak dibidang industri atap bangunan. 51 % saham perusahaan adalah milik putra daerah Sulawesi Selatan.  Penasaran?, yuuk.... intip langsung ke TeKaPe ajaahh.

Blogger Makassar Goes To PT. Sermani Steel
Di hari ke-4 ramadhan kemarin,  tepatnya Ahad 20 Mei 2018, Abby bersama beberapa rekan Blogger Makassar dan masyarakat setempat yang berdomisili di area pabrik, serta anak-anak dari beberapa panti asuhan, memenuhi undangan berbuka puasa di PT Sermani Steel, jalan Urip Sumoharjo Km 7, Tello Baru, Kecamatan Panakkukang, Makassar.  Kami tidak menyia-nyiakan kesepatan ini.  Selain sebagai ajang silaturahmi, kami juga ingin mengenal lebih dekat seperti apa sih perusahaan lokal ini yang telah melegenda dengan usianya yang sudah lebih dari 48 tahun sejak berdirinya tetapi tetap eksis hingga sekarang ini.  Terbukti setelah melihat Cap Rusa itu, Abby langsung teringat “seng”, padahal aktivitas Abby selama ini tak pernah bersentuhan dengan bahan bangunan.  Logo itu masih lekat dalam ingatan saat masih kecil.  Ternyata, wooww..... masih eksis hingga kini.
Sermani Steel with Blogger Makassar
 
Foto bareng Blogger Makassar
Hedi Sukarsa (General Manager Personalia dan umum) bersama Fritz G Tambun (Marketing Manager) PT. Sermani Steel menyempatkan diri bincang berkualitas bersama para blogger sebelum acara buka puasa dimulai.  Pak Hedi dan pak Fritz banyak berkisah tentang PT. Sermani Steel, dulu dan kini.

Founder PTSermani Steel, Cap Jonga Merah (Cap Rusa)
PT. Sermani Steel di rintis pada tahun 1969 dan resmi berdiri pada tahun 1970 dengan Cap Jonga Hitam (Rusa Hitam) dan pada tahun 1996 berubah menjadi Cap Jonga Merah (Rusa Merah) yang tertempel gagah di lembaran seng.  Foundernya adalah  H. Sjamsuddin Daeng Mangawing, seorang putra asli Makassar kelahiran 5 Mei 1922 seorang entrepreneur nasional yang sukses pada jamannya.  Pada tahun 1969, beliau menggandeng NKK dan Marubeni untuk membangun pabrik seng lapis baja dalam bentuk joint venture (Penanaman Modal Asing).
 
Logo PT. Sermani Steel
JFE Steel Corporation adalah anak perusahaan JFE Holding Incorporation, yang merupakan hasil merger dua perusahaan raksasa Jepang: NKK dan Kawasaki Steel Corporation pada tahun 2001.  Mereka menjadikan “Steel and Engineering” sebagai basis usaha utama.

Marubeni Itochu Steel Incorporation.  Dengan misi ingin memperkuat posisi mereka dalam peta perdagangan umum dunia, pada tahun 2001 Marubeni Incorporation bergabung dengan Itochu Corporation dan berganti nama menjadi Marubeni Itochu Steel Incorporation.

Produk Sermani Steel Sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI)
Pembaca yang budiman, berbagi akan hal-hal yang bermanfaat itu penting.  Oleh karena itu, ada hal urgent yang ingin  Abby sampaikan bahwa dalam pemenuhan kebutuhan hidup, termasuk kebutuhan akan atap bangunan untuk rumah kita, jangan asal membeli barang.  Lihat standar mutunya, apakah sudah sesuai dengan SNI?  Jika tidak, maka kita akan rugi dalam membeli produk. 


PT. Sermani Steel dari dulu hingga kini terus berkomitmen untuk  memproduksi atap bangunan berupa: Seng, Spandeck, dan Rangka Atap Baja Ringan yang benar-benar sesuai dengan aturan SNI.  Misalnya untuk ukuran plat baja, perusahaan konsisten dengan aturan yaitu 0,2 mm.  Sementara merek lain banyak yang menurunkan kualitas produknya dengan ukuran 0,18 mm dan 0,17 mm bahkan ada yang ukurannya 0,14 mm dengan di pasaran yang sedikit lebih murah.  Produk berkualitas prima dengan ketebalan lapisan dan ukuran yang konsisten adalah komitmen  PT. Sermani Steel demi menjaga kepuasan pelanggan.

Daya tahan Seng Sermani sampai 15 tahun dengan keunggulan yang lebih tebal, lebih berat dari seng merek lain.  Proses produksi Seng Sermani melalui pencelupan (galvanized) dengan suhu mencapai 500 derajat celcius untuk memastikan seluruh lembaran seng terlapisi dengan baik. 

Operasional dan prosedur kerja PT. Sermani Steel mengacu kepada ISO 9001, sehingga mutu dan kualitas barang sangat terjamin.  Nah jika ada yang bermutu, ngapain pilih yang lain?.  ISO 9001 artinya perusahaan memiliki kemungkinan lebih untuk memenangkan kompetisi pasar karena adanya jaminan kwalitas dari produk atau jasa yang ditawarkan serta kepercayaan masyarakat/konsumen akan brand sermani makin meningkat.

The Power Of Sermani Steel
Beberapa waktu lalu, Abby pernah berkunjung ke PT. Sermani Steel menemani salah seorang sahabat untuk silaturahmi.  Alhamdulillah bertemu dengan Bapak H. Rudy S Syamsuddin (Managing Director PT. Sermani Steel).  Beliau adalah anak bungsu dari Almarhum H. Sjamsuddin Daeng Mangawing (Founder PT. Sermani Steel).  Pak Rudy, demikian sapaan akrabnya, terlihat sangat energik dan humble menerima setiap tamu yang datang. 
 
H. Rudy S Syamsuddin (Managing Direstor PT. Sermani Steel)
Bincang berkualitas bersama pak Rudy saat itu, Abby bisa menangkap sebuah kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan sehingga bisa eksis sampai saat ini.   menurut pak Rudy, untuk menjadi sukses, Sermani Steel telah melalui sebuah proses yang panjang dan tidak mudah.  Kemampuan mengelola perusahaan untuk bertahan hingga kini, ditengah pesaing tak lepas dari peran semua stakeholder yang terlibat dalam perusahaan yang bekerja secara inovatif dan profesional.  Selain itu, PT Sermani Steel juga menempatkan masyarakat luas, staff dan dewan pemegang saham sebagai aset yang berharga yang harus dilayani dengan baik dan memuaskan. 
 

Kepuasan pelanggan adalah salah satu visi perusahaan.  Kualitas yang prima, pengiriman yang tepat waktu dan harga yang bersaing adalah sebagian usaha perusahaan untuk memuaskan pelanggan.  Sebagai produk lokal yang berkualitas, reputasi dan popularitas BJLS Cap Rusa meluas sampai ke wilayah  Indonesia Timur terutama di wilayah Sulawesi Selatan dan telah menguasai 60% pangsa pasar.

Suatu kebanggaan bagi kita sebagai masyarakat Sulawesi Selatan karena produk lokal dari perusahaan milik putra daerah masih setia melayani kebutuhan atap bangunan hingga saat ini.   Semoga partisipasi dan  sumbangsih masyarakat makin terwujud dalam penggunaan produk yang akan memberikan andil besar untuk keberhasilan PT. Sermani Steel. 

Untuk masyarakat sendiri, baik secara umum maupun secara khusus yang bermukim disekitar lokasi PT. Sermani Steel, telah banyak menerima bantuan melalui kegiatan CSR perusahaan.  Seperti hari ini, Kamis, 24 Mei 2018 PT. Sermani Steel melakukan kegiatan pemberian bingkisan lebaran untuk pegawai pendukung Kecamatan Panakkukang, seperti pegawai kebersihan sampah wilayah Panakkukang. 
 

Nah, Abby percaya bahwa kesuksesan seseorang adalah mustahil tanpa keterlibatan orang lain.  Sama halnya dengan rejeki yang datang dari Allah datangnya bisa dari mana saja.  Salah satunya adalah dari seorang teman.  Untuk itu, perbanyaklah teman, perbanyak silaturahmi dan tetap terus berusaha.

Sebenarnya masih banyak yang ingin Abby paparkan dalam tulisan ini, tetapi tulisannya sudah terlalu panjang.  Banyak kegiatan yang telah dilakukan oleh CSR perusahaan.  Penasaran kegiatan itu seperti apa? Nantikan tulisan Abby berikutnya ya?. Yang jelas tulisan ini masih bersambung......

You Might Also Like

69 komentar

  1. Ingat sermani ingat seng. Bagaimana mau kulupa ka logonya paling familiar kalau pergi ke toko bangunan. Baru ka juga tahu ini kak ternyata sermani di makassar pale dan tempatnya dekatnya ji bus litha, padahal sering ka ke sana. Ya ampun kurang update ku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... sy tak pernah lupanitu cap jonga nya. Ada jonga ada seng

      Hapus
  2. Balasan
    1. Iya Lia... keseruan ma teman blogger saat melihat cap jonga merah Sermani

      Hapus
  3. Wow PT. Sermani sudah berdiri hampir 50thn lamanya. Pencapaian yang luar biasa ya, *bigapplause. Seru nya blogger Makassar diundang ke acara buka bersama masyarakat sekitar, aihhh ramadan memang penuh berkah ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Awie... Ramadhan oenuh berkah, bisa silaturahmi dengan teman2 di Sermani Steel sambil melihat lihat suasana kantor

      Hapus
  4. Keren bgt! Sayang kemarin ga sempat ikutan bukber, huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya Alfu gk datang. Next time aja sayang moga masih dpt undangan dri Sermani hehee

      Hapus
  5. Daya tahannya oke, konsisten sama SNI, mantap mentong Sermani

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar2 perusahaan ini konsisten dengan aturan SNI dri dulu hingga kini

      Hapus
  6. Baru tau kalau sermani ini udah 50th ya,, inget seng ingat semani.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Sudah hampir 50btahun.loh dan kualitas produksinya gk pernah berubah hingga kini.

      Hapus
  7. Bangga deh sama PT. Sermani! 50 tahun berkiprah di Indonesia, kualitasnya pasti bagus ya mba 😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hampir 50 tahun dan kualitasnya tetap sama. Berkualitas

      Hapus
  8. What udah 50 tahun? keren ya , semoga bertambah sukses dan kualitasnya semakin bagus yaa PT. Sermani ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin... iya mba. Produknya benar2 sesuai standar SNI

      Hapus
  9. Salah satu produk lokal yang bisa bertahan pasti bukan perjalanan yang mudah. Semoga PT.Sermani terus berinovasi dan meningkatkan kualitasnya ya Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin... semoga mba dengan dukungan kita semua Insya Allah bisa terus berjaya

      Hapus
  10. Perusahaan yang asyik sepertinya. Itu di Makassar ya mbak? Etos kerja memang penting sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar. PT. Sermani Steel di Makassar.

      Hapus
  11. Wah,beneran bagus ya tampilan produknya juga dibandingin produk lain. Btw, keren deh Sermani Steel ini, CSR-nya sangat bermanfaat. Sukses selalu, Sermani Steel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Produknya sangat berkualitas sesuai standa SNI makax bisa tahan produknya hingga 15 tahun

      Hapus
  12. produknya sudah SNI ya..berarti sudah teruji secara kualitasnya.

    semoga kegiatan CSRnya juga berjalan dengan baik..baik ke internal maupun ekternal perusahaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Sudah teruji kwalitasnya. Pemakaian hingga 15 tahun.

      Hapus
  13. wah, seru nih temen2 blogger makassar, bisa berkunjung ke Sermani, gak heran kalo merk ini terkenal, ternyata udah berdiri sejak 4 tahun yang lalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan sejak 4 tajun lalu tapi sejak lebih dari 48 tahun yang lalu.

      Hapus
  14. Semoga produk lokal khas Indonesia semakin berjaya di negeri sendiri, aamiin

    BalasHapus
  15. produk bagus dan tahan lama pasti jadi pilihan. klo akutuh mahal dikit ngga apa asal tahan lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toossss.... benar banget. Ini yang penting banget di ketahui semua orang. Orang cerdas taju ini hehee

      Hapus
  16. Waah keren nih produknya apalagi kalo sudah berstandar SNI, berarti sudah teruji secara kualitasnya. Semoga makin sukses Sermani. Aamiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.... dumungan konsumen dengan mamakai.produknya Insya Allah Sermani makin sukses

      Hapus
  17. Waah keren nih produknya apalagi kalo sudah berstandar SNI, berarti sudah teruji secara kualitasnya. Semoga makin sukses Sermani. Aamiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.... dukungan konsumen dengan mamakai.produknya Insya Allah Sermani makin sukses

      Hapus
  18. Waah keren nih produknya apalagi kalo sudah berstandar SNI, berarti sudah teruji secara kualitasnya. Semoga makin sukses Sermani. Aamiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.... dukungan konsumen dengan mamakai.produknya Insya Allah Sermani makin sukses

      Hapus
  19. keren sekali blogger Makssar, mogamakin banyak kegiatan di sana yang melibatkan blogger ya kak

    BalasHapus
  20. Wah mkin banyak orang yang memhami pern blogger ya, semoga Blogger Makassar makin kompak

    BalasHapus
  21. nampak produk yang dihasilkan benar-benar berkualiti..tapi memang betul perusahaan hari ini boleh lebih maju jika sering melibatkan aktiviti csr..ini dikatakan konsep berkongsi rezeki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar. Produk yg di hasilkan sangat berkualitas. Pemakaian hingga 15 tahun

      Hapus
  22. Iya, kelihatannya amat berkualiti. Bagus sekali untuk digunakan semua orang.lebih tahan lama dan berbaloi dengan nilai wang yang dibayar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga sedikit mahal tap apa ya karena kualitasnya juga lebih bagus dri produk yang lain. Perbedaan harga pun tak seberapa.

      Hapus
  23. Ini biasanya yang jd atap teras gtu ya mbak?
    Ternyata milik lokal ya?
    Btw yang pegang medsosnya dirimu kah? Kok brp kali liat dirimu share ini medsos perusahaan ini hehe
    Moga selalu sukses usahanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin... terima kasih mba. Sy share beberapa kali untuk mengedukasi masyarakat agar lebih banyak yang tahu mana produk yang benar2 berkualitas bagus agar tak salah memakai produk.

      Hapus
  24. steel rupanya, ini dah kira produk untuk construction ni.. not bad

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah.. ini steel yang produksi atap bangunan seperti Seng, Spandeck, dan rangka atap baja ringan

      Hapus
  25. Wow. Produknya kelihatan bagus dan berkualiti - sudan hampir 50 tahun memang bukti Sermani adalah syarikat yang bertahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes.. sudah hampir 50 tahun berkiprah dibidangnya. Terus menerus memproduksi atap bangunan yang berkualitas terpercaya dengan jaminan SNI

      Hapus
  26. wow dah 50 tahun berada dlm industri yea, bagusnya tu mesti macam-macam experience customer dan sebagainya dah ada. Produk pon nampak berkualiti. Good sharing 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mb Qeela. Sermani Steel memproduksi rangka atal.bangunan berupa Seng, Spandeck, dan Rangka Atap Baja Ringan

      Hapus
  27. Nampak produknya tebal daripada produk lain ya?. Kalau produknya berkualitas tinggi pasti lama berada di dalam pasaran. Tapi rombongan Abby ke sini menarik sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ezna... Abny kesana buka puasa bareng teman2 blogger di Makassar. Produk sermani memang sangat berkualitas

      Hapus
  28. 50 tahun? Wah pasti produk ni sangat berkualiti kan..seronok bila dpt trip dgn rakan blogger..good sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo teman2 blogger Malaysia melancong ke Makassar, jangan lupa tengok Sermani ya hehee

      Hapus
  29. Ya aduh bagus bangat kita harapkan lebih banyak perusahaan bergini terus memperingati anak-anak yatim dan mereka yang memerlukan terutama dibulan mulia ini. Kita juga harus support mereka..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat Mahu, berharap kedepannya makin banyak.orang yang menuai manfaat dari.program CRS Perusahaan yang sudah melegenda ini tapi terus eksis hingga kini.

      Hapus
  30. bagusnya perusahaan steel ini..semoga apa yg di hajatkan dan diusahakan dapat membantu mereka-mereka yg memerlukan..semoga semua terus support agar ianya success selalu ye..

    BalasHapus
  31. Sudah 50 tahun ya perusahaan steel nih. Diharapkan perusahaan sebegini akan lebih banyak membantu anak anak yatim dan mereka yang lebih memerlukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah... Mimi. Semoga makin banyak manfaat yang dirasakan orang lain melalui bantuan dari prog CSR

      Hapus
  32. Wahhh udah 50 tahun ya umurnya. Itu satu pencapaian yg luar biasa. Mmg biasanya syarikat yg betah lama ini, adalah kerana mutu dan kuliti produknya itu bagus. Ternyata atap steel nya itu mmg betul2 berkualitas ya.

    BalasHapus
  33. Terbaik syarikat macam ni dah well known 50 tahun lamanya. nak buat rumah ke apa ke kena cari bahan-bahan dan produk yang sesuai berkualiti tapi harga mampu bayar. harap syarikat ini terus menerus projek seperti ini..

    BalasHapus
  34. Great to see a company give back to the community. CSR programs are very important and helps keep the people together. Good job Sermani Steel

    BalasHapus
  35. Wih, keren. Bisa bertahan sampai 50 tahun pastinya soal kualitas ndak perlu diragukan lagi ya?

    BalasHapus
  36. 50 years... thats the numbers shows how powerful they are. as long as they can count on, you know how strong is their company and products

    BalasHapus
  37. wah bagus produk dari brand ini ya. kalau tengok pada usianya sudah semestinya kita dapat teka bagaimana kualitinya kan. kalau tidak mana mungkin bertahan.

    BalasHapus
  38. Seng yang sudah lama menjadi seng favorit keluargaku

    BalasHapus

About Me

Like us on Facebook