Beragam Kuliner Nusantara Tersaji Di Festival Jajanan Kecap Bango Makassar

23.42.00

Pic by Abby Onety

Kata orang, lidah orang Indonesia tidak bisa dipisahkan dengan kecap.  Hampir semua makanan indonesia menggunakan kecap.

Percakapan disuatu sore:
Tante: “lagi masak apa hari ini?”.
Abby:  “ini tan, lagi bikin tumis terong bumbu kecap”. 
Tante: “oh ya?, enak dong”.  “pakai kecap apa?”, lanjutnya
Abby:  “kecap Bango dong tante”.
Tante:  “Nah itu dia, tante juga klo masak-masak selalu pakai kecap bango”.  “Dijamin deh masakanmu nikmatnya pakai bingits”.


Bicara tentang kecap, saya teringat akan Festival Jajanan Bango (FJB) yang berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 5 sampai 6 Mei 2018 kemarin dilapangan Karebosi, jalan Jenderal Sudirman Makassar.   Info ini saya dengar beberapa hari sebelum event dilaksanakan sehingga saya dapat menyiapkan waktu dan membuat janji dengan teman-teman untuk berkunjung ke FJB.  Kami tidak mau menyia-nyiakan kesempatan tuk berkunjung ke #FJB2018, kami ingin ikutan merayakan kuliner Indonesia.  Oh ya, event ini hadir dalam rangka perayaan perjalanan sukses Bango yang sudah menginjak usia yang ke - 90 tahun yang senantiasa tulus dan konsisten dalam menjaga kualitas melalui bahan bahan terbaik dan proses pembuatan yang otentik. 


Acara yang digelar oleh Kecap Bango, produksi PT Unilever Tbk ini hadir di Makassar atas kerjasama dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Bekraf RI).  Acara ini di buka oleh plt Walikota Makassar, Dr. Syamsu Rizal MI, S.Sos, M.Si yang akrab di sapa Deng Ical, dalam sambutannya sangat mengapresiasi pelaksanaan FJB di kota Makassar sebagai ajang kuliner yang bisa memberikan kesempatan kepada para pecinta kuliner untuk semakin mengenali dan berpartisipasi dalam merayakan dan melestarikan kekayaan warisan kuliner nusantara


Para pengunjung berkesempatan mencicipi kuliner dari berbagai daerah, baik dari daerah Makassar sendiri yang sangat terkenal sebagai surga bagi pecinta kuliner khas lokal, maupun dari daerah lain seperti jajanan khas Aceh, Palembang, dan Semarang, ini dimanfaatkan oleh warga Makassar dan sekitarnya dengan berkujung ke jajanan bango.  Hal ini terlihat dari antusias warga masyarakat Makassar yang cukup tinggi terhadap kuliner nusantara.  Ada 33 jenis hidangan khas nusantara otentik dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Makassar adalah kota kedua yang dipilih untuk mengadakan Festival Jajanan Bango setelah Jakarta karena Makassar adalah  salah satu destinasi kuliner di luar Pulau Jawa yang sangat terkenal dengan beragam kuliner khas lokal.


Berikut adalah beberapa menu yang tersaji di FJB 2018 Makassar: Kepala Manyung Bu Fat Semarang, Sop Saudara Irian, Pallu Basa Onta, Es Poteng RKC,Rumah Makan Ulujuku, Bebek Goreng Sulawesi, RM Pallu Kaloa, Coto Gagak, Rawong Desa, Raja Pisang Ijo, Dangkot Garuda, Gerobak Ijo, Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih, Maming Daeng Tata, Sate Beureum Mang Soleh, Mie Aceh, Aroma Luwu, Songkolo Bagadang, Bakso Atiraja, Bakso Boeing, dan masih banyak lagi menu lainnya.  Saya sendiri mencicipi beberapa menu (Ayak Goreng Sulawesi, Es Poteng, Sop Saudara dan Kepala Manyung.  Tetapi saya masih penasaran dengan menu lainnya sehingga saya masih membeli menu yang lain dan membungkusnya pulang ke rumah karena sudah kekenyangan setelah seharian penuh berada di Jajanan Bango.

Di FJB kita bisa minum air mineral secara gratis. Klo mau minum es teh, ada juga penjual keliling dengan harga yang sangat murah yaitu Rp 5000 untuk 2 gelas es teh.  Saat jalan-jalan, ada yang  mengundang perhatian saya yaitu adanya toilet umum yang siapkan khusus untuk para pengunjung di acara ini.  nah, bagi yang suka selfie juga disiapkan faslitias foto booth yang unik dan menarik.


Untuk bisa masuk ke Festival Jajanan Bango, kita cukup mengeluarkan budget sebesar Rp. 10.000 itu sudah dapat kipas yang dapat di tukar langsung dengan sebotol kecap bango.  Bukan hanya itu, kita bisa membubuhi 4 cap pada kipas tangan itu setiap pembelian makanan yang bisa di beli mulai dari Rp. 15.000 sampai Rp. 40.000 untuk dapat mengambl undian.  Festival Jajanan Bango di buka mulai pukul 07.00 hingga 22.00 WITA. 

You Might Also Like

10 komentar

  1. Wah kemaren nyesel nih gak ke sini. Btw itu Yg mba pegang apa panjang2 gtu??

    BalasHapus
  2. Banyak keseruan dan fasilitas ya.apalagi tiket masuknya murmer dan berkesempatan dapat hadiah.dan yg terpenting kita dapat lebih mencintai Indonesia lewat sajian ragam kulinernya

    BalasHapus
  3. Wah, aku fokus Ama Panji Nanak nasinya. Itu sekarang udah jarang digunakan .masak nasi pake alat semua

    BalasHapus
  4. kecap Bango kecap andalan aku nih

    BalasHapus
  5. Seru dan bikin laper nih acaranya. Untuk kecap bange sendiri selalu sedia di rumah. Btw itu fotonya pake kamera apa Mba? Kepo hehe

    BalasHapus
  6. Kalau ada festival kayak gini, selain makanannya yang enak-enak, perlu juga memang toilet. Biar nggak repot.

    BalasHapus
  7. Asli enak2 sajiannya. Apalagi kalau disediakan fasilitas umum ya. Jadi pengunjung nyaman...

    BalasHapus
  8. Ini nih festival yang selalu pengen banget didatengin. Makanan2nya bikin ngileeer semua. Hehehehe... Dasar tukang makan. :)))

    BalasHapus
  9. Enaknya..bisa menikmati berbagai hidangan khas berbagai daerah di nusantara. Saya jadi pengen nyobain juga..makanan-makanan yang dicocol pake kecap bango

    BalasHapus
  10. Wah seruuu! yang sekitar Jakarta saya ga pernah bisa hadir hiks hiks

    BalasHapus

About Me

Like us on Facebook