The Power Of Traveling

21.10.00

Pic by: https://www.manshurin.com

Traveling is a life investmant that can become a power to inspire and motivate ourselves and others.
(Perjalanan adalah suatu investasi kehidupan yang bisa menjadi sebuah kekuatan untuk menginspirasi dan memotivasi diri sendiri maupun orang lain).

Suatu ketika ada teman yang secara gamblang mengatakan kepada saya, “kamu banyak uang yah, kok traveling terus?”.  Saya hanya tersenyum menimpali.  Menurutku, traveling tidak harus mewah, jika selalu ingin nyaman dengan segala fasilitas mewah, itu namanya honeymoon (hehehee).  Traveling tak harus selalu nyaman dengan fasilitas yang bakal menguras habis dollarmu. Kenyamanan itu adalah disaat kamu mampu beradaptasi dalam situasi dan kondisi apapun.

Terus, ada juga yang mengatakan, “kamu tuh traveling terus, buang-buang duit saja”.  Klo saja saat itu saya lagi makan, mungkin sudah keselek gegara mendengar pernyataan teman yang satu ini.  Klo kita melirik manfaat traveling, itu banyak sekali loh.  Pengalaman yang kita dapat selama traveling itu harga yang tidak ternilai dan tidak bisa ditukar rupiah.  So...?? Masihkah ada yang berpikir bahwa traveling itu sama saja buang-buang duit? Saya pikir itu keliru!.  Berikut beberapa manfaat traveling:
  
1.      Sumber Inspirasi
Saya sepakat dengan kata bijak ini, pengalaman adalah guru yang paling berharga.  Setiap perjalanan kita akan bertemu dengan hal-hal yang tak terduga dan tidak pernah terpikir sebelumnya. 
   
2.      Meluruhkan Keakuan
Jika harus flashback ke masa lalu, dasarnya saya adalah anak rumahan, anak mama yang tidak mudah bergaul dan tergolong kaku serta sangat selektif memilih teman.  seiring berjalannya waktu, perjalanan hidup mengajarkan banyak hal, termasuk mengenal dunia traveling.  Traveling telah meluruhkan keakuanku, mengubah gaya hidup ini menjadi orang yang lebih terbuka dan mudah bergaul.  Berusaha memahami setiap karakter dan perbedaan agar bisa beradaptasi di lingkungan manapun berada.

3.      Mendapat Teman Baru
Perjalanan adalah hal terindah bagiku. Bertemu dan beradaptasi dengan orang-orang yang baru, melihat suasana yang berbeda dengan beragam karakter dan budaya yang berbeda pula.  Hal ini memperkaya pengalaman dalam perjalanan hidup. 

4.      Menemukan Diri Sendiri
Saya sepakat dengan asumsi orang yang mengatakan bahwa perjalanan adalah sebuah proses menemukan sesuatu, termasuk menemukan diri sendiri. Sani Rhamadan mengatakan bahwa God created wonderful places that we know and know that he is the creator.  Do not hesitate!. Explore every beautiful place it is, undoubtedly you will get peace of mind (Tuhan menciptakan tempat-tempat indah supaya kita mengenal dan tahu bahwa dialah sang pencipta.  Jangan ragu!, jelajahi setiap tempat indah itu, niscaya kau akan mendapatkan ketenangan hati).

5.      Mengenal Destinasi Baru
Banyaknya destinasi wisata yang tersebar diseluruh dunia, menjadikan para wisatawan ingin membuktikan sendiri dengan berkunjung ke beberapa destinasi tersebut.  Selain bisa refreshing, kita juga akan menambah cakrawala wawasan tentang kultur budaya daerah setempat

6.      Merasakan Kuliner Lokal Daerah
Traveling memberikan kesempatan untuk menyicipi aneka kulinaer daerah setempat.  Mencicipi makanan khas daerah setempat dan merasakan kenikmatan masakan dengan cita rasa yang berbeda akan menambah bekal pengalaman dalam dunia kuliner.

7.      Makin Bijaksana
Perjalanan semakin mendewasakan kita dalam berpikir dan bertindak.  Fenomena kehidupan yang terjadi dibanyak tempat, beragam suku, bahasa, dan budaya, mengajarkan banyak hal sehingga kita semakin membuka mata dan hati dalam memaknai arti kehidupan yang sesungguhnya.

Ayo... tunggu apalagi, mari traveling bersama.
Tulisan ini diikutsertakan dalam tantangan menulis  #SatuHariSatuKaryaIIDN

You Might Also Like

12 komentar

  1. Malah sebaiknya kita butuh travelling ya semimggu sekali di saat libur bekerja. Apalagi emak2 butuh piknik wkwkkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mba. Piknik nih sdh menjadi kehrusan kaykx hehe

      Hapus
  2. Lagi butuh traveling, ada yang bantuin..... bayarin gitu. Hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdoa aja. Moga the bigbos bisa bayarin tp potong haji tiap bulan tak mengapa kan ? Hehee

      Hapus
  3. kegiatan bertraveling memang pasti akan menyenangkan karena dihadapan kita nggak tau apa yang akan terjadi ketika kita traveling

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mang. Semua sudah ada yg ngatur, termasuk kemungkinan hambatan2 saat traveling

      Hapus
  4. hai mbak salam kenal :) wah keren udah punya buku antologi ....travelling bikin heppi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mba. Traveling selalu happy, apalagi saat cerita perjalann itu dikenang kembali. Suka dukax bikin aadduuhh... gimn yah :))

      Hapus
  5. Saya senang travelling, banyak cerita buat orang, dan yang pasti kalau saya ngobrol dengan orang pasti nyambung :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak hal2 baru yang blom pernah kita jumpai sebelumnya yg akan menjadi investasi kisah hidup selanjutx

      Hapus
  6. menjelajahi tempat yang belum pernah dikunjungi sambil bertemua orang-orang baru

    BalasHapus

About Me

Like us on Facebook