8 Tips Wisata Murah Ke Negeri Jiran

22.19.00

Pic by Abby Onety

Saya ingin berwisata ke negeri seberang tapi tabungan blom cukup-cukup juga nih.  Saya juga ingin ke kota ini dan ke kota itu, tapi budget saya masih pas-pas-an.  Duh.... kapan ya keinginan saya ini tercapai?

Pernahkan kalimat seperti diatas terngiang dipikiran anda?,  atau mungkin pernah secara gamblang bertutur kepada salah seorang teman atau siapa pun dia tentang keinginan anda untuk berwisata namun terkendana oleh biaya perjalanan?, klo iya artinya kita sama dong, bahkan terbilang sering. 

Saya termasuk penikmat jalan-jalan yang On-Budget walaupun tidak selamanya begitu sih.  Kadang juga jalan-jalannya sedikit mewah, itu kalau kondisi keuangan lagi berpihak kepadaku hehehee.  Tapi klo diingat-ingat lagi, masih banyakan On – Budgetnya (wkwkwk).  Oh ya, jalan-jalan jenis On-Budget yaitu bepergian ke suatu tempat atau negara dengan dana yang cukup terbatas.  Jika sudah begini, artinya kita harus berusaha hemat bahkan sehemat mungkin agar dana yang terbatas bisa mencukupi paling tidak beberapa hari kedepan hingga jadwal traveling berakhir dan kita tiba kembali di rumah dengan selamat tak kurang satu apapun (Alhamdulillah ya). 

Tahun kemarin, saya pernah ke negeri jiran Singapore bersama 4 orang teman seprofesi.  Mereka mengajakku jalan-jalan sekaligus menjadi gaet mereka.   “Ajak kita dong jalan-jalan  ke Singapore”,  “Tapi jangan mahal-mahal ya?”, kata mereka disela-sela kesibukan kami waktu itu.  “Gampang”, jawabku singkat.  Akhirnya kami pun jadi berangkat setelah jauh-jauh hari sebelumya, saya mempersiapkan rencana keberangkatan yang benar-benar matang dengan biaya yang murah.  Traveling kami benar-benar sukses dengan biaya yang murah.

Nah, berdasarkan pengalaman diatas,  saya ingin membagi tips kepada anda yang ingin bepergian atau jalan-jalan dengan biaya yang murah.

1.      Pilih Destinasi Tujuan
Tentukan destinasi mana yang akan anda tuju, cari informasi berkaitan dengan destinasi tersebut.  Mengetahui sedikit tentang sejarah destinasi wisata tujuan adalah wajib.  Misalnya bagaimana karakter penduduk asli agar sampai di tempat tujuan kita tidak akan kaget dengan keadaan.  Setidaknya bisa pintar-pintar membawa diri dan bersosialisasi dengan orang setempat.

2.      Beli Tiket Promo
Jadwalkan waktu traveling jauh-jauh hari sebelumnya agar bisa mendapat tiket pesawat yang murah.  Cek tiket pesawat sesering mungkin agar tidak ketinggalan informasi mengenai harga tiket pesawat yang sedang promo.  Jika sudah mendapatkan harga yang sesuai, booking secepatnya.  Pastikan kesibukan di kantor dengan jadwal kerja yang padat tidak bersamaan dengan jadwal penerbangan tiket yang akan dibeli.  Jika ini terjadi maka anda akan rugi jika tidak mendapatkan izin dari kantor.  Kebayang deh anda akan nangis bombay hihihii...

3.      Membawa Peta Lokasi
Tiba di destinasi tujuan, jangan lupa ambil peta wilayah.  Biasanya banyak tersedia di airport, terpajang di outlet-outlet atau counter-counter di bandara.  Brosur dengan beberapa obyek wisata lengkap dengan budget dan cara mencapai tujuan ada di lembaran brosur tersebut.   Bawa peta dan brosus itu kemanapun anda pergi, jika peta menjelaskan jarak tempuhnya tidak terlalu jauh dan bisa diakses dengan jalan kaki kenapa tidak?.  Ini untuk menghindari pengeluaran biaya transportasi.

4.      Cari Tempat Menginap yang Murah
Untuk menghindari biaya yang berlebihan, saya sarankan untuk tidak menginap di hotel mewah (hehehee).  Pilih saja home stay, hostel, atau tempat menginap lainnya yang sekelas backpacker.  Yang jelas tempatnya bersih dan aman.  Pastikan keadaan toilet tidak buntu atau lancar  sebab ini juga sangat penting jika anda kebelet.  Membuang sesuatu yang tidak berguna hahahaa....  Alternatif lain bisa mencari keluarga atau teman di perjalanan, kali-kali aja diberikan tumpangan nginap.

5.      Membawa Botol Air Minum
Bawa selalu botol air minum kemanapun anda pergi, sebab ini akan berguna saat tersedia air minum secara gratis.  Kita bisa mengisi botol minuman dan siap di minum saat kehausan ditengah perjalanan tanpa harus menunggu membelinya di kios yang tergolong mahal.  Botol minuman bisa kita bawa dari rumah.  bisa dibagasikan bisa juga dibawa naik kabin dengan catatan itu botol kosong karena penerbangan internasional melarang membawa cairan di atas 100 ml.

6.      Manfaatkan Transportasi Gratis
Jika kota yang anda tuju menyediakan transportasi gratis, jangan sia-siakan.  Lumayan kan berkeliling kota dengan Rp. 0?.  Seperti di Kuala Lumpur, kita bisa menggunakan bus Go-KL untuk berkeliling Kuala Lumpur dengan rute ke beberapa destinasi wisata.

7.      Hemat Belanja
Hindari membeli barang-barang yang tidak penting selama di perjalanan.  Beli barang yang benar-benar dibutuhkan saja.   Hal ini akan mengurangi biaya perjalanan dan biaya kelebihan bagasi saat traveling berakhir dan waktunya balik ke kampung halaman.

8.      Hindari Kelebihan Bagasi
Jika anda berangkat berlima, beli bagasi untuk 2 atau 3 orang saja.   Kita bisa menyatukan barang bawaan, sisanya bawa saja naik ke kabin pesawat dengan menggunakan ransel.  Untuk menikmati perjalanan, buang jauh-jauh pikiran untuk belanja.  Ingat, tujuan anda untuk jalan-jalan, bukan untuk belanja. 
Pic by Abby Onety



Tulisan ini diikutsertakan dalam tantangan #SatuHariSatuKaryaIIDN

You Might Also Like

23 komentar

  1. Mantap tipsnya kak.
    Saya baru tau ada bus gratisan itu.
    Next time ke sana, mau coba naik bus itu aja aah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh Ery... sayang sekali klo sarana gratis ini tdk di manfaatkan. Lain kali wajib nyoba say

      Hapus
  2. Semangat dinda, saya batal ikut ada pekerjaan/tulisan mendesak yang harus saya selesaikan sebelum tanggal 30. Semoga menang ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin... terima kasih doanya ya k Dawiah

      Hapus
  3. duh baca artikel kak Abby ini jadi mupeng mau travelling lagi.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo sdh ada waktux buat traveling, jgn lupa ajak saya yah

      Hapus
  4. Tipsnya sangat bermanfaat,

    mudah mudahan tulisannya jadi ladang pahala buat mba Abby

    BalasHapus
  5. Wah, mahu wisata ke Malaysia ke? Mantap tipsnya. Semoga dipermudahkan segalanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.... moga di KL nanti bisa jumpa teman2 blogger disana ya

      Hapus
  6. Waaahhh asiknya di KL ada bus gratis ya ternyata.

    BalasHapus
  7. Nggak banyak belanja biar hemat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul.... iti salah satu cara jitu berhemat di perjslanan. Beli yg fibutuhksn saja selama perjalanan

      Hapus
  8. saya jalan2 ke luar negeri bukan karena ga ada uang mbak, tapi pun bukan kelebihan uang juga, saya cuma malas jalan2, berkali2 diajak abang saya yok ke singapore, malay n thailand, saya bilang "ah malas", padahal abang saya itu hobinya jalan2 terus, saya nya aja yang ga mau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh... sayang sekali yah padahal sdh diajakin ma Abangx. Tp namanya bukan hobby kali ya.

      Hapus
  9. ahhhhh untung ada tulisan ini
    saya save untuk kapan waktu saya travel ke Jiran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Qiah... klo ada yg gratisan gk harus pake yg berbayar kan hehee

      Hapus
  10. KL itu udah kyk rumah kedua :D. Pas masih kuliah di Penang, pasti KL deh tempat aku ama temen2 dtg in kalo lg libur kuliah :D. Tp agak susah soal ga belanja mba. Justru di KL aku paling doyan shopping krn banyak brg2nya lbh murah drpd di jkt hihihi.. Tp tempat fav ku kalo ksana sih, palingan main di themepark kayak genting, sunway ato berjaya times square.. Ga prnh bosen main di themepark sana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyyahh... KL menggoda banget. Akupun tisp 3 bulan sekali pasti kesana.

      Hapus

About Me

Like us on Facebook