6 Tips Teknik Packing Yang Tepat

20.51.00

Pic by: Abby Onety

“Salah satu bagian kecil yang paling saya sukai dalam sebuah perjalanan adalah berkemas”.  “Berkemas buat saya tak ubahnya dengan menyisakan ruang kosong lebih banyak agar bisa memuat lebih banyak”. (Windy Ariestanty)

Kalimat Windy Ariestanty diatas, mengisyaratkan betapa pentingnya memahami cara berkemas yang tepat untuk melakukan suatu perjalanan.  Kalimat ini saya baca dari salah satu bukunya “Life Traveler”.  Buku ini punya kesan tersendiri bagiku karena diberikan langsung oleh penulisnya sebagai reward pada salah satu acara bergengsi di Kota Makassar.  Sejak saat itu, Windy Ariestanty menjadi idola sekaligus motivasi saya dalam dunia traveling melalui kisah-kisah perjalanan yang pernah dilakukannya.  Kisah perjalanan yang inspiratif ini terbingkai indah dalam buku-buku karyanya. 

Banyak orang yang suka bepergian tapi tidak banyak orang yang terampil dalam urusan berkemas.  Berkemas lebih dikenal dengan istilah packing yaitu mengatur barang dengan teknik yang benar di dalam tas, ransel, atau koper untuk melakukan suatu perjalanan. 
 
Pic by: Abby ONety
Sama seperti Windy, packing adalah pekerjaan yang selalu kutunggu-tunggu bahkan sering berharap dalam doa agar bisa sering-sering melakukannya hahahaa. Jujur bicara soal packing, selalu mendebarkan hati.  Namun, tidak sedikit orang yang kebingungan dalam berkemas saat akan traveling.  Nah, bagi kalian yang masih bingung dalam urusan berkemas/packing, tidak ada salahnya mengikuti tips berikut ini:

1.      Pelajari Iklim Destinasi Tujuan
Mengunjungi sebuah destinasi yang beriklim dingin sementara pakaian yang dibawa kebanyakan baju-baju tipis, ini jelas akan menimbulkan masalah.  Ingat, tujuan kita traveling tentu saja untuk bersenang-senang, bukan malah menambah penderitaan.  Disinilah pentingnya mengenali iklim destinasi tujuan agar terhindar dari masalah.  Jika mengunjungi negara yang beriklim panas, ada baiknya kita membawa pakaian yang tipis-tipis saja.  Selain mengurangi beban berat untuk bagasi atau kabin, pakaian yang tipis juga mudah di cuci dan cepat kering.

2.      Membuat Daftar Barang
Setelah mengenali destinasi wisata, ada baiknya kita membuat daftar barang bawaan jauh-jauh hari sebelumnya agar mempermudah pengemasan barang dan memastikan tidak ada barang yang akan ketinggalan.  Bayangkan saja jika telah sampai ke negara tujuan sementara barang yang dibutuhkan tidak masuk dalam koper, jadinya kan galau.  Jika sudah seperti ini, artinya biaya traveling  meningkat dan memungkinkan terjadinya pengeluaran yang tak terduga, rugi kan?.

3.      Hindari overpacking
Pilih barang bawaan yang benar-benar dibutuhkan sesuai dengan daftar barang yang telah dibuat. Jangan membawa barang asal-asalan saja karena memungkinkan terjadinya overpacking.   Ini adalah kesalahan besar bagi seorang traveler.  Jika membawa sepatu, bisa disiasati dengan mengisi barang-barang kecil yang bisa dimasukkan kedalam sepatu,  misalnya pakaian dalam dan aksesoris.  Selain itu, bisa juga membawa pakaian yang kira-kira habis pakai langsung dibuang (dibaca:CD) agar mengurangi beban isi koper.

4.      Gulung Pakaian
Menggulung pakaian adalah cara yang tepat untuk packing yang benar.  Menggulung pakaian di dalam koper, kapasitas muatnya bisa lebih banyak sehingga barang lainnya bisa masuk. 

5.      Botol Air Minum
Membawa botol air minum sangat perlukan dalam sebuah perjalanan.  Oleh karena itu, ada baiknya dibawa kemanapun kita pergi, sebab ini akan berguna saat tersedia air minum secara gratis, botol air minum bisa langsung diisi dan siap minum saat kehausan selama dalam perjalanan.  Hal ini juga akan mengurangi biaya perjalanan karena tidak harus membelinya di kios-kios yang tergolong mahal.  Botol air minum bisa kita bawa dari rumah.  Bisa dibagasikan bisa juga dibawa naik kabin dengan catatan botol yang dibawa dalam keadaan kosong karena penerbangan internasional melarang membawa cairan di atas 100 ml.

6.      Bawa Tas Kecil
Selain koper atau ransel (pilih salah satu, atau boleh dua-duanya, tergantung kebutuhan), saya sarankan membawa tas kecil untuk menyimpan barang-barang penting seperti Hp, Power Bank, Kamera, Passpor, dan kartu identitas lainnya.  Ini mempermudah perjalanan tanpa harus mengambilnya dalam koper yang sudah tersusun rapi.

Pic by: Abby Onety

Inilah tips sederhana yang bisa saya share kepada teman-teman yang masih kebingungan berkemas barang bawaan saat akan melakukan perjalanan.  Kenapa saya membagi tips ini? karena sebagian orang merasa kesulitan packing saat akan traveling.  Tak jarang ada yang tegang menghadapi detik-detik keberangkatan hanya karena masalah packing.  Seperti saya yang saat ini sedang tegang mengejar deadline tulisan ini hahahaha....
Okedeh.... semoga bermanfaat ya teman-teman.


Tulisan ini diikutsertakan dalam tantangan #SatuHariSatuKaryaIIDN

You Might Also Like

18 komentar

  1. tipsnya bermanfaat sekali kak Abby.. trimakasih..

    BalasHapus
  2. sering banget nih ngalami masalah pas packing, paling sering barang ketinggalan, sepertinya tips nomor 2 emang harus saya terapkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. sila di coba yah, semoga barang2nya gak lagi sering ketinggalan

      Hapus
  3. Belum berhasil menaklukkan seni packing. Selalu iri dg mereka yg tampaknya bawa koper lebih kecil tapi bajunya ganti terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ibu Suri, disiasati aja, mungkin baju yang dibawa yang tipis2 aja.

      Hapus
  4. makasih nih tekniknya, kalau berangkat bisa rapih tp pas pulnag susah bangte packingnya apalagi kalau habis travelin pasti bawa oleh2

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba. klo saya sih biasanya bawa tas kosong lagi mba. biasalah perempuan, banyak tetek bengeknya yah dan paling susah diajak kompromi klo lihat barang discount gila-gilaan selama dlm perjalanan

      Hapus
  5. saya juga sering menggulung pakaian saat traveling
    praktis dan bisa muat banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Artinya kita sama dong. Toss dulu :)

      Hapus
  6. Dehhh cocok sekali ini buat saya yang selalu overpacking kalau pergi-pergi -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Deh, iya kah Tiar? kah jangan tommi terlalu banyak barang2 di bawa. lin kali klo bepergian pakai tips ini saja yah

      Hapus
  7. Rapi dan semua bisa masuk..
    Aq mau pake tipsnya ah utk mudik nanti..

    Makasih tipsnya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah mba klo tipsnya bermanfaat. silahkan di coba yah. klo mudik salam sama keluarga ya

      Hapus
  8. Saya kalo packing juga dgn cara digulung tapi ya gitu deh.. Tetap aja over packing, serasa semua baju mau dibawa, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ery deh, klo yg di packing kebanyakan pastimi tdk cukup hehee. tapi namanya perempuan yah, takut tidak lengkap kostum jadinya kepikiran bawa inilah, bawa itulah hehee

      Hapus
  9. Betul tu. Kalau tak packing barang dengan betul beg akan penuh.

    BalasHapus
  10. Paling susah waktu packing itu adalah memutuskan mana yang wajib dibawa dan mana yang dibawa sukur, nggak ya gpp.

    Akhirnya tas lebih cepet penuh gara2 kebanyakan barang ga penting.

    Atau malah sebaliknya, menderita di tempat tujuan karena ngga bawa yang harusnya dibawa.

    BalasHapus

About Me

Like us on Facebook