Jumat, 03 November 2017

Melirik Peran Astra Grup Dalam Pelayanan Kesehatan Di Kota Makassar

Sumber foto: dokumen pribadi

“Menjadi perusahaan yang mempunyai tanggungjawab sosial di
 bidang kesehatan dan lingkungan adalah salah satu visi dari PT. Astra International”.

Makassar adalah Ibukota Provinsi Sulawesi Selatan yang mengalami transformasi paling pesat di kawasan Indonesia Timur.   Pertumbuhan ekonomi Makassar yang yang menurut Badan Pusat Statistik (BPS) mencapai rata-rata 8,5 persen per tahun, jauh di atas pertumbuhan ekonomi Nasional yakni 5,9 persen.  Ini berarti Makassar berpeluang  untuk dilirik oleh para investor dari berbagai perusahaan termasuk PT. Astra International.

Bukan hanya itu, Makassar juga merupakan pintu gerbang utama Indonesia Timur sehingga menjadi daerah tujuan utama karena seluruh rute tujuan di bagian Indonesia timur harus melalui Makassar baik udara maupun laut.  Hal inilah yang menjadikan Makassar menjadi masa depan Indonesia bagian timur.

Peningkatan laju pertumbuhan ekonomi kota Makassar, juga dibarengi dengan meningkatnya laju pertumbuhan kendaraan bermotor yang terbilang pesat. Tiap tahun tercatat pertambahan puluhan ribu kendaraan bermotor yang mengaspal di jalan. Pesatnya pertumbuhan kendaraan di kota makassar inilah yang menjadi salah satu pemicu meningkatnya pencemaran udara.

Keberadaan kendaraan merupakan salah satu hal terpenting dalam mendukung keberhasilan seseorang dalam menjalankan aktivitasnya. Namun, selain memberi kemudahan bagi manusia, sebuah kendaraan juga bisa memberikan dampak negatif bagi lingkungan. Salah satu dampak negatifnya adalah sisa bahan bakar dalam bentuk asap merupakan polusi udara yang mencemari udara bersih disekitar manusia yang bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan manusiaSemakin meningkatnya pencemaran udara maka akan semakin mengancam kesehatan manusia.

Dampak yang ditimbulkan dari pencemaran udara terhadap kesehatan manusia seperti penyakit asma, bronchitis, anemia, penurunan kecerdasan (IQ) anak-anak, dan terganggunya fungsi reproduksi serta dampak pencemaran udara terhadap lingkungan seperti pemanasan global (global warming).

Fenomena diatas menggelitik PT. Astra untuk terus konsisten memberikan manfaat kepada lebih banyak penerima manfaat di seluruh nusantara.  Salah satu manfaat yang diberikan dalam bentuk tanggungjawab sosial melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) adalah pelayanan kesehatan .  Melalui program CSR ini,  astra berharap bisa menjadi lebih inspiratif dan menjangkau lebih banyak penerima manfaat.


Astra menyadari kesehatan merupakan bagian penting dari kesejahteraan masyarakat mengingat dengan meningkatnya upaya kesehatan maka produktivitas kerja akan meningkat, kesehatan masyarakat terlindungiAstra memfokuskan CSR pada kesehatan ibu dan anak serta akses kesehatan bagi lapisan masyarakat pra-sejahtera.  Astra untuk indonesia sehat diterapkan melalui mobil kesehatan Astra (Mokesa), Pos Pelayanan Terpadu (posyandu), dan berbagai rangkaian kegiatan donor darah. 

Pada tahun 2017 ini, Astra genap berusia 60 tahun.  Inspirasi 60 tahun Astra, Astra kembali fokus kepada apa yang telah di cita-citakan yaitu “sejahtera bersama bangsa” sebagai sebuah entitas usaha.  Astra berbagi kesejahteraan kepada lebih banyak masyarakat indonesia melalui 4 pilar CSR Astra yang semuanya bertujuan agar masyarakat memperoleh kehidupan yang lebih baik di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan dan kewirausahaan.
Sumber foto:  www.astra.co.id

Inspirasi Astra Bersama M
asyarakat Dalam Meminimalisir Pencemaran Udara

Dalam hubungannya dengan pencemaran udara, Astra mengajak warga masyarakat agar maksimal memelihara lingkungan sekitar sebagai langkah cerdas meminimaisis pencemaran udara akibat kendaraan bermotor yang dapat mengganggu kesehatan manusia.

Sebagai penghuni bumi, kita sebaiknya menjaga lingkungan dengan melakukan upaya-upaya untuk meminimalisir pencemaran udara yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia seperti bronchitis, anemia, dan lain-lain. Upaya meminimalisir pencemaran udara dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut: 
1.      Penghijauan
Setiap masyarakat mempunyai hak yang sama atas kondisi lingkungan yang layak dan baik untuk tinggal dan berkembang biak.  Astra melalui program CSR nya juga telah melakukan Astra Green Lifestyle yaitu kampanye promosi kegiatan ramah lingkungan yang melibatkan masyarakat karena masyarakat adalah bagian dari lingkungan tersebut. Astra melakukannya secara aktif serta mengajarkan atau menginspirasi sekitarnya.
2.      Menjaga Keseimbangan Lingkungan
Setiap orang berkewajiban memelihara kelestarian, menjaga keseimbangan lingkungan dari kerusakan yang sering kali disebabkan oleh manusia yang tidak bertanggung jawab demi menguntungkan diri sendiri dan mengorbankan orang lain sehingga mengakibatkan penderitaan pada umat manusia yang berkepanjangan, dengan ulah manusia yang menggunduli hutan mengakibatkan persediaan air di alam menjadi terbatas dan setiap musim kemarau selalu mengalami kekeringan, dan setiap musim hujan selalu kebanjiran. Dalam hal ini setiap masyarakat harus menjaga keseimbangan lingkungan demi masa depan.
3.      Penggunaan Kendaraan Ramah Lingkungan
Masyarakat juga dapat meminimalisir pencemaran udara dengan menggunakan mesin kendaraan yang hemat bahan bakar dan bisa meminimalir jumlah produksi polusi dalam sebuah pemakaian kendaraan, misalnya dengan menggunakan PGM-FI (Programed Fuel Injection).  PGM-FI adalah salah satu produk yang dikembangkan oleh Astra Honda Motor dalam upaya menjaga kestabilan lingkungan.  Penggunaan kendaraan yang baik juga dapat dilakukan dengan perawatan yang rutin, dengan perawatan yang rutin sebuah kendaraan dapat terkontrol pemakaiaannya dan dapat menghasilkan jumlah polutan yang tidak terlalu banyak.  


Astra Bekerjasama Dengan Pemerintah Kota Makassar Dalam Pembinaan Kampung Berseri Astra (KBA)

PT. Astra International bekerjasama dengan pemerintah kota Makassar telah melakukan banyak hal.  Salah satunya adalah pembinaan beberapa Posyandu di beberapa lokasi yang tersebar di kota Makassar dan sekitarnya.  Bentuk kerjasama lainnya dengan pihak pemerintah dapat dilihat pada uraian berikut ini:

1.      Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu)
Astra bekerjasama dengan pemerintah kota Makassar juga melakukan pembinaan kepada beberapa Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang tersebar di kota makassar.  Selain membantu masyarakat dalam pelayanan posyandu, astra juga turut menggerakkan ibu-ibu  dengan terlibat langsung dalam membantu pelayanan di posyandu. Selain posyandu astra grup di kota makassar juga poskeskel yaitu pos kesehatan kelurahan dimana masyarakat yang ingin berobat dengan tiba bisa mampir ke poskeskel dulu sebelum lanjut
2.      Donor Darah
Donor darah sudah menjadi agenda tahunan PT. Astra International sebagai bentuk kepedulian kepada seluruh masyarakat indonesia.  Khusus memperingati 60 tahun Astra, Astra melakukan terobosan baru dengan donor darah sebanyak 6000 kantong untuk seluruh nusantara.  Makassar sendiri di target sebanyak 600 kantong darah.  Hari ini 3 November 2017 sedang berlangsung donor darah di Astra Motor Alauddin Makassar.
Sumber foto: dokumen pribadi



3.      Poskeskel (Pos Kesehatan Kelurahan)
Poskeskel pada awalnya adalah sebuah gedung milik masyarakat yang di rehabilitasi oleh Astra Grup.  Kini gedung tersebut bisa digunakan oleh warga kota makassar untuk pelayanan pengobatan pertama sebelum lanjut berobat ke rumah sakit atau puskesmas.  Seluruh fasilitas pada Poskeskel ini di bawah binaan Astra dan pemerintah
Sumber foto: http://makassar.tribunnews.com/

4.      KBA (Kampung Berseri Astra)
Kampung Berseri Astra adalah kampung binaan Astra Grup yang terletak di wilayah Rappocini, Makassar.  Khusus untuk daerah binaan Makassar, ini terbilang lain dari kampung binaan Astra lainnya yang tersebar di seluruh nusantara.  Kampung binaan Astra di Makassar terletak di dalam kota Makassar bukan daerah luar kota.  Salah satu alasannya adalah ingin mengubah mindset orang-orang bahwa wilayah rappocini bukan wilayah yang ditakuti akibat sering terjadinya perang antar kelompok seperti yang sering terjadi beberapa waktu yang lalu.  Tetapi setelah hadirnya Kampung Berseri Astra, Rappocini adalah daerah yang patut diacungi jempol.
5.      Generasi Sehat Indonesia
Nah untuk #generAKSISEHAT ini, dalam waktu dekat Astra Grup akan membagikan 6000 kacamata di seluruh nusantara.  Sementara untuk Sulawesi Selatan termasuk Makassar akan memperoleh kacamata sebanyak 600 buah yang akan dibagi-bagika ke daerah-daerah termasuk ke pulau kodingareng dan pulau samalona.  Aksi bagi-bagi kacamata juga sudah pernah dilakukan oleh Astra di seluruh nusantara.

Khusus untuk Mobil Kesehatan Astra (Mokesa), Astra telah mengadakan pengobatan gratis bagi warga yang sakit melalui Mobil Kesehatan Astra (Mokesa) di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Mokesa memberikan bantuan berupa pemeriksaan dan pengobatan secara gratis kepada warga masyarakat yang membutuhkan bantuan kesehatan dan pengobatan.
 
Sumber foto: aisyahreyzz.blogspot.co.id
Sebuah langkah cerdas dari Pemerintah kota Makassar  dengan memberikan pelayanan kesehatan berupa Dottoro’ta Home Care yaitu mobil kesehatan yang akan mengunjungi warga masyarakat yang sakit.  Dottoro’ta Home Care dilengkapi dengan fasilitas medis yang canggih yang siap melayani masyarakat.

Sumber foto: www.astra.co.id



Tulisan Ini Diikutkan Pada Lomba Blog Inspirasi 60 Tahun Astra
#Astra60Makassar

Daftar referensi: 


88 komentar:

  1. Wahh.. keren artikelnya kak abby.. thanks for sharing :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Evhy, hal2 baik memang patut di share ya

      Hapus
  2. Juara nih. Ternyata banyak ya peran Astra khususnya di bidang sosial, kesehatan dan kingkungan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.
      Masih ada satu lagi rif, di bidang kewirausahaan.

      Hapus
  3. Wuih... Keren banget nih artikel ��

    BalasHapus
  4. banyak juga peran astra untuk masyarakat ya. tempat tinggalku rappocini banyak sekali perubahan sejak masuk Astra

    btw semoga menang lomba blognya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Nhie... byk sekali peran Astra dri segi tanggungjawab sosialx.

      Terima kasih dah doain menang lomba

      Hapus
  5. Alhamdulillah, semoga Astra bisa selalu menjadi inspirasi buat semua 😊

    BalasHapus
  6. Terima kasih untuk artikel menariknya kak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2. Makasih juga ya sdh mampir

      Hapus
  7. Hebat mmg lettingku yg satu nic...smoga kedepannya mash bnyak lg tulisan2 yg jauh lbih bgus dan mash bnyak lg prusahaan sprti astra yg pduli ttg kesehatan dan lingkunga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.... kita berharap kedepannya nanti astra makin menginspirasi

      Hapus
  8. luas biasa keren banget kak Abby... Tulisan kakak menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang besar nya kepedulian astra dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. We love Astra

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyyee dek. Itulah sisi baikx berbagi info yg positif. Akhirnya jdi tahu ttg kepedulian Astra thdp masyarakat

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Astra menginspirasi.., artikelnya kaya dengan informasi ka' :)

    BalasHapus
  11. Kereeeen. Jadi tau banyak tentang peran Astra dalam ikut serta menjaga lingkungan. Salut dengan deh.

    Btw, baru tau ada kampung binaan Astra. Wiiih ... jempol. Semoga daerah binaan Astra jadi percontohan bagi lingkungan lainnya. Semoga akan muncul kampung-kampung binaan lainnya.

    Mantaaaaap tulisanta say πŸ˜‰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... sy juga berharap makin banyak kampung yg menjadi binaan Astra Grup

      Hapus
  12. Kereeeen. Jadi tau banyak tentang peran Astra dalam ikut serta menjaga lingkungan. Salut dengan deh.

    Btw, baru tau ada kampung binaan Astra. Wiiih ... jempol. Semoga daerah binaan Astra jadi percontohan bagi lingkungan lainnya. Semoga akan muncul kampung-kampung binaan lainnya.

    Mantaaaaap tulisanta say πŸ˜‰

    BalasHapus
  13. Tulisan yang luar Biasa...... Mantap....

    BalasHapus
  14. Tulisan yang luar Biasa...... Mantap....

    BalasHapus
  15. Baru tau astra punya kegiatan sosial rutin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... salah satunya donor darah yg sdh terprogram setiap tahunnya

      Hapus
  16. Ternyata banyak juga ya program csr yang sudah dijalankan oleh Astra motor.
    Keren Ka tulisannya, informatif banget πŸ‘.

    BalasHapus
  17. Keren nih kak Abby. Turun langsung ke lapangan. Top! Jadi bisa melihat langsung bagaimana peran Astra yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dek.. acara donor darah kemarin kk langsung ke TKP 😊

      Hapus
  18. Informatif kak πŸ‘πŸ‘, semoga astra senantiasa tetap mengedapankan unsur sosial

    BalasHapus
  19. Wah... banyak ya CSR Astra ternyata. makasih infonya..

    BalasHapus
  20. sebagai salah satu perusahaan penyedia otomotif yang besar, Astra memang harus melakukan kegiatan2 yang berhubungan dengan kesehatan seperti itu. Karena bagaimanapun, otomotif sering dituding sebagai penyumbang polusi terbesar.

    sukurlah kalau Astra memang punya banyak kegiatan rutin yang bersifat sosial, utamanya di bidang kesehatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyye Daeng Ipul, Astra Grup di Makassar banyak melakukan kegiatan2 sosial bekerjasama dgn pemkot. Berharap ini bisa berkelanjutan dan lebih bagus kedepannya.

      Hapus
  21. Alhamdulillah yah ada kepedulian Astra di Makassar. Moga semuanya makim Baik dan Astra makim top

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah yah ada kepedulian Astra di Makassar. Moga semuanya makim Baik dan Astra makim top

    BalasHapus
  23. Kepedulian perusahaan sebesar Astra pada program kesehatan melalui CSR nya memang tepat sasaran dan sejalan dengan program kota Makassar yang sedang bergiat di segala aspek kota menjadi kota yang smart, kota yang nyaman di huni termasuk menjadi kota yang memberi perhatian khusus pada kesehatan penghuninya.
    Informatif sekali tulisannya kaka Abby, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Berharap ledepannya Astra dan pemkot makin gencar membawa makassar menuju kota dunia

      Hapus
  24. Salut banget sama perusahan besar yang peduli issue kesehatan pada masyarakat;:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga program Astra Grup kedepannya makin memberikan manfaat ke lebih banyak org lagi

      Hapus
  25. Keren astra grup. CSRnya bgs pesyli dgn kesehatan masyarakat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berharap Astra Grup makin memperluas jangkauan layanannya untuk masyarakat terutama di bid. Kesehatan

      Hapus
  26. Keren artikel nya kk, informasi nya luar biasah

    BalasHapus
  27. Artikelnya keren menambah wawasan baru terkait CSR yg dilakukan Astra Group. Mantap ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Isdar. Kepedulian Astra patut diacungi jempol

      Hapus
  28. Bagus sekali ya kak csr astra, kampung berseri astranya luar biasa. Tulisannya bagus dengan reportase yang mantap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Atk... semoga makin banyak kampung berseri binaan Astra di kota Makassar

      Hapus
  29. Kak abby nullis artikelnya keren, bisa ! Hehehhe mantap tentang informasinya mengenai CSR dari PT astra, akhirnya saya jd tau gitu... goodluck kak abby semoga postingannya dpt apresiasi terbaik 😘

    BalasHapus
  30. Program CSR Astra Company sebaiknya juga memberdayakan pada pemakaian sumber energi terbarukan yg tdk lagi berbahan fosil spt pemakaian etanol yg hibrid dan ramah lingkungan. Juga pemakaian limbah plastik untuk didaur ulang menjadi bbm, tentu saja ini berdampak terhadap penurunan sampah limbah plastik dan pencemaran lingkungan. Semoga kedepan Astra sebagai perusahaan otomotif terkemuka bisa membuka terobosan untuk pemakaian bahan bakar alternatif melalui program CSR.

    Mantap Bu Abby...Selamat. Maju terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih.. semoga kedepannya Astra terus berinovasi.

      Hapus
  31. Program CSR Astra Company sebaiknya juga memberdayakan pada pemakaian sumber energi terbarukan yg tdk lagi berbahan fosil spt pemakaian etanol yg hibrid dan ramah lingkungan. Juga pemakaian limbah plastik untuk didaur ulang menjadi bbm, tentu saja ini berdampak terhadap penurunan sampah limbah plastik dan pencemaran lingkungan. Semoga kedepan Astra sebagai perusahaan otomotif terkemuka bisa membuka terobosan untuk pemakaian bahan bakar alternatif melalui program CSR.

    Mantap Bu Abby...Selamat. Maju terus.

    BalasHapus
  32. Keren kak.. Semoga menjadi inspirasi bagi banyak perusahaan besar lainnya untuk terus berkontribusi melalui dana sosial yang mereka miliki.. Good luck

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah. Amin.. terima kasih

      Hapus
  33. Mantap ulasannya kak. Tentang ASTRA ternyata selain bisnisnya yang besar, program CSRnya pun besar ya. Sukses πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ery... Astea telah byk merealisasikan program csr nya untuk membantu masyarakat

      Hapus
  34. Astra menginspirasi banget, kegiatan untuk masyarakat cukup banyak ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ev.... banyakmhal.yg telah di lakukan astra untuk kepentingan masyarakat.

      Hapus
  35. Astra memang perusahaan yg mantap,semoga semakin matang usianya terus bisa support membangun Makassar kota yang banyak Potensinya .

    Thank you kak Abby untuk tulisannya, kereen ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mba Nik telah mampir. Semoga Makassar melaju bersama astra dgn merealisasikan program pro rakyat yg bekerjasama dgn pemkot

      Hapus
  36. Senang sekali kalo banyak perusahaan nasional yang mulai menjalankan CSR dengan tepat sasaran. Sekretariat Lemina kebetulan di Rappocini. Di salah satu lorong binaan Astra. Saran saya, mungkin Astra lebih mengajak ke masyarakat tuk memastikan keberlangsungan bantuannya. Misalnya, pot pot yang dulunya dipajang bersama, sebaiknya pemeliharaannya diteruskan oleh masyarakat. Minimal mendorong warga bergantian menyiram tanaman di lorong-lorong binaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya unga. Berharap masyarakat juga bisa bertanggungjawab atas apa yangvtelah di berikan oleh astra yang belerjasama dgn pemkot. Merawat apanyg sudah ada misalnya.

      Hapus
  37. Nggak nyangka, ternyata banyak banget program sosial yang dilakukan oleh Astra. Salut !

    Salame kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Solfala. Iyaa... Astra telah banyak melakukan hal2 positif untuk rakyat. Semoga berkelanjutan.

      Hapus
  38. Wah lengkap bngt nih tulisannya kak abby.. makasih juga sudah pakai infografis aku di blog kak abby :D

    BalasHapus
  39. Berharap Mokesa juga bakal ada di Makassar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga berharap demikian Yunda...

      Hapus
  40. Salut deh buat Astra selain bisa memudahkan segala pekerjaan manusia, juga ikit memanusiakan manusia dengan menjalin kerjasama di bidang kesehatan. Boleh nih ditiru sama perusahaan yang berkecimpung di bidang otomotif.

    Mungkin di kesempatan lainnya di kota atau kabupaten lainnya juga di buatkan program yang sama biar semua kalangan merasakan manfaatnya.

    Sukses ya buat Astra.
    Untuk kak abbyonety semoga tetap terus berkarya membagikan informasi yang bermanfaat untuk semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.... In Shaa Allah.
      Makasih dek

      Hapus
  41. Woow, ada event donor darah di Astra yah kemarin kak? Baru tau. Hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa.... saya ikutan loh 😊

      Hapus
  42. Bengkel astra yang di alauddin jadi tempat langgananku servis motor. Pelayanannya yahud dan tempat tunggunya nyamaann. Hihiho

    BalasHapus
  43. Beneran langkah cerdas buat kota Makassar. Kereeeen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Tari. Semoga Astra dan pemkot makin solid ya

      Hapus
  44. Alhamdulillah.. kesehatan masyarakat sudah menjadi fokus perhatian banyak pihak, termasuk Astra.. semoga gagasan yang dilakukan dapat menginspirasi secara luas.. Good Article Kak Abby :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.. semoga astra terus menginspirasi

      Hapus
  45. Keren, Astra menginspirasi yang lain untuk ikut andil dalam pembangunan masyarakat berkemajuan khususnya di bidang kesehatan...

    BalasHapus