Mengenang 30 hari Kepergian Ibu

21.38.00


Bagaimana perasaan anda jika: orang yang anda tuntun dalam sakratul maut itu adalah ibumu?, orang yang anda mandikan itu adalah ibumu?, orang yang anda kafani itu adalah ibumu?, orang yang anda sholati itu adalah ibumu?, dan orang yang anda kuburkan itu adalah ibumu?

Saya melewati semua proses tersebut di atas. Tahukah anda bagaimana perasaan saya kala itu hingga saat ini? 

#Jumat_08_September_2017, artinya hari ini, #08_Oktober_2017 sebulan telah berlalu.
Masih hangat terasa kala itu, tangisan kepedihan memecah kesunyian subuh di Rumah Sakit Tentara #PelamoniaMakassar. Seketika saya merasa hidupku lumpuh total. Dunia rasanya terbalik.

Alunan adzan subuh mengiring kepergian #IBU Kupasrahkan diri pada keputusan ALLAH SWT yang Maha Pengampun, Maha Penyayang. Ibu tersenyum cantik sekali. Belum pernah saya melihat Ibu tersenyum secantik ini. Senyum yang melahirkan sejuta tangis dari orang-orang di sekeliling Ibu.


Perih ini, luka ini, tangis ini pecah di atas sajadah biru sesaat setelah hembusan nafas terakhir IBU. Jasad ibu masih hangat, saya merintih perih yang teramat sangat. Dengan sisa kekuatan yang kumiliki, kusandarkan diri pada ILAHI dalam sujud subuhku. Saya percaya akan kekuatan do"a. Kupanjatkan do'a bersama linangan air mata kepedihan. Kepedihan yang selalu kubawa dengan ucapan asma Allah.

Sadar sepenuhnya bahwa yang hidup pasti akan mati. Dari yang tiada menjadi ada lalu kembali tiada. Inilah proses alamiah kehidupan yang telah menjadi ketetapanNYA. Siapapun dia takkan mampu melawan takdirNYA

Tentang Ayah.....
Tenang disana ya Bu... saya akan menjaga ayah di bumi. Dan.... Ibu tetap ada di setiap nafasku, dalam do'aku.



Sebenarnya ini bukan tentang kematianmu, bukan itu. Karena aku tahu bahwa semua yang ada pasti menjadi tiada pada akhirnya, dan kematian adalah sesuatu yang pasti, dan kali ini adalah giliranmu untuk pergi, aku sangat tahu itu.
Tapi yang membuatku tersentak sedemikian hebat, adalah kenyataan bahwa kematian benar-benar dapat memutuskan kebahagiaan dalam diri seseorang, sekejap saja, lalu rasanya mampu membuatku nelangsa setengah mati, hatiku seperti tak di tempatnya dan tubuhku serasa kosong melompong, hilang isi.
Kau tahu sayang, rasanya seperti angin yang tiba-tiba hilang berganti kemarau gersang.
Selamat jalan, kau dari-Nya, dan kembali pada-Nya, kau dulu tiada untukku dan sekarang kembali tiada.
Selamat jalan sayang, cahaya mataku, penyejuk jiwaku, selamat jalan calon bidadari surgaku.
- B.J Habibie

We love you Ayah....
Ayah...... yang kuat selalu yahhttps://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/f68/1/16/1f495.png
💕https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/f68/1/16/1f495.png💕
Kami selalu ada untuk Ayah
https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/f55/1/16/1f607.png😇
#PelukAYAHku


YA ALLAH... Tuhan yang maha pengasih dan maha pengampun. Ampuni dosa ibuku, terimalah amalan kebaikannya. Terimalah ibuku disisiMu, berikanlah tempat terbaikMu, tempatkan ibuku di jannahMU. Aamiin.... Ya Rabbal alamin
In Shaa Allah kami ikhlas bu.
#AL_FATIHAH

You Might Also Like

20 komentar

  1. kak abbyy....
    nangis baca ini,, saya membayangkan ketaksanggupan kalau hal ini kejadian sama saya .... Allahu Rabbi...

    alfatihah untuk almh Ibu ta...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.... Allahumma Aamiin..
      Makasih dek Qiah

      Hapus
  2. Kak, sedih bacanya 😭 gak bisa bayangkan kalo saya yang alami ini...
    Semoga almarhumah ibunda mendapat tempat yang layak di sisi Allah SWT. Aamiiin 🙏

    BalasHapus
  3. Aku juga suka inget almarhum papaku.. Gak sempat memberikan permintaan terakhirnya , sampai sekarang masih berasa nyesel walaupun sudah 11 tahun meninggalnya. . Tetep sedih, tetep kangen. Kangen bangett

    BalasHapus
    Balasan
    1. Al-fatihah buat.almarhum bapaknya mba...

      Hapus
  4. Aku jadi ingat ayah sehabis baca ini, walaupun bersama beliau cuma sebentar tapi sampai sekarang kenangannya masih lekat di hati...

    BalasHapus
  5. Moga segala amal ibadah ibu diterima Allah ya Mbak. Saya ngerasa terenyuh banget pas lihat foto bapaknya Mbak yang termenung di tepi makam. Ikut sedih ngelihatnya.

    BalasHapus
  6. Ibunda Daku juga sudah menghadap Allah Swt. Semoga ibundaku dan ibundanya Bunda Abby diampuni segala dosa danbmendapat tempat yang indah di sisi Allah Swt.

    BalasHapus
  7. Masya Allah aku aja di ingat almarhum Ibuku.. Yang sabar ya mbak

    BalasHapus
  8. Ya Allaaahhh nangis aku bacanya mva. Dan sesaat teringat ayah yang juga telah berpulang.
    Semoga mereka-mereka yang telah kembali mendahului kita mendapat tempat terbaik di sisi Allah Swt. Aamiin

    BalasHapus
  9. Duh jadi sedih Mba... Semoga ibunya mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT ya Mba... Tulisannya jadi mengingatkan saya sama ibu yg sudah sepuh, tapi saya ga sering menyempatkan nengok hiks...Mudah2an next bs lebih sering bareng ibu saya :)

    BalasHapus
  10. Mbak aku jd mewek baca ini :(
    Ortuku tinggal jauh dan aku jd kangen ma mereka :(
    Bingung nih mau komen apalagi, semoga bapaknya selalu sehat dan almarhumah ditempatkan di sisi-Nya yang terbaik ya mbak aamiin

    BalasHapus
  11. Sedih bangat bacanya Mba, semoga Ibunda bahagia di sisiNya. Dan semoga Bapaknya sll sehat ya Mba. Tetap semangat!

    BalasHapus
  12. Innalillahi wainna ilaihi rojiun...

    BalasHapus
  13. Aku berebes mili bacanya kak. Sedih banget. Doa trbaik untumu dan keluarga ya kak

    BalasHapus
  14. Semoga yang terbaik untuk ibunya ya Mba... juga untuk keluarga yang ditinggal... semoga waktu menjawab setiap kegelisahan yang ada,,.

    BalasHapus
  15. Baca ini aku jadi inget almarhum abahku juga mbak. Jadi kangen. Coba kalau beliau masih ada, mesti seneng banget karena sudah punya cucu.


    Semoga kita yang ditinggalkan oleh orang-irang yang kita sayangi, bisa selalu tabah dan kuat. Dan tidak lupa berdoa

    BalasHapus
  16. Semoga amal beliau diterima mbak, yg penting banyakin doa. Saya jg kehilangan sosok bapak.

    :(

    BalasHapus
  17. Nggak tega lihat foto bapaknya mba. Sediiihhh ngebayanginnya. Kehilangan pasangan hidup yang sudah berpuluh tahun berbagi rasa, dalam berbagai keadaan ya.

    Semoga ibu mba khusnul khatimah
    Semoga bapak mba diberi ketegaran hari
    Semoga mba pun diberikan banyak kesabaran

    Turut berduka cita ya mba.

    BalasHapus

About Me

Like us on Facebook