Kamis, 28 September 2017

Sosialisasi Branding Destinasi Wisata Makassar Oleh Kementerian Pariwisata RI


Hellooo..... Makassarku? Aga Karebata? Baji-baji jeki?.  Kali ini saya, Abby Onety datang menyapa melalui tulisan seputar dunia ke-pariwisata-an.   Eh, sudah tahu blom sih klo baru-baru ini Makassar termasuk salah satu dari 10 destinasi wisata yang telah di-branding oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia untuk mendukung brand Wonderful Indonesia? Alhamdulillah ya guys, and siap-siap aja karena kita bakal banyak menerima kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara.
_@@@_
Kamis, 31 Agustus  2017. saya bersama 2 orang teman blogger lainnya yaitu Awie dan Eryvia meluncur ke Hotel Aston yang beralamat di Jln Sultan Hasanuddin, Makassar untuk menghadiri undangan dari Dinas Pariwisata Kota Makassar yang bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, menggelar acara dengan tema “Sosialisasi Branding Destinasi Makassar (Explore Makassar)”.  Acara ini di hadiri oleh segenap pejabat dan instansi pemerintah di ruang lingkup kepariwisataan serta para awak media dan blogger.

Tepat pukul 09.00 saya tiba di Hotel Aston langsung masuk registrasi lanjut coffee morning bersama peserta lainnya.  Acara yang dimulai dari pukul 09.00 sampai 15.00 ini, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.  Ada rasa yang sulit saya gambarkan tiap kali menyanyikan lagu kebangsaan ini. Jiwa nasionalisme semakin terpatri dalam ragaku.  Mendengar lagu ini, rasanya semakin termotivasi untuk melakukan sesuatu  terhadap bangsa ini.  Apa yang telah saya dan  kalian lakukan untuk bangsa ini? Mari berbuat sesuatu!

Menjawab pertanyaan ini gampang-gampang susah bukan?  Melakukan sesuatu yang saya maksud di atas, salah satunya adalah turut andil mensosialisasikan Kota Makassar sebagai destinasi wisata  dengan brand Explore Makassar yang turut mendukung brand Wonderful Indonesia.  Apakah itu cukup? Tentu saja tidak bukan?.  Kita juga harus mampu menjaga dan terus melestarikan unsur budaya termasuk tari-tarian yang menjadi aset bangsa ini.  Seperti yang dilakukan oleh Sanggar Sejati yang turut memeriahkan acara sosialisasi brand destinasi Makassar ini dengan menampilkan tari-tarian Karannuang/Paraga.


Explore Makassar
Explore Makassar adalah brand destinasi wisata untuk Kota Makassar dalam kepariwisataan.  Branding adalah kekuatan interaksi dari sebuah merk. Brand atau merek tidak bisa dipisahkan dari jualan itu sendiri demi untuk menjual pariwisata.  Tujuan branding ini adalah untuk menyelaraskan sub-brand (branding destinasi) dengan master-brand (wonderful indonesia).  Branding destinasi ini telah dilaunching pada 14 Juni 2017 lalu di Ballroom Susilo.  Pemkot mencanangkan 2017 adalah tahun pariwisata.  Keputusan ini untuk mendatangkan para wisatawan  sebesar 17.000 wisatawan mancanegara yang siap mengexplore Makassar. 

Saat ini ada 10 brand destinasi wisata di Indonesia yang termasuk dalam brand Wonderfull Indonesia.  Kementerian pariwisata  RI akan menempatkan nama Explore Makassar sebagai bagian dari Wonderful Indonesia. Bali The Island of Golds, Frendly Lombok, Exlplore Makassar, Colorful Medan,  Wonderful Riau Island, Stunning Bandung, Coral Wonder (Bunaken, Wakatobi, Raja Ampat), Majestic Banyuangi, Enjoy Jakarta dan Java Cultural Wonders.  Kesepuluh ini kota ini di-branding untuk mendukung brand Wonderful Indonesia.


Walikota Makassar Muh. Ramadhan Pomanto dalam sambutannya yang diwakili oleh Asisten II Kota Makassar, Kusayyeng memberikan pandangannya tentang bisnis pariwisata saat ini harus memiliki brand yang kuat agar bisa memikat hati para wisatawan lokal maupun mancanegara.  Oleh karena itu, untuk mengharapkan logo baru branding Explore Makassar bisa menjadi unggulan destinasi  wisata di Kota Makassar.  Kusayyeng berjanji setiap tahunnya Makassar akan menggelar acara sebagai bentuk promosi wisata Kota Makassar.  Melalui explore makassar diharapkan kunjungan wisatawan ke Kota Makassar akan meningkat dari tahun ke tahun karena setiap tahunnya segenap pemangku kepentingan Kota Makassar menggelar acara promosi Makassar.  Salah satunya adalah Event Makassar F8 yang telah dilaksanakan untuk kedua kalinya.


Maksud dibuatnya event ini adalah untuk menyelaraskan sub-brand dengan master-brand wonderful Indonesia sebagai bagian umum promosi agar ada sinergi antara pusat dan daerah untuk bersama-sama mempromosikan pariwisata indonesia kepada dunia. Asisten pengembangan pariwisata mancanegara yang diwakili oleh Elisabeth Hutagaol, Kabid Komunikasi Media Ruang Asdep Pengembangan Komuniasi Pemasaran Pariwisata Mancanegara mengatakan bahwa dengan intensnya promosi destinasi wisata indonesia di mata dunia, maka pada tahun 2017 ini  indonesia menduduki peringkat 47 sebagai destinasi terbaik dunia mengalahkan Thailand dan Malaysia yang masing-masing menduduki peringkat ke 83 dan 93. 


Melalui event ini diharapkan dapat menyatukan potensi yang sangat besar diantara para pelaku UKM dan semoga dapat memberikan kontribusi besar bagi kota makassar sehingga makassar 2 kali tambah baik.  Makassar menuju kota dunia yang nyaman untuk semua.

Nara Sumber yang hadir dalam acara ini ada Laila Chairi, M.Si (Implemantation of Makassar “Explore Makassar” Brand).  Seorang dosen komunikasi perguruan tinggi di jakarta yaitu STAN jurusan komunikasi bisnis  yang saat ini menambah aktivitas sebagai hobby baru yang menekuni dunia desainer.  Laila memaparkan tentang logo phinisi yang dipilih pada explore makassar melambangkan kekayaan bahari, penghubung antar daerah di sulsel .  Selain itu, phinisi juga sarat akan nilai sejarah.  Tidak hanya untuk negara Asia tetapi Explore Makassar akan memperkenalkan destinasi wisata makassar sampai ke negara-negara Eropa.


Dr. Hery Margono (Acceleration of Explore Makassar).  Menurutnya ada 3 hal yang perlu diperhatikan dalam memasarkan/branding yaitu, mindshare. Market share, dan heart share.  



4 komentar:

  1. Semoga dengan adanya logo Explore Makassar semakin menarik minat para wisatawan untuk berkunjung, mengeksplorasi kepariwisataan di kota kita tetcinta ini

    BalasHapus
  2. Keren ya Makassr masuk ke dalam 10 branding kota destinasi di wonderful Indonesia. Btw, Video wonderful Indonesia yang kemarin kita voting, menang dan jadi juara lho Ka.

    BalasHapus
  3. Makassar memang sudah sangat layak masuk dalam salah satu destinasi wonderful Indonesia bahkan dalam destinasi internasional. Dengan mulai dilakukan pembenahan pada infrastruktur yang menunjang fasilitas kepariwisataan, pelaku-pelaku industri kreatif, kesenian, budaya dan kuliner. F8 adalah salah satunya, Event berskala dunia.

    BalasHapus