Sabtu, 16 September 2017

Festival Makassar F8 Membawa Makassar Menuju Makassar Dua Kali Lebih Baik

Foto by Abby Onety
Siang itu, saya masih sibuk ngurusin mama di rumah sakit.  Setelah merasa semua sudah aman, mama pun sudah tertidur pulas, saya pamit sama Ayah dan adekku serta beberapa sepupu yang jagain mama di rumah sakit Pelamonia Makassar untuk menghadiri pembukaan “Makassar International Eight Festival and Forum 2017” di Anjungan Pantai losari. 

September 2017, Makassar kembali menuliskan sejarah atas keberhasilannya menggelar event bertaraf international dengan nama “Makassar International Eight Festival and Forum 2017”  yang lebih familiar dengan sebutan Makassar F8.  Event ini diselenggarakan mulai tanggal 6 sampai 10 September 2017 oleh Pemerintah Kota Makassar di Anjungan Pantai Losari Jl penghibur, Makassar.

Siang menjelang sore, saya meluncur bersama si Gray kesayanganku (Gray=Kendaraan) menuju Pesonna Hotel untuk bertemu dengan Mba Fifit Umul Nayla, teman blogger dari Jakarta.  Karena saya sedang memburu waktu, maka ku telepon mba Fipit yang baru saja cek in untuk menunggu depan hotel saja agar waktu yang tersisa sedikit bisa kita maksimalkan.

Akhirnya dari Pesonna Hotel, saya dan mba Fifit langsung menuju ke Hotel Aryaduta Makassar untuk mengikuti/menyaksikan langsung Penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) “Kerjasama Lintas Ekonomi antara Pemkot Makassar dengan Pemkot Yokyakarta, Pemkot Surakarta, dan Pemkot Tual yang sebelum itu, saya dan Fifit bertemu dengan salah satu Humas Pemkot untuk mengambil ID Card sebagai Media di lobby hotel Aryaduta.


Setelah penandatanganan MOU, kami bersama Walikota Makassar  Ir. Ramdhan Pomanto dan rombongan serta tamu-tamu dari negara lain langsung menuju panggung utama lalu trurun lagi ke belakang layar panggung untuk menyaksiman beberapa atraksi terkait dengan pembukaan resmi Festival Makassar F8 malam nanti.  Atraksi pesawat dari Jupiter Akrobat Team TNI Angkatan Udara, Aksi manuver dari tiga pesawat Jet Sukhoi dilanjutkan dengan terjun payung dari anggota TNI AU. Ada juga kapal Phinisi berlayar dengan megahnya yang didepannya ada penari Sky Air asal Swedia.
 
pic by Humas DPM-PTSP(foto2 Indoblognet)
Editing by Abby Onety
video


Open Gate Booth Makassar F8

Tahun 2016 kemarin, adalah event Makassar F8 yang pertama kali dilaksanakan.  Makassar F8 tersebut semakin menambah spirit baru untuk kita semua warga makassar agar bisa berbuat dua kali lebih baik lagi untuk makassar kita.  Pada open gate 2017 tahun ini ada peningkatan dari tahun sebelumnya.  Tahun 2017 ini, terdapat 226 booth yang terdiri dari 133 booth tenant kuliner (food), 30 booth fashion, ada juga perwakilan dari negara-negara lain yaitu 8 booth kedutaan negara-negara sahabat, 15 booth kota/kabupaten se-Indonesia, 20 booth sponsorship, dan 20 booth khusus kepanitiaan.

Sore harinya, mulai dari detik-detik atraksi pesawat Sukhoi dan atraksi lainnya, lokasi Makassar f8 telah lebih dulu disesaki pengunjung.  Baik pengunjung lokal maupun pengunjung dari luar Makassar maupun mancanegara. 
 
Blogger Makassar di Open Gate Booth F8
Makassar F8

Untuk lebih dekat dan mengenal lebih jauh mengenai Makassar F8, ada baiknya para pembaca memahami apa sih sebenarnya F8 yang dimaksud?.  Jadi, Makassar F8 adalah 8 tema yang diangkat pada festival ini dengan awalan huruf F, yakni Fashion, Fusion Music, Film, Font & Fiction Writer, Fine Art, FolkFlora & Fauna, serta Food & Fruit.
1.      FOOD & FRUIT
Food & Friut adalah salah satu F dari Makasar F8 yang akan menyajikan aneka macam makanan.  Mulai dari makanan tradisonal sampai ke makanan yang bertaraf Nasional dan International.  Cheff yang turut meramaikan adalah yang sudah punya nama di bidangnya.  Selain itu, ada juga yang berasal dari hotel-hotel berbintang di Makassar dan luar Makassar.  Aneka jajanan ada disini.
2.      FOLK
Folk bisa menjadi solusi bagi anda untuk berlibur bersama keluarga.  Bawa anak-anak anda  untuk nyantai bermain sejenak di area Makassar f8 ada  arena taman bermain secara gratis.  Disini anak anda akan mendengarkan cerita legenda yang menarik dan masih banyak lagi hal menarik lainnya.  Disini juga menghadirkan aneka kesenian tradisional tidak hanya dari Makassar tapi juga dari negara lain

3.      FLORA & FAUNA
Flora & Fauna menampilkan bernagai macam species tanaman yang cantik dan menarik seperti bonsai, terrarium dan lain sebagainya.  Selain tanaman, ada juga beberapa jenis hewan yang lucu seperti kucing dan burung hantu.
4.      FASHION
Fashion menghadirkan beberapa desainer kodang seperti Cintami Atmanagara dan masih banyak lagi desainer  lokal lainnya yang tak kalah hebatnya dalam menampilkan produk unggulan lokal seperti kain toraja, dan sutera bugis.
5.      FUSION MUSIC
Fusion Music siap menghibur kita semua dengan alunan lagu dan musik dari atas panggug.  Jadi yang suka musil, Fusion Music bisa menjadi pilihan anda setelah puas berkeliling ke beberapa booth di lokasi Makassar F8.    Hadir pula bandband artis ibukota salah stunya adalah  Band Ary Lasso
6.      FILM
Untuk pertunjukan film ini bisa dinikmati dengan lebih santai.  Menjalin keakraban sesama penonton. Bisa duduk selonjoran ngunyah kacang asyik sekali sambil menimati filmnya.  Beberapa film yang sempat tayang diantaranya adalah Cindolo Na Tape, Paotere, Molulo, Makassar Underground, Ati Raja, Silariang
7.      FONT & FICTION WRITER
Disini dunia literasi tempatnya.  Ada sharing session dengan para penulis. Saling brtbagi info dalam dunia kepenulisan, sastra dan budaya , ada juga baca puisi dan lomba menulis
8.      FINE ART
Menampilkan beberapa karya seni dari makassar. Ada juga workshop membatik

Pembukaan Resmi Festival Makassar F8

Pembukaan ini dimeriahkan oleh berbagai penampilan budaya khas kota Makassar. Mulai dari tari-tarian, fashion show, dan nyanyian dareah dalam rangka memperkenalkan budaya kota Makassar. Ada juga penampilan dari komunitas Difable dengan tema “I Have a Dream”. Ada juga penampilan 1000 Anak Bangsa dengan mengenakan pakaian adat Sulawesi Selatan.





 Manfaat Festival Makassar F8

Saya tidak bisa hadir lagi dihari kedua dan seterusnya.  Saya lebih fokus ke Mama yang terbaring di rumah sakit.  Seluruh waktu kucurahkan mendampingi Mama.  Tetapi saya tidak ketinggalan informasi dari teman-teman yang berada di lapangan. Dari informasi itu, saya dapat menarik kesimpulan bahwa:
1.       Bagi para pelaku kreatif di kota Makassar dan sekitarnya bisa menjadi ajang promosi hasil karya sekaligus meraup keuntungan dari transaksi jual beli.  Oleh kepala bidang Promosi Pariwisata Kota Makassar, menjelakan bahwa transaksi jual beli sudah mencapai Rp. 2,2 Milyar di hari kedua event ini.
2.        Pro terhadap PKL (Pedagang Kaki Lima) yang turut meraup keuntungan dari transaksi jual beli yang mungkin dari luar daerah untuk pembelian oleh-oleh khas Makassar
3.            Mendukung Explore Makassar sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara.
4.     Kehadiran negara-negara yang telah memastikan hadir seperti German, Switzerland, Jepang, India, Taiwan, New Zaeland, Thailand, Prancis, Kuwait, Georgia, Afganistan, Iran, Amerika Serikat, Singapore, Malaysia, Irak, Korea selatan, Inggris, Denmark, Belgia, Kanada, Afrika Selatan, China, menjadi peluang terjalinnya hubungan kerjasama yang baik dalam berbagai bidang.
5.            Saling memahami unsur budaya dari masing-masing negara melalui pertunjukan budaya dan Tari-tarian dari berbagai negara dan kabupaten kota se-Indonesia
6.        Hunian hotel di Makassar meningkat karena membudaknya pengunjung  Makasar F8 dari luar kota

Serba Serbi Makassar F8

1.      Festival F8 diselenggarakan berbarengan dengan 5 kegiatan besar ini: Sport event Flying Kite, Flying Board, Jetski, Indonesia Creative Cities Conference 2017 (ICCC 2017), dan Metro TV Fest 2017. Selain itu, ada banyak kegiatan lainyya seperti atraksi akrobatik pesawat sukhoi dan Jupiter
2.   Perjanjian kerja sama yang dimaksud adalah antara Duta Besar (Dubes) Perancis untuk Indonesia Jean-Charles Berthonnet bersama Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto. Penandatanganan kerja sama bidang saftey city ini dilakukan di atas sebuah kapal phinisi. Kerja sama tersebut melibatkan Engie Ineo Perancis, berkaitan dengan Teknologi Pengembangan Smart City. Engie Ineo adalah salah satu perusahaan terbesar di Prancis yang bergerak di bidang rekayasa listrik, informasi dan sistem komunikasi.
3.   Selain itu dilakukan penjajakan kerja sama dengan New Zealand untuk Energi Terbarukan, Georgia di bidang Pariwisata, dan Afganistan pada sektor Perdagangan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan apresiasi kepada Makassar F8 ini bahwa industri kreatif di kota ini, bernilai sangat komersial dan sangat kreatif tanpa meninggalkan unsur budaya. Kearifan lokal Makassar tetap berjalan seiring dengan nilai komersial yang ditawarkan.   Sementara itu, Wali kota Makasar, Danny Pomanto, mengakui rekor yang dicatat Makasar F8 tahun ini melebihi ekspektasinya. Awalnya, ia hanya menargetkan 1 juta pengunjung. Namun ternyata lebih dari yang diharapkan. Demikian pula nilai transaksi yang berhasil dicapai.


Akhir kata, terimakasih kepada Bapak Walikota Makasar sebagai pencetus ide lahirnya Makassar International Eight Festival and Forum 2017 semoga tetap jaya membawa Makassar Menuju Kota Dunia.  Tak lupa ucapan terima kasih kepada petugas kebersihan dan keamanan yang senantiasa menjaga kebersihan dan keamanan lokasi Makassar F8 selama event ini berlangsung. 

4 komentar:

  1. kalau orang luar baca blog kak abby tentang F8 pasti maaakin penasaran pengen segera ke F8 tahun depan deh ituuuu hehehehe

    BalasHapus
  2. Tidak pernah ada sebelumnya di Makassar acara sebesar ini yang melibatkan hampir seluruh pihak.
    Sukses Pak Danny Pomanto membawa Makassar 2❌➕✔

    BalasHapus
  3. Makassar jadi perbincangan dunia karena festival F8 ini. Semoga perekonomian Makassar jauh lebih baik. Destinasi wisatanya juga semakin rame.

    BalasHapus
  4. Banyak sekali hal positif di F8, setiap orang menuliskan hal-hal berbeda. Abby juga menuliskan hal berbeda. :)

    BalasHapus