Selasa, 21 Maret 2017

Start Your Online Business Now!


Setinggi apapun pangkat dan jabatan Anda, tetap anda sebagai karyawan atau bawahan.  Namun sekecil apapun usaha anda, namun Anda-lah BOSS-nya (Bob Sadino).

Kalimat motivasi dari Bob Sadino di atas mengandung arti yang cukup dalam dan sangat menginspirasi.  Secara tidak langsung mengajak kita melakukan sesuatu untuk  memulai usaha sendiri atau memulai bisnis yang mampu melibatkan beberapa orang.  Dari segi ekonomi, ini sangat bermanfaat untuk diri sendiri.  Manfaat lainnya adalah dapat merubah status seseorang dari pengangguran menjadi pekerja.

Pengangguran adalah salah satu masalah yang sedang dihadapi bangsa ini.  Coba lihat disekitar kita, ada berapa banyak orang yang membutuhkan pekerjaan.  So? Apakah kita akan tinggal diam melihat fakta ini?,  yang kemungkinan besar akan menebarkan virus kurang baik bagi lingkungan tempat kita berpijak.  Solusinya?

Judul tulisan diatas adalah salah satu bentuk challege dalam seminarAYO BERWIRAUSAHAyang diusung oleh ADEI (Asosiasi Digital Entrepreneur Indonesia) Sulawesi Selatan dalam rangka seminar sehari bersama para pengusaha muda dan calon pengusaha muda untuk wilayah Sulawesi Selatan.  Acara yang diselengggarakan pada tanggal 4 Maret 2017 di Ballroom Hotel Sahid Jaya Makassar ini di mulai dari pukul 8.30 sampai 17.00, ini  sangat diminati oleh banyak orang.  Hal ini terbukti sejak dimulainya acara dari season ke season tetap dipenuhi banyak orang, bahkan kursi yang disiapkan pun tidak cukup menampung para peserta seminar hingga acara berakhir.

Peserta yang hadir di acara ini bukan hanya yang berdomisili di kota Makassar tetapi juga banyak yang datang dari berbagai daerah misalnya dari Kabupaten Pinrang, Kabupaten Maros, Kabupaten Takalar, dan Kabupaten Bulukumba serta beberapa Kabupaten lain di Sulawesi Selatan.  Bukan hanya mereka yang benar-benar telah berkecimpun di dunia bisnis dan menekuni satu bidang usaha tetapi banyak juga mahasiswa yang baru mau buka usaha maupun yang telah merintis usahanya.  Hal ini menandakan bahwa banyak orang yang berminat melakukan bisnis tetapi masih perlu trip yang jitu untuk memulainya.  Bukan hanya itu, tidak sedikit diantara calon pebisnis yang masih membutuhkan keyakinan untuk memulai membidik suatu bidang usaha yang sesuai dengan passionnya.  Ini sangat penting sebab passion adalah salah satu faktor pendukung utama dalam kelancaran dan kesuksesan sebuah bisnis. 

Dalam seminar ini banyak sekali pemateri/pembicara yang dihadirkan oleh pihak penyelenggara yaitu ADEI.  Jadi dalam tulisan ini saya hanya menyimpulkan dari uraian mereka dan tidak menuliskannya satu per satu.

Di awal tulisan ini, saya menyinggung tentang bagaimana solusi untuk mengurangi jumlah pengangguran.  Yang jelas jangan menunggu lapangan pekerjaan disiapkan orang lain tetapi bagaimana cara supaya bisa menyiapkan lapangan kerja itu sendiri.  Mengasah skill menjadi orang yang lebih kreatif  dengan cara mengajak mereka berwirausaha adalah salah satu bentuk solusinya.  Skill  dan kerja keras harus dimiliki oleh seorang wirausahawan sebab keduanya sangat menunjang kesuksesan sebuah usaha dalam berbisnis.  Pantang menyerah dan terus berusaha hingga mencapai sukses.  Jangan takut gagal, kalaupun gagal harus berani bangkit lagi dan berusaha lagi.

Sulawesi Selatan merupakan provinsi urutan ke 5 dalam bidang ekonomi kreatif.  Anak muda memiliki peran penting dalam pengembangan usaha kreatifnya.  Salah satunya adalah dengan berbisnis secara online seperti yang banyak dipaparkan dalam event “Ayo Berwirausaha”.  Bisnis Online adalah suatu bidang usaha yang dikelola dengan berbasis internet.    Bisnis online sangat mudah dilakukan karena dapat di akses kapanpun dan dimanapun kita berada sepanjang masih dalam jangkauan jaringan internet.  Selain itu, bisnis online tidak banyak membutuhkan persiapan biaya seperti fasilitas tempat.   

E-commerce adalah singkatan dari Electronic Commerce yaitu perdagangan yang berbasis electronic atau internet.  Saat ini dunia internet semakin merambah ke berbagai kalangan sehingga internet bukan lagi merupakan barang yang langka tetapi telah dapat di akses oleh berbagai kalangan bahkan telah menjadi lifestyle bagi banyak orang. 
Berbicara tentang E-Commerce, perempuan adalah pengguna IT tertinggi dengan sumber data sebanyak 51% pengguna internet di Indonesia. Sementara perempuan Makassar adalah pelaku E-commerce tertinggi.  Ini adalah peluang sekaligus tantangan bagi perempuan makassar untuk memanfaatkan peluang tersebut dengan cara berbisnis online.   Seperti yng telah dilakukan oleh Fauziah Ochy Zulfitri ( SEO Insight Indonesia), Winarni K Suprimardani (Owner Doubleyoucakes) dan Wahyuni Amiruddin (Founder Ikiku Food), serta Shinta Bubu (CEO dan Founder bubu.com). Mereka adalah perempuan-perempuan yang telah sukses di bidang e-commerce.
Foto by Cheeqa Rahmat
Dalam bisnis online, banyak cara yang dapat di tempuh untuk melakukan penjualan misalnya dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Line, dan WatsApp serta Path dan masih banyak lagi media online lainnya.  Beberapa toko online yang telah sukses dalam pemanfaatan media electronik adalah Lazada, Tokopedia, Blibli, Zalora dan sribu.com serta bubu.com.  mereka adalah para pelaku e-comerce yang patut di acungi jempol, patut di tiru karena telah sukses di pasaran dan telah meraup keuntungan yang luar biasa dari bisnis online.

Jalan hidup seseorang tidak ada yang bisa menduganya.  Memilih sebuah karir dari awal perjalanan lalu beberapa tahun kemudian berubah pikiran untuk banting setir dan membidik bidang usaha lain bukan tidak mungkin.  Ini banyak terbukti dari beberapa pengusaha yang background pendidikan tidak sesuai dengan bisnis yang mereka jalani.  Apakah ini masalah? Bukan!.  Sebab untuk memulai sebuah usaha tidak ada kata terlambat.  

Seperti yang dikemukan oleh Bari Arijono (SEO Digital Enterprise Indonesia dan juga ketua umum ADEI) yang berani meninggalkan zona nyamannya sebagai pegawai untuk membangun pelatihan bisnis online. Membidik satu bidang usaha yang diyakini bisa membawanya untuk menjadi pengusaha sukses.  Melihat ada peluang besar yang bisa dimanfaatkan dalam bisnis online sehingga kedepannya harus berani mengubah cara-cara berbisnis secara konvensional ke yang lebih modern yaitu secara online karena saat ini adalah adalah era digital.

Selain itu, salah satu bentuk bisnis online yang berhasil dikelola secara online adalah Abutour. Aplikasi ini adalah sebuah biro travel haji dan umrah yang terbesar di indonesia yang telah di download sebanyak lebih dari 5000 kali.  Dalam event ini abutour turut berpartisipasi dengan memberikan doorprize berupa paket umrah pada salah satu peserta yang beruntung hari itu.  SO....? tunggu apalagi? MARI MULAI BERBISNIS ONLINE!

11 komentar:

  1. Ia mba... sekarang zamannya era digital. Kita harus terus belajar untuk mengikuti perubahan ya mba. Terima kasih infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbk fitri sudi mampir. Benar mba kita harus mengikutinperubahan itu agar tak ketinggalan hehee

      Hapus
  2. Bisnis online punya pangsa pasar luar biasa besar ya kak. Ini adalah peluang sekaligus tantangan bagi para pelaku bisnis. Btw, ulasan eventnya keren kak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ndy. Sekarang eranya bisnis online krn dukungan internet sdh ada dimana mana.

      Hapus
  3. Jaman makin canggih memang kak Abby. Kebetulan saya salah satu dari tiga pengurus di Makassar Event. Ikut seminar ini kemarin, pengetahuan jadi nambah. Alhamdulillah Makassar Event sudah punya aplikasi android sendiri, berkat pengurusnya yang melek dunia digital internet. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren tuh yani klonsdh punya aplikasi sendiri. Sukses sll ya bersama makassar event

      Hapus
  4. Keren seminarnya, pasti banyak inspirasi dan ide2 mau mulai bisnis apa :D
    Sekarang bisnis pun harus disupport dgn digital ya dalam pengenalan dan pemasaran produknya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya skg ininmemang erajya bisnis. Perkembangan ekonomi kreatif lumayan pesat. Mari memanfaatkannya 👍

      Hapus
  5. Bisnis online memang semakin jadi pilihan, ya. Makin banyak fasilitas di internet untuk buka toko. Nggak butuh ruang tambahan juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah... dengan memanfaatkan fasilitas internet, bisnis akan semakin mudah dan murah 😊

      Hapus
  6. met malem mbak Abby... seminarnya keren banget. ini saya juga mulai merintis jualan online di fanpage facebook. dengan internet ada banyak yang bisa kita lakukan. tinggal pintar-pintar kita cari peluang. semoga sukses untuk semua.

    BalasHapus