Minggu, 12 Maret 2017

Media & Blogger Gathering with Danone


Jika ditanya tentang Aqua, VIT, lactamil, SGM Eksplor, semua pasti tahu bukan?.  Tetapi jika di tanya semua produk itu di produksi oleh siapa, mungkin masih banyak orang yang belum mengetahuinya.  Anda mau tahu? Yuk nyimak tulisan saya ya? Hehehee....

Oke, rasanya tidak adil jika beberapa hari yang lalu saya selaku blogger yang diundang oleh PT Danone Indonesia untuk sharing info dan berbicara banyak hal tentang Danone lalu saya tak membaginya kepada kawan pembaca semua.

Selasa, 7 Maret 2017 bertempat di Condotel Karebosi, saya dan beberapa Blogger Makassar lainnya serta beberapa Media diundang khusus dalam acara Gathering bersama Danone.  Sangat bersyukur bisa hadir di tempat ini.  Selain bisa mengenal beberapa personil orang-orang hebat yang berada di balik kesuksesan Danone, juga dapat transferan ilmu tentang banyak hal yang telah dilakukan oleh Danone di Indonesia

Tidak bisa dipungkiri kalau diantara kita banyak yang sering mengkonsumsi suatu produk bahkan menjadi makanan atau minuman kegemaran tetapi tidak banyak yang mengetahui produk itu di produksi oleh siapa. Benar bukan?  Jika orang betanya tetang Danone mungkin masih banyak yang belum mengetahui. Tetapi jika di tanya salah satu produknya misalnya Aqua, semua orang pasti sudah tahu.  Siapa sih yang tidak mengenal air mineral yang satu ini?.  Tapi yang perlu kita pahami adalah dibalik sebuah produk Aqua yang sukses di pasaran, ada  DANONE yang berperan penting dibelakangnya.


Sekilas Tentang DANONE
Danone merupakan perusahaan maknan dan minuman global yang berpusat di Paris, Perancis yang memiliki misi untuk membawa kesehatan melalui produknya kepada sebanyak mungkin orang.  Bisnis Danone terdiri atas empat kategori utama yaitu produk susu segar, air, nutrisi awal kehidupan, dan nutrisi medis.  Melalui misi dan komitmen ganda, yaitu tidak hanya sukses dalam bisnis tetapi juga kemajuan sosial, perusahaan bertujuan untuk membangun masa depan yang lebih sehat, kehidupan generasi mendatang yang lebih baik.

Menurut pak Arif Mujahidin (Communication Director Danone Indonesia) dalam presentasinya mengatakan bahwa Indonesia punya kontribusi yang besar terhadap bisnis danone. Dalam meneruskan misinya di indonesia, yaitu untuk memberikan kesehatan melalui makanan dan minuman kepada sebanyak mungkin orang.  Danone berkomitmen untuk terus memberikan kesehatan melalui produknya.  Danone di indonesia terdiri dari tiga kategori utama, yaitu minuman AMDK (Aqua & VIT) dan minuman ringan non karbonasi (Mizone, Levite), Nutrisi untuk Kehidupan Awal (Nutricia dengan produknya Nutrilon Royal dan Bebelac serta Sarihusada dengan produknya SGM Eksplor, SGM Bunda, dan Lactamil), serta nutrisi medis.  Danone di indonesia memiliki 24 pabrik dan 15 depot yang tersebar di seluruh indonesia  dengan 15.000 karyawan yang tersebar di seluruh indonesia.  Lanjut pak Arif mengatakan bahwa gisi yang baik dapat mengurangi biaya pengobatan dan gizi yang baik dapat meningkatkan prestasi anak.


Komitmen ganda danone yaitu sukses bisnis haruslah sejalan dengan perhatian terhadap lingkungan dan sosial yang diimplementasikan dalam berbagai inisiatif sosial dan lingkungan yaitu:

A.  Menjaga kehidupan awal melalui program edukasi dan pengembangan komunitas.  Danone di indonesia mengimplementasikan berbagai program untuk kesehatan ibu dan anak yang terdiri dari:
1.      Taman pintar: Taman Air Menari Sarihusada, Zona PAUD Barat dan Timur dan Zona Air AQUA merupakan sarana interaktif untuk anak-anak bermain dan belajar
2.      Warung Anak Sehat yang berada di 124 titik di indonesia telah melatih 270 guru lewat 124 pelatihan
3.      PAUD 1000 Anak Bangsa:  Danone merevitalisasi 21 PAUD yang tersebar di Jakarta dan Jawa Tengah
4.      Duta 1000 Hari Pertama Kehidupan untuk menjaga kesehatan ibu hamil.


B.  Melindungi Daerah Aliran Sungai (DAS), meningkatkan kualitas, kuantitas dan akses air
1.      Konservasi
2.      Restorasi irigasi pertanian
3.      Meningkatkan akses air bersih bagi komunitas di sekitar wilayah operasional
4.      Praktek pertanian berkelanjutan

C.  Menguragi CO2, kemasan yang ramah lingkungan
1.      Penurunan ratio kemasan >17,5% sejak 2005
2.      Daur ulang kemasan: 46%rPC, 100%rPaper, rPET
3.      Memastikan pemasok menghormati prinsip sosial dan lingkungan dan Hak Asasi Manusia

D.  Menciptakan dan meningkatkan lapangan pekerjaan
1.      2 juta orang terimplikasi dari bisnis danone, mulai dari pemasok, distributor, toko dan kaki lima
2.      7.500 “AquaLadies”, target manaikkannya dua kali lipat pada 2020
3.      44 pemulung (75% perempuan) bekerja di Recycling Business Unit menerima fasilitas  kesehatan seperti BPJS dan juga gahi bulanan
4.      2,200 penerima manfaat dari pengembangan ekonomi, 119 unit bisnis, 5 koperasi, IDR 1,3 miliar kredit tersalur


Chrysanthi Tarigan yang akrab di sapa Mbak Santi (Senior External Commuication Manager Danone Indonesia) dalam paparannya mengatakan bahwa Danone berkomitmen untuk peduli lingkungan dan sosial sehingga tidak salah kalau kementerian lingkungan hidup telah dua kali menganugerahkan penghargaan atas pengelolaan sampah yang dilaksanakan oleh Danone.

16 komentar:

  1. Bisa maki itu bahasa Jepang, Jepaaang

    Ada Aqua?

    BalasHapus
  2. Bagus mentong Danone, karena menyehatkan semuaki produknya 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk tumbuh dan berkembang serta sehat selalu. Biar ngeblogxnlancar jaya tawwa yani hehee

      Hapus
  3. Salut dengan misinya, tidak hanya profit sj tp juga memperhatikan kesehatan global

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah. Misinyankereen loh. Selain itu , juga turut menjaga lingkungan sehat.

      Hapus
  4. Keren ya komitmennya Danone..

    BalasHapus
  5. Ih gang pengenku liat tempat acaranya, sayangnya ndak bisa hadir.

    Keren Danone, ada lagi live competitionnya di?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyya ada live tweetx tawwa. Hadiahnya pun kereeen

      Hapus
  6. full acara memang kakak yang satu ini..sukses terus kak abby :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... terima kasih dek. Sukses untukmu juga

      Hapus
  7. yeahh.. kak abby mantap infonya kak :)

    BalasHapus