Rabu, 28 Desember 2016

Kado Akhir Tahun Anakku “Sebuah Toga Hitam”

Isma Mayasari

Pernah gak kebayang dibenak anda, suatu hari kelak akan melihat anak berdiri di depan mata menggunakan toga pertamanya? Bisakah anda melukiskan bagaimana perasaan anda jika hal itu benar-benar terjadi? Bagiku hanya satu kata, BAHAGIA........

Hari ini 28 Desember 2016 di Grand Clarion Hotel Makassar, telah tercatat sejarah baru dalam hidup anak saya.  Yaah.... Toga Wisuda berwarna hitam itu telah dia kenakan sebagai pertanda bahwa di belakang namanya telah bertambah satu gelar akademik yang telah berhasil diraihnya selama kurang lebih 4 tahun berjuang di bangku kuliah.  Ini tidak mudah, sebab dalam prosesnya waktu 4 tahun telah menyisakan banyak cerita suka dan duka.  Didalamnya ada do’a, usaha dan kerja keras serta pengorbanan cinta dan kasih sayang yang terformulasi menjadi satu kekuatan dalam menjalani kehidupan yang semakin keras ini.

Maya kecil telah hadir bersama saya sejak 21 tahun yang lalu.  Anaknya lucu, centil, manja, dan cerewet.  Seiring berjalannya waktu, tanpa saya sadari, maya kecilku kini telah tumbuh dan bermetamorfosis menjadi sosok seorang gadis dengan pribadi yang lebih bertanggungjawab, dewasa dalam berpikir dan bertindak.  Di dirinya kutemukan one power untuk terus berjuang melawan arus kehidupan yang kadang kala tidak berpihak kepada kami.  Telah menguatkanku dalam segala hal, termasuk membangun mimpi dan meraihnya dengan segala keterbatasan yang kumiliki. 

Isma Mayasari, S.Pd. Adalah sebuah kebahagiaan yang tak bisa saya lukiskan saat melihat namanya tertera dalam satu lembar kertas yang dilegalitas oleh instansi tertentu.  Bulir air mata tak mampu saya sembunyikan.  Airmata Bahagia. Disela-sela acara wisuda berlangsung, saya menyempatkan menulis catatan ini dalam rasa haru yang mendalam. Saya tak menyangka telah melewati waktu sebanyak ini bersamanya. Berdua mengarungi gelombang kehidupan yang kadang menghempaskan kami tanpa ampun. Tetapi, kami selalu bangkit lagi dan lagi untuk bertahan karena kami percaya akan kekuatan do’a yang di barengi dengan ikhtiar.  

Dalam kebersamaan, nasehat hampir tak pernah lepas.  Saya yakin setiap ibu mempunyai cara yang berbeda dengan tujuan yang sama dalam mengasuh anak-anaknya. Membawa dan menuntun anak-anaknya menuju dan menaiki tangga kesuksesan satu per satu.  Nasehat seorang ibu mengandung energi tak terkalahkan untuk menyeret dan menaruh dunia dibawah talapak kaki anaknya. Pengharapan mulia orang tua sebagaimana Firman Allah : Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah do’aku. (QS. Ibrahim : 40)

Akhirnya, saya mengucapkan “Selamat dan Sukses Anakku”,  Jadilah pribadi yang lebih tangguh dan bertanggungjawab dari setiap sikap dan perbuatan.  Tetap disiplin dan bertutur kata yang sopan.  Selamat memasuki duniamu yang baru, baik pada dunia akademik dengan jenjang yang lebih tinggi atau menjemput impianmu pada dunia kerja yang lebih banyak menuai tantangan.  Jangan lupa bersyukur atas apa yang telah diraih sebab kesuksesan yang dibarengi dengan rasa syukur akan menimbulkan kebahagiaan. Nikmatilah hidupmu, apapun momennya. 

Sadar bahwa kesuksesan yang telah diraih itu mustahil tanpa bantuan orang lain yang merupakan bagian dari proses pencapaian,  untuk itu kepada AH, saya mengucapkan terima kasih banyak atas semuanya.  Semua kebaikan kepada  saya dan anak saya selama ini.  Semoga segala kebaikan itu tidak akan pernah saya lupakan dan mendapat balasan dari Allah SWT, Tuhan yang maha pemberi dan memaafkan. 

34 komentar:

  1. Alhamdulillahirobbil alamin Selamat ya sukses kepada Ananda Maya atas pencapaian pada hari ini satu hal bahwa kesarjanaan bukanlah akhir suatu perjuangan tetapi merupakan suatu awal perjuangan pada masa dan kondisi yg berbeda. Kini babak baru kehidupan yang menentukan kemana arah tujuan selanjutnya hanya ananda Maya yang tahu orang lain hanya bisa memberi saran dan arahan olehnya itu selamat berjuang sukses Selalu. Amin

    BalasHapus
  2. Alhamdulillahirobbil alamin Selamat ya sukses kepada Ananda Maya atas pencapaian pada hari ini satu hal bahwa kesarjanaan bukanlah akhir suatu perjuangan tetapi merupakan suatu awal perjuangan pada masa dan kondisi yg berbeda. Kini babak baru kehidupan yang menentukan kemana arah tujuan selanjutnya hanya ananda Maya yang tahu orang lain hanya bisa memberi saran dan arahan olehnya itu selamat berjuang sukses Selalu. Amin

    BalasHapus
  3. Selamat Maya. Saking senangnya Kak Abby, sampai dibuatkan tulisan. Turut terharu.

    BalasHapus
  4. Selamat ya...sukses terus buat Maya

    BalasHapus
  5. Selamat Mayaaaa �� selamat juga untk kak Abby, sudah berhasil memgantarkan Maya hingga mengenakan toga pertamanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih dek nani. Nanti juga akan dirasakan saat #BabyJo mengenakan toga pertamanya

      Hapus
  6. Kak abby...membaca tulisanta bikin terharu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dek ratna.... semoga nanti bisa pakai toga kedua dan ketiga yah

      Hapus
  7. kak abby....sungguh bahagia dan terharu membaca tulisan kakak...semoga bisa menginspirasi banyak orang bahwa setiap usaha memiliki makna dalam kehidupan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah... semoga bisa menginspirasi. thanks dek

      Hapus
  8. Alhamdulillah. Selalu ada haru saat tiba di satu perjuangan panjang. Empat tahun telah dilalui dan berakhir bahagia

    BalasHapus
  9. waktu naik ke altar (tsah) baruga untuk mengantri dipindahkan tali toga, saya sudah menduga ibu saya di lantai dua pasti sudah menitikan air mata, bersyukur masih diberikan kesempatan membuat ibu bahagia..

    selamat maya, selamat kak abby..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yakin ibunya merasakan hal yang sama. terima kasih dek sukses sll

      Hapus
  10. Sy merasa ikut terharu membaca tulisan Anda, perjuangan,kesabaran dan sukses. Dan akhirnya BAHAGIA.

    BalasHapus
  11. Terharuku :")
    Ummi ku juga pasti aeperti kt kak, dia bela belain datang ke sini, cuman untuk hadirin wisuda :")

    Selamat kak ! Selamat maya !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Luar biasa pengeorbanan ibunya. untuk menghadiri momen wisudanya telah bela-belain dtg dari luar negeri agar bisa bersama dalam momen bahagianya dek Nunu. sukses juga ya nu

      Hapus
  12. Salam kenal yah kak Abby :)
    Saya Yani baru di blogger MAM, mau ucapin selamat buat anaknya, kak Maya. Semoga kak Abby dan anaknya, kak Maya sukses terus yah kak. Aamiin. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga dek Yani... Selamat bergabung di MAM. sukses ya

      Hapus
  13. Terharuka jugaa..selamat maya dan kak abby ibu hebat ๐Ÿ˜˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... terima kasih dek

      Hapus
  14. Semoga bisa merasakan seperti yang kita' rasakan.
    Selamat Maya dan Abby

    BalasHapus
  15. Pasti seneng & bangga ya bu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah. Senang dan bangga ๐Ÿ˜Š

      Hapus
  16. Balasan
    1. Waahh.... Ada Kang Arul. Makasiiihhh :)

      Hapus
  17. terharu dan merinding! Selamat Maya dan Kak Abby :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam bahagia ada haru. Haru kebahagiaan. Suksea ya dek

      Hapus