Kamis, 17 November 2016

Blogger Makassar Ngobrol Bareng MPR RI

Sekjend  MPR RI, Ma’ruf Cahyono, SH, MH  

Dari sabang sampai meroke
Kesantunan bukan anjuran tetapi kebiasaan
Kepedulian menjadi dorongan
Dari pagi sampai malam
Kita akan melihat orang berpeluh
Kekuatan menjadi ketaatan
Kejujuran menjadi harga diri

Sebait puisi di atas sempat saya rekam saat Sekjen MPR RI, Ma’ruf Cahyono, SH, MH membacakan puisinya di depan para peserta acara “Blogger Ngobrol Bareng MPR RI”.  Ngobrol bareng MPR RI yang sukses dilaksanakan di Kota Solo bersama dengan perwakilan blogger di 6 kota besar di Indonesia, kini hadir di Makassar pada hari Sabtu, 29 Oktober 2016 di Aryaduta Hotel.  Acara dilaksanakan dengan mengangkat tema” Diskusi Nilai-Nilai Kebangsaan dari 4 Pilar Kebangsaan MPR RI”. 

Sekretaris Jenderal MPR RI, Ma’ruf Cahyono, SH, MH hadir sebagai nara sumber dalam acara “Blogger Ngobrol Bareng MPR RI” yang di pandu oleh Staf MPR RI Bidang IT yaitu bagian yang mengolah data dan informasi.  Kegiatan ini di hadiri oleh sekitar 35 orang blogger dan media.

Daeng Ipul, penasehat komunitas “Blogger Makassar”, juga hadir dalam acara tersebut.  Dalam sambutannya daeng Ipul mengatakan bahwa nilai-nilai kebangsaan adalah sesuatu yang sangat penting untuk di perbincangkan. Karena ini menyangkut tentang persatuan, kesatuan, dan keutuhan bangsa.  Daeng Ipul sendiri telah  menjelajah di beberapa kota di Indonesia dan telah bertemu dengan banyak orang yang berbeda budaya, agama, dan ras yang membuatnya berpikir bahwa negara Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman.  Indonesia yang begitu besar dengan beragam suku, bahasa yang berbeda mampu menyatukan bangsa dengan hidup damai.  Oleh karena itu, ntuk menguatkan kesatuan indonesia, perlu menggali kembali nilai-nilai kebangsaan. 

Sementara SekJend MPR RI, Ma’ruf, menyapa blogger dan media dengan sangat santun, ramah dan bersahabat. Dalam paparannya Ma’ruf berharap agar blogger dan media bisa mensosialisasikan dan mempublikasi materi yang di dapatkan di acara ini melalui tulisan  sebagai hasil/output yang diharapkan.  Kenapa blogger? Karena blogger itu menulisnya berasal dari hati sehingga sifatnya pribadi. Menulis dari hati membuat pembaca lebih mudah membaca dan memahaminya sehingga akan diterima baik dengan hati pula.
 
Blogger Makkunrai Anging Mammiri (MAM)
Menurutnya, blogger itu adalah sebuah profesi.  Blogger sebagai sukarela atau bermittra dengan MPR sebagai pilar demokrasi.  Menjadikan blog sebagai alat untuk menyebarluaskan informasi kepada khalayak umum/masyarakat luas.  Salah satunya adalah menuliskan kembali sosialisasi 4 pilar yang diikuti saat ini kepada masyarakat luas. 

Sebagai seorang warga negara yang baik seharusnya kita dapat menggali dan mencerna nilai-nilai kebangsaan.  Nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila adalah nilai-nilai hidup yang menjadi pegangan hidup seseorang dalam kedudukannya sebagai warga negara indonesia dalam hubungan hidupnya dengan negara serta dengan sesama warga negara. 

Nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila  yang termasuk dalam sila kemanusiaan yang adil dan beradab, antara lain adalah:
1.     Mengakui persamaan derajat, persamaan hak dan persamaan kewajiban antara sesama manusia
2.     Mengembangkan sikap tenggang rasa
3.     Tidak semena-mena terhadap orang lain, berani membela kebenaran dan keadilan.

Seseorang yang mempelajari nilai hidup dan moral lalu kemudian berhasil memiliki sikap dan tingkah laku sebagai cerminan nilai hidup itu umumnya adalah seseorang yang hidup dalam lingkungan positif, jujur dan konsekwen, senantiasa mendukung tingkah laku. Untuk memperoleh nilai seperti ini hendaknya kita menciptakan lingkungan yang kondusif.

4 pilar kebangsaan itu adalah sebagai berikut:
1.      Pancasila sebagai Dasar dan ideologi negara
2.      Undang-Undang Dasar 1945
3.      NKRI
4.      Bhinneka Tunggal Ika

Sesi foto bareng Blogger Anging Mammiri

4 komentar:

  1. 4 pilar kebangsaan yang harus selalu dijaga yah. Kalau ada yang runtuh, bisa ikut runtuh juga yang lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Mugniar, selain harus selalu di jaga, juga sabaiknya turut mensosialisasikan makna 4 pilar kebangsaan ini kepada yang lain

      Hapus
  2. Wuiihhh keren... asyik nih kak ngobrol2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyyaahh....Nunu. lebih asyik lagi jika ada nunu ikutan ngobrol bareng kami

      Hapus