IWITA (Indonesian Woman IT Awareness) Membidik Perempuan Makassar Menjadi Perempuan Penggerak E-Commerce melalui SEREMPAK (Seputar Perempuan dan Anak)

09.16.00


Perempuan adalah tiang negara, bila perempuan baik maka baiklah negara dan bila perempuan rusak maka rusaklah negara.  Demikian kalimat yang sering saya dengar.  Untuk itu, perempuan layak mendapat pendidikan disegala bidang termasuk bidang IT. Perempuan yang terdidik akan menciptakan keluarga yang sejahtera karena perempuan bertanggungjawab terhadap lahirnya generasi terdidik yang akan meneruskan perjuangan bangsa.
Sehubungan dengan penggunaan IT, IWITA (Indonesian Woman IT Awareness) bekerjasama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI menggelar Roadshow SEREMPAK 2016 (Seputar Perempuan dan Anak) dibeberapa kota di Indonesia dengan mengangkat tema “Perempuan-Perempuan Penggerak E-Commerce”.

Perempuan adalah pengguna IT tertinggi dengan sumber data sebanyak 51% pengguna internet di Indonesia. Sementara perempuan Makassar adalah pelaku E-commerce tertinggi.  Oleh karena itu, Makassar menjadi  kota pertama yang dipilih untuk sosialisasi ini.  Inilah yang menjadi alasan Roadshow SEREMPAK 2016 dilaksanakan di Four Point by Sheraton Hotel  Makassar pada tanggal 18 Juli 2016.  Acara ini dimulai dari pukul 08.30 sampai pukul 13.00 yang ditutup dengan makan siang. Perempuan pelaku UKM, beberapa organisasi perempuan, 7 orang perwakilan sekolah  dari 7 sekolah, 4 orang dari 4 perguruan tinggi yaitu Unhas, UIN, UMI dan Politeknik negeri, SKPD dan Komunitas Blogger

Bapak Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Agus Arifin Nu’mang membuka acara dengan mengapresiasi kegiatan yang selalu medukung pemberdayaan perempuan.  Persoalan kedepannya adalah bagaimana menghadapi IT dalam menunjang pemerintah kota dalam program Smart City.  Menurutnya semakin canggih kota semakin canggih juga kejahatan olehnya itu perlu dukungan dari semua pihak untuk penggunaan IT secara positif.  

Sapaannya terhadap Komunitas Blogger Perempuan Makassar, Agus Arifin Nu’mang sangat berharap agar para blogger perempuan Makassar bisa berbagi informasi hal-hal baik kepada khalayak umum  terkhusus kepada para perempuan.  Masyarakat Makassar identik dengan pedagang.  Dalam darahnya telah mengalir jiwa pedagang..  oleh karena itu,  perempuan Makassar harus di bantu untuk mendapatkan informasi terbaik dalam mengakses model-model perdagangan. Diharapkan SEREMPAK bisa menjadi ruang pastisipasi antara pemerintah dan komunitas

Ada 4 narasumber yang diundang dalam kegiatan ini, yaitu:
1.      Ratna Susianawati selaku Asisten Deputi Kesetaraan Gender Bidang Infrastruktur dan Lingkungan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.  Ratna susianawati dalam paparannya sangat berharap semakin banyak perempuan yang terlibat sebagai pelaku e-commerce sehingga dapat mengangkat derajat ekonomi keluarga
2.      Martha Simanjuntak selaku Ketua Pokja SEREMPAK.  Martha Simanjuntak memperjelas e-commerce dan serempak.  Kedudukan perempuan dalam pembangunan Indonesia modern perlu terus ditingkatkan serta diarahkan sesuai kodrat, harkat, dan martabat perempuan.  Untuk itu perempuan perlu mempertebal kepercayaan dirinya dengan meningkatkan pengetahuan, teknologi dan agama.  Kaum perempuan harus bisa menemukan konsep diri serta mengidentifikasi diri.
3.      Rahmiana Rahman selaku Founder CV. SOULMAKS Creatuif dan co foinder bacaanbisnis.com.  Menurut Rahmiana Rahman dalam materinya mengatakan bahwa “beberapa amazing facts yang diharapkanbisa menginspirasi perempuan untuk terlibat aktif di e-commerce, bukan sebagai konsumen tetapi sebagai produsen.  Beberapa contoh amasing facts tersebut adalah 56% PDB Indonesia berasal dari uasaha kecin dan 23% da usaha kecil ini dimiliki oleh perempuan (disadur dari data UN:2015)
4.      Aresdi Mahdi Asyathry selaku Komisaris Kreasi LOGUE International
Semnetara ariesta mengungkap perkembangan jasa pengiriman barang pada tahun 2013 meningkat diatas 100%. Ini menandakan bahwa e-commers semakin hari semakin diminati oleh masyarakat.

Sementara yang bertindak sebagai moderator adalah seorang perempuan yang semangatnya selalu berapi-api membakar semangat peserta, siapa lagi kalau bukan Luna Vidya Matulessy,. Seorang Independent Communication Consultant yang akrab di sapa mbak Luna.

Manfaat perempuan menguasai teknologi dan informasi adalah
1.      Akan mudah mengakses informasi baik untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan umum. Misalnya informasi olahraga dan kesehatan serta ilmu pengetahuan lainnya.
2.      Untuk bidang ekonomi sekarang sedang maraknya berjualan online sehingga ibu-ibu/kaum perempuan dapat memasarkan produknya tanpa keluar rumah, dan segi positifnya dapat intens mengasuh anak-anaknya dirumah.
3.      Apabila ibu-ibu menguasai teknologi akan mudah untuk melindungi anak dengan selalu memantau dan mengontrol penggunaan hp anak-anaknya.

Dari berbagai hasil penelitian tentang perempuan Indonesia banyak dijumpai masalah.  Padahal peranan perempuan sama pentingnya bagi pembangunan nasional disamping laki-laki.  Bahkan dapat dikatakan sebagai ciri khas perempuan Indonesia adalah pedagang di pasar yang didominasi oleh perempuan.  Hambatan yang dijumpai oleh perempuan adalah banyak perempuan yang kurang terampil untuk masalah-masalah tertentu terutama dalam hal teknologi. 

Di era informasi ini perempuan di goda untuk hanyut dalam dunia globalisasi.  Perempuan yang mau maju adalah perempuan yang bersedia mengakses peluang.  Oleh karena itu perempuan harus mampu mengembangkan dirinya untuk berperan aktif dalam segala bidang setara dengan laki-laki sebagai mitra yang harmonis dalam mengisi kemerdekaan  menuju Indonesia modern


You Might Also Like

8 komentar

  1. Mari sebarkan hal2 positif ttg perempuan kepada perempuan.

    Reportase yang keren.

    Eh baru ingat saya belu buat akun di Serempak ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk niar. Semoga bisa terus saling menginspirasi.

      Hapus
  2. Yap, mari kita maju bersama SEREMPAK

    Surabaya kemarin materinya juga bagus soal UKM

    http://chemistrahmah.com/roadshow-serempak-2016-surabaya-menjaring-ukm-dengan-serempak.html

    BalasHapus
  3. Woaww keren mbak, keren banget.... Terus maju perempuan makassar khususnya & perempuan indonesia pada umumnya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Perempuan bisa tonji hehee

      Hapus
    2. Terima kasih. Perempuan bisa tonji hehee

      Hapus

About Me

Like us on Facebook