Rabu, 28 Desember 2016

Kado Akhir Tahun Anakku “Sebuah Toga Hitam”

Isma Mayasari

Pernah gak kebayang dibenak anda, suatu hari kelak akan melihat anak berdiri di depan mata menggunakan toga pertamanya? Bisakah anda melukiskan bagaimana perasaan anda jika hal itu benar-benar terjadi? Bagiku hanya satu kata, BAHAGIA........

Hari ini 28 Desember 2016 di Grand Clarion Hotel Makassar, telah tercatat sejarah baru dalam hidup anak saya.  Yaah.... Toga Wisuda berwarna hitam itu telah dia kenakan sebagai pertanda bahwa di belakang namanya telah bertambah satu gelar akademik yang telah berhasil diraihnya selama kurang lebih 4 tahun berjuang di bangku kuliah.  Ini tidak mudah, sebab dalam prosesnya waktu 4 tahun telah menyisakan banyak cerita suka dan duka.  Didalamnya ada do’a, usaha dan kerja keras serta pengorbanan cinta dan kasih sayang yang terformulasi menjadi satu kekuatan dalam menjalani kehidupan yang semakin keras ini.

Kamis, 22 Desember 2016

Ibuku.... Selamat Hari Ibu

Ibuku....

Suatu sore saya bercakap dengan seorang ibu tangguh. Saya katakan tangguh, karena bisa membesarkan dan mengantarkan anak-anaknya menjadi orang sukses. Ibu itu sangat senang berbagi pengalaman menceritakan bagaimana caranya mendidik dan menaruh pengharapan kepada anak-anaknya yang sedang menapaki kariernya sesuai keahliannya masing-masing.

Sabtu, 10 Desember 2016

Konten sosial media mempengaruhi pencarian kerja

Catatan Regus_2
Event Community di Regus Lantai 5 Graha Pena Makassar

Beberapa waktu lalu, saya mendapat undangan dari Regus untuk menghadiri acara “Event Community”.  Event Community itu sendiri adalah sebuah acara rutin sekali dalam sebulan  yang dilaksanakan oleh Regus bersama para kliennya.  Tema yang diusung setiap bulannya pun berbeda. “Konten Sosial Media Mempengaruhi Pencarian Kerja” adalah tema untuk bulan Oktober 2016.

Mungkin di antara pembaca ada yang belum mengenal Regus itu apa? Regus adalah sebuah perusahaan international yang bergerak di bidang penyawaan kantor dengan konsep hotel kantor. Jaringan kantor Regus telah tersebar di 3000 lokasi di seluruh dunia, 900 kota dan 120 negara. Di Indonesia sendiri regus telah berusia sekitar 10 tahun yang tersebar di beberapa kota.  Diantaranya adalah Jakarta, Serpong, Bandung, Surabaya, Balikpapan, Makassar, Bali dan Medan.  Regus sendiri hadir di Kota Makassar sejak 2 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 2015 yang berlokasi  di lantai 5 gedung Graha Pena Makassar. Kini Regus siap membantu apapun kebutuhan bisnis anda!.

Kamis, 08 Desember 2016

Ngobrol Penuh Inspirasi (NgoPI) Bareng Tiket.com


Apakah anda tipe pekerja? Berapa lama waktu yang anda butuhkan untuk bekerja setiap hari? Dan berapa lama waktu yang anda berikan untuk tubuh beristirahat? Apakah anda menyadari bahwa disela-sela rutinitas yang padat ada tubuh yang menjerit minta istirahat? 

Kata orang hidup adalah pilihan sebab banyak cara yang dapat di tempuh untuk melakoni hidup.  Hidup bahagia adalah pilihan semua orang.  Untuk itu, lakukan apa yang baik untukmu dan tentu saja baik juga bagi orang lain, yang penting bahagia.  Termasuk untuk menjawab pertanyaan di atas.  Jika saya harus menjawab pertanyaan di atas dengan jawaban Traveling tentu saja tidak ada salahnya.  Yakin bahwa beberapa orang mungkin sepakat dengan saya tetapi beberapa orang lainnya mungkin punya jawaban yang berbeda.  Misalnya untuk memberikan hak tubuh beristirahat, mereka akan memilih untuk nginap di hotel atau masih banyak pilhan yang lainnya.

Rabu, 23 November 2016

Rohana Kudus, Jurnalis Perempuan Pertama Indonesia

Rohana Kudus (Sumber foto: www.google.co.id)

Sepuluh November yang di peringati sebagai hari pahlawan mengingatkan saya tentang beberapa pahlawan perempuan yang tersebar di seluruh nusantara.  Kali ini yang lebih memikat hati dan pikiran saya adalah salah seorang wanita luar biasa yang berasal dari pulau Sumatera tepatnya di Sumatera Barat.  Kenapa? Karena beliau adalah sosok seorang perempuan yang berani mengakses dirinya yang hidup pada zaman R.A Kartini  di mana pada masa itu akses pendidikan masih sangat terbatas untuk perempuan.  Tetapi beliau telah menjadi seorang wanita pertama yang berjuang menjadi jurnalis dan pada akhirnya berhasil  mendirikan surat kabar pertama di Indonesia pada masanya. 

Sabtu, 19 November 2016

Deteksi Dini Kanker Payudara

Sumber Gambar: Tumorpayudara.net

Payudara adalah salah satu organ tubuh perempuan yang perlu dijaga dan dirawat.  Payudara yang bagus, indah, dan terawat akan meningkatkan rasa percaya diri seorang perempuan.  Masih banyak orang yang tabu untuk berbicara seputar payudara. Jika itu kaitannya dengan kesehatan kenapa tidak?.  Masihkah tabu untuk membicarakannya disaat banyak nyawa yang terancam oleh penyakit ini?

Melirik Alumni Sekolah Perempuan dari Balik Kantin Aksara

Foto Mentor dan Peserta Sekolah Perempuan Gel-9

Kami menyebutnya “Kantin Aksara”, sebuah kantin virtual yang kami dirikan sebagai ajang refresh dan canda-candaan sekaligus buat ngerjain tugas-tugas pada Sekolah Perempuan beberapa waktu yang lalu.

Kala itu, kami layaknya seorang anak baru gede (ABG) yang sedang lincah-lincahnya dan jahil-jahilnya.  Mungkin ini dikarenakan agar bisa mendapat spirit lebih dari usia kita yang sebenarnya.  Usia rata-rata diatas 30 an dengan semangat usia belasan tahun.  Kata orang, jangan menjadikan usia sebagai kendala untuk tetap maju dan terus belajar.  Jadi? Tunggu apa lagi? Ayo belajar…

Kamis, 17 November 2016

Blogger Makassar Ngobrol Bareng MPR RI

Sekjend  MPR RI, Ma’ruf Cahyono, SH, MH  

Dari sabang sampai meroke
Kesantunan bukan anjuran tetapi kebiasaan
Kepedulian menjadi dorongan
Dari pagi sampai malam
Kita akan melihat orang berpeluh
Kekuatan menjadi ketaatan
Kejujuran menjadi harga diri

Sebait puisi di atas sempat saya rekam saat Sekjen MPR RI, Ma’ruf Cahyono, SH, MH membacakan puisinya di depan para peserta acara “Blogger Ngobrol Bareng MPR RI”.  Ngobrol bareng MPR RI yang sukses dilaksanakan di Kota Solo bersama dengan perwakilan blogger di 6 kota besar di Indonesia, kini hadir di Makassar pada hari Sabtu, 29 Oktober 2016 di Aryaduta Hotel.  Acara dilaksanakan dengan mengangkat tema” Diskusi Nilai-Nilai Kebangsaan dari 4 Pilar Kebangsaan MPR RI”. 

Rabu, 09 November 2016

Semakin Produktif di Usia Cantik


Apa target anda dalam hidup? Di usia berapa anda harus mencapainya? 
Untuk menjawab pertanyaan ini, butuh manajemen hidup yang pada prosesnya membutuhkan pengorbanan, ikhtiar dan do'a serta sikap optimis karena hidup tak semudah membalik telapak tangan.

Saya biarkan hidup ini berjalan sesuai irama waktu dan berusaha menikmati setiap momennya.  Sadar bahwa tak seorang pun yang mampu menghalau putaran jarum jam hingga hari berganti malam dan malam berganti pagi.  Suatu pergiliran waktu yang telah menjadi kodrat alam.  Saya pun berusaha menikmati fase demi fase dari pergeseran waktu hingga pada akhirnya akan sampai di suatu fase di mana kita akan menuju ke kehidupan yang kekal abadi. 

Selasa, 01 November 2016

Regus, Solusi Penyewaan Kantor Siap Pakai

Catatan Regus_1
Executive Office
Apakah anda termasuk salah seorang pegiat bisnis di kota Makassar? Ataukah ada yang mau mengembangkan bisnis tapi belum punya kantor? Mau punya kantor tapi belum punya modal untuk membangun sebuah kantor dengan budget yang sangat mahal?.  Jangan khawatir sebab Regus hadir di Makassar sebagai solusi dari persoalan itu!.

Sekitar 60% kesalahan pengusaha adalah budget staf dan sewa kantor.  Bayangkan saja jika kita baru akan memulai suatu bisnis sementara terkendala dengan biaya pembangunan kantor baru.  Belum lagi perekrutan jumlah pegawai dan proses menyiapkan furniturenya.  Sayang kan klo baru mulai membangun usaha dengan personil hanya berjumlah 2 sampai 3 orang saja harus mendirikan kantor dengan biaya yang besar?

Rabu, 26 Oktober 2016

Weekend Di Melia Hotel Makassar Adalah Pilihan Yang Tepat

Melia Hotel Makassar (Foto by Melia)
Kata orang, hidup itu akan terasa nikmatnya setelah kita lelah bekerja lalu menuai hasilnya. Walau rejeki itu sudah takdir Tuhan, tetapi untuk sampai ke tangan, membutuhkan doa dan usaha.  Untuk itu setiap manusia harus bekerja tetapi jangan lupa untuk beristirahat demi menjaga kesehatan agar tubuh tetap stabil sebab tubuh butuh istirahat.

Apakah anda tipe pekerja? Jika iyya, pernahkah anda mengalami kejenuhan dalam bekerja? Itu artinya anda butuh istirahat!. Menginap di hotel adalah salah satu pilihan yang tepat!.

Minggu, 23 Oktober 2016

Memetik Hikmah Kemeriahan Peringatan HUT Perguruan Nasional Makassar yang ke 71

(Episode ke-1)
Oleh:  Abby Onety
(Syairawati Magrib, SP, M.Si/Guru SMA Nasional Makassar)
Komunitas Sekolah Kebangsaan SMA Nasional Makassar

Perguruan Nasional Makassar yang di kenal dengan sekolah tertua di Makassar adalah sebuah sekolah yang didirikan oleh para pejuang 45 yang tidak rela mengecap pendidikan baik di sekolah yang didirikan oleh pemerintah Belanda maupun di sekolah yang didirikan oleh pemerintah Jepang.  Hingga tepat pada tangal 8 Oktober telah resmi berdiri SMP Nasional Makassar yang didirikan dengan penuh perjuangan dan tetesan darah oleh para pejuang 45 waktu itu.

MGMP Biologi Kota Makassar di SMA Negeri 3 Makassar

Oleh: Abby Onety
(Syairawati Magrib, SP, M.Si/Guru Biologi SMA Nasional Makassar)
Kepala SMA Negeri 3 Makassar Memberikan Sambutan pada Kegiatan MGMP Biologi Kota Makassar
(Sumber Foto: Dokumen Pribadi)


Musyawarah Guru Mata Pelajaran yang disingkat dengan MGMP adalah suatu wadah atau wadah profesional guru mata pelajaran yang berada pada suatu wilayah Kabupaten/Kota/Kecamatan/sanggar/gugus yang berfungsi sebagai sarana komunikasi, konsultasi dan tukar pengalaman.  Melalui MGMP,  diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan pembelajaran bermutu sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Jumat, 16 September 2016

Wisata Kuliner Khas Makassar Bareng Hemaviton Cardio

Peserta Food Philosophy Trip with Hemaviton Cardio di Fort Rotterdam Makassar
Apa....?? Food Philosophy Trip?  Bareng chef Bara?? Wow... kereeeenn.  Pastinya, ini acara bakal rame and happy fun pokoknya.  Bersyukur deh bisa ikutan.  Demikianlah ekspresi saya saat membaca email bahwa saya adalah salah satu Blogger Makassar yang terpilh untuk ikut dalam acara  Food Philosophy Trip bareng Hemaviton Cardio.  Bahagia dan senang sekali  rasanya.  Bahagianya tuh bukan sekedar makan-makan dan jalan-jalan, atau karena ber-kesempatan berkenalan dengan chef Bara dan selebfoodgram serta blogger lainnya, tetapi lebih kepada keikutsertaan saya berpartisipasi mengambil bagian dalam memperkenalkan masakan-masakan khas Makassar.  Masakan khas Makassar merupakan salah satu dari sekian banyak budaya makassar yang perlu dilestarikan dan di perkenalkan kepada peserta trip yang datang dari luar kota juga kepada masyarakat luas, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Minggu, 04 September 2016

Tampil Modis dengan Busana Muslimah di Pop Up Store Hijabenka


 
Suasana Pengunjung di Pop Up Store Hijabenka (Sumber foto: Dokumen Pribadi)
Makassar di kenal dengan sebutan kota belanja.  Makassar sebagai kota belanja muncul karena semakin banyaknya tempat-tempat berbelanja yang tersebar luas di Kota Makassar.  Saking banyaknya mall inilah yang kadang kala membuat orang bingung menentukan tempat berbelanja. Apakah anda termasuk salah satu orang yang kebingungan menentukan mall mana yang akan anda datangi untuk berbelanja baju baru buat lebaran nanti? Tak usah bingung sebab saya akan merekomendasikan satu tempat berbelanja di area Panakkukang squara, Makassar.

Jumat, 02 September 2016

Film Layar Lebar Uang Panai Karya Anak Makassar Sukses Menghipnotis Penonton



 
Sumber foto: https://movie.co.id/wp-content/uploads/2016/03/Poster-film-Uang-Panai-1.jpg
Anda orang Makassar? Jangan ngaku klo ndk pernah dengar issu film produksi anak Makassar yang lagi hitz saat ini “Uang Panai”.  Atau jangan-jangan masih ada juga yah yang blom nonton film ini? Akh benarkah masih ada? Klo blom, ayo buruan nonton. Dijamin deh film ini bakal ngocokin perut kamu ber hahahihi (dibaca terpingkal-pingkal).

Selasa, 30 Agustus 2016

Malltronik Mattoanging Square Menggandeng Sekolah Kebangsaan untuk Menciptakan 1 Juta Pengusaha Muda Makassar



Keseruan Berfoto di Booth Malltronik Trans Studio Makassar (Sumber foto: Dok Pribadi)
Apa ...?? saya menang? Kurang lebih seperti itulah ekspresi saya saat membaca postingan Malltronik Mattoanging Square yang men-tag nama saya (Abby Onety) di wall facebooknya sebagai pemenang lomba foto selfie dalam acara launching website www.malltronik.com. Alhamdulillah terucap syukur langsung dari bibir saya saat itu.  Ini berarti lagi dan lagi mendapatkan hadiah dari Malltronik setelah sebelumnya saya pun mendapat hadiah berupa powerbank karena menjawab pertanyaan seputar Malltronik dalam acara launchingnya 3 hari yang lalu. Terima kasih saya ucapkan kepada Bapak Hengky Jaya Sutioso selaku pendiri sekaligus Manager Malltronik Mattoanging Square

Jumat, 26 Agustus 2016

Hangout yang Kekinian dengan Aplikasi “Sakuku”




Pernahkah anda ketinggalan dompet saat bepergian?  Gak kebayang kan gimana galaunya saat akan melakukan pembayaran di kasir sementara nyari dompet dalam tas tapi tak juga menemukannya. Duh... malunya nggak ketulungan hikz.

Nah, sekarang jangan khawatir lagi yah. Tenang aja, karena BCA akan terus berinovasi untuk memanjakan para nasabahnya dalam bertransaksi.  Eh, sudah tahu blom kalau BCA telah meluncurkan inovasi terbarunya berupa Aplikasi “Sakuku” melalui smartphone? Blom tahu yah, aiiihh... ketinggalan bangat.


Sabtu, 20 Agustus 2016

3 Srikandi SBA nonton Film 3 Srikandi



Oleh :  Abby Onety


Film adalah sebuah refleksi kehidupan  yang ide ceritanya kadang memiliki kekuatan yang luar biasa dalam memberikan pembelajaran tentang proses hidup yang harus dihadapi kepada para penonton.  Penonton yang bijak adalah penonton yang mampu memaknai nilai-nilai positif dari setiap ide cerita  lalu mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata.  Bahkan bisa dijadikan sebagai sumber motivasi untuk perubahan hidup kearah yang lebih baik.

Senin, 15 Agustus 2016

Pembentukan Srikandi Burhanuddin Andi (SBA) di Hotel Moleo Makassar



Oleh: Abby Onety

Tidak ada bukti bahwa kwalitas otak perempuan itu kurang dari kwalitas otak laki-laki, atau ketajaman otak perempuan kalah dengan ketajaman otak laki-laki.  Kwalitasnya sama, ketajamannya sama.  Hanya kesempatan yang tidak sama, kesempatan berkembangnya yang tidak sama.  Justru kurang dikasihnya kesempatan oleh system itulah, kita wajib berikhtiar membongkar ketidakadilan masyarakat terhadap kaum perempuan. (Bung Karno, 1963).

Merujuk dari kalimat diatas, jelas sekali terlihat bahwa perempuan mempunyai peluang yang sama dengan laki-laki dalam mengisi reformasi pembangunan dalam meningkatkan kualitas bangsa, bahkan mampu bersaing dengan dunia maju dalam era globalisasi tanpa menanggalkan adat dan norma keperempuanan.

Jumat, 05 Agustus 2016

Lintas Komunitas Kreatif



Sumber foto : dok pribadi


Beberapa waktu lalu, saya menghadiri acara “Lintas Komunitas Kreatif” bersama perwakilan beberapa komunitas kreatif di Kota Makassar.  Bertempat di DiLo (Digital Lounge}Jln. Dr Sam Ratulangi No 68 Kota Makassar.  DiLo adalah tempat/sarana atau wadah untuk mengembangkan kreatifitas. Tempat ngumpulnya anak muda kreatif di Kota Makassar khususnya dibidang Industri Digital. 

Jumat, 22 Juli 2016

IWITA (Indonesian Woman IT Awareness) Membidik Perempuan Makassar Menjadi Perempuan Penggerak E-Commerce melalui SEREMPAK (Seputar Perempuan dan Anak)


Perempuan adalah tiang negara, bila perempuan baik maka baiklah negara dan bila perempuan rusak maka rusaklah negara.  Demikian kalimat yang sering saya dengar.  Untuk itu, perempuan layak mendapat pendidikan disegala bidang termasuk bidang IT. Perempuan yang terdidik akan menciptakan keluarga yang sejahtera karena perempuan bertanggungjawab terhadap lahirnya generasi terdidik yang akan meneruskan perjuangan bangsa.

Sabtu, 16 Juli 2016

Indahnya Berbagi Kasih




Setiap manusia memiliki takdir masing-masing dalam hidup dan kehidupannya.  Ada yang  menjalani hidupnya dengan serba kekurangan, ada yang berlebihan, dan ada juga yang hidupnya pas-pasan.  Demikian juga dalam keluarga, ada yang ditakdirkan hidup lengkap dengan keluarga, ada juga yang bernasib kurang baik.  Dilahirkan terlantar tanpa kasih sayang dan dekapan kedua orang tuanya,  Ada yang sengaja ditinggalkan oleh orangtua yang tidak bertanggungjawab, ada juga yang saat dilahirkan orangtuanya meninggal dunia. 

Rabu, 13 Juli 2016

Wardah Kosmetik Merubah Wanita menjadi Cantik, Lebih Cantik dari Hati


Wanita mana sih yang tidak ingin kelihatan tampil cantik? Hayyoo.. siapa yang tidak ingin cantik?. Kok sepi, nggak ada yang angkat tangan? Heheee…

Kecantikan itu identik dengan wanita.  Kalimat ini sering saya dengar baik dari kalangan pria maupun dari kalangan wanita itu sendiri.  Pada umumnya wanita selalu ingin kelihatan cantik. Bahkan untuk bisa tampil cantik, banyak wanita yang tak segan-segan merogoh kocek sebanyak mungkin untuk memperoleh predikat cantik.

Kamis, 30 Juni 2016

Nutrishake adalah Solusi Tepat Traveling di Bulan Ramadhan

Traveling kali ini khusus untuk wisata religi, saya sudah rancang jauh-jauh hari sebelum bulan suci ramadhan tiba.  Namun saya sempat ragu, takut seperti traveling yang sebelum-sebelumnya. Jika traveling telah usai, di pastikan berat badan akan bertambah.  Ini karena sulitnya membendung rasa untuk menikmati makanan setempat secara berlebihan.  Susah untuk tidak  makan banyak, karena makanan setempat sangat enak dan jarang di temukan di negeri sendiri.

Rabu, 01 Juni 2016

Menyingkap Kemewahan Sejarah Dataran Merdeka Kuala Lumpur Malaysia


Tahukah anda bahwa salah satu negara yang mempunyai tiang bendera tertinggi di dunia adalah Negara Malaysia?.  Jika belum tahu, mari bersama menyusuri pusat kota kuala lumpur sebagai ibukota Negara Malaysia. 

Dataran Merdeka adalah tempat yang aku pilih untuk berbagi kisah dengan anda. Kenapa? Karena dataran merdeka adalah tempat Bendera Malaysia pertama kali di kibarkan di salah satu tiang bendera tertinggi di dunia.  Selain itu, dataran merdeka banyak menyimpan cerita yang bersejarah, baik melalui gedung-gedung dengan arsitektur yang bergaya moorish maupun tempat bermuaranya dua anak sungai yang menjadi asal muasal lahirnya nama “Kuala Lumpur” sebagai ibukota Malaysia.
Salah satu cara memanjakan diri dalam merefleksi ketegangan otot dan pikiran dari kepenatan rutinitas adalah berwisata. Dengan berwisata, kita akan menemukan hal-hal baru dalam memperkaya khasanah berpikir dan cara beradaptasi dalam lingkungan yang baru.

Jumat, 27 Mei 2016

Traveling+Menulis+Bisnis adalah paket yang komplit

Siapa sih yang tidak suka jalan-jalan? Apa ada orang yang tak suka jalan-jalan?. 
Dari sekian orang yang saya tanya, hampir semua meng-iya-kan dan sedikit orang yang sepakat dengan alasan tertentu.   

Bagaimana dengan jalan jalan sambil menulis? Ini yang masih jarang saya temukan. Kalaupun ada hanya sedikit orang.  Padahal untuk mengabadikan momen perjalanan tidak cukup hanya dengan foto-foto. Dengan tulisan, momen perjalanan akan abadi bahkan sampai kita tidak lagi ada di dunia.

Yang lebih jarang lagi adalah memadukan perjalanan dengan tulisan dan bisnis. Jalan-jalan sambil menulis dan berbisnis adalah setali tiga uang. Begitulah saya menggambarkan ketiga aktivitas tersebut.  ini adalah tiga paket komplit yang sayang jika tak di manfaatkan momennya. 

Minggu, 20 Maret 2016

Makassar Tidak Rantasa

Pernahkah anda mendengar kata "rantasa"?, Jangan mengaku orang Makassar jika tidak mengerti kata "rantasa", karena kata ini adalah salah satu suku kata dalam bahasa Makassar yang berarti kotor.

Kotor berarti jorok. Asumsi pertama, saya mengatakan bahwa semua orang tidak menyukai rantasa, tetapi pertanyaannya adalah apakah semua orang bisa melakukan sesuatu yang membuat tempat-tempat di sekitarnya menjadi tidak kotor lagi? menjadi tidak jorok lagi?.
Asumsi kedua adalah bahwa semua orang menyukai kebersihan tapi tidak semua orang mampu/bisa mempertahankannya.

Sabtu, 27 Februari 2016

Guru dan Inspirator

Oleh: Abby Onety

Dalam buku No Rulest! (21 Mitos Besar tentang Sukses) karangan Dan S. Kennedy disebutkan bahwa pendidikan tinggi hanya menyiapkan dua hal. Pertama, menyiapkan pekerjaan lebih baik dibandingkan orang yang tidak berpendidikan tinggi. Kedua, menyiapkan gaji 65% lebih tinngi dibandingkan orang yang tidak berpendidikan tinggi.