Minggu, 26 Juli 2015

Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Metode Quipper School


Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik.  Media social adalah salah satu bentuk teknologi yang paling banyak di gandrungi remaja saat ini.  Blog adalah media social yang digunakan sebagai ruang atau sarana untuk berbagi pengetauan dengan menuliskan sesuatu yang bersumber dari pengalaman hidup sehari-hari.  

Merujuk dari perkembangan teknologi tersebut, guru bukanlah satu-satunya sumber belajar bagi peserta didik.  Oleh karena itu, guru di tuntut untuk melek teknologi agar dapat bersinergi dengan peserta didik yang pada umumnya telah melek teknologi. Salah satu contoh teknologi di bidang pendidikan yang dapat menunjang suasana kondusif dalam proses belajar mengajar adalah pemanfaatan media pembelajaran berbasis IT yaitu Quipper School.

Sebagai seorang yang berkecipung dalam dunia pendidikan, saya banyak menemukan problematika pendidikan khususnya masalah peserta didik.  Dalam mengembang tugas mulia ini, kadang-kadang kesabaran saya teruji oleh perilaku peserta didik dengan beragam karakter.  Peserta didik yang datang dari berbagai aspek kehidupan sosial keluarga yang berbeda, menuntutku untuk jeli melihat lalu menangani setiap masalah  khususnya dalam kelas saat proses belajar mengajar sedang berlangsung.

Suatu ketika, kesabaran saya benar-benar  teruji akibat perilaku sekelompok peserta didik yang berulah dan memancing suasana kelas menjadi tidak kondusif.  Saya berpikir   sesaat, lalu mengkaji faktor penyebab kegaduhan kelas.  Rupanya saya harus mengeluarkan jurus pamungkas berupa ide-ide kreatif yang bisa mengembalikan keadaan kelas menjadi kondusif. 

Mengambil alih kembali perhatian peserta didik dengan menyajikan metode pembelajaran yang sedikit santai dan menyenangkan tapi tetap berada pada tujuan pembelajaran yang ingin di capai.  Saat itu, peserta didik sangat antusias mengikuti arahan dari saya untuk menonton video melalui tayangan LCD.  Dengan cara ini, agaknya lebih mudah di pahami oleh peserta didik.  Setelah itu peserta didik menuliskan kesimpulan dari apa yang mereka baca dan apa yang mereka lihat.

Penggunaan LCD dengan materi Power Point atau pemutaran video akan memotivasi dan meningkatkan semangat belajar peserta didik.  Begitu juga dengan kehadiran IndiSchool oleh Telkomsel di lingkungan sekolah, memberikan banyak peluang kepada peserta didik untuk memanfaatkan media internet sebagai salah satu sumber belajar. Satu lagi teknologi yang mendukung peningkatan pendidikan saat ini yaitu Quipper Shcool.  Quipper School adalah metode pemberian tugas secara online kepada peserta didik.  Guru membuat kelas lengkap dengan kode kelas, lalu peserta didik mendaftar untuk masuk ke kelas online, kemudian siswa mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru, dimana saja selama area terkoneksi dengan internet.  (Selengkapnya baca di google: www.quippeschool.com ).

Salah satu cara untuk mempertahankan suasana belajar yang nyaman bagi peserta didik adalah dengan metode pembelajaran yang tidak monoton.  Bayangkan saja jika peserta didik harus duduk berjam-jam menerima pelajaran dengan penyajian materi yang kurang menarik, peserta didik akan merasa capek dan menimbulkan kebosanan sampai akhirnya terjadilah kegaduhan dalam kelas.  Memberikan motivasi kepada siswa dengan melibatkan siswa agar lebih aktif dalam proses belajar mengajar yang lebih nyaman dan menyenangkan adalah  hal yang penting untuk di perhatikan. 


Selain itu, penguasaan materi sangat di perlukan untuk mencapai manajemen kelas yang bagus. Memfasilitasi siswa untuk berpikir lebih kritis dengan mengaitkan materi pembelajaran dengan kondisi lingkungan dalam hubungannya dengan masyarakat, akan lebih menarik perhatian dan minat belajar peserta didik saat ini. Jangan salah, seiring dengan semakin berkembangnya teknologi informasi di bidang pendidikan, daya nalar peserta didik sekarang ini mengalami kemajuan yang patut dibanggakan.  

5 komentar:

  1. Balasan
    1. Gratisji, sepanjang bisa terkoneksi dengan internet. materi dan soal2 pelajaran serta pembahasan soal tersedia di akun quipper school

      Hapus
  2. zaman semakin canggih pembelajaran pun bisa dengan mudah lewat quipper school :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali Putri Devina, Sekarang sudah zaman yg serba teknologi. Dimanfaatkan sec positif salah satunya di bidang pendidikan.

      Hapus
    2. Benar sekali Putri Devina, Sekarang sudah zaman yg serba teknologi. Dimanfaatkan sec positif salah satunya di bidang pendidikan.

      Hapus