Minggu, 18 Januari 2015

Menjadi Guru Inspiratif Melalui Blogger


Media social adalah salah satu bentuk  teknologi yang paling banyak di gandrungi oleh kalangan remaja termasuk siswa dan siswi sehingga sangat efisien digunakan sebagai media pembelajaran jarak jauh.  Menjadi blogger, seorang guru mempunyai kesempatan untuk berbagi materi pelajaran kepada peserta didik, sesama guru, maupun kepada semua orang.  Menulis dapat menginspirasi dan memotivasi banyak orang. Jika kita mengetahui tentang sesuatu hal yang bermanfaat mungkin ada baiknya kita tuangkan dalam sebuah tulisan. .Mungkin saja suatu hari tulisan kita akan memberikan manfaat bagi orang-orang yang membacanya,  dengan demikian kita telah berbagi. Dan  berbagi itu lebih indah dari pada harus memendamnya sendirian.

Tidak bisa kita pungkiri bahwa sangat jarang  menemukan seorang guru yang menekuni dunia kepenulisan atau menjadi seorang blogger.  Padahal setiap hari seorang guru  berinteraksi dengan banyak orang, termasuk siswa dan orang tua siswa.  Ini berarti ada banyak bahan tulisan yang siap dituangkan dalam blog yang bisa dibaca oleh banyak orang.  Guru juga selalu bergelut dengan buku tetapi untuk menulis sebuah buku sangat jauh dari harapan.  Menjadi seorang blogger banyak sekali manfaatnya.  Selain sebagai sarana untuk berbagi, juga dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi diri.  Karena dengan menuangkan ide-ide melalui tulisan di blog, maka akan mengasah pengetahuan dan keterampilan menulis.  Tulisan di blog biasanya lebih renyah dan nyaman di konsumsi oleh siswa siswi karena dirangkai dalam bahasa yang lebih santai sehingga dapat menarik perhatian siswa.

Satu hal yang perlu diingat bahwa untuk menulis, inspirasi adalah wajib untuk menunjang sebuah tulisan. Inspirasi bisa datang kapan dan dimana saja.  Bisa saat sedang menghayal, saat sedang menyaksikan sebuah pertunjukan atau saat sedang berinteraksi dengan siswa dan siswi di sekolah.  Jika inspirasi itu telah datang, tangkap cepat lalu tuangkan dalam catatan kecil kemudian akan dikembangkan lebih lanjut menjadi sebuah tulisan yang renyah di blog.

Menjadi seorang guru yang inspiratif tidaklah mudah.  Diperlukan kesabaran dan keuletan dalam menemukan ide-ide kreatif dalam menangani beragam  permasalahan yang dihadapi oleh siswa dan siswi. Menghadapi siswa yang malas menerima pelajaran dikelas adalah salah satu tantangan untuk seorang guru dalam mencari solusi secara kreatif dan inovatif.  




4 komentar:

  1. Wah, bu guru yang inspiratif bgt..bisa saya contek ne caranya :)
    Btw, mbak guru apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh mbak :), saya guru biologi

      Hapus
  2. Tulisan yang mencerahkan Mbak. Maaf, saya juga pernah nulis topik yang hampir sama. Ini linknya:
    http://ngainun-naim.blogspot.com/2013/08/menjadi-guru-inspiratif-memberdayakan.html. Terima kasih. Salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak ngainun. sy otw ke blogx yah.....

      Hapus