Kamis, 01 Januari 2015

Kaleidoscope 2014 VS Resolusi 2015



Tahun 2014 yang telah banyak menorehkan catatan pengalaman dengan beragam cerita.  Cerita tentang proses hidup yang tak selamanya berjalan lancar sesuai keinginan dan harapan. Jalan yang mulus, kerikil kerikil tajam kadang mewarnai perjalanan yang penuh tantangan ini.

Sepaham dengan bahasa banyak orang bahwa manusia hanya bisa berencana dan Tuhan jualah yang akan menentukan.  Awal 2015 seperti tahun tahun sebelumnya, beberapa catatan penting yang menjadi target pencapaian di tahun 2015 telah  tercatat rapih dalam agenda.  Sejam sebelum pergantian tahun saya menyeleksi deretan catatan penting di tahun 2014 sekaligus mencoret yang telah tercapai.  Ada juga yang belum tercoret.  Ini berati akan ada yang menambah deretan point pencapaian di 2015.
 1.      Sukses Mengawal Peserta Didik Dalam Ujian Nasional
Ujian Nasional akan dilaksanakan 4 bulan kemudian.  Sebagai seorang guru, tentu saja saya sudah harus mempersiapkan diri untuk mengawal anak didik saya dengan cara membekali mereka lebih dari segudang pengetahuan.  Meningkatkan kompetensi peserta didik dengan cara memposisikan diri sebagai motivator dan fasilitator dalam peningkatan minat belajar siswa.  Beragam cara dapat ditempuh termasuk kreativitas guru dalam menciptakan ide-ide pembelajaran yang menarik perhatian siswa. Memahami karakter siswa sangat penting untuk kelancaran berlangsungnya proses transformasi ilmu dari pendidik ke peserta didik. Semoga peserta didik seluruhnya akan sukses di Ujian Nasional 2015 mendatang.  Amin.
 2.      Mengerti Bahasa Inggris
2015 indonesia akan memasuki era baru dalam bidang perekonomian dan perdagangan  di area pasar bebas. Pada tahun 2014 kemarin wacana tentang Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) telah banyak di perbincangkan orang.  Nah, tentu saja sudah banyak diantara kita yang telah berbenah diri dalam memasuki era tersebut.  Salah satunya adalah bisa berkomunkasi dalam bahasa inggris.  Saya sangat sulit belajar bahasa asing termasuk bahasa inggris.  Speaking adalah hal yang paling sulit saya pahami.  Tetapi tuntutan MEA mengharuskan saya WAJIB tahun 2015 bisa berbahasa inggris minimal pasif J Amin.
 3.      Blogger Sejati
Sepanjang perjalanan di tahun 2014,  saya banyak berinteraksi dengan orang-orang yang menekuni dunia kepenulisan.  Belajar dan belajar dari mereka, hingga pada suatu hari saya berkenalan dengan dunia BLOGGER dan saya JATUH CINTA. (Jatuh cinta pada dunia blogger). Pertengahan  tahun 2014 mulai belajar mengisi blog dengan memberanikan diri mengikuti beberapa lomba.  Menang bukan target utama saya.  Tetapi lebih berharap kepada skill menulis agar lebih terasah melalui lomba.  Tahun 2015 semoga saya bisa intens menulis dan menjadi Guru Blogger Sejati J Amin.
 4.      Buku Solo
Awalnya saya benar-benar buta dalam dunia kepenulisan. Saya mulai belajar dengan berselancar dari blog ke blog dan memahami manfaatnya.  Sebuah komunitas telah membuka jalanku untuk mengenal orang  yang mampu menginspirasi terutama dalam menulis.  Hingga suatu hari saya mendapatkan sebuah REWARD berupa buku dari membuat tulisan.  Sayapun antusias mengikuti beberapa event-event menulis dan berhasil mendapatkan beberapa buku GRATIS hasil event tersebut.  Saya juga pernah mendapatkan hadiah pulsa Rp. 5000, Rp 10.000.  Saya sangat senang dan hadiah-hadiah tersebut mampu memotivasi saya belajar menulis. 

Penghujung Tahun 2014, dua buah buku antologi hasil lomba telah ACC dan satu sertifikat sebagai Guru Blogger Inspiratif 2014 telah di tangan.  Semoga 2015 bisa punya Buku Solo. Amin.
 5.      Traveling
Tahun 2014 adalah tahun traveling buat saya.  Beberapa tempat baru telah kudatangi seperti Palu, Donggala, Balikpapan, Samarinda, Tenggarong, Kuala Lumpur, Johor Bahru, Singapore, Melaka, Genting Highland, Sepang, Negeri Sembilan, Selangor, Manokwari, Semarang, Wonosobo.  Sementara tempat kali kedua atau ketiga seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Surabaya, Jogyakarta, dan  Bali.  Perjalanan ini ada yang di tempuh bersama rombongan ada juga yang di tempuh sendirian (Solo Traveling).  Melakukan perjalanan adalah hal terindah bagiku.  Bertemu dengan banyak orang, dengan orang-orang yang baru, beradaptasi dengan dunia yang baru memberikan warna tersendiri dalam hidup saya. I LIKE TRAVELING. Untuk 2015 saya ingin melakukan perjalanan ke tempat yang belum pernah ku kunjungi sebelumnya.  Semoga ya… Amin.

2 komentar: