Senin, 14 April 2014

Efek Sebuah Reward


       Senangnya pagi pagi sudah mendapat energi positif dari Founder IIDN-Interaktif (Ibu Ibu Doyan Nulis). Sebuah komunitas ibu ibu ataupun calon ibu dengan segudang ide ide kreatif. Founder yang saya maksud tidak lain adalah Mbak Indari Mastuti. Masih pagi mbk indari telah menggelitik kebungkaman dan kefakuman kami para Silent Rider di komunitas ini. Ada ada saja ide kreatif dari ibu yang satu ini untuk memotivasi kami para anggotax. salah satu bentuk motivasinya kali ini adalah dengan menyediakan reward berupa sebuah buku untuk membuat kami bangkit dari ke-Silent Reader-an para anggota IIDN untuk berargumen atau berkomentar. 


       Saya berpikir bahwa ini adalah tantangan positif yang inspiratif dan seketika langsung mendapat respon positif pula dari para anggota IIDN-Interaktif. wow....!! Spontan.... dalam beberapa detik kolom komentar bertubi tubi terisi dengan beragam alasan yang bersifat kreatif dari para Silent Rider di komunitas ini. hal ini menandakan bahwa para silent reader termasuk diriku bangkit seketika. hahahaa... lucu juga sih, kami ibarat telah di hipnotis oleh status mbak Indari Mastuti kali ini untuk menanggapi topik yang di berikan. entah kenapa aku gk tau. Tapi saya sempat berpikir bahwa ada 2 kemungkinan yang membuat ki bangkit dari ke-silent rideran ini. Yang pertama adalah sebuah reward (ingin mendapatkan sebuah buku). Yang kedua adalah termotivasi (menerima tantangan untuk menulis pada kolom komentar tentang topik yang sedang di bahas) atau ada kemungkinan karena ingin mendapatkan keduanya??? hehehee... Entahlah...!

       Berangkat dari reward yang telah diberikan oleh Mbak Indari Mastuti diatas, saya teringat akan seseorang yang pernah bertanya kepada saya tentang arti sebuah reward. untuk itu pada kesempatan ini saya tertarik untuk memaparkan sedikt tentang reward itu sendiri. Paparan tentang reward yang saya maksud adalah :

1. Defenisi Reward 
Reward adalah buah dari karya seseorang atau tim. Bisa juga dikatakan sebagai pemberian kepada seseorang atas usaha yang telah dilakukannya. Hal ini sesuai dengan pendapat Suwarno, MS bahwa reward adalah sebuah apresiasi kepada suatu prestasi tertentu yang di berikan kepada baik oleh dan dari perorangan ataupun suatu lembaga yang biasa di berikan dalam bentuk material atau ucapan.

2. Alasan orang memberikan reward 
Alasan orang memberikan reward adalah untuk memberikan motivasi, memberikan stimulan kepada seseorang agar dapat lebih meningkatkan kreativitas dan menggali potensi diri yang dimilikinya.

3. Pengaruh reward 
Pengaruh reward adalah seseorang yang mendapat reward akan merasa sangat senang, merasa gembira dan makin termotivasi. saya pernah membaca sebuah artikel yang mengatakan bahwa seseorang yang merasa bahagia maka cenderung akan melakukan hal-hal yang bersifat positif. Hal ini bisa memacu dirinya untuk lebih meningkatkan prestasinya. 



AO/08-04-14
Sungguminasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar