Senin, 14 April 2014

Detik-Detik Menjelang UN


       Pelaksanaan ujian nasional merupakan salah satu indikator pencapaian standar nasional pendidikan. Banyak fenomena yang telah terjadi di sepanjang sejarah ujian nasional. Pro dan Kontra dari berbagai elemen dan pemerhati pendidikan turut memberikan warna dan sumbangsih pemikiran dalam fenomena tersebut. 


       Salah satu fenomena yang terjadi pada pelaksanaan UN 2013 yang boleh dikatakan kacau balau telah mencoreng proses pelaksanaan UN tersebut. Pendistribusian soal yang tidak tepat waktu sempat memporak porandakan mental siswa. Bukan itu saja, kejadian ini telah menjadi momok bagi siswa dalam menghadapi UN 2014. lantas..? masih pantaskah UN dilaksanakan? Pelaksanaan ujian nasional memang tetap di perlukan untuk pemetaan perkembangan dan kemajuan pendidikan nasional tapi tidak perlu menjadi syarat penentu kelulusan siswa sehingga dana pendidikan untuk UN setiap tahunnya bisa di alokasikan pada standar nasional pendidikan. 

       Ujian nasional memuat ketidakseimbangan, salah satu penyebabnya adalah adanya disparatis antar wilayah di negara kita khususnya dalam bidang pendidikan. seperti pemenuhan tools pembelajaran, realisasi pelaksanaan kurikulum, penyebaran tenaga pendidikan dan lain-lain. Hal ini menyebabkan tidak meratanya kualitas, sedangkan kapasitas UN sama secara nasional.
Persiapan menghadapi UN 2014, berbagai langkah telah kami lakukan dalam mengembalikan mental siswa yang sempat drop beberapa waktu yang lalu. Berbagai strategi telah kami luncurkan dalam memotivasi siswa untuk menumbuhkan kembali kepercayaan mereka terhadap pelaksanaan UN 2014. Akhir kata semoga pelaksanaan UN 2014 berjalan lancar. Amin...



#AO/14-04-14
Sungguminasa#DalamKecemasanUN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar