Senin, 14 April 2014

"Cili" dalam Bahasa Gaul ala Makassar


       Beberapa waktu yang lalu, saya posting catatan kecil ke wall salah satu komunitas ibu-ibu di Makassar. Komunitas itu bernama IIDN-Makassar (Ibu-Ibu Doyan Nulis). Sekedar informasi tentang IIDN. IIDN Makassar lahir sebagai anak cabang dari IIDN-Interaktif (Pusat). Selain hadir di Makassar Komunitas ini terlebih dahulu hadir di berbagai pelosok di pulau Jawa sampai akhirnya merambah keseluruh pulau di tanah air. Selain itu komunitas ini mengepakkan sayapnya alias Go Internasional sampai ke Eropa dan beberapa negara Asia lainnya (sekedar promosi kalau saja ada ibu-ibu yang pengen bergabung untuk saling share hal-hal yang positif). Catatan kecil yang saya posting itu berkisah tentang Pete-Pete (pete-pete adalah sarana angkot di Makassar... kali aja ada yang blom tau hehee) isinya tidak lain adalah pengalaman pribadi saat menumpang pete-pete dengan rute Sentral - Minasa. (teman-teman pasti sudah menerka warna pete-pete yang saya maksud. warna apa hayyooo....)
       Nah, mungkin kalian berpikir ada hubungan apa antara pete-pete dengan Bahasa gaul ala Makassar yaitu Cili?  Beberapa saat setelah postingan tersebut, ada komentar dari salah seorang teman yang mengatakan bahwa dia jarang menggunakan jasa pete-pete sebagai sarana angkot karena selalu di antar jemput kecuali saat "cili". oh ya.. hampir lupa klo saya belum mendefenisikan istilah "cili" sesuai topik diatas cili Bhasa gaul ala Makassar.
       Çili adalah pemanfaatan waktu yang bersamaan dalam suatu keadaan tertentu yang sama pentingnya (ini versi AO saja lho... jika ada versi lain dari teman-teman tolong di share ke AO ya..?). Sebagai manusia biasa, kadang-kadang kita teledor soal management waktu. Contohnya saat mengikuti salah satu acara di suatu tempat secara tiba-tiba (bisa juga sudah terjadwal) ada kepentingan di tempat lain, maka serta merta kita akan meninggalkan acara tersebut dalam waktu beberapa saat dan akan kembali setelah urusan di tempat lain telah terselesaikan.
       Ada pertanyaan buat kalian:
1. Pernahkah anda mendengar istilah cili sebelumnya?
2. Pernahkah anda melakukannya?
3.Tertarikkah anda untuk mencoba menggunakan kata cili?

#AO/11-04-14
Sungguminasa,Gowa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar